Home » , » Tips Mengendarai Motor Saat Banjir

Tips Mengendarai Motor Saat Banjir

Berbicara masalah banjir, saya ada sedikit tips mengendarai motor saat banjir, atau menerjang banjir dengan motor. Musim penghujan dengan intensitas hujan lebat, di kota besar banyak di jumpai genangan air hingga tingginya selutut orang dewasa. Jika kita tidak mengerti trik mengendarai motor dalam medan banjir akan mengakibatkan motor mogok atau trobel. Biasanya karena busi atau spark plug terendam air atau karbunya kemasukan air sehingga motor jadi mbrebet dan mogok.

Saya pernah mengalami keadaan dimana saya harus menerjang banjir, saat itu saya belum menikah. Perjalanan dari Surabaya menuju Tuban dengan si hitam gl pro, ditengah perjalanan banjir melanda dengan ketinggian kurang lebih 30-40cm. Balik arah sangat tidak memungkinkan karena jarak yang saya tempuh sudah cukup jauh. Mencari jalan alternatif? saya belum mengerti medan daerah tersebut. Bisa-bisa saya kesasar dan waktu tempuhnya menjadi lama di perjalanan plus bahan bakar juga menguap. Akhirnya saya terjang banjir tersebut. Saya lihat banyak juga motor yang mogok khususnya motor bebek yang businya terendam air.
Prinsip yang diajarkan oleh adik saya, yang mekanik alias tukang bengkel itu, karbu harus tidak boleh kemasukan air, busi tidak boleh tenggelam dan knalpot tidak boleh kemasukan air. Berikut ini tips mengendarai motor saat banjir :

  • Pastikan busi aman oleh jangkauan air banjir. Busi merupakan salah satu komponen pengapian, jadi tidak boleh kena air.
  • Karbu juga harus aman dari kemasukan air. 
  • Knalpot tidak boleh kemasukan air. Jika banjir sampai menenggelamkan knalpot, pertahankan agar air tidak masuk. Caranya dengan menarik gas atau gas tinggi diimbangi dengan pengereman supaya tekanan gas buang menahan air tidak masuk. Pertahankan sampai knalpot aman dari rendaman air.
  • Khusus untuk motor bebek, jangan memaksa jika tidak ingin mendorong motor anda yang mogok.
  • Kendalikan kecepatan, untuk menghindari terseret arus banjir.
Cara mengendarai motor saat banjir diatas sudah saya praktikkan beberapa kali dengan gl pro sampai saat ini tidak ada masalah dengan mogok atau trobel di medan banjir. Untuk si ijo C70 yang motor bebek itu, jika banjirnya 20 cm masih saya terjang dan aman-aman saja. 
Yang paling aman mengendarai motor dengan segala medan dengan menggunakan motor trail. Banjir, gunung, pantai, lumpur dan seterusnya asal masih mampu pasti di libas dengan motor trail. Demikian tips mengendarai motor saat banjir, semoga bermanfaat.

tips mengendarai motor saat banjir


Kabar terbaru tentang banjir, tadi malam volume air dari pegunungan telah berhasil masuk rumah ibu saya dan sekarang sudah berangsur surut. Air masih stand by di dapur yang konturnya lebih rendah dari rumah utama. Semoga berangsur surut total.

136 komentar:

  1. bener mas agus, pernah sy sekali kelepasan pegang gas trus sdikit turun eh malah mogok ....hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. mogok makan apa mogok minum mas fiu ?

      Delete
    2. Pancinya gak laku kalau demo banjir, ikut hanyut.....

      Delete
    3. Mas Agus@ bukan dua2nya tapi mogok tidur ..hehe

      mb husna @ demo mah gak pernah mogok mb ...hehe

      Pak indra @ pancinya tengkurep ... hee

      Delete
    4. mogok karena tidak ada demo masaknya.
      pancinya aman pak, karena buat jaga-jaga ngelempar orang.

      mogok tidur berarti begadang terus ya ?

      Delete
    5. Pas nih tipsnya soalnya musim ujan, rawan banjir, apalagi kalau pake matic, hadewww ini yang paling rawan mogok :(

      Delete
    6. kalau lagi apes , van belt nya gak nyantol akirnya malah jalan ditempat

      Delete
    7. kalau mogok blog bisa ndak ya hehehe

      Delete
    8. Kalau mogok dan banjir. .jalan kaki aja toh mas, kan lebih sehat sekalian bisa main-main air. .:)

      Delete
    9. kalau mogok kerja nanti tidak bayaran lho mas...
      dan kalau mogok blog, nanti mang yono tidak dapat dolar
      nah kalau renang aja gimana, kan sama-sama olah raganya

      Delete
    10. kapan yah ada hari mogok nasional ..... ?

      Delete
    11. wah ini ndak baik untuk produktivitas mas

      Delete
    12. jangan mogok kerja ach kasihan yang dirumah,dapurnya nggak ngebul bahaya tuh

      Delete
    13. Yang pasti saya tidak MOGOK Mlorotin Celana

      Delete
    14. Ndak boleh mogok nasional mas. .:(

      Delete
    15. yang penting lagi tidak boleh mogok ganti olie

      Delete
    16. kalo mau aman montornya dipanggul aja, om...

      Delete
  2. hahaha.. tips ini hanya untuk motor lanang mas/motor besar mas.. kalau motor bebek busi nya sudah pasti kemasukan air mas.. kenalpotnya juga.. kalau motor lanang kan kebanyakan mesin bloknya tegak, jadi posisi businya tinggi.. hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. honda Win punyanya kepala desa itu seperti motor bebek ya mas, sedangkan motor bebek seperti yupie MX malah agak tegak.

      Delete
    2. perlu dielus-elus biar tegak ... wkwkwkwk

      Delete
    3. halah.......ini gara-gara mas is gak tanggung jawab..itu lho yang dielus-elus bisa tegak ekornya kucing

      Delete
    4. belum kepikiran yang tegak... maklum saya masih ABeGeh

      Delete
    5. asli saya polos kalau soal ini

      Delete
    6. Sama, Saya juga. Juga apanya ya

      Delete
    7. kalo bebek bukannya malah pinter berenang..?

      Delete
    8. bebeknya masih kecil mas, perlu diajari renang

      Delete
  3. saya sih cuma tinggal duduk manis saja mas,kan diboncengi ayahnya athar :D
    kalo mogok palingan turun dan banjir-banjiran,,hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe..malah seneng banjir-banjiran...ayahe yang kebagian dorong motor, tapi tetep ceria, sippp deh.

      Delete
    2. saya ldong ebih enak, kalau banjir ya tinggal mlungker aja di tempat tidur..hehe

      Delete
    3. Nanti kalau bangun sudah ada di luar ya Mba?

      Delete
    4. berarti kamar mandi dalam tidurnya di luar ya pak ?
      hati-hati mbak kalau terhanyut sampai jogja

      Delete
    5. itu salah satu keuntungannya mang

      Delete
    6. Kalau Banjir terus yang senang anak anak

      Delete
    7. main air sampai kena kutu air , hehehe

      Delete
    8. wah ini sih kayaknya lagi bahas banjir lokal...

      Delete
    9. banjir lokal rasa interlokal deh

      Delete
  4. Tips lain, pas banjir motore tumpake getek ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tips yang ampuh dan jitu, atau tumpakne truck gandeng sekalian ?

      Delete
    2. kalau sepeda (nggak pakai motor) gampang, junjung aja

      Delete
    3. apalagi sepedanya orang lain..gak usah di urusi

      Delete
    4. apalagi motornya cuma khayalan

      Delete
    5. mau nyicil motor bayaran tidak mencukupi, hehehe

      Delete
  5. lha kalau airnya ndilalah tinggi banget, gimana caranya supaya busi tidak terendam Pak? jangan lewat aja kali ya Pak, biar aman...saya pernah melihat di kota-kota besar, jika banjir mereka tetep saja nyelonong menerjang air...kasihan motornya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya di di kasih sabun colek Mba, biar bisa jalan sendiri tanpa dihidupkan mesinnya. he,, he,, he,,,

      Delete
    2. Busi dicopot, kenalpot di tutup plastik, motor didorong sampe daerah yang tidak banjir

      Delete
    3. betul mbak, jangan di liwati saja, atau kalau rela mendorong motor ya tidak apa-apa. hehehe. lho kok kasian motornya sih mbak, orangnya gak kasian gitu? kalau saya sih kasian sandal orangnya ikut basah mbak.

      pak indra sukanya ngaco ah..sabun kan untuk yang itu tuh......

      nah mas is betul, sekalian aja motornya di taruh almari biar aman dan aweet

      Delete
    4. nah tips yang ampuh biar businya gak terendam air, businya dicopot dan di sakuin aja hehe

      Delete
  6. Memang kalau lagi musim penghujan mengendari motor kita harus tahu tips mengendari motor saat melintasi jalan yang banjir ya mas, agar kita tidak terjebak di air. Nanti jadi ikan pesut. he,, he,, he,,,

    Semoga cepat surut ya mas banjir di rumah ibunda.

    Salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. awas kalau kejeglong pak, kan jeglongannya tidak kelihatan.
      kalau pecut sapi tidak langka kok mbak.
      apalagi pesut kosek wese

      Delete
  7. Alhamdulillah saya belum pernah nemu banjir waktu bawa motor mas, tapi tipsnya saya catat dulu..makasih mas tipsnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah mas muroi, perjalanan lempeng dan lancar jaya

      Delete
    2. Iya mas, belum pernah kebanjiran alhamdulillah

      Delete
    3. alhamdulillah mas muroi...semoga aman selalu

      Delete
  8. Alhamdulillah kami sering menemukan banjir dengan motor, karena di pinggiran sungai arut kalimantan....

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan semoga perjalanan tidak terganggu ya mas pay..
      siapa yang mau di parut mas ?

      Delete
    2. kok ubi di parut mas ? buat getuk ya

      Delete
    3. gak ada nama sungai "parut" mas.. hehehe

      Delete
  9. bener, mas. biasanya klo pakai motor smash saya masukin ke gigi dua, gas digedein, dan direm tangan dan kaki. jangan gigi satu ntar malah loncat motornya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh jadi kalau naik motor itu giginya harus di masukkan dulu ya cak ?
      kosel-kosel juga gak ?

      Delete
  10. oh iya Mas, di televisi banyak diberitakan mengenai banjir di jawa Timur, termasuk Mojokerto.
    Kalo tempat ibu di Tuban kan ya Mas? di Tuban juga banjir?

    saya hanya bisa ikut berdoa Mas. Semoga banjir sebagai ujian Allah akan segera dilalui, dan tidak mengakibatkan kerugian material maupun moral, baik untuk keluarga Mas Agus, maupun seluruh masyarakat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan kan kan, Pak Zach mulai deh, cuma baca judulnya....kan sudah beliau bilang tempat Ibu Pak Agus kena banjir..

      aamiin.

      Delete
    2. di mojokerto daerah Dawarblandong sana, di tuban sepanjang lembah sungai bengawan solo, mulai bojonegoro, tuban , lamongan. rengel juga kena mas, rumah ibu tadi malam kebanjiran, sekarang sudah surut sampai dapur doang yang kebanjiran.

      saya amin kan doanya..yuk mas zach kita quick smash bareng-bareng pake panci ya mbak. hehehe

      Delete
    3. weeek, pasti baca dong Mbak KK. ihhh.
      cuma kan terserah saya dong mau ambil subtema yang mana. ihhh

      Delete
    4. syukurlah Mas, kalo cuma dapur. moga2 segera berlalu ya

      Delete
    5. amiin..alhamdulillah mas..doanya sangat berarti bagi korban banjir

      Delete
  11. kalau sayanaek motor pas banjir, caranya, busi, karbu dan knalpot, saya pindahin ke atas tengki kang...epektif bangetkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah kang , efektif banget tuh kang..apalagi motor win plat merah kesayangan kang lembu, di taruh punggung aja ya motornya , biar tidak mogok

      Delete
  12. Buat pengendara motor bebek mungkin agak kesulitan menerjang genangan air agak tinggi soalnya letak busi ada dibagian bawah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas felix, kalau jupie MX masih bisa menerjang..

      Delete
  13. sepertinya kalau posisi motornya dibalik jadi busi, karbu dan knalpotnya diatas lebih praktis ya mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. oo jelas praktis mas ws, gimana kalau motor nya ditaruh punggung mas ws ajah keren kan

      Delete
  14. musim hujan begini rawan banjir, semoga tidak terjadi

    ReplyDelete
  15. Banjir. Peluang Ngojek motor mogok

    ReplyDelete
    Replies
    1. juga ada yang menawarkan jasa servis portable

      Delete
    2. kalau bisa dicari dan dicari terus biar dapatnya banyak

      Delete
  16. hati hati jalan lubang dan selokann biasanya itu yg ga keliatan saat banjir

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini dia yang patut diwaspadai

      Delete
    2. inilah resiko kalau komen telat. ternyata komen saya ada yang sama di sini :D

      Delete
    3. hehe..kang ucup habis membuat stempel sih.
      lembur ya kang

      Delete
  17. banjir-banjir xixi takut deh sama banjir soalnya bisa ada kutu air ..nya
    tipsnya bagus mas ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ulo katok tu yang gimana bentuknya ya?

      Delete
    2. ulo katok ya ulo yang ada dalam katok toh

      Delete
  18. kalau pas hujan atau banjir saya lebih memilih gak bawa motor mas, tapi setelah tahu ada tips ini sedikit pede ... nati bawa motor ah ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan bawa motor orang lho mang, bisa bahaya

      Delete
    2. saya juga lebih memilih membawa payung Mang Yono,daripada harus membawa motor mogok hehe

      Delete
    3. hehehe..kalau terbang tapi gak bisa mendarat gimana kang dede ?

      Delete
  19. saya lebih terbiasa bermain di point ke dua mas, bermain rem dan mempertahankan gas supaya air tidak masuk ke knalpot.
    ngomong-ngomong saya jadi auto fokus ke gambar motor nya tadi :D :D :D itu kaya motor kotaro minami (belalang tempur sebelum di modif :D :D :D )

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe...betul pak david raja...untuk mempertahankan gas besar, main gas dan rem

      Delete
  20. makasih tips2nya mas bro.. langsung bisa dipraktekin nih.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh mbak lina mau praktek menerjang banjir ,,,,wihhhh hebat eyyy,,,

      Delete
    2. Kalau saya mau menerjang Banjir seorang diri aja
      Motor simpan di rumah. Aman terkendali

      Delete
    3. hahaha..kang dede mulai ah...
      kalau gitu kita menerjang banjir pakai perahu aja ya

      Delete
  21. makasih tipsnya mas...kalau langsung banjir sih say belum pernah cuma kadang kalau hujan deras di jalan pasti bnyak air menggenang..dan pasti kalau diterjang mogok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mogok panggil saya saja mabk jenx,biar takdorong motornya hihi

      Delete
    2. bernai bayar berapa mbak indah? tuh kang dede siap

      Delete
  22. Trims tips nya mas,d daerah saya klo musim hujan seperti ini g pernah banjir tp klo pulang jualan pasti harus lewat tempat yg jalan nya terendam air dari luapan sungai Citarum,parah2nya bisa nyampe lutut orang dewasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau motor mas agus kan sudah kece dan keren tuh mas...si nin nin..hehe
      gak bakalan kena air tuh mas

      Delete
  23. Pakai motor yang seperti d gambar,pasti ga was2 mogok :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..pakai nin..nin mas agus aja deh

      Delete
  24. kalau saya daripada harus melewati jalan banjir,mendingan balik kanan aja ,soalnya sudah pernah maksa nerobos air dan ahirnya mogok,dorong motor jauh lagi ke bengkel ,kapok,trauma,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya ngerti gitu , saya mau jadi tukang servis portable yang stand by di banjiran kang, mayan banyak order..
      hehehe

      Delete
  25. tips nya bermanfaat sekali, walau saya hanya duduk manis di belakang.... hehhehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya motor kalau mogok yang di belakang disuruh dorong

      Delete
    2. kalau yang ditengah duduk di motor sambil di dorong ya ?

      Delete
  26. Motornya di perahuin aja gan masalah terselesaikan :v hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwk.. klo bisa juga boleh

      Delete
    2. kalau saya cenderung motornya saya gendong di punggung saya, gantian mas, motornya capek

      Delete
  27. smoga banjirnya nggak ngejangkau rumah ibunya lg mas
    lihat di tv kawasan rengal hampir mrata

    klo pake motor yg orenya tu, pasti enak gak kejangkau air
    lebih aman ditali heli :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dua hari ini sudah terndam mas...barang barang ada yang basah telat mengangkat ke tempat yang tinggi.
      sekalian aja helinya nyemplung biar mandi di banjiran

      Delete
  28. tipsnya keren banget, bermanfaat sangat ;) makasih udh share

    ReplyDelete
  29. kalau banjir mending jangan mengendarai motor mas, kalau ada lubang di jalan kan nggak kelihatan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini kan pas dalam perjalanan kang, dan tidak tau ada banjir menghadang, kalau tau ada banjir mending lewat jalan lain sebelumnya

      Delete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh