Setelah mengetahui cara memesan tiket kereta api baik online, di indo dan alfa mart maupun di loket penjualan stasiun langsung. Saya akan mejelaskan cara merubah dan membatalkan tiket kereta api di loket penjualan stasiun kereta api. Semoga saja dengan info cara membatalkan tiket kereta api ini yang semula belum mengerti menjadi tahu dan juga memudahkan bagi yang ingin membatalkan dan merubah tiket kereta api.

Semua pemesanan tiket kereta api baik yang masih berupa kuintansi dari pembelian selain di loket stasiun memang di tukar dahulu di loket untuk di print kan tiket kereta api yang di beli. Ada sebagian calon penumpang dengan berbagai alasan membatalkan tiket atau merubah jadwal keberangkatan kereta api. Hal ini dimungkinkan sekali karena tiket kereta api dapat di pesan H-90 sebelum keberangkatan kereta api. Jadi masih mungkin saja terjadi misal sakit, atau ada rencana lain yang lebih penting. Update terbaru November 2013, tiket kereta ekonomi tidak bisa di batalkan alias hangus.


Formulir Pembatalan tiket kereta api
Formulir Pembatalan Kereta Api


Untuk perubahan dan pembatalan tiket kereta api ini berlaku hanya untuk tiket kereta pai ekonomi jarak jauh, kereta api bisnis dan kereta api eksekutif. Untuk kereta api lokal seperti tiket kereta api penataran, dhoho dan krd tidak bisa dirubah ataupun di batalkan. Berikut ini langkah merubah dan membatalkan tiket kereta api :

Formulir Pembatalan tiket
Contoh
1. Mintalah form warna merah (perubahan dan pembatalan tiket ) dari petugas stasiun atau kalau ada sudah tersedia tinggal ambil. Form warna merah untuk pembatalan dan perubahan tiket sedangkan untuk form warna biru untuk memesan tiket kereta api.

2. Isikan sesuai dengan nama penumpang, nama kereta, tanggal dan jam keberangkatan kereta api. Jangan lupa di centang di batalkan atau di rubah jadwalnya. Jika dirubah kereta dan jamnya silakan diisi dengan nama kereta dan tanggal serta jam berangkatnya

3. Jika membatalkan tiket kereta api ada pilihan uang nya di transfer atau di kembalikan tunai. Pengambilan uang di stasiun yang sudah online dalam arti stasiun besar atau stasiun kota bersangkutan.

4. Ketentuan pembatalan tiket kereta api dapat di lakukan 30 menit sebelum kereta api berangkat sesuai yang tercetak pada tiket dan di kenakan biaya 25% dari harga tiket di luar bea pesan.

5. Perubahan tiket kereta api dapat di lakukan selambat-lambatnya 24 jam sebelum jadwal keberangkatan sesuai dengan tiket dan di kenakan biaya 25% dari harga tiket di luar bea pesan.

6. Untuk membatalkan dan merubah jadwal perjalanan kereta api harus disertai dengan fotokopi identitas calon penumpang.

7. Bea pengembalian tiket dapat di transfer atau di ambil setelah 30 hari permohonan pembatalan tiket pada jam 07.00-17.00 hari ke 30- hari ke 45 setelah permohonan pembatalan.

Jangan lupa rencanakan perjalanan kereta api anda karena tiket dapat di pesan H-90 dengan resiko bisa ada pembatalan di kemudian hari. Pembatalan tiket kereta api lokal  tidak dapat dilakukan begitu juga perubahan jadwalnya. Untuk itu cek terlebih dahulu sebelum meninggalkan loket stasiun. Demikian sedikit info cara merubah dan membatalkan tiket kereta api di loket stasiun , semoga bermanfaat.





135 komentar:

  1. Replies
    1. nah yang ini tempat saya... hehehe

      Delete
    2. Di bawah bang pay ngga boleh parkir komentar di kolom ini lho ya ..

      Yg nekat kyak bang zach harap bayar uang parkir komentar

      Delete
    3. biasalah mas mau antri sembako

      Delete
    4. Hayoo adminnya jg harus bayar lho

      Delete
    5. weleh ini di bajak to saya...ya gantian lah nanti tak bajak genten

      Delete
    6. sanah kalian bajak membajak. saya jadi bajak laut mungsuhnya jack sparrow aja deh

      Delete
    7. saya dan mas ks sambel bajak aja lah...mau ngoweh-ngoweh jee

      Delete
    8. kalau yang datang pagi dapat tempat strategis

      Delete
  2. boleh dibatalkan ya
    tapi uang ga kembali semua

    tp tak apalah yang penting ada pelayanannya
    ga bikin pelanggan kecewa

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba ada yang pembatalan keberangkatan kereta oleh konsumen...
      jadi saling membatalkan kan... hehehe

      Delete
    2. mbak anis : ya boleh lah, kalau tidak boleh nanti malah salah karena tidak mengakomodasi penumpang jauh yang sudah lelah.

      mas pay : kalau gitu enaknya makan bakso dulu

      mas zach : bubar nanti ada pelelangan besi tua

      Delete
    3. penumpang jauh, apalagi penumpang yang connected dengan perjalanan lain misal kapal atau pesawat

      Delete
    4. mbak khusna : pasti itu mbak khusna kan, hayo ngaku

      mas ks : kapal keruk mas

      Delete
    5. jelaslah sudah
      ga lagi resah
      karna infomu ku mengerti dg mudah

      Delete
    6. alhamdulillah, begitulah...
      hehe

      Delete
    7. ya mudah2an uangx bener2 di kmbalikn soalx tmn ane prnh membatalkan tiket tgl 8 agustus pas hari raya kemarin di surat pembatalan katax tgl 22 september uang lngsung di transfer tp trnyata smpi tgl 25 september uang blm dintransfer juga...bgmn itu

      Delete
    8. kalau masih belum di kembalikan silakan di komplain aja mas, itu kewajiban dari konsumen.

      Delete
  3. itu formilir pembatalan dapet nya dmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas rizal : di loket stasiun mas, kalau ndak ada, minta petugas aja
      mas zach : itu kan formulir token listrik mas

      Delete
    2. bukan di PLN yang benar di KUA hihih ( canda bro )

      Delete
    3. di kua mau ambil blangko nikah ya mas, nanti nanggap tanjidor kan? saya tak liaht jedornya saja

      Delete
    4. di toko kue juga ada---ada kue tentunya

      Delete
    5. yang jelas di toko bangunan..

      Delete
    6. di toko bunga pasti ada, ada bunga dong

      Delete
    7. formulir pembatalan biasanx ada di sekitar loket gan tp saran ane sich klo ente membatalkan tiket mending uang di ambil sndiri setelah 30 hari pembatalan katax lngsung di bayar kas, jgn minta di transfer soalx meragukan tmn ane uangx smpi skrng blm ada masuk padahal udah hampir 2 bln

      Delete
    8. betul sekali pak bram, lebih baik di minta tunai atau cash, karena jika transfer takut mbreset sperti cerita pak bram

      Delete
  4. wah mas agus layak di bayar honor nih dari pihak KAI... soalnya memberikan penyuluhan dan sosialisasi masalah kenyamanan konsumen KAI...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saingannya Pak Penyuluh Perikanan nih

      Delete
    2. walau ndak dibayar asalkan saya bisa ketemu mas pay dan mas zach serta teman-teman saya sudah bersyukur, kan yang penting nulis, syukur-syukur berguna, hehehe

      mas zach : jangan saingan dong, kayaknya saya merebut lahan parkir aja...berlomba-lomba dalam kebaikan sejuk kayaknya mas..hehe

      Delete
    3. aplause untuk Pak Agus...prok prok prok

      Delete
    4. mang yono : kalau mbak anis memanggil mang yono itu mas yono, hehe

      mbak khusna : jadi apa yuk kita lihat,,laaah jadi kardus

      Delete
  5. Kalau merubah jadwal, apa bisa menjamin tetap dapat tempat duduk ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak menjamin mas, tergantung ketersediaan tiket, kalau habis ya batalkan aja.

      duduk di pantai sambil makan petai minumnya es dawet gulai

      Delete
    2. tapi boleh bawa tempatduduk dari rumah kan mas

      Delete
    3. bawa kardus apalagi...tambah nggak boleh

      Delete
    4. ooo boleh mang apalagi bawa makanan dan minuman sendiri di jamin pedagang gak laku, hehe

      mbak khusna : itulah kenapa saya selalu pakai sandal jepit jika berangkat kerja, mayan buat lemek duduk

      Delete
  6. sayangnya ke lumajang tidak ada kereta api mas, kalau ada saya akan membatalkan diri hehe.........

    ReplyDelete
    Replies
    1. ternyata komen mas arief inilah yang paling lucu

      Delete
    2. ya ke lumajang ada dong, kereta api logawa dan juga kereta api sritanjung kalau dari malang kereta api tawang alun..hehe silahkan mas arif membatalkan diri yuks..hehe

      mas zach : lucu dan juga menggemaskan, hehe

      Delete
    3. Logawa itu nama sungai di Desa saya loh mas ...

      Delete
    4. mbak khusna : tak cubit pake tang

      mas zach : kayak pipie hayyu tembem, hehe

      mas nazar : betul mas, memang nama kereta logawa itu diambil dari nama sungai di daerah mbanyumasan sana, rumah e mas nazar sana juga ya...temen e mas zach dong

      Delete
    5. iya mas sekarang hanya sampai daerah Klakah saja tidak masuk Lumajang padahal kalau dulu sampai ujung selatan Lumajang (kec.Pasiran)

      Delete
    6. oh nyampek pasirian ya sulu mas, klakah terus jatiroto terus tanggul rambipuji jember

      Delete
  7. ternyata bisa di batalkan tiketnya, tp apakah uangnya kembali 100% mas? biasanya kan di potong

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mbak indah uangnya kembali 75 % alias di potong 25 % dari harga tiket.
      mas zach : potong bebek angsa
      mas abg : mas abg mau sunat lagi ? jangan lupa nanggap sindir mas

      Delete
    2. lumayan dari pada ndak sama sekali

      Delete
    3. untuk m'ba Indah...saya balikkin 100% lah

      Delete
    4. buat beli korek api bisa nyumet mercon ya mang,

      kang cilembu : selamat datang kembali kang, silakan di balikin 300 persen juga ndak papa itung-itung sodakoh

      mas ks : khusus mbak indah lah mas, kalau mas ks pasti 20 persen kembalinya

      Delete
  8. itulah Mas, kenapa saya kalo pesen tiket pasti di hari H pemberangkatan. dulu saya kalo mau mudik naik kereta, nggak peduli orang2 udah punya tiket. saya datang aja pas hari H. langsung ke loket yang katanya udah habis. saya tunggu menjelang pemberangkatan, ternyata bener, ada 4 tiket buat saya sekeluarga. satu lokasi lagi, duduknya. enak koq. kalopun ada risiko nggak dapet tiket, ya pulang lagi ke rumah. gampang kan..

    kesimpulannya: saya belum pernah mbatalin keberangkatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gampang lah mas..gampang itu karena kita ikhlas saja tanpa beban pikiran dadi tidak ngersulo ya mas, top pokoke kalau masalah ikhlas ini...

      sebenarnya tiket itu tidak habis bis kok, buktinya didalam gerbong masih longgar, seandainya ada orang kepepet pasti kok di layanin pemesannannya, ini pengalaman sebagian orang dan juga saya. hehe

      Delete
    2. ternyata begitu ya, mau nyobain ah

      Delete
    3. easy listening ya...kayak lagu saja. simple banget

      Delete
    4. awas kalau di lempar sandal mang, hehe

      mbak khusna : top kan mas zach itu

      mas ks : pake bukak titik jos , gak mas ?

      Delete
  9. mmmm gitu ya, tapi kalau misal dibatalin ternyata sekarang uang tunainya ga bisa diambil langsung ya...tapi harus tunggu 1 bulan katanya, betul ga mas ?? soalnya kemarin tanya2 di stasiun sih gitu kata petugasnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas hari ke 30 sampai hari ke 45 tepatnya jika lebih dari itu ngambilnya sama dengan nyumbang mas

      Delete
  10. jarang dan tidak pernah naik kereta api sob hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Herman Bagus:...jangan ngaku kalau belom pernah naik kereta...contohnya saya, walaupun blm pernah...berlaga sering sajah...toh ngga bakal ketauan sama adminnya ko'...;o)

      Delete
    2. yaaaah elah..kang cilembu ubi

      Delete
  11. Yang jelas tips diatas sangat bermanfaat bagi yang suka bepergian dengan kereta api. mungkin lain waktu saya juga pasti akan menaikinya.sipp kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah semoga tepat sasaran ya mas, terima kasih supportnya

      Delete
  12. enak ya mas kalau boleh dibatalin, (batal karena mungkin kondisi yang tidak memungkinkan untuk berangkat...)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas tapi di potong 25 % dari harga tiket, paling tidak gak kehilangan tiket ya mas, uange kan lumayan buat beli es degan dan es dawet

      Delete
    2. semoga banyak yang m'batalin tiket...kan KAI bisa dapet untung 25% nya...;o)

      Delete
    3. kalau ada seribu orang lumayan. 25%x1000=..?

      Delete
    4. mayan gak usah ngoyo dapat uang banyak horeee

      Delete
  13. bagus tuh kalau bisa dirubah atau dibatalkan,setuju banget dah hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah ya kang dede. solusi praktis ekonomis dan gelis

      Delete
  14. peminat kereta api memang tak pernah surut ya mas, masa tiket menjelang lebaran sekarang sudah habis

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mas arif, karena tiket bisa dipesan h-90 atau 3 bulan , jadi sudah ludes, enaknya naik kereta api itu kalau bawa barang banyak tidak usah naik turunkan kalau ganti bis, hehe

      Delete
    2. barangnya dititipin di kantor pos aja gimana mas ?? :D lebih hemat haha

      Delete
    3. oh iyaya..kalau di herona ekspres atau di KA Log mahal mas, tapi cepet barang sampai besama orangnya

      Delete
  15. wah ternyata bisa juga dibatalin tiketnya mas, maklum belum pernah naik kereta api dan belum pernah beli tiket kereta hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. past kereta dorongnya anak ya tho, ngaku deh

      Delete
  16. Waduh lama banget mas, bisa sampe 30 hari yah, balikin uangnya hehe...saya belum pernah nih mas, nais inpoh

    ReplyDelete
    Replies
    1. 30 hari kayak puasa ramadhan ya Kang,..
      nggak papa Kang, kan akhirnya dapat uang kembali..

      Delete
    2. tapi ya nunggu lama itu lho yang bikin senewen..huuu
      yang penting uang kembali ya mas

      Delete
  17. walau uang kembali cuma 75% dan pengambilannya butuh waktu yang lumayan lama, tapi menurut saya masih sangat wajar...dan membantu...daripada uang nggak kembali babar blas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan mbak kembaliannya bisa beli oleh2 untuk keluarga..

      Delete
    2. kalau yang ngebalikan inget. kalau nggak? bisa tepuk dengkul...

      Delete
    3. mayan tho bisa buat tambahan ongkos naik haji...
      berarti dengkulnya mas ks ndak orisinil lagi dong

      Delete
  18. Betul-betul berharga mas tipsnya, terima kasih banyak mas, saya kira tidak bisa dibatalkan, ternyata bisa ya Mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya hebat bisa menang..
      pakai pamer makan-makan lagi..huh

      Delete
    2. itu untuk kereta api jarak jauh lho ya...
      teman teman memang hebat hebat dan juga top tidak ndeso yaa...

      Delete
  19. sangat bermanfaat,,,, buat yg nyari info pembatalan tiket ni

    ReplyDelete
  20. tipsnya saya simpan dulu..kelak akan saya gunakan bila naik kereta api :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya tunggu cerita kang hari naik kereta api

      Delete
  21. Jadi inget kisah Mas Rawins, waktu mau ngerubah tiket pesawat nih Mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. pemesanannya online pula plus kena sepaneng otaknya jadi agak ribet , hehe

      Delete
  22. wah ternyata bisa di rubah jadwalnya ya sob... bagus lah kalau begitu sob.. jadi para pelanggan tidak merasa di rugukan.. makasih infonya sob...

    ReplyDelete
  23. kalau pembatalan biasanya agak ruwet dan yg pasti uang kagak kembali

    ReplyDelete
    Replies
    1. potong 25% m'ba....ngga baca artikelnya kan?!...hihihiii...ketauan deh

      Delete
    2. baca judul dan liat gambar.. mirip dengan saya ya Kang..wkwkwk

      Delete
    3. halaaaaaah.....makane aku nek nulis artikel mesti saitik-saitik ae...hehe

      Delete
  24. selamat Malam Sobat...waah mantab nich Tipsnya kalau suatu saat mau membatalkan Tiket Kereta Api,, tapi sayang di daerah saya belum ada jalur kereta Api Sob...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. masa di Yogya nggak ada sih? (ngasal banget ya saya?)

      Delete
    2. maksudya di kampungnya Bang..

      Delete
    3. mas hayardin : jadikan pengetahuan aja mas , semoga bermanfaat.

      kalau yogya lowokwaru ya ndak ada mas..kampung bali apa lagi yang ada malah laken atau andong

      Delete
  25. Perubahan tiket kereta api dapat di lakukan selambat-lambatnya 24 jam sebelum jadwal keberangkatan Kalau 24 Jam lebih 10 menit boleh dikembaliin gak tuh mas ? hhehehe

    *piss

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung petugasnya mau berbaik hati apa ndak mas, hehe
      kadang ya tepat gitu ndak bisa kadang ya bisa..itu saja kok sebenarnya

      Delete
  26. saya nggak naik kereta api Mas kalau mudik.
    tapi saya jadi tau sekarang kalau tiket KA itu bisa di batalkan.

    tapi khusus yang jarak jauh aja kan...
    kenapa tuh gambarnya ganti andonk Mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas ks..mana yang ganti andong ? laken tha ?

      Delete
  27. jurusan mana aja mas ?? semua ?? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk kereta api jarak jauh semua jurusan semua kelas, kalau kereta api lokal ndak bisa di batalkan

      Delete
  28. tempat saya tidak ada KA nya mas tapi lumayan untuk pengetahuan bahwa tiket KA itu bisa dibatalkan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga bermanfaat ya mas..tempat saya tuban juga ndak ada kereta kok mas..melas ya

      Delete
  29. kereta api sudah makin keren ya
    beli tiket juga bisa dimana mana
    sayang kelas ekonomi belum bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. kelas ekonomi lokal bisa kok mas, apalagi jarak jauh malah bisa.

      Delete
  30. mas, kalo saya mau ganti kereta api sih bisa juga ? dari jarak tegal-semarang ganti dari tawang jaya ke kaligung mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa juga mbak levi, tetep dikenakan biaya 25 persen. prosesnya sama dengan pembatalan tiket

      Delete
  31. mas saya sdh beli tiket jogja-malang malioboro express exc class 9 nov 22.15 tp karena satu dan lain harl saya beli tiket baru jogja-surabaya 10 nov ...
    kebetulan saya baru sampai di jjogja tgl 8 jam 12.30 siang (domisili di luar negeri) .. kira2 kalau saya lgsg ke tugu station untuk menukarkan voucher dan membatalkan tiket jogja-malang hanya kena 25% admin sajakah? saya sdh menelepon 121 tapi jawabannya ambigu :(

    suwun mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertama yang ibu dian lakukan itu sudah betul, menukarkan tiket pada stasiun tugu langsung, karena untuk membatalkan tiket bisa 30 menit sebelum kereta api berangkat.
      Untuk berjaga-jaga ibu dian ambil formulir merah (untuk pembatalan tiket) di isi sesuai yang tertera di formulir. Kemudian antri di loket stasiun dan minta pengembalian secara tunai jangan pakai transfer (karena lama ). Potongan 25 % itu betul.

      Itu saja gambaran dari saya tentang prosesnya. Kurang lebih nya mohon maaf dan semoga bermanfaat.

      Delete
    2. kalo penukaran perlu pake ktp gak mas?

      Delete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh

 
Top