Home » » Berjalan Kaki 10000 Langkah Tiap Hari

Berjalan Kaki 10000 Langkah Tiap Hari

Sudahkah berjalan kaki 10000 langkah tiap hari. Assalaamu'alaikum Warohmatullah. Teringat dengan iklan produk susu kalsiun oleh Indi Barends tentang berjalan kaki 10000 langkah  tiap hari. Kira-kira berapa meter atau bahkan berapa kilometer sepuluh ribu langkah itu. Setelah mencari di google saya peroleh info sekitar lima mil atau delapan kilometer. Jarak yang cukup jauh jika harus menempuh perjalanan sendirian apalagi panas menyengat. Bisa-bisa lansung patah kaki dan dehidrasi.

Baca-baca artikel kesehatan, banyak yang menyarankan untuk "jalan kaki" minimal sepuluh ribu langkah atau setidaknya 30 menit tiap hari. Pada dasarnya berjalan kaki itu menggerakkan seluruh anggota badan, otot, tulang, syaraf yang menggerakkan dan pembuluh darah yang memberi nutrisi serta oksigen sebagai bahan bakar agar dapat bergerak. Sirkulasi oksigen akan mengalir ke otak secara bergantian, supali oksigen segar ke otak jadi lancar sirkulasinya. Jalan kaki itu gratis aksesorisnya yang tidak gratis, misal pakai sepatu bagus merk nike atau adidas serta pakai sandal gunung kalau nyeker itu baru murah dan gratis.
Saya sendiri tidak begitu mengerti manfaat berjalan kaki kalau tidak membaca artikel tersebut. Ya,  bertahun-tahun jalan kaki tapi tidak mengerti manfaatnya. Namanya juga orang ndeso yang tidak tau dunia kesehatan era modern seperti sekarang. Berikut manfaatnya : membakar kalori, menguatkan otot punggung, melemaskan persendian, menguatkan tulang, memperbaiki tekanan darah, menurunkan resiko gangguan jantung, menurunkan stres (karena bisa lihat pemandangan).
Saya sendiri belum memenuhi anjuran berjalan kaki 10000 langkah tiap hari atau 30 menit tiap hari. Walaupun tiap hari berjalan kaki dari stasiun gubeng ke tempat kerja jalan sulawesi melalui jalan nias yang jaraknya 1.6 km. Waktu tempuhnya antara 15-20 menit tergantung cepat atau tidaknya cara berjalan kaki. Jika saya hitung-hitung manual berdasarkan langkah kaki, saya sudah menempuh 3000 langkah tiap hari untuk langkah jalan berangkat dan pulang kerja. Minimal anggota badan saya gerakkan untuk meminimalisasi datangnya penyakit dan bentuk rasa syukur saya atas nikmat jalan kaki. Demikian sedikit tulisan tentang sudahkah berjalan kaki 10000 langkah tiap hari, semoga bermanfaat.

124 komentar:

  1. Anjuran yang bagus sekali 'berjalan kaki 10.000 langkah tiap hari' atau 30 menit tiap hari. Di era modern ini tampaknya sulit untuk dilaksanakan. Di kota kami aktifitas 'berjalan kaki 10.000 langkah' biasanya dikemas sebagai 'jalan santai atau jalan sehat' bersama-sama pada saat peringatan hari jadi atau hari besar nasional. Jadi dalam setahun hanya beberapa kali saja ditambah hari Jumat terakhir tiap bulan untuk 'jalan santai'. Salam cemerlang. Sehat selalu. Raih badan yang sehat dan bugar dengan jalan kaki 10000 langkah tiap hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. top sekali ya mas kalau kita mau menggunakan kaki untuk berjalan sebagaimana mestinya.

      Delete
    2. kalau nggak sebagaimana mestinya berarti dipakai...?

      Delete
    3. Apalagi jln kaki antara Sabang dan Merauke pasti seluruh tubuh terasa sehat...

      Delete
    4. mas KS : dipakai sebagaimana mestinya berarti nggak ?

      mas fian : jalan kaki antara sabang sampai merauke naik sepawat juga boleh

      Delete
    5. makanya tips yang tepat untuk memaksa olah raga kaki adalah dengan dinaikannya harga BBM dan biaya transportasi...

      Delete
    6. tetep nggak bisa mas pay, pasti tetep beli bbm juga... yang tepat adalah disediakan jalan yang kendaraan dilarang lewat maka orang akan berjalan kaki ahahaha...

      Delete
    7. mas pay : BBM naik semua naik enaknya naik genteng aja lah mas, hehe

      mas Abg : nah ini baru betul, coba kalau kendaraan yang boleh lewat di batasi pasti kan pada di tuntung motornya

      Delete
  2. makasih mas agus emang bener tuh jalan kaki lebih baik dari naik motor ya, untuk menjaga kesehatan dan lainnya apalagi jalankaki sambil lirik kanan kiri hahaha....

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah sambil lirik kanan kirinya itu yang bikin mata sehat ya mas, awas lho jangan nekat jalan-jalan di tepi sungai nanti di kira ngintip

      Delete
    2. Aiih mas nabil ketauan ya suka lirik kanan kiri . Hohoho
      tuh mas bner apa kata mas agus,
      soalny mas agus paham bngt tuh klo jalan d pinggir sungai bgtu .
      Hihi

      Delete
    3. rumah saya kan pinggir sungai mbak, kalau saya jalan di pinggir jalan nanti saya tidak sampai rumah saya dong, hehe

      Delete
    4. mas agus memang sangat berpengalaman...

      Delete
    5. sudah banyak makan nasi dan sayur

      Delete
    6. mas pay : berpengalaman dalam hal apa mas ?

      mas Abg : dan juga makan gorengan

      Delete
  3. memang bagus untuk kesehatan tu mas jalan kaki jauh2..
    tapi dengan kondisi cuaca di Indonesia saat ini kayaknyakurang memungkinkan..panasnya itu loh ga nahan..
    mungkin kalau kita tinggal di eropa sanggup2 aja sih mas, 20000 langkah pun ga masalah..haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa di pekanbaru sana panas ya mas ? kalau di surabaya pagi hari masih adem apalagi sore hari juga adem, cocok kan buat jalan kaki, hehe

      Delete
    2. Haha itu cuma alasannya mas fian mas . .

      Delete
    3. mahasiswa memang sering kok jalan kaki tapi kalau ada cowok eh cewek nya

      Delete
    4. syukur deh nggak bilang maho lagi...

      Delete
  4. Benar mas Agus jalan kaki banyak manfaatnya, sekarang kerjaku duduk aja depan meja, perut buncit, karena sedikit jalan kaki :)

    Jalan kaki salah satu olahraga yang murah dan meriah. Tapi hati2 Mas kalau berjalan lewat pinggir ya jangan nengah2 hehehe:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti kalau nengah di tabrak becak mas, kalau perut buncit itu kebanyakan makan gentong mas

      Delete
    2. dan juga ngesaki tas pinggang

      Delete
    3. Nggak Mas ceritanya tuh waktu makan nasi, ketelen sak magic jar nya jadi ngantong ϑĭ perut heheh:)

      Delete
    4. wah malah jeru mas, hehehe
      megikom nya yang besar kan yang 5 kg itu lho

      Delete
  5. saya jarang sekali jaralan kaki sejauh itu kang,saya paling jauh 2 km.makasih infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2 km itu sudah jauh lho mbak, paling tidak sudah di gunakan tiap hari dari pada jarang di gunakan nanti di ambil oleh Allah fungsi kaki nya

      Delete
    2. saya dong sudah 120 km...


      hehe dalam denah sih..

      Delete
    3. bisa juga dengan berjalan di samping papan tulisan 120 km

      Delete
  6. berjalan kaki 10000 langkah tiap hari atau 30 menit tiap hari

    dari kalimat di atas, 10000 ribu langkah atau 8 km ditempuh dengan 30 menit kah?

    pakai kecepatan tinggi jalannya ya Pak Agus? saya dulu waktu masih kerja, kalau nggak dapet angkot untuk pulang, ya jalan kaki, jaraknya cuma 2,5 km tapi saya tempuh selama 45 menit dengan kecepatan wajar.

    memang beda banget kalau terbiasa olah raga dan nggak. kalau sering olah raga, badan jadi enteng dan semangat. nggak "nglentruk" tentunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa iya bisa tidak mbak, tergantung dari cepat dan panjang langkahnya. kalau panjang langkahnya ya kurang dari 30 menit, atau jalan 30 menit walau tidak sampai 8 km.

      mbak khusnya berarti wanita perkasa dong mbak, bisa jalan 2.5 km dalam waktu 45 menit , dan itu lho kakinya pasti kekar kan, hehehehehehe
      tapi sehat lho

      Delete
    2. saya lho juga jalan kaki ... kalo di rumah :P

      Delete
    3. lho itu jalan kaki ya, kok tidak berdiri sih, apa itu ngesot

      Delete
    4. mbrangkang dan kayang itu juga olahraga

      Delete
    5. keduanya tergolong senam lantai...

      Delete
    6. mbak khusna : senam lantai itu yang pakai hulahop ya mbak?

      mas Abg : senam kasur itu koprol dan salto

      Delete
  7. waduh lebih dari maling nih kang... menggunakan kata langkah seribu alias lariiiiiiiiiiiiii...hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. maling ayam , hehehe
      apalagi maling anak orang ya mas, pasti enak

      Delete
    2. saya malah ketinggalan sendiri

      Delete
    3. jadi maling juga tips untuk hidup dengan olah raga kaki hehe

      Delete
    4. mana malingnya...#sambil bawa gebug

      Delete
    5. mas pay : maling kalau ndak kuat lari ya jangan jadi maling, hehe

      mbak khusna : kuciiing bukan maling

      Delete
  8. .Yah sayangnya aku jarang banged jalan kaki jauh .
    Huhu ,

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak jalan kaki jauh juga gak papa kok mbak, cuku dengan jalan di tempat 30 menit, ya tho

      Delete
    2. jalan kaki dari kamar ke kamar mandi juga cukup

      Delete
    3. Betul mas Zach yg penting jumlahnya sampai 10.000 langkah (antara kamar dan kamar mandi) kaya judul lagu ya mas

      Delete
    4. mas zach : bolak balik terus nanti kan juga 10 ribu langkah juga kan mas

      mas fian : itu kebelet ya judul lagunya

      Delete
    5. iya klo di rumah kang zaf jarak tempuh antar kamar dengan kamar mandi butuh 1 jam perjalanan motor GL... saking luasnya ruma kang zaf...

      Delete
    6. rumah saya malah jarak kamar dengan kamar mandi cuma selangkah...

      Delete
    7. mas pay : wah satu jam perjalanan dengan gl plus nuntun itu mas, jadi olahraganya dobel

      mbak khusna : karena kamar mandinya dalam kamar utama, hehe

      Delete
  9. saya sudah...dalam mimpi tapinya mungkin hehehe...
    paling jauh pun, rasanya ga sampai 10000 :(
    tapi yang penting greak deh y mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. greak itu bahasa inggris ya>?

      Delete
    2. waddduh salah ketik lagi :D
      *tepok jidad...
      gerak maksudnya heheh

      Delete
    3. greak itu mirip yunani ya.
      tepok jidaat pake batu ? jangan deh mas kalau frustasi mending nyebur langssung kesungai

      Delete
    4. greak itu bahasa angkatan bersenjata... " SIAAAP GREAK...!!"

      Delete
    5. greak itu kalau lagi makan krupuk...suaranya GREAK GREAK

      Delete
    6. mas pay : istirahat di tempat greak, gitu ya mas?

      mbak khusna : kalau krupuknya mlempen ya cuma nyes gitu bunyinya

      Delete
  10. sekarang saya jarang jalan kaki Mas. banyakan naik motor...

    tapi kalau setiap minggu pagi pasti saya jalan kaki ikut olahraga rame-rame..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama lari kepantai sambil bawa ban dalam truck gandeng

      Delete
    2. sambil membayangi lagi di dufan ya..

      Delete
    3. Pak Pay, sudah dibilangin ke pantai juga

      Delete
    4. mas pay : dufan itu sungai ya ?

      mbak khusna : tuh kan di bilangin pantai masih aja ngeyel sungai, hehe

      Delete
  11. kalo saya langkahnya panjang dan cepat, jadi jarak 1 km, bisa tuntas kurang lebih 15-20 menitan, tapi kalo udah lama nggak jalan kaki 1km bisa jadi 2 jam, hehehe,,,, nice info mas,

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2 jam plus cangkruk di warung kopi ya mas.

      nice guys

      Delete
    2. klo langkanya panjang, bawa posisi ngesot aja..

      Delete
    3. 2 jam sambil liat bawah, siapa tau ada uang jatuh...

      Delete
    4. mas pay : kalau ngesot nanti kaki nya lecet mas kasian kan.

      mbak khusna : nah itu bonusnya cangkruk di warung kopi, hehe

      Delete
  12. mantep mas kalo sampe bisa disiplin begitu. 30 menit jalan kaki ya? saya kadang bisa, sering tidak. saya jalan kaki dari rumah ke stasiun 5 menit, pulangnya 5 menit. berarti cuma 10 menit yang pasti. selebihnya, 20 menit, ambil dari jatah apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang 20 menit naik tangga boleh kok mas, tidak usah pake lift

      Delete
    2. Klo naik kasur turun kasur bisa juga kan mas... hehe...

      Delete
    3. nggak pake lift tapi pakai lantai berjalan kayak di Soetta

      Delete
    4. Soeta yang jadi Pak Bei di ketoprak to Mbak?

      Delete
    5. mas pay : bisa juga mas asalah seribu kali, hehe
      mbak khusna : kalau lift dan soeta saya memang belum pernah lihat apalagi menginjakan kaki disana, hehe

      mas zach : den bei itu yang punya jaran ya mas ?

      Delete
  13. Jalan kaki memang sangat dianjurkan karena sangat berguna untuk kesehatan dan kalo tidak bisa jln kaki bisa juga dengan merangkak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa juga dengan ngesot yang menyehatkan pantaat

      Delete
    2. jungkir balik dengan matras itu juga olah raga, hehe
      koprol juga boleh

      Delete
  14. kalau dihitung2 nih mas agus , ane cuma jalan 100 langkah tiap hari itu pun cuma pagi doang kalau brngkat kuliah :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti kost kostannya deket ya mas, enak tuh bisa jaga kampus

      Delete
    2. jadi di dalam kost ngesot terus? nggak jalan babar blas?

      Delete
    3. sekalian ngosek wese dan kamar mandi

      Delete
  15. jalan kaki idealnya dilakukan pada pagi dan sore hari..

    ReplyDelete
    Replies
    1. malam juga boleh kok mas, kalau lagi di mal

      Delete
    2. nggak usah jauh-jauh ke mall Pak, di rumah juga bisa...jalan di tempat, mundur juga bisa

      Delete
    3. malam2 bagus dapat 2 sekaligus, keliling kampung sekalian ronda

      Delete
    4. miring juga bisa ya mbak, apalagi kalau jalannya semppit

      mas abg : itu malah istimewa sekalian beramal

      Delete
  16. klo lagi jalan2 ke jawa saya memang sering jalan kaki... tapi klo bawa anak dan istri ya naik becak atau taxi... klo di kampung sendiri, motor dah pasti pihan utama, walaupun jalannya cuma dekat.. tapi info ini mengingatkan akan niat saya untuk berolah raga, yg belum kesampaian cuma sampai niat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya doakan Pak Pay, moga niatnya kesampaian...nggak cuma punguk merindukan bulan hehehe

      Delete
    2. niat saja sudah dicatat amalnya ya mas, semoga mas pay tergerak kakinya untuk berolahraga.

      mbak khusna : amiin semoga mas pay berolahraga sebagai ikhtiar hidup sehat

      Delete
  17. alhamdulillah sudah,,,, walau jarang olahraga tapi jalan kaki dalam 30 menitan,,,, saya lakukan tiap hari

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu sudah luar biasa bagusnya mbak, top sekali.
      saya malah batu 15 menit sekali jalan kemudian 15 menit lagi saat pulang kerja

      Delete
  18. aku ga pernah ngitung langkah, om...
    pokoknya sehari jalannya sampe pegel kalo kebetulan muter tambang

    ReplyDelete
    Replies
    1. plus turun naik tower juga ya lik

      Delete
    2. nah kalau mas rawin memang sudah pakarnya jalan kaki baik itu maju mundur kiri kanan dan atas bawah , jarang ada lho mas yang bisa gitu

      mas budi : naik turun tes rpm gak di hitung mas ?

      Delete
  19. saya rasa setiap harinya kita sudah berjalan 10000 langkah kok sob.. cuma nggak di hitung saja, dan nggak berjalan terus menerus tapi berguyur...

    kedapur, baliklagi ke ruang tamu.. ke kamar mandi, ke dapur lagi, ke kamar tidur nyariin baju hehehe... banyak juga kok sob. bolak balik mondar mandir di rumah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kedapur, ke kamar mandi ke wc semua pasti cukup ya mas, ya sudah deh kalau gitu tidak usah di risaukan lagi tentang iklan tersebut

      Delete
  20. nek nuruti sponsor mas....yo putung sikil ku. mosok mlaku sampek 8km...edyan po ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksude mlakune dicicil mbak ... hehe

      Delete
    2. dicicil per cepek doang...lha celengannya nggak penuh-penuh dong

      Delete
    3. bener mbak sing penting sikile wes di gawe mlaku.

      dicicil kuwi kudu ono uang muka e

      mbak khusna : lha mau penuh gimana wong di cukili terus

      mas zach : itu baru masa depan

      Delete
  21. kalo soal jarak sy ndak langsung nempuh sampe segitu mas agus...
    tapi kalo di total bisa ...kalo sy lg ada di lapangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. dasar pemain bola persegres.

      Delete
    2. lapangan sepak bola atau lapangan golf mas budi ?hehe

      mas zach : lapangan petrkimia juga luas lho kalau jalan 10 putaran juga capek

      Delete
  22. wahaaahahaha.. lumayan juga ntuh di kaki....

    ReplyDelete
  23. selamat malam Sobat Agus,,,Alhamdulillah setiap hari saya selalu jalan kaki kalau berangkat ke sekolah tempat saya mengajar di sebuah SD di desa saya Sob,,yaa sekitar 30 menitlah Pulang Pergi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini baru guru teladan yang patut saya tiru, di gugu lan di tiru, top banget mass, selain guru beliau juga pandai berbisnis online.
      semoga sukses mas

      Delete
  24. dengan jalan kaki, badan akan sehat terjauhkan dari masuk angin. Acung jempol untuk akang agus, yang hoby olah raga jalan kaki.Ari Gubeng ke tempat kerja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mas Dj , kalau naik angkot nanggung jalan agak jauh, jadi pilih jalan ada lah biar ngirit sekalian

      Delete
  25. Wkwkwk 10000 langkah, kesel capek pasti ntar ujung2nya langsung ke tukang urut, kunjungan perdana disini salam kenal mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga mas samsury, ya kalau jalan kaki sih tidak usah di hitung yang penting jalan kaki hitung-hitung olahraga.
      salam kenal kembali mas

      Delete
  26. Dari bangun tidur terus kekamar mandi, kedapur ke kedepan rumah kedapur lagi kira2 berapa langkah nih yah, hehe masih jauh dari 10000 ribu langkah yo

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh kang, dari pada mbrangkang kan malah dengkulnya lecet, hehehe

      Delete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh

Blog Archive