Home » » Kereta Api Penataran

Kereta Api Penataran

Kereta api penataran jurusan Surabaya Biltar lewat bangil dan malang ini merupakan salah satu kereta andalan bagi para pekerja yang berasal dari daerah Sidoarjo sampai Malang. Nama penataran berasal dari candi penataran. Rute kereta ini berawal dari stasiun surabaya kota atau semut, Gubeng, Wonokromo, Waru, Gedangan, Sidoarjo, Bangil , sengon , Lawang, Singosari, Malang , Malang kota lama, Kepanjen, Ngebruk, Sumberpucung, Garum, Blitar. Harga tiket kereta api penataran 4000-5.500.

Kereta Api Penataran Malang

Saya jarang naik kereta api penataran karena memang bukan trayek pergi pulang saya, saya lebih sering naik kereta api rapih dhoho surabaya blitar lewat kertosono, kediri, tulungagung. Pernah beberapa kali naik kereta api penataran tujuan malang dengan maksud main ke rumah teman yang ada di malang. Penumpang kereta api penataran ini saya lihat sangat tertib dan disiplin terhadap aturan pt kai. Kalau ada peringatan di larang ya tidak dilanggar, saya salut terhadap kebiasaan penumpang kereta api penataran.

Kereta api penataran surabaya

Semenjak terbitnya jadwal baru per tanggal 01 april 2013 jadwal berangkat kereta api penataran sore jam 15.10 di hapus diganti menjadi jam 16.20 dari stasiun gubeng. Dan setelah perubahan jadwal itu pula kereta api penataran dan rapih dhoho sering dan lebih banyak telatnya dari pada tepat waktu. Telatnya juga tidak main-main telat satu jam kadang juga bisa kurang dari satu jam. Saya tetep mengapresiasi kinerja dari krew pt kai yang berusaha memberi pelayanan terbaik bagi penumpang kereta api penataran walau agak sedikit meleset dari target jadwal yang tertulis.

Jadwal kereta api penataran dari blitar :
04.10,
07.50,
09.13,
15.45

Sedangkan jadwal dari stasiun malang sampai dengan stasiun gubeng :
05.20-08.14,
06.30-09.42,
10.21-13.06,
11.55,14.47,
18.35-21.45

Jadwal kereta api penataran dari stasiun gubeng :
05.10,
07.20,
11.00,
16.20



Untuk kereta api penatarn icon berangkat dari stasiun blitar pada pukul 13.32 , malang 16.11 sampai stasiun gubeng pukul 18.51. Sedangkan dari stasiun surabaya gubeng berangkat pukul 19.20 sampai malang pukul 21.55.

151 komentar:

  1. Replies
    1. kereta api tidak pakai pertamax mas hehe...

      Delete
    2. mas abg : selamat mas silakan buat ngisi trailnya biar tinggi jumpingnya
      mas arif : pakai irek oplosan minyak tanah dan solar

      mas zach : nanti muntuk mas...

      Delete
    3. belum kurasakan yg pertama disini
      karena aku juga belt pernak naik kereta api

      tapi ga sedih hati

      hehe

      Delete
    4. meski gak pertamax ikutan antri ah

      Delete
    5. lapor mas, gas spontannya pedot waktu jumping tadi

      Delete
    6. mbak anis memang juara banget.
      mas rizal yang tertib jangan main serobot

      mas abg sih nariknya terlalu kenceng, beli lagi lah yang agak bagus gitu merknya jangan yang 45ribu an

      mas ks : saknoe rek

      Delete
  2. mas, apa rumah sampean deket dengan rel kereta api mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas abg : jauh mas 15 km dari stasiun jauh thooo...

      mas arif : bising mas kalau di lokomotif

      mas zach : dan juga gosong muka saya

      Delete
    2. berarti kalo masak nebeng sama tungku lokomotif nya dong

      Delete
    3. apalagi 15kg. lumaya berat..

      Delete
    4. semua nya memang lumayan dari pada tidak naik kereta ya tho

      Delete
  3. Replies
    1. saya dapat solar mah nyantai aja.. :)

      Delete
    2. selau ja mas,yang penting nyampe

      Delete
    3. alon2 asal tekan mas rizal

      Delete
    4. yang karcis.. yang karcis.. yang karcis..

      Delete
  4. dulu saya ke bangil sering naik kereta ini mas, naik kereta api memang mengasikkan hanya sayang dulu terganggu dengan pedagang asongan tapi katanya sekarang sudah tidak lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. asongan nggak lagi bernama kereta ya?

      Delete
    2. kalau di rapih dhoho masik banyak mas, kalau di pentaran saya belum pernah naik lagi
      asongan tong kosong berbunyi nyaring mak dhe medongkrong di srundul kucing

      Delete
    3. pedagang asongan'nya jahilin mas ya..

      Delete
    4. asongan ya pedagang keliling tho mas..
      kecopetan dimana mas?
      di jahilin teriak beli terus ngumpet ya mas pura pura tidur

      Delete
  5. lho? Penataran di Malang tho?
    #gubrak


    Penataran, yg ada candi penataran bukan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penataran P4 ada di mana sekarang?

      Delete
    2. memang namanya dari candi penataran..jurusan surabaya blitar lewat malang, kalau jurusan surabaya bliter lewat kediri tulang agung itu rapih dhoho
      eka prasetya panca karsa...

      Delete
    3. kalau suroboyo - banyuwangi iku argo puro..

      Delete
    4. sri tanjung sama mutiara timur ekspres mas

      Delete
  6. kerenlah masih ada kereta murah...
    kirain semua sudah pake argo kaya taksi...

    ga tau nih dengan jogja jakarta dulu ada kereta bertarif 19 ribu

    ReplyDelete
    Replies
    1. cilacap hoi.. jogja melulu, situ orang cilacap, jangan lupa

      Delete
    2. Siki ya wes langka alias ora nana

      Delete
    3. sekarang tiga kereta lokal ini dhoho, penataran, krd akan di naikkan tarifnya jadi ndak ada kereta murah.
      tuh di cari mas zach mau di jak main beluluk
      kang ratno inyong ora ngerti

      Delete
    4. mas agus orang kereta ya? panjang bener penjelasan nya

      Delete
    5. beliau yang punya saham 56% di PT. KAI Sidoarjo Bulu Tani

      Delete
    6. yaaah...orang kerata sih bener lha wong saham saya sudah saya tanam jee 56 % ya mas ks.
      tiket satu minggu sudah saya pesan,

      Delete
  7. wah, kalau kaya gini ya mantap. sudah murah, sering lagi...semoga keberadaan kereta murah ini tepat sasaran dan membantu mobilitas warga yang ingin mencari rejeki di kota

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin..awalnya sasarannya itu mbak, sekaran profit oriented mau naik harganya sekitar 26 ribu, wooo

      Delete
    2. tepat sasaran? emang sasarannya siapa?

      saya nggak mau ah.. jadi sasaran. bisa modiar di tabrak sepor..

      Delete
    3. bidik misi, sasarannya kan orang bepergian mas, bukan orang kerja seperti saya

      Delete
  8. tiketnya cuma 4000 sampai 5500-an ya Mas? wahh, ini sih juara banget murahnya. saya jadi pengin naik kereta itu. kayak apa ya rasanya. ada wonder womannya nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dhoho pasti ada dong, wonder womennya sering bilang krupuk tahu krupuk makrooni tiga rebu, untuk menghidupi anaknya yang masih sekolah di smp, single fighter pula

      Delete
    2. wonder woman'nya lagi nungguin mas zach tuh..

      Delete
    3. rambak rambak.. rambak rambak. sewu telu.. sewu telu..

      Delete
    4. hahaha wonder women oh wonde women, rambak rambak liamgatus limangatus, sewan sewuan sewan sewuan

      Delete
  9. Replies
    1. iya nih sudah terik, siang kan

      Delete
    2. aku ya bengi-benginan mas Agus, pisang gorenge isih ora ...?

      Delete
    3. malam malam boleh mampir di temani kopi dan pisang goreng ya mas, yuk ronda

      Delete
  10. Saya malah sekarang gak pernah naik kereta api, hehe........

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dulu pasti sering ya kang

      Delete
    2. saya nggak suka naik kereta api, soalnya panas. saya suka naik kerata air. dingin dan segar...

      Delete
    3. apalagi sambil ngeloni kolkas

      Delete
  11. ubah jadwal malah pada main" telatnya, ,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. telat memang bikin kita pulang malam, hehe

      Delete
    2. dini hari gitu mas, sambil ditemani kopi

      Delete
  12. Waduh telatnya bisa nyampe sejam mala bisa lebih ya mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau porong lapindo banjir malah bisa lama mas, nunggu surut

      Delete
    2. menunggu kalau ada yang nemenin enak kayak'nya..

      Delete
    3. di temenin kepala kereta. mau..??

      Delete
    4. enak lagi kepala lele dumbo

      Delete
  13. tiap hari naik kereta api ya, kog bisa foto trs

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidurnya kan di kereta api..

      Delete
    2. betul sekali, pagi tidur di kereta , sore juga tidur di keereta rumahnya pindah jee

      Delete
  14. saya kan naik dhoho mbak, ini pentaran saudara kembarnya, hehe
    kalau dhoho itu tujuan blitar lewat kediri tulungagung,
    kalau penataran itu tujuan blitar lewat malang. sambil nunggu jam nya dhoho saya foto deh buat koleksi, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa nggak foto bareng Mas? sambil meluk gitu, kan kliatan akrab.

      Delete
    2. nanti saya di sruduk mas, belum jinak sih masih agak galak dikit gitu

      Delete
  15. oalah.. tak kirain kereta apinya lagi penataran.. ternyata penataran itu nama candi to hehehehe maklum lah sob, kurang paham sama daerah di pulau jawa.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..iya mas itu nama kereta api dari nama kerajaan atau candi penataran

      Delete
  16. si akang, memang jadi masinis kereta yah...tiap hari naik kereta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kok salah satu dari blogger masinis pentaran juga tapi saya ndak kenal dan ndak ikut join komunitas, hehe

      Delete
  17. Replies
    1. silakan di makan pentol baksonya mas,

      Delete
    2. Kalo mampir bw kopi donk, masa cuma mampir doang

      Delete
    3. sekalian kardusnya buat tempat duduk dong

      Delete
  18. Kok namanya seperti para guru yang mengikuti penataran yah...lucu poll. ahahahah.
    trus itu kapan,jam brp,sama sapa dan dimana ambil fotonya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hah.....lucu..penataran kan nama candi dhoho itu nama kerajaan di kediri.
      sebelum ada kata penataran candi atau kerajaan penataran sudah ada kok mbak.
      itu habis pulang kerja jam setengah lima sore di rel kereta api jalan nias surabaya saya ambilnya sendiri mbak, eh disamping ada bapak-bapak momong anak kayak saya.

      Delete
    2. paling-paling mbak Indah ingat swaktu mengikutu penataran P4 di kelurahan kalee hihi

      Delete
    3. mbak Indah, nanyanya borongan, apa profesinya Polwan ? he he

      Delete
    4. kang dede : ibu ibu pkk lagi rajin ikut pengajian P4

      mas isnaeni : wartawan bodrek mas, kejar tayang tuh tulisannya

      Delete
  19. Mampir ah, numpang ya mas Agus ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan mas, monggo sukun goreng nya

      Delete
    2. numpang diatas gerbong ya mas

      Delete
    3. enak di lokomotif mang, anget dan panas

      Delete
  20. Saya tanya ya,, Boleh?
    Mas Agus ini kok sering nulis tentang kereta sih, kenapa?
    Maaf.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bolehlah mas... saya pengguna kereta api tiap hari mas, pp dari mojokerto surabaya untuk berangkat dan pulang kerja, ya kebetulan ada sarana ngeblog biar semua tahu dong, siapa tahu bermanfaat ya tho

      Delete
    2. Mas Kopiah nggak tahu yah kalau mas Agus itu supir kereta jiakakak

      Delete
    3. mas agus kan punya kereta sendiri mas

      Delete
    4. wah saya kan kernet nya , belum bisa nyupir sih , hehe

      Delete
    5. nah itu berarti mas agus ini anak kereta dong

      Delete
    6. ya udah mbahnya kereta sekalian

      Delete
  21. Aku jarang naik kereta,padahal stasion dekat dari rumah ( Lawang ) dulu pernah,tapi sejak kejadian Lapindo Sidoarjo jadi ngeri geetoo hehe,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..di lapindo sering banjir kang, jadwal juga sering molor karena genangan air di rel

      Delete
  22. Maaf bang baru berkunjung akibat speedy lg error n baru online, ternyata udh banyak posting terlewati. Pengen skali naik kereta api tp kapan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas fian ndak papa, terima kasih sudah di kunjungi lagi lho..
      solusinya naik kereta gantung aja mas

      Delete
  23. taripnya murah ya jadwalnya sering lagi... tapi tetep mamang belum pernah naik kereta api

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada isu mau di naikkan tarifnya mang, sedih rasanya

      Delete
    2. saya kira keretanya mau di naikan. ternyata tarifnya toh..

      Delete
    3. yaaah..kalau keretanya di naikin kalau telat datang bulan gimana dong

      Delete
  24. seumur2 saya belum pernah naik kereta api,, siapa ya kira2 yang mau ajakin saya naik kereta api..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti barengan sama mamang Yono Karyono mas ...

      Delete
    2. tapi jangan rebutan tempat duduk ya mas, kalau bisa pangku pangkuan

      Delete
    3. enakan naik kereta air. bisa liat ikan lele..

      Delete
    4. lele dumbo dengan muke lele

      Delete
  25. sepertinya nyaman
    naik kereta api penataran
    kalau semua ikut aturan
    tapi ada ga pengamen jalanan
    yang turut meramaikan
    suasana dalam jurusan

    ReplyDelete
    Replies
    1. asik asik di suguhi pantun apa puisi nih ya ? joget dulu ah

      Delete
  26. penting nih info, sebentar lagi mau musim mudik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cocok bagi para pencari info ya mas, semoga bermanfaat

      Delete
  27. Kok namanya kereta api ya mas Agus, khan gak ada apinya ? lebih cocok sepur wae .. he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepoor itu bahasa belanda ya mas, kalau kereta api itu dulu masih pakai uap

      Delete
  28. Mungki juga sih....KA ketika itu masih byk asongan dan pengamen, sepertinya suasana di gerbong menunjukkan INDONESIA banget, klw sekarang nyenyet puoolll ....sepi.

    ReplyDelete
  29. jadi teringat dulu masih SD mas, dari stasiun sempu setail Genteng banyuwangi, naik kereta api pergi ke rumahe Mbah di Blitar. Jalan ke Candi penataran Mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sempu setail itu apanya kali setail mas? apanya glenmore..asik ya mas naik kereta ke blitar banyak asongannya.
      ya lewat jember lah mas, lewat terowongan mrawan dulu dong...

      Delete
  30. kereta lagi kereta lagi. sekali-kali saya yo diajak foto bareng di samping kereta Mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh lah mas, sini setorkan fotone mas ks tak foto samping kereta

      Delete
  31. entar kalo liburan ke pulau jawa aja baru bisa naek kereta api. kalo pelayanan memuaskan, walau udara di dalam terasa panas, bagi penggemar kereta api, pasti bukan masalah. salam super

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, udara di dalam kereta sekarang ada yang adem lho mas, lha wong di pasang air conditioner jee mas, semua kereta sekarang ber AC, tapi untuk kereta lokal kadang tidak di nyalakan

      Delete
  32. Numpang nampang bang,and salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan dipasang tampangnya mas, salam kenal kembali

      Delete
  33. kereta terlamabat 2 jam mungkin biasa<<< BY Iwan Fals

    ReplyDelete
    Replies
    1. dengan alasan yang sama, maaf ada keterlambatan karena gangguan teknis di lokomotif,

      Delete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh

Blog Archive