Home » » Prosedur Cara Klaim Asuransi Jasa Raharja

Prosedur Cara Klaim Asuransi Jasa Raharja

Musibah kecelakaan yang menimpa saya dan istri saya kemarin cukup mengagetkan saya istilahnya ndredeg karena belum pengalaman dan cukup ini yang terakhir kecelakaan. Bagi saya pribadi ini memang kelengahan saya, saya sebagai sopir, pengendara dan pengendali kemudi dari penumpang saya yang juga bernyawa telah merugikan hak nyaman istri saya. Ini juga bisa jadi kiasan agar dalam menyopiri atau meng imam i keluarga saya harus hati-hati tidak boleh lengah sedikitpun. Itulah gambaran umum tentang musibah kecelakaan kemarin. Masalah kecelakaan ini ada hubungannya dengan asuransi kecelakaan dalam hal ini asuransi jasa raharja. Apa dan bagaimana prosedur cara kliam asuransi jasa raharja, otomastis saya juga mencari informasi ini untuk pengetahuan saja. Karena dalam musibah kemarin alhamdulillah kami tidak mengalami luka serius cuma si ijo yang luka parah.

Jasa Raharja merupakan perusahaan asuransi BUMN yang menangani masalah kecelakaan. Asuransi kecelakaan sudah kita bayarkan melalui pajak kendaraan bermotor yang di bayar tiap tahun seingat saya sebesar 35 ribu rupiah. Begitu juga iuran asuransi karcis bis, karcis kereta untuk pesawat dan pelni saya belum tau karena memang belum pernah menggunakan jasa ini. Dana yang terkumpul perharinya tentunya besar karena mencakup seluruh wilayah indonesia. Berikut ini Prosedur cara klaim asuransi jasa raharja :
1. Menghubungi kantor jasa raharja terdekat dengan mengisi formulir pengajuan serta dilampirkan pula berkas seperti : Laporan dari kepolisian polres karena yang berhak membuat adalah kasat lantas, Keterangan kesehatan dari dokter atau rumah sakit yang merawat, KTP korban atau ahli waris juga tidak apa-apa.
Laporan polisi ini merupakan syarat mutlak sebagai dasar pengajuan asuransi santuanan, jika kejadian tidak dilaporkan atau tidak diketahui oleh polisi tetap harus minta laporan dari polisi dengan saksi-saksi atau pihak keluarga yang mengetahui musibah kecelakaan.

2. Bukti Lain yang di perlukan seperti kuitansi biaya perawatan di rumah sakit dan pengobatan asli yang sah. Jika korban meninggal menggunakan kartu keluarga atau surat nikah. Kumpulkan kuitansi asli biaya pengobatan di rumah sakit, jika pengobatan tradisional tidak bisa ditoleransi. Kemudian kirim ke jasa raharja terdekat kemudian oleh jasa raharja terdekat berkas tersebut akan di kirim ke tingkat provinsi dan pencairan santunan di jasa raharja provinsi.

3. Santunan berupa biaya perawatan dan pengobatan, santuanan kematian sebesar maksimal 25 juta, santunan cacat tetap maksimal 25 juta, santunan biaya perawatan maksimal 10 juta dan biaya penguburan sebesar 2 juta rupiah.

Asuransi kecelakaan jasa raharja ini bisa di ambil oleh ahli waris pasangannya , anak yang sah dan orang tuanya. Masa kadaluarsa hak santuanan asuransi jasa raharja bisa gugur atau kadaluarsa jika permintaan yang diajukan dalam waktu lebih dari 6 bulan setelah terjadinya kecelakaan. Tidak dilakukan penagihan ke jasa raharja dalam kurum waktu 3 bulan setelah pengajuan prosedur disetujui oleh jasa raharja. Demikian sedikit info yang saya sarikan dari website jasa raharja.co.id semoga bermanfaat.

37 komentar:

  1. Replies
    1. YES AKHIRNYA !! setelah sekian lama bisa juga pertamax di blognya mas agus . hihihi ..

      maaf ya buat semuanya aku duluan , hoho #sambil dadah dadah .,

      iya mas emng terkadang hal itu juga penting,, jaga" aja sih ya .
      tapi jangan sembrangan pilih asuransi juga .
      aku juga baru tau nih prosedurnya dari asuransi jasa raharja ini,
      lumayan jadi nambah pengetahuan mas :)

      Delete
    2. alhamdulillah, ngosek wese dulu mbak,hehehehe

      Delete
    3. itu prosedur diatas kertas lho mbak, praktiknya mungkin bisa berbeda , hehe

      Delete
  2. makasih infonya kak,,,,,
    baru tahu jga prosedur jasa raharja
    harus lebih hati" ya kak,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah,.terima kasih nasehatnya...
      saya lebih berhati-hati lagi karena nyawa tidak ada serepnya,hehe

      Delete
  3. ilmu yang baru buat saya nih mas, trimakasih atas sharing yang manfaat ini

    ReplyDelete
  4. apa bener nih asuransi di indonesia dgn mudah memberikan santunan kepada korban kecelakaan ?
    dari beberapa orang yg aku kenal dan mengalami musibah kecelakaan katanya ribet banget kepengurusannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebetulan saya belum pernah klaim mbak, itu diatas kertas saja, mungkin prosedurnya mudah syaratnya mudah, tapi memenuhi syaraat itu yang susah, seperti minta keterangan polisi itu sulit, waktu pencairan dan korscek data juga lama pastinya.

      Delete
  5. Infonya bagus mas, tapi semoga di dalam berkendara, kita selalu diberi keselamatan .. Amin ..

    ReplyDelete
  6. asuransi sebesar apapun pasti semua milih selamat
    dunia dan akherat

    infonya bermanfaat
    dan saya tahu apa-apa syarat
    dari artikelmu yang memang masih hangat

    trimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini dia baru top, walau di kasih uang banyak tapi kalau celaka ya nggak mau mbak, hehe

      Delete
  7. makasih Pak Agus, jadi ngerti nih...
    gimana sekarang si ijo, eh Mbak Nia, Pak? semoga nggak ada trauma dibonceng motor ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga bermanfaat ya mbak,
      Istri saya alhamdulillah selamat tidak ada lecet sedikitpun cuma anyol pinggange habis ketiban sepeda, alhamdulillah semoga aja tidak trauma mbak di kikis sedikit demi sedikit..
      kalau si ijo sementara tidak bisa dikendarai, bagian depan hancur

      Delete
  8. Terima kasih Mas, ini informasi menarik yg sangat bermanfaat
    terima kasih banyak sudah berbagi

    ReplyDelete
  9. kira2 ribet gak sih ngurusnya.. ntar diputar sana sini.. hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya meragukan prosedur diatas mas, itu kan saya sarikan dari website jasa raharja, pasti lah ujung ujungnya..hehe

      Delete
  10. kalau masalah lalu lintas dan asuransi prosesnya tidak sebentar, karena saya mengalaminya mas, ribet dan perlu sana sini walaupun akhirnya juga dana cair...

    untungnya nggak papa ya mas, masih bisa ngeblog hihi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah masih selamat mas, bisa ketemu kembaran saya, iya mas pasti ribet dan ujung-ujungnya itu lho mas

      Delete
  11. oh jadi begitu yah prosesnya kang, saya baru tahu.., karena memng saya nggak pernh mengurusnya, dan mudah-mudahan saja hal-hal yang tidak diinginkan jangan sampai terjadi, aaamiiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga saja tidak terjadi pada blogger semua, mending hati-hati ya mas

      Delete
  12. wah ada ilmu lagi nih.. thanks ya mas :)

    ReplyDelete
  13. Wah artikelnya sangat bermanfaat nih sob, share terus yang seperti ini yah saya akan berkunjung lagi nanti, salam blogger semoga sukses.
    Jangan lupa mampir keblog saya http://rizkyseo.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah mas, bukan karena saya tapi karena support dari kalian semua

      Delete
  14. waduhh, saya telat kesini, gara2 sibuk banget 2 hari ini. dan saya agak deg2an baca paragraf pertama. penasaran, saya akan baca posting sebelumnya ya Mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah semuanya selamat mas, berkat doa panjenengan berdua nih :)

      Delete
  15. ini yang kadang tidak diketahui masyarakat dan memang sosialisasinya kurang bahwa semua yang jadi korban kecelakaan lalu lintas baik pengendara maupun bukan akan dicover oleh jasa raharja

    lagi lagi kembali kepada kata indonesia raya... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan ujung-ujungnya duit ya mas, kalau masalah duit bisa jadi mudah dan ruwet

      Delete
  16. Mas Agus.. menarik tulisannya, soal asuransi Jasa Raharja, masih banyak orang yg belum tahu atau paham soal asuransi ini.. semoga dgn info ini semakin banyak org2 yg tahu ya.. www.jasaraharja.co.id.

    ReplyDelete
  17. ,.,KISAH NYATA ,
    Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
    Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya. Tapi setelah di bantu HABIB IDRUS hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi HABIB IDRUS. Untuk Konfirmasi Lebih Jelasnya: >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<< .Semua petunjuk Beliau saya ikuti dan hanya Dalam waktu 2 hari, Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih HABIB IDRUS saya tidak akan melupakan jasa HABIB IDRUS. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH.(BUKAN PESUGIHAN ATAUPUN PENGGANDAAN UANG).

    ReplyDelete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh

Blog Archive