Home » » Muhassabah di Malam Nisfu Sya'ban

Muhassabah di Malam Nisfu Sya'ban

Tiga bulan yang sangat istimewa dalam islam yaitu bulan Rojab, Bulan Sya'ban dan Romadhon. Di bulan Rajab dianjurkan berdoa yang artinya kurang lebih, Ya Allah berkahilah kami di bulan rajab dan sya'ban dan sampaikanlah kami di bulan Romadhon. Banyak keutamaan di bulan sya'ban salah satunya yaitu dilaporkannya amalan kepada Allah. Atau istilah pembukuannya itu tutup buku yang meliputi laporan satu tahun kebelakang. Nah jika sudah di laporkan saya pribadi lupa apa saja yang telah saya lakukan setahun kebelakang, banyak baiknya atau banyak buruknya. Semoga rekan-rekan blogger pasti banyak amalan baiknya. Untuk itulah perlunya saya muhassabah atau menghitung dan mengingat-ingat perbuatan amal saya supaya saya bisa memperbaiki amalan yang rusak. Mari berlomba dalam hal kebaikan dalam bidang apapun termasuk itu memberikan senyuman dan salam.

Ada satu hal yang membuat saya sangat ingat betul tentang syukur atas nikmat Allah. Kecelakaan bersama istri yang saya alami beberapa waktu lalu. Ini karena kehendak Allah dalam menegur hambanya yang lemah dan lalai mengingat Allah. Dengan kejadian tersebut saya langsung berpikir kalau ini adalah anugerah karena di beri kesempatan untuk hidup dan semoga bisa menikmati indahnya bulan suci Romadhon. Semoga ibadah dan ketaqwaan kami bertambah baik ke depannya. Dan saya tidak lupa mendoakaan rekan-rekan semoga amal ibadahnya surplus dan konsisten.

skok depan c70
habis di tabrak


Tidak lupa saya dan keluarga mohon maaf atas salah maupun khilaf baik sengaja ataupun tidak sengaja, lisan maupun perbuatan serta prasangka dalam hati. Saya yang sering celometan di blog rekan-rekan mohon maaf atas kesengajaan saya. Semoga di maafkan, saya juga sudah memaafkan semua kealpaan rekan-rekan.

89 komentar:

  1. Saya juga mohon maaf kang, jika selama berteman denga semua blogger ada salah kata yang bisa menyinggung hati para sobat blogger semua...karena sebagai manusia yang tempatnya salah dan alpha bisa dimaafkan ...amien... terima kasih semuanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah plong ya mas rasanya

      Delete
    2. saya maafkan sesuatu yang telah membuat saya gembira (wong clometanne bikin saya hepi je..) hehehe

      Delete
    3. saya juga maafin ya klo kata2 saya sering sok menggurui.. mohon maaf lahir batin...

      yang lain sudah saya maafin juga, bahkan terima kasih karena sudah banyak berbagi ilmu kepada saya

      Delete
    4. mas zach : alhamdulillah jembar segarane..
      mas pay : alhamdulillah kita ternyata saling ngecopros tapi semoga berguna ya mas,

      Delete
  2. saya juga minta maaf mas atas kesalahan saya semua ini di dunia maya

    ReplyDelete
    Replies
    1. top bukannya kang cilembu yang udah diatas kita umurnya

      Delete
    2. maqomnya sudah diatas kita-kita, lain dari yang lain lah mas

      Delete
  3. wah gaungnya gak nyampe sini, om...
    idem saja lah sama komeng komeng diatas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh di gaungi sendiri lah mas, eh bener ya kata-katanya bukan di gauli kan ?

      Delete
  4. Replies
    1. iyaaa mas,..terima kasih nasehatnya top

      Delete
    2. iya, top. singkatan kan itu

      Delete
    3. singkatannya tua ompong tapi pintar

      Delete
  5. Saya juga Minta maaf Mas Agus, dan smoga doa mas Agus di ijabah...

    ReplyDelete
  6. -alhamdulillah kita masih di beri kesempatan untuk beribadah dan mengabdi kepada Allah di buku yang baru,,,,

    ReplyDelete
  7. Saya juga mohon maaf, jika ada kata2 yg kurang berkenan baik di postingan ataupun dalam memberikan komentar wabilkhusus kepada Blognya Mas Aguz MZ

    ReplyDelete
  8. manusia memamng tempatnya salah dan lupa ya mas, wajar..saya juga minta maaf jika selama ini banyak ucapan lewat tulisan yang mungkin khilaf mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah mas, sama-sama memaafkan saya seneng jadinya

      Delete
    2. seneng dan suka jadi satu = gembira

      Delete
  9. saya juga sekeluarga mohon maaf ya mas agus,, mudah2an kita semua di pertemukan dengan bulan puasa yang penuh berkah dan magfiroh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak devina...semoga dapat ngarungi amalan sak banyak banyak e..
      amiin

      Delete
  10. Saya juga minta maaf atas segala kesalahan, mungkin rada keladuk ...
    Saya tak cari kalkulator buat ngitung amal saya selama setahun, cara ngitungnya gimana ? rumusnya apa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah,...sama sama ya mas, ikhlaskan..jangan-jangan nanti masih dendam, saya di tusuk dari belakang,...hehehe
      ngitungnya ya di angen-angen ae lah mas....

      Delete
  11. Saya memohon maaf juga ya bang... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. jelas di maafken tho yoo...
      salaman dulu mas

      Delete
    2. aja kelalen mampir nang rita

      Delete
    3. saya taunya dari temen yang asli kebumen mas, hehe

      Delete
  12. sama sama sob, saya juga mohon maaf bila saya ada salah ngomong baik di blog ini maupun di blog mbak Nia. semoga kedepannya kita di beri keberkahan dan lebih baik dari sebelumnya amin amin amin.... wah si ijo terluka ya sob...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah kita saling memafken , dan tidak ada lagi penghalang untuk berbuat amal baik..
      salim dulu sama mas zach

      Delete
  13. ya Mas. saya pun demikian ya.. minta maaf yang pasti hasil dari kesalahan yang saya sengaja, hehe...
    semoga Allah mengampuni dosa2 kita

    ReplyDelete
  14. momentum tertabraknya motor seperti pada gambar, jelas mengingatkan kita bahwa semuanya fana adanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lemah tak berdaya seperti kapas tertiup angin kemana angin berhembus dia akan ikut

      Delete
  15. mari kita bermuhasabah bersama. semoga diridhai

    ReplyDelete
  16. mari kita saling mendoakan kebaikkan buat saudara2 seiman untuk di mudahkan mendapatkan hidayah dan mengamalkan amal dengan mudah dan ikhlas... amiiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. aminn...
      wah adem ayem nih...

      Delete
    2. pak payzo kan rumahnya ber AC jadi sejuk, wkwkwkwkwk

      Delete
    3. air comberan gitu mas, tak bilangin mas pay lho

      Delete
  17. Sebentar lagi kita mengarungi bulan suci Ramadhan 1434 H. Saat ini bulan Sya'ban tepatnya tanggal 15. Semoga kita dapat mencerap nilai dan hikmah di bulan Sya'ban ini dan nanti di bulan Ramadhan. Salam cemerlang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk kita pemanasan dulu biar nanti terbiasa dengan bulan ramadhan dan setelah ramadhan kita malah terbiasa beramal baik terus menerus

      Delete
  18. semoga amal yang dilaporkan kepada allah semua diterima dan ditambahkan ganjarannya amin....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga mas agus di tambahkan amal nya karena telah mengingatkan kami-kami, sipppp mas....

      Delete
    2. amiiin , terima kasih doanya mas komar ,semoga mas komar juga tambah iman dan ibadahnya

      Delete
    3. Amin mas.... tapi tetap banyak pahala yang mengingatkan, wkwkwkwkwkwk :)

      Delete
    4. banyak pahala yang mengingatkan dan yang diingatkan dapat cipratannya, kok enak mas,
      tak rampok toh pahalae

      Delete
    5. ambil aja mas, wkwkwwkwkwk

      Delete
    6. bener nih , nanti nangis kosel kosel

      Delete
    7. sampai surga saya berikan, tapi kalo masih di neraka saya bawa dulu mas, wkwkwkwk

      Delete
  19. Marhaban ya Ramadhan
    saya juga memohon mav ya mas Agus..sering berbuat salah dan khilaf.. :)
    --salaman..

    ReplyDelete
    Replies
    1. salim dulu sama mas budi ah...
      alhamdulillah di maafkan sama mas budi

      Delete
  20. Tidak terasa dah mau masuk Bulan suci Ramadhan ya Mas..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bersiap-siap vending machine sebanyaknya mas, biar ndak antri kayak antri bbm akhirnya kerokan juga kan

      Delete
  21. maaf saya terlambat hadir...saya sebagai warga baru di RT sini, mohon maaf juga bila banyak kata-kata saya yang nylekit di hati atau bikin gonduk hati sahabat semuanya...

    Nikmat ALLOH yang luar biasa ya Pak...musibah datang tanpa diduga, detik ini kita sehat, tak tau sedetik kemudian kita bagaimana...
    Alloh mencintai orang-orang baik, semoga kita semua termasuk di dalamnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, yuk kita saling mendoakan buat saudara kita...
      lega rasanya nanti melakukan ibadah sudah di maafkan

      Delete
  22. segenap jajaran dan direksi serta keluarga uye mengucapkan mohon maaf atas kehialafan yang disengaja maupun yang ntak disengaja

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, sama-sama mas uyee..
      yuk kita berlomba dalam kebaikan

      Delete
  23. Bulan bulan Yang sangat teristimewa di Rajab, Sya'ban, Ramadhan..
    Saya Pernah Baca Orang yang Berpuasa Padanya setidaknya Sekali semasa Hidupnya kelak saat di bangkitkan dan di giring ketengah tengah padang maksyar tidaakan merasakan lapar dan dahaga sat mana kebanyakan manusia merasakan kesusahan yang luar biasa karna lapar dan dahaga yang menderanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. subhanallah berbahagia ya mas bagi orang yang istiqomah puasa sunnah

      Delete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh

Blog Archive