Home » » Ketiban Pulung

Ketiban Pulung

Pemilihan kepala desa atau pemimpin di desa Pohkecik telah usai dan apakah malam menjelang pemilihan ada yang ketiban pulung ?. Ketiban pulung itu sendiri adalah istilah dari para orang tua dahulu (sekarang juga masih) untuk melihat siapa yang terpilih menjadi pemimpin. Pemilihan apapun itu, baik kepala desa atau petinggi, Bupati, Gubernur atau Presiden sekalipun. Apa sih Pulung itu ?

Tidak ada definisi yang tepat mengenai pulung itu sendiri, saya kesulitan menterjemahkan arti kata pulung ke dalam bahasa indonesia. Karena saya sendiri belum pernah melihat langsung apa itu pulung. Wujud dari pulung itu sendiri berupa segumpal cahaya entah wujudnya dari api atau memang pancaran cahaya lainnya. Ini jelas berhubungan dengan hal-hal gaib yang hanya orang tertentu saja yang dapat melihatnya. Mitosnya, dimanakah pulung tersebut jatuh, disitulah pemenang pemilihan kepala desa atau pemimpin lainnya.

Di desa Pohkecik terdapat dua calon kepala desa atau bisa disebut dengan Jago. Kenapa tidak disebut babon atau indukan? bahkan seorang calon kades perempuanpun di sebut dengan Jago, padahal perempuan, kenapa tidak disebut babon sekalian. Jago-jago yang bertarung dalam kontestasi politik tingkat desa, akan menggunakan jurus-jurusnya untuk meraup suara terbanyak. Bagaimana caranya? ada yang dengan bantuan praktisi supranatural atau istilah kerennya dukun, ada yang minta doa restu dari ibunya, atau dengan menarik simpati warga dengan aksi pemberian uang dan sembako. Akan tetapi ada juga jago yang memang sudah dari sananya mempunyai aura seorang pemimpin sejati dan berjiwa tulus ikhlas dalam memberikan pelayanan tingkat desa. Jadi siapa yang ketiban pulung itu adalah mitos menurut saya, bisa benar bisa tidak. Akan tetapi hal ini hanya sebagai pertanda saja, tidak mutlak benar. Katakanlah di luar mendung gelap, itu hanya pertanda mau hujan, perkara nanti turun hujan atau tidak, itu Hak Prerogatif yang membuat hujan, Allah Ta'ala.

Ketiban pulung
Ini pitik jagonya Mbah e Hayyu

Di malam sebelum pencoblosan kepala desa, seluruh dusun khususnya jalan akses masuk ke desa di jaga oleh warga dengan memberi portal. Pokoknya akses jalan desa dijaga ketat, tentunya tujuannya untuk pengamanan, bukan untuk melihat jatuhnya pulung bersama-sama.

96 komentar:

  1. pulung itu anaknya siapa ya mas?hehehe
    saya pernah ketiban pulung mas,dapet uang dari sana sini pas lebaran,waktu masih kecil sih..hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. pulung itu anakny lutung ...hehe

      klo itu ketiban untung .... :)

      Delete
    2. saya malah ketiban mangga...sakit tau...
      pulung itu teman saya , sekarang entah kemana,
      ada yang tau ?

      Delete
    3. lg ngumpet dibawah gentong mas ...hehehe

      Delete
    4. Pulung itu kalau kita dirampok orang. .

      Pulunggg. .Pulunggg . .Pak Polisi. . .:)

      Delete
    5. kalau mau ngumpet jangan di gentong, ada ayam lagi mengeram...

      pak polisinya lagi memungut pulung rokok

      Delete
    6. kemarin ada yang dikejar burung hantu,trus bertiriak pulung pulung pulung,,,,

      Delete
    7. Pulung itu bukannya yang di pakai di lintasa kereta apai to mas??
      #Hem...

      Delete
    8. kalo pulung sayah mah dah terbang jauuhhhh...

      Delete
    9. pulung mah yang di tanem di laut

      Delete
    10. pulung-pulung ... ada maling ... :D

      Delete
    11. eh ternyata banyak versi pulungnya yah...nambah kosa kata

      Delete
    12. Itu mah Puntung Rokok atuh akang. .:)
      Yang bener itu. . .Aku mau Pulung Kampung lah. .:)

      Delete
    13. itu pulang mas...pulung rajawali itu terbang tinggi..gitu ya ?

      Delete
  2. Jadi, siapakah pemimpin barunya Pak Agus? semoga beliau nanti betul-betul amanah dan mampu nembawa Pohkecik menjadi lebih baik dan maju ya Pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pemimpinnya manusia yg memimpin manusia haruslah manusia yg benar2 manusia yg mengerti manusia dan bisa memanusiakan manusia. hehehe

      Delete
    2. ing kumben mbak...tetep jawaranya..
      semoga amanah, yang penting kalau ngurus surat-surat tidak usah bayar

      emang pemimpin di pemerintahan sana ada yang manusia ?
      manusia itu kalau cukup ya sudah, kalau cukup tapi masih mencari-lagi itu namanya manusia belum waras, dan tugas saya adalah mengamati manusia yang belum waras, makanya saya kakut tidak waras

      Delete
    3. hehehehe, wallahu a'lam mas, ada setan rupa mnusia atau mungkin ada manusia yg bener2 manusia ... saoalnya sy bukan yg bergelut dipemrintahan ...hehe

      Delete
    4. ya seperti itulah mas, namanya juga kehidupan

      Delete
    5. maju kena mundur kena dong..
      tidak mbak ay...belum pantas kayaknya, hehehe

      Delete
  3. ha ? sy juga baru denger istlah pulung tuh mas, ... mungkin sinar X dri si mbah dukuny kali mas .....hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi pancaran sinar giginya mbak dukun...
      sampiyan sering ke dukun ya ? ngaku aja deh..mau nembak si inem kan, lewat dukun kan ?

      Delete
    2. hahahahahaha, mw mbedil tukinem mas .....

      Delete
    3. hahahahahaha, klo cuma nyripit gmn mas ?

      Delete
  4. Sering dengar sih "Ketiban Pulung". Cuma yang lebih sering lagi dengar "Ketiban Tangga" sama "Ketiban Rezeki" Hhiehiheiheiehhieiee

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ketiban tangga itu sakit kang, apalagi habis ketiban tanngga terus jatuh, terus menginjak kotoran ayam, namanya lentung

      Delete
    2. wah saya paling males sama durian mas..

      Delete
    3. Jgn ngomongin durian, nangka aja. Toh musim sekarang...

      Delete
  5. Pagi mas!Ketiban durian runtuh lebih sakit hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi duriannya sak lokomotif kereta

      Delete
  6. Biasanya orang akan melekan semalem untuk melihat jatuhnya pulung yang kalo nggak salah semacam cahaya yang jatuh ke tempat calon pemimpin desa.
    Sayangnya pemilihan kades ini biasanya kuat-kuatan bandar. juga kuat-kuatan dukun

    ReplyDelete
    Replies
    1. bandane gede dukune kuat, terus yang normal-normal saja seperti badut dalam pesta gitu ya pak ?
      ngenes

      Delete
    2. Pdhl kl jaman shahabat dulu, lebih suka tdk dipilih ya... org2 sekarang mlh mencalonkan..

      Delete
    3. sampai saat ini ada juga kok orang yang enggan di pilih...
      hehehe

      Delete
  7. saya kira pulung itu ayam jago, lha wong gambare jago..

    ReplyDelete
    Replies
    1. pulunge nyebloki jago sing endi mas ? hehehe

      Delete
  8. wah saya baru tau nih, wkwkw kudet banget -_-

    ReplyDelete
  9. wkwkwk.. dari judulnya saja "ketiban pulung" kata kata pulung langsung membuat hati saya bertanya tanya apa sih pulung itu..

    eh malah yang nulis juga kurang paham, tak kirain sebuah benda gitu mas.. nggak tau benda mistis toh.. jimat kali mas.. xixixixixi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan mas, itu sinar atau cahaya datangnya entah dari mana..pokoknya misitis

      Delete
  10. ealah.. ane malah tambah bingung nih maksud si pulung apa.. ane kira pulung adalh sebuah istilah yang mengistilahkan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. pulung ya sinar atau cahaya yang menclok di calon pemimpin

      Delete
  11. nggak di sini nggak disana ada istilah pulung, namanya juga isyarat ya mas bisa benar bisa tidak

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebagai pertanda saja, bisa dipercaya bisa tidak...
      sama halnya dengan mendung, boleh siap-siap bawa payung boleh tidak.
      kan belum tentu hujan

      Delete
  12. Pulung itu yg tukang ngambil sampah itu ya? :)

    ReplyDelete
  13. Replies
    1. saya gak pengen mas, karena harus mencalonkan diri dulu

      Delete
  14. Kalo soni pulung...mantan pembawa acara quis ya mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas Budi bukan soni pulung saja,arie pulung juga suka bawain kuis tuh

      Delete
    2. oh iya saya ingat , itu kuis keluarga lifebuoy ya ?

      Delete
  15. pulung itu benda atau istilah saja sebenarnya sih mas, saya juga sering mendengarnya tapi belum tahu arti yang sebenarnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada bendanya kang, cuma jarang ada yang nemui..bentuknya cahaya

      Delete
  16. Istilah "ketiban pulung" itu kalau bahasa tepatnya adalah untuk orang yang dirugikan oleh sekelompok( orang lain,) sedangkan dirinya sendiri tidak merasa berbuat apapun.
    Beda dengan "Ketiban Tangga" biasanya kalau nggak benjol yang punggunya sakit,karena sudah jatuh ehhhh ketiban tangga ,tangganya punyae cak Gus gitulloh,,,,,,,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. hah tangganya punya saya, waduh gak melok mangan nongko kenek pulute

      Delete
  17. baru tau istilah ketiban pulung, hebat

    ReplyDelete
  18. wahhh saya kira ketiban pulung itu ketiban pemulung hehe tapi ehh ternyta cuman istilah yah pak hehe :D

    ReplyDelete
  19. Tapi malah lebih enak ketiban untung ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi ketiban cicak, menakutkan sekali

      Delete
  20. emang minta bantuan dukun kayak gitu apa masih jaman ya, kurang paham sama dunia politik keseringan ngurusin plastik.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. dukun ya ? masih dong mbak...hehe
      eh ini kuote menarik nih...tidak tau dunia politik keseringan ngurusin plastik

      Delete
  21. Pulung adalah nama tokoh utama dalam novel serial karya Bung Smas hehe

    ReplyDelete
  22. hahaha 2013 masih aja ya bang main dukun :D..

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih aja lah mas...kalau di desa gini masih main dukun-dukunan

      Delete
  23. hihihi....*postingnya lucu mas...... main dukun2an di jaman secanggih inih

    ReplyDelete
    Replies
    1. jaman canggih tapi tidak menyurutkan pergi ke dukun...hehehe

      Delete
  24. Temen saya ada yang punya kenalan dipercaya banyak orang bisa menata pulung seperti itu, mulai dari Presiden, gubernur, bupati sampai kepala desa banyak yang memakai jasanya. Dibilang supranaturalis atau dukun juga gimana ya ? Beliaunya seorang dosen di salah satu Universitas ternama di Kota Malang. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah jangan-jangan saya juga kenal nih mas..
      hehehe
      bolehlah main dukun-dukunan asal sing rukun mas

      Delete
  25. Selamat sore Mas Agus wah saya ketinggalan berita dari Mas Agus nih
    Kerjaan ada lembur sampai sore . cerita Pilkades yang dimodivikasi dengan
    Jago, dan Mas Pulung di kemas apik oleh Mas Agus dalam wadah yang unik
    Kebetulan Mas Pulung nya ada di Desa saya nih Mas Agus. diapain yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas pulung lagi main bola mas, mau ikut ?

      Delete
  26. setau saya ketiban pulung itu bisa berarti positif dan negatif tergantung konteksnya. bisa berarti seseorang itu kejatuhan keberuntungan atau sebaliknya, yaitu kejatuhan sial.

    #sruput kopi

    ReplyDelete
  27. Kalu terus dapet pulung belum tentu dapet yang isinya dadar gulung Kang, apalgi kalau di kasih sama ayam. Buat rebutan nantinya.

    Salam,

    ReplyDelete
  28. Pulung bukannya panggilan nama kecil Kang Cilembu Tea ya Mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh jadi panggilannya pulung ya..
      nambah lagi koleksinya

      Delete
  29. jadi kaya santet gtu ya mas, wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan lah mas... ini kan pertanda siapa yang jadi pemimpin

      Delete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh