Home » » Keretaku Berhenti Lama

Keretaku Berhenti Lama

Ada lagu yang salah satu liriknya keretaku tak berhenti lama saat dinyanyikan oleh anak taman kanak-kanak. Hal yang saya alami selama dua hari berturut-turut malah sebaliknya, keretaku berhenti lama. Lama sekali bahkan. Apa sebabnya kereta api berhenti lama? Eh ternyata kereta apinya lagi mogok atau ada gangguan signal di petak stasiun berikutnya.

Rabu, 4 Desember 2013

Kereta Api Rapih Dhoho dengan nomor KA 359 Surabaya Kota-Blitar via Kertosono dengan lokomotif CC 201 77 13 mengalami gangguan lokomotif di antara petak stasiun Sepanjang sampai petak stasiun Boharan. Berangkat dari stasiun gubeng tepat waktu (16.45), keretaku melaju dengan kencang sampai stasiun wonokromo. Melanjutkan perjalanan dari wonokromo menuju Sepanjang, lokomotif masih mampu dan terlihat normal saja. Di Stasiun Sepanjang keretaku berhenti lama karena disusul oleh KA Mutiara Selatan (KA 93) yang merupakan K2/Bisnis. Saat melanjutkan perjalanan menuju stasiun Boharan kereta berjalan 50 kpj, normalnya kereta berjalan 80-90 Kpj. Hingga kereta api masuk jalur dua stasiun Boharan yang artinya harus berhenti dulu untuk cek modulasi lokomotif dan dipastikan untuk menunggu lok-pen atau lokomotif penolong dari dipo sidotopo. Ternyata lokomotif tidak mampu melanjutkan tugasnya menarik rangkaian KA Rapih Dhoho sampai tuntas di stasiun blitar.

keretaku berhenti lama

Menunggu lok-pen memakan waktu yang sangat lama, mengingat ketersediaan lokomotif di dipo sidotopo karena sebagian besar lokomotif berdinas harian. Sampai pada pukul 19.30 lokomotif masih belum juga datang. Akhirnya harus ikut KA KRD dengan nomor KA 379 Surabaya Kota - Kertosono yang jadwalnya mundur menjadi pukul 19.25 yang awal mulanya berangkat pukul 17.25. Menunggu dari jam 18.00 sampai jam 19.45 lumayan lama juga. Jadwal masuk rumah yang seharusnya jam 19.00 kini menjadi 21.00.
#tetep santai.

Kamis, 5 Desember 2013

KA Rapih Dhoho dengan nomor kereta 359 berangkat dari stasiun gubeng tepat waktu (16.45). Dan stasiun sepanjang menjadi ajang pemberhentian lama, karena disusul KA 94 (mutiara selatan). Ternyata mutiara selatan juga ditahan untuk berhenti karena ternyata ada gangguan signal wesel di petak stasiun boharan. Keretaku berhenti lama lagi, ditahan hingga jam 18.40 baru bisa berangkat. Singkatnya saya sampai rumah dengan jam yang sama seperti kemarin pukul 21.00.

stasiun sepanjang

Sebgian penumpang Mojokerto terutama ibu-ibu langsung gerak cepat dengan menelpon kenalan (sopir bis). Begitu bis datang, langsung terisi penuh sehingga tidak perlu menunggu lama untuk berangkat menuju mojokerto. Menurut info dari mereka yang naik bis, mereka sampai di stasiun mojokerto pada pukul 18.30 sedangkan saya yang menunggu kereta berikutnya, sampai di stasiun mojokerto pukul 20.20.

Begitu juga saat keretaku berhenti lama di stasiun Sepanjang, para rombongan langsung bergerak cepat dengan menyewa angkutan umum yang lagi stand by di depan stasiun sepanjang. Rejeki buat sopir angkot karena tarif yang mereka kenakan 17.500 per orang.

Dalam kondisi kereta bermasalah dalam perjalanan seperti ini, saya dan rekan-rekan tetap santai dengan menunggu sampai di berangkatkannya kereta api. Jika saya ikut beralih menggunakan angkutan umum, pengeluaran jelas tambah. Ujung-ujungnya mumets mencari tambahan dana untuk transportasi. Untuk hari Jum'at tanggal 06 Desember 2013, keretaku berhenti lama tidak berlaku lagi.


43 komentar:

  1. mas agus akhir2 ini posting tentang kereta trus nih, hehe lg ngefenz sama kereta api yah mas, ampe setia menunggu lama kereta apinya ... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh, mas flu telat info nih

      Delete
    2. beliau kan memang pakar perkeretaapian Mas Fiu....pakar modifikasi cb juga

      Delete
    3. dan hobinya sangat pundamental banget....suka yang ber renda renda....;o)

      Delete
    4. owalah jadi bgtu toh.... untng sy komentar bgtuan kan jdi tw, hehehehe :D

      Delete
    5. hehehe...saya kan tukang parkirnya sepur...dan kalau lagi beruntung dapat yang ber renda-renda gitu deh

      Delete
  2. Replies
    1. lagunya buat anak-anak bukan buat bapak-bapak

      Delete
  3. tu di Bintaro baru aja ada kecelakaan KRL dengan kendaraan BBM. ngeri banget Mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Innalillaahi,alfatiha.Prihatin Dan turut berduka atas musibah tersebut...

      Delete
    2. uapan yang sama dengan KK dari saya dan segenap warga Desa Cilembu

      Delete
    3. ikut numpang ucapan mbak kusna sama mas cilembu

      Delete
  4. jadi intinya 2 hari pulang hingga larut malam ya Pak Agus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. enaknya punya blog....terlambat pulang, kereta api ang disalahkan...bu Nia kan jadi ngga jadi marah....
      #cling menghilang takut ada klepon terbang

      Delete
    2. hehehe...komplen di blog ya kang..
      iya mbak dua hari berturut-turut pulang malam terus, jadi kangen sama hayyu

      Delete
  5. saya mengerti betul kegalauan para ibu dalam kondisi seperti itu...pastilah panik. tentu yang dipikirkan adalah lekas sampai rumah, bagi yang bekerja, lekas bertemu dengan putra putrinya, kemudian setelah itu masak menyiapkan makan malam buat keluarga...kemudian waktu yang tersisa dimanfaatkan untuk istirahat karena besok pagi harus bekerja kembali..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seorang Ibu lebih peka dengan kehawatiran yah Mbak Khusna
      Tapi seorang Ayah sama gak kecemasanya seperti Seorang
      Ibu jika Suami nya terlambat jam pulang nya ? apa alasanya ?

      Delete
    2. betul sekali mbak khusna, kalau bapak-bapak sih cenderung santai saja. hehehe
      kalau alasan saya sih, uang transportnya memang sudah cukup segitu, hehehe

      Delete
  6. ijin ngisi presensi aja pak, hehe

    ReplyDelete
  7. biar berhenti lama asal selamat mas..
    Abis denger berita kecelakaan KRL di bintaro nih, ngeri banget deh. Ikut merinding. Soalnya suamiku dan tmn2ku banyak yg memakai transportasi kereta. Aku jg dulu sehari2 memakai kereta. Smoga kejadian ini ga terulang lg :((

    ReplyDelete
  8. Kl kereta tdk berhenti lama, sampai rumah jam berapa mas biasanya?

    #nanya doang... gak katene nyegat kok,

    ReplyDelete
    Replies
    1. jam 19.00 mas, kalau sampai setasiun jam 18.00

      Delete
  9. pas banget, masuk kesini pas lagi dengerin bang Iwan Fals nyanyiin lagu "Pengobral Dosa"
    Disudut dekat gerbong...yang tak terpakai, perempuan bermik'ap tebal dengan rokok ditangan....menunggu tamu yang dataanggg...jreng..jreng..jreng....dst...dst....

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu lagunya iwan fals ya saya pikir lagunya ebit g ade
      salah dong

      Delete
    2. itu istilahnya gerbongan ya kang? atau pasar sapi kalau istilah wonokromonya

      Delete
  10. Tidak ada gerak cepat dari para kru keretanya ya mas..mungkin panggil bis untuk untuk menghindari keterlambatan...tapi yang bayar tetep bukan penumpang

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena alasannya keselamatan penumpang mbak. siapa yang tanggung jawab kalau ada korban jiwa. hehehehe

      Delete
  11. bagi-bagi rizki mas, supir angkot ketiban rezeki jadinya yah hehe...
    saya baru baca berita tabrakan kereta sama tangki minyak mas...ngeri yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga korban mendapat tempat surga mas...

      Delete
  12. Simak artikel Mas Agus yang lagi jalan-jalan naik kereta api akh
    Ternyata ada mogok nya juga yah kereta api yah Mas Agus
    Tapi gak tau Ban nya ada kempes nya Gak Mas Kereta api itu hhh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan jalan-jalan mas, tapi pulang kerja

      Delete
  13. itu berhenti lama karena ban kereta apinya bocor mas,
    jadi harus ditempel dulu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang nembel frustasi jadi lama sekali mas

      Delete
  14. Kalau sudah normal maka kereta apinya tidak berhenti lama lagi ya Kang.

    Salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan lagunya ganti, keretaku tak berhenti lama

      Delete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh