Home » » Alhamdulillah Banjirnya Surut

Alhamdulillah Banjirnya Surut

Cerita tentang banjir di Rengel beberapa hari lalu saya lanjutkan untuk sementara endingnya banjir sudah surut. Alhamdulillah, segala puji hanya milik Allah. Banjir yang melanda kecamatan Rengel beberapa hari termasuk merendam rumah ibu selama empat hari sudah surut. Mulai hari senin tanggal 16 Desember sampai 19 Desember malam atau tanggal 20 dinihari air berangsur surut. Saat itu ibu, kakak dan adik saya bekerja bahu membahu meletakkan buku-buku, baju dan barang lain ke tempat yang lebih tinggi. Dengan menggunakan kursi, meja dan bayang dari bambu. Saat itu pikiran kakak dan ibu sangat kacau, bahkan makan pun terasa tidak enak, kepikiran bagaimana jika banjirnya tambah tinggi.

sawah rengel banjir


Banjir dengan ketinggian 20 cm merendam rumah disertai dengan lumpur berwarna kuning kecoklatan. Debit airnya pun juga deras, hal ini dikarenakan banjir berasal dari air pegunungan setelah hujan turun dalam waktu lama. Saat ada tanda-tanda banjir surut, kakak dan ibu saya membersihkan seluruh lantai rumah. Jangan sampai terlambat airnya surut karena akan menambah pekerjaan, yaitu mengangkat air untuk membersihkan lantai. Kalau mengikuti surutnya air, kerjanya cuma menghanyutkan lumpur bersama air banjir. Pekerjaan ini dilalukan hingga selesai pada pukul 01.30 dini hari. Pekerjaan yang menguras tenaga dan pikiran. Dan pada tanggal 20 Desember itulah air sudah surut. Penyebab surutnya banjir kemungkinan besar adanya tanggul atau tangkis yang jebol di daerah hilir bengawan solo, sehingga air tersedot dengan cepat. Kalau sudah begini banjirnya jadi pindah ke tanggul yang jebol tadi.


Saat saya pulang ke Tuban tanggal 21 Desember air banjir masih mengintai. Giliran saya memberikan tenaga dengan membersihkan kamar mandi yang penuh dengan lumpur dan air bekas banjir. Lumayan memberikan bantuan nafas bagi ibu, kakak dan adik saya. Melihat keadaan banjir di area persawahan yang terendam banjir, membuat saya kasihan dengan pemilik sawah tersebut. Padi yang siap dipanen beberapa hari kedepan harus terendam banjir. Ada juga yang masih bisa diselamatkan, namun harga gabah akan turun drastik di pasaran.

sawah rengel banjir

Setelah memastikan mental ibu kuat kembali dan memastikan kesehatan beliau saya bisa pulang ke mojokerto kembali dengan perasaan lega.


39 komentar:

  1. alhamdulillah pak saya ikut senang buat beritanya. Dan saya juga bersyukur, di tempat saya tak pernah banjir :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah mas jocker...bisa tidur dengan nyenyak kapanpun tanpa kepikiran banjir datang tiba-tiba

      Delete
    2. Berarti tempat Bang Agus Setya TIDAK BEBAS BANJIR**

      ** Artinya BANJIR tidak bebas kemana mana

      Delete
    3. yeee kan yang banjir tempat ibune mas agus kang di tuban.. hehehe (tak marahin ) hahaha kabuuuuurrr

      Delete
    4. allhamdulillah mantab.. ngiri bisa jadi kayak mas agus

      Delete
  2. Alhamdulillah ..... banjirnya dah surut .... biar rumah bis kebanjiran tetap semangat mas .... semoga bisa ada perbuhan kedepannya ... Aamiin ...

    ReplyDelete
  3. Udan awan bengi, umahku malah akeh sing trocoh, ya sudahlah waktunya menek pyan mbenakne genteng sing mlorot

    ReplyDelete
    Replies
    1. lek mlorot di unjuk ne donk kang.. hehehe

      Delete
  4. memang merata mas, hujan beberapa minggu ini, hampir semua wilayah indonesia kebagian banjir

    tap seperti yang banjir surat baru mas agus nggih, hehehe.. Alhamdulillah mas

    ReplyDelete
  5. wah alhamdulillah kalau sudah surut mas... itu di dalam gambar sebelum surut jalannya tenggelam ya mas.. ? kalau ngambil gambarnya pas jalan tenggelam, pasti mirip di pantai mas hehehe

    ReplyDelete
  6. Kalo ditempat saya banjir itu udah makan harian mas, apalagi kl musim hujan.. Ini sejak orang didepan membangun tapi amdal nya ga diperhatiin... Udah komplain kemana mana , tetap aja ga ngaruh..

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah....semoga takkan ada lagi banjir pada esok hari dan dimasa yang akan datang...yu mari kita menanam pohon dan jangan membuang sampah sembarangan.....berasa ngga enak banget kan kalau udah kena banjir...hiyah kan!!

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah kalau banjir airnya dah surut, semoga banjir cintanya tidak surut hehehe :)

    ReplyDelete
  9. wah, kabar gembira banjir sudah surut,, saatnya bersih2 rumah ya pak..

    ReplyDelete
  10. Ukut senang aku karena banjir telah surut

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah gan turut senang dengan kabar surutnya di daerahmu

    ReplyDelete
  12. akhirnya surut juga ya mas semoga keadaan bisa pulih seperti sedia kala

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah ikut senang kalau banjirnya sudah surut dan reda mas

    ReplyDelete
  14. Syukur Alhamdulillah Cak kalau banjirnya sudah surut,,,,selamat beristirahat dengan tenang Cak Agus,,,

    ReplyDelete
  15. Alhamdulillah mas, saya turuh bahagia jika banjirnya sudah berangsur surut, dan dapat beraktifitas dengan lancar seperti sedia kala mas Agus

    ReplyDelete
  16. alhamdulillan ya mas sudah surut banjirnya

    ReplyDelete
  17. syukur alhamdulillah klo begitu mas,,

    ReplyDelete
  18. kunjungan malam pak,

    alhamdulillah air mulai surut dan aktifitas semoga lancar

    ReplyDelete
  19. alhamdulillah ...

    kunjungan perdana pak ,
    follow sukses :)

    ReplyDelete
  20. Alhamdulillah... saya ikut senang mas, tapi banyak ikan yang terdampar ndak mas?

    ReplyDelete
  21. bagaimana ya mas caranya supaya banjir-banjir tidak terjadi lagi, prihatin sekali rasanya jika kondisi ini terus menerus terjadi

    ReplyDelete
  22. kasihan ya klo banjir datang tidak bilang-bilang... saya pernah pas tinggal di rimuah ibu.. sama anak pertama, tidur di kamar yang dekat dengan sungai.. pas malamnya air mengangkat kasur yang sedang kami tiduri... untungnya anak kami tidur di ayunan... hhh yap itulah...

    Semoga di beri kesabaran ya...

    ReplyDelete
  23. Alhamdulillah... saya ikut senang Kang, semoga bisa kembali dalam kehidupan normal seperti sedia kala ya.

    Salam,

    ReplyDelete
  24. Alhamdulillah sudah kembali normal..

    salam nandarious.com ya mas :)

    ReplyDelete
  25. iya Mas, saya turut bersyukur dan ikut berbahagia.
    semoga keadaan kembali ke sediakala dan tidak lagi ada banjir yang mengintai.
    sehat dan selamat selalu semoga.

    ReplyDelete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh