Home » » Kereta Tambahan Menyambut Liburan Tahun Baru

Kereta Tambahan Menyambut Liburan Tahun Baru


kereta tambahan
Musim libur begini, minat untuk bepergian bertambah. Untuk kereta api sendiri, PT KAI memberi kereta tambahan menyambut liburan tahun baru 2014. Peminat angkutan kereta api sama seperti saat menjelang idul fitri. Sehingga masih banyak yang tidak kebagian tiket kereta api. Untuk kereta api lokal, sudah saya rasakan dengan banyaknya penumpang anak-anak dan remaja menuju dan meninggalkan kota surabaya. Begitu juga dengan antrian tiket di stasiun gubeng, panjang dan otomatis lama sekali. Untuk itulah, kereta tambahan menyambut liburan ini sudah selayaknya di berlakukan.

Kereta tambahan menyambut tahun baru ini khusus untuk kereta jarak jauh. Kereta Api Pasundan, KA Kertajaya, Malabar dsb. Kereta-kereta tambahan tersebut dinamakan kereta luar biasa atau KLB dengan penomoran KA 7xxx. Dengan di tambahnya jadwal keberangkatan kereta api tambahan, daya angkut semakin banyak untuk mengakomodasi penumpang.

Keuntungan dari adanya kereta tambahan tahun baru ini tentunya daya angkut bertambah dengan jadwal yang berjarak renggang. Artinya jadwal bisa memilih sesuai kelonggaran waktu para penumpang. Harga tiketnya pun sama dengan kereta api reguler sejenis.

Kelemahannya jadwal terlalu padat, sehingga banyak kereta yang menumpuk. Dengan demikian mempengaruhi jadwal dan termasuk kedatangan dan keberangkatan kereta api. Kelemahan lainnya adalah kekurangan lokomotif. Lokomotif dikerahkan semua, hanya menyisakan beberapa lokomotif di dipo induk. Akibatnya , jika ada lokomotif yang mogok, maka untuk menunggu lokomotif penolong membutuhkan waktu yang lama. Jadwal semakin berantakan.

Semua kebijakan yang diambil mengandung resiko, tentunya kereta tambahan menyambut tahun baru ini di harapkan berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana. Beberapa kasus lokomotif mogok sudah sering terjadi pada kereta api lokal dan kereta api jarak jauh. Semoga penumpang mau bersabar.

36 komentar:

  1. wah asikny yg bisa menikmati liburan akhir tahun .... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. asik dari Akhir Hingga awal pokoknya

      Delete
    2. Pulang acara Liburan dan Tahun Baru sudah masuk tahun 2014

      Delete
    3. Semoga Kereta Tambahan ini bisa membantu
      Baik Penumpang Luar Kota juga para Karyawan
      Yang menggunakan Jasa KA Terima kasih Agus
      Selamat Jelang Tahun Baru 2014 all Sahabat Blogging :))

      Delete
    4. mas agus udah beli mercon belum mas buat ngeramein...

      Delete
  2. walau kereta sudah ditambah tapi ternyata masih saja ada kendala ya

    ReplyDelete
  3. kereta tambahan ini harganya lebih mahal dari biasanya Cak, masak kereta matramaja jurusan blitar jakarta, yang biasanya 65 ribu, sekarang jadi 130 ribu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. per januari 2014 nanti mundak pak ies ...
      PSO ndak turun, ngenes penumpange...semua KA ekonomi jarak jauh naik harganya rata-rata 100 persen
      hehehe

      Delete
  4. kenapa kok ndak gerbongnya saja yang ditambah lebih panjang dan panjang lagi kan enak toh ya mas, disamping praktis, optimal tanpa harus ada resiko keruwetan-keruwetan baru jika menambah jumlah kereta

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin tenaga lokomotife yang loyo mas arif...sering saya lihat lokomotif CC201 biasanya menarik maksimal 10 rangkaian, dan yang terisi penumpang maksimal 7 gerbong.
      kalau narik 18-20 gerbong nanti kalau mogok di tengah sawah , penumpangnya bisa piknik di sawah mas..
      hehehe

      Delete
    2. kalau begitu ya tenaga kudanya juga harus ditambah lagi mas hehe...

      Delete
  5. yah semoga aja ya gan gag ada kendala , demi kenyamanan penumpang .

    ReplyDelete
  6. jadwal mungkin terlambat tapi kan daya tampung jadi banyak bisa terangkut semua. Semoga tetap sabar saja pengguna jasa KA dari pada jadwal tepat namun tidak terangkut semua

    ReplyDelete
  7. di daerah mas agus sibuk dengan penambahan kereta api.. klo di jakarta sibuk dengan penambahan bus... klo kami sibuk apa ya.....

    ReplyDelete
  8. jadwal mungkin terlambat tapi kan daya tampung jadi banyak bisa terangkut semua. Semoga tetap sabar saja pengguna jasa KA dari pada jadwal tepat namun tidak terangkut semua

    ReplyDelete
  9. moga dengan adanya tambahan kereta semua warga pengguna kereta yang hendak berlibur bisa lebih nyaman tanpa harus berdesakan dan nunggu terlalu keterlambatan keretanya deh.

    ReplyDelete
  10. Kereta akhir tahun pasti pnuh dengan penumpang ya kang, salah satu kendaraan umum yang paling laris.,

    ReplyDelete
  11. Bila liburan mengetahui jadwal kereta api tambahan seperti ini, tambah nyaman deh situasi kita dalam menyambut liburan di akhir tahun 2013, walau harus mengalami keterlambatan juga, kan semakin padat jadwal perjalanan keretanya ya Kang.

    Salam,

    ReplyDelete
  12. tahun baru, kereta baru ya pak? :D

    ReplyDelete
  13. intinya, selamat liburan, semoga mudikny berjln lncar :D

    ReplyDelete
  14. Akhir tahun pada dapat bonus nih makanya semua pada merencanakan liburan...

    ReplyDelete
  15. jadi gak takut kehabisan tiket ya mas di musim liburan ini

    ReplyDelete
  16. Selamat Malam Mas Agus duh Maaf Mas Agus saya baru bisa
    Main ke Blog Mas soale kerjaan jelang tahun baru makin padet
    Dan semoga Kereta Tambahan itu bisa mengantisivasi membludaknya
    Para Penumpang yah Mas? makasih sudah share artikel ini salam sukses :)

    ReplyDelete
  17. Semoga perjalanan pulang kampung atau bersilaturahmi dalam rangka tahun baru 2014 bisa berjalan dengan aman dan nyaman dan penumpang bisa sampai pada tempat tujuannya.Amin

    ReplyDelete
  18. alhamdulillah,,banyak yang berlibur, ada tambahan kereta berarti banyak penumpang kereta api bakal terangkut, di sulawesi selatan juga bakalan dibangun rek kereta api, semoga itu semua memberi kemudahan bagi masyarakat banyak, insya Allah...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  19. Saya malah belum pernah naek kereta :)

    ReplyDelete
  20. Wah pasti keretanya penuh semua jadi di tambahin lagi...

    ReplyDelete
  21. Mesti disik-disikan tuku tiket, po disik-disikan
    golek nggon nggo lungguh Mas..?

    ReplyDelete
  22. Ada untung ruginya juga ya mas kereta tambah ini, tapi yang penting lancar walo lambat

    ReplyDelete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh