Home » » Numpang Nebeng

Numpang Nebeng

Mencari boncengan saat tidak ada angkutan umum merupakan solusi yang baik, dengan numpang nebeng bisa sampai tempat tujuan dan gratis pula. Nebeng adalah istilah yang di gunakan bagi para boncenger atau pembonceng sepeda motor, bisa juga ikut numpang kendaraan lain dengan gratis. Namanya juga nebeng, tentunya gratis.  Lain halnya jika naik kendaraan umum, namanya bukan nebeng lagi karena bayar.

memberi tumpangan

Langkah untuk numpang nebeng biasanya melambaikan tangan, jika beruntung maka akan dapat tumpangan gratis ke tempat tujuan. Saya pribadi, tidak pernah memberhentikan kendaraan untuk numpang, karena saya masih kuat berjalan kecuali jika orang tersebut menarwarkan sendiri kepada saya. Dengan senang hati saya akan menerima tawaran tumpangannya. Seperti saat saya berangkat kerja dari stasiun gubeng menuju jalan sulawesi, Surabaya. Di tawari tumpangan, saya langsung mengiyakan. Intinya saya tidak mau aktif mencari tebengan.

Dalam hal memberikan tumpangan kepada orang lain, saya melihat kondisi dan keadaan terlebih dahulu. Terlebih track dan waktu yang saya alami dengan keadaan jalan yang sepi dan malam hari. Di tambah lagi, maraknya kasus perampasan kendaraan di daerah Mojokerto. Bahkan sampai saat ini masih marak dan sebagian pelaku berhasil diamankan. Akan tetapi, jika hati saya sreg dan yakin tidak terjadi apa-apa, saya akan memberi tumpangan jika searah dengan pemberhentian terakhir saya.

Malam hari selepas kerja, dulu masih naik KA KRD dan kebetulan tiba di stasiun Mojokerto terlambat. Hujan turun rintik-rintik di malam itu, saat di pertigaan menuju Dlanggu saya di mintai tumpangan oleh bapak-bapak. Karena hati saya sreg, saya angkut saja, dan saya ajak ngobrol terutama tujuannya mana. Ternyata beliau betul-betul membutuhkan tumpangan, bukan punya maksud lain. Di malam yang lainnya pun saya masih suka memberikan tumpangan jika ada yang nyegat saya. Pikiran saya cuma satu, kalau mau rampas motor GL Pro (yang jelek ini) atau C70 (juga jelek) silakan, asal jangan pakai kekerasan. Sempat juga berpikir bagaimana kalau kita jatuh bareng-bareng jika terjadi perampasan, tapi itu bukan solusi bagus.

numpang nebeng

Saat siang hari, saya sangat senang jika ada yang menumpang saya. Terutama memberi tumpangan pada anak sekolah, hal ini terkait dengan memudahkan akses orang untuk menuntut ilmu. Minggu kemarin saat saya pulang ke Tuban sendirian, ada dua orang numpang nebeng dengan berpakaian seragam sekolah. Memang daerah tersebut jarang sekali ada kendaraan umum, bahkan anak sekolah tersebut menyeberang sungai brantas terlebih dahulu untuk nyegat angkutan umum. Langsung saya angkut menuju tempat terdekat dengan sekolahannya. Seandainya tiga orangpun saya masih mau memberikan tumpangan mengingat Gl Pro motornya panjang.

Saya senang dengan hal yang dapat memudahkan orang lain dan saya berusaha memberi manfaat sebanyak-banyaknya untuk orang lain. Jika langkah yang saya gunakan adalah keliru dan butuh perbaikan, silakan di tegur dan diberikan solusi. Karena boncengan 2 atau lebih melanggar lalu lintas, apalagi tidak memakai helm.

110 komentar:

  1. pahala pun mengalir deras ya Mas.
    ntar kalo si siswa itu tambah ilmunya, Mas Agus telah berjasa menaikkan ilmu siswa tersebut.
    amal jariyah kan jadinya. aamiin.
    cap jempol mas!

    ReplyDelete
    Replies
    1. padahal kalo di blog Mas Agus ini kalo pertamax bonus didoain loh Kang..

      Delete
    2. bonus pijet plus plus (kerokan)

      Delete
    3. saya nebeng ya Paaaaaaaaaak

      * sambil mengacungkan jempol

      Delete
    4. aku nebeng kata-kata disini

      hehehe :)

      Delete
    5. ya udah saya tak bawa motor roda tiga, alias tosa gerobak..
      ayo yang nebeng siapa lagi ?

      Delete
    6. pasti tukang sayur ya nebeng..

      Delete
    7. tukang sayurnya belum laku satu pun pula

      Delete
    8. kemahalan kalau ngasih harga. coba kasih diskon 90%, pasti laris manis tanjung kimpul.

      Delete
    9. baik bener mas mau membonceng orang. .
      anda sangat keren. .:)

      Delete
    10. sebelum comment mendingan ikutan dulu nebeng bareng-bareng sobat lainya hehehe

      Delete
    11. sebenarnya mau ikut nebeng, tapi karena sudah penuh ya udah, nggak jadi nebeng :)

      Delete
    12. kang agus emang keren....cipok basah ah

      Delete
    13. wah panjang juga ya ? he,, he,, he,,,

      Delete
  2. waktu saya SMP, seringkali pulangnya numpang nebeng naik truk pasir. Lumayan jarak tempuh 10 km gratis meski kadang harus bertabur pasir di kepala. Lumayan uang transport bisa buat beli es thung

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaha, bener pkokny asal ada truk atau mobil dstu dah kite setop ....

      Delete
    2. kalo nggak mau berhenti kita kejar sampek lempoh hhh

      Delete
    3. Wah jadi inget waktu jamannya SMP dulu, kalo mo tanding bola pasti suka pada ngompreng deh coz tempatnya mayan jauh. Saya pernah liat di acara Kick Andy ternyata ada loh komunitasnya namanya Nebengers.

      Delete
    4. hahahahaha, iya sampek lempoh......

      Delete
    5. kalau gitu kita kejar sampai tempat tujuan kita aja, eh ini mau nebeng apa lari sampai rumah ya

      Delete
    6. kalau saya paling suka nebeng gerobak yang ditarik sapi. angkles pokok e :d

      Delete
    7. aih kang lembu bikin saya tersipu malu

      Delete
  3. klo di kampung sy, klo melambaikan tangan dengn mksud cri tumpangan gratis namanay ngompreng ..... itu sering sy lakukan jaman-jamannya SD SMP ....heee

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya naik sepeda kok Mas, jadi ya repot kalau nebeng..hehe

      Delete
    2. sepeda kn ada boncengannya mb, jadi boleh donk nebeng ...hehe

      Delete
    3. ngompreng itu numpak dan bayar mas...
      kalau sudah bawa nebeng truk aja ya

      Delete
    4. saya nebengnya duduk didepan boleh?

      Delete
    5. iya ngompreng kan bhasa di kampung sya mas agus ....heheh

      Delete
    6. saya pangku aja deh kang yah..enak lho..
      kalau ompreng itu dandang ya mas ?
      hehehe

      Delete
  4. kalo saya tidak pernah sama sekali melakukan hal itu sob, mungkin itu bisa saya coba, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. cobain ya...kalau pas...bilang lagi kemarih ya

      Delete
    2. kalau tidak enak kasihkan aja ke kucing

      Delete
  5. selama ini saya berusaha untuk tidak nebeng orang Pak, suami saya juga menjaga betul agar tidak nebeng orang lewat, bukan apa-apa, prinsip kami selama kaki masih kuat diajak melangkah, ya lebih baik jalan kaki dulu, syukur-syukur ada yang welas memberi tumpangan. tapi setiap lewat pos 1, kalau ada orang yang nebeng masuk ke Town Site, saya usahakan memboncengkan walaupun satu...biasanya mereka adalah para asisten rumah tangga yang hendak ke rumah bosnya. lagian, jalan kaki kan sehat Pak Agus..asal jangan kejauhan..hhehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kran jauhny dan gak punya kendaraan mungkin mb jadi nebeng dweh .... hehe

      Delete
    2. nah ini top banget, satu aliran dengan saya...pokoknya saya ndak mau aktif minta tebengan, kalau di tawari ya sikat saja.hehehe

      Delete
    3. beda banget dengan saya. saya baru mau jalan kaki kalau sudah tidak nemu tebengan :)

      Delete
    4. hehehe..kalau saya sih malu kang,..mending jalan aja

      Delete
  6. Pling aman ya mas kl bawa ulung... Kl ada yg ngerampas, pasti perampoknya lg susah banget itu...

    Kl boncengan bertiga trus dipermsalahkan sm pa. polisi, bilang aja "terpaksa pak boncengan bertiga, soalnya kl berempat gak muat!" :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah kalau lagi mogok kasian perampoknya

      Delete
  7. Saya sy klo cwe yg mau numpang sy nggak pernah menolak bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau cewek malah saya tolak mas, nanti ada yang gak beres deh

      Delete
  8. Saya belum pernah nyoba numpang nebeng ke orang tidak dikenal, ya kecuali ke orang yang sudah dikenal, karena ya di jaman sekarang ini kurang begitu meyakinkan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah saya kebetulan tidak pernah minta minta nebeng mbak, jalan aja sehat kok

      Delete
  9. bebek hijau warnanya...*nek buat boncengan ma pacar tambah mesra yaa gus.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kapan-kapan saya tulis lagi ya kemesraan saya bersama si ijo, Istri dan Hayyu , anak saya

      gus agus ? saya anaknya mbah modin, bukan anaknya mbah yai

      bagus juga gak papa mas,

      Delete
  10. saya belum pernah sengaja nebeng tapi ditawari agar nebeng searah tujuan orang tak kukenal kutolak, sebab takut heheheapalagi yang memberi tawaran berkumis tebal , makin gemetar menghindar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini baik sekali mbak, kalau yang nebeng berkumis takut nanti di tawari mampir ke warung sate

      Delete
  11. Nebeng Itu banyak Manfaatnya Gan :D Salah satunya menghemat uang jajan hehe tapi kasian juga yah kalo misalnya nebengnya keseringan haha

    ReplyDelete
  12. dulu saya juga sering ngasih tebengan mas. ditempat saya kalau malem menjelang pagi, banyak yang nyari tebengan mas. salah satunya cew yang pulang kerja di cafe atau bar..xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. halah......mesti sasarane cewek,,
      ealaah modus to iki

      Delete
    2. wkwkwk..modus lama.
      kalau Kang Cilembu ikut, pasti seneng banget deh..hehe

      kenapa barengan sama admin ya komennya..

      Delete
  13. lazim juga ditempat saya, kalo pas jam pulang skul pasti banyak minta nebeng..
    klo malem masih pikir2, seputar malang pasuruan sidoarjo, mngkin smpe mjokerto lagi rawan bnget, bnyak kejadian akhir2 ini.
    pastinya mesti hati2, smoga niat baik sllu diberikan keselamatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin...betul mas, mojokerto dan pasuruan yang paling parah, sidoarjo juga nih..
      semoga saja niat baik tidak ada gangguannya

      Delete
  14. Nebeng itu kan enak mas ditempat saya juga banyak sampai 3 orang pokoknya sampai penuh motor yg penting masih bisa jalan saja motornya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau gl sih masih mampu, kalau bebek kan kasian motornya mbak

      Delete
  15. Kalau saya biasanya bebas bila ada yang mau numpang, asal saya kenal namun sopan. Kalau perempuan harus di pikir dua kali deh, terutama lihat kondisinya dulu. he,, he,,, he,,,,


    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini baru top sekali, asal sopan dan cewek ? hehehe

      Delete
  16. Ketika saya membutuhkan tumpangan ( nebeng ) tiba-tiba datang tawaran,waww terasa mendapat undian sebesar gunung saking senangnya,itu yg pernah saya rasakan,,,,,untuk orang yg suka ngasih tumpangan ( seperti mas Agus ) saya do'akan panjang umur murah rezeki,selalu diberi keselamatan di jalan ,,Amiin,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin..sejuk sekali kang dede..
      doa serupa juga untuk kang dede

      Delete
  17. Replies
    1. jangan lupa pengangan ya, tapi jangan pegang perutnya si pengemudi

      Delete
  18. kalau GL Pro memang cocok dan bisa untuk 3 orang sob, soalnya panjang tempat duduknya tapi juga harus yg kurus orangnya..hehe
    boleh juga untuk nebeng sob, yang penting keren dan okelah

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe...ini memang di jagani untuk para tebenger kok pak

      Delete
  19. Kunjungan malam, selamat beraktivitas, maaf lama tak berkunjung disini happy blogging ya. Heheh

    ReplyDelete
  20. bisa memberi tebengan orang lain merupakan suatu kepuasan tersendiri karena sudah sedikit meringankan beban orang lain :)

    ReplyDelete
  21. Kadang saya juga sering dicegat orang dijalan mas, biasanya anak sekolah atau nenek-nenek, keren kan hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. keren sekali mas, terutama memberi bantuan nenek-nenek, pahala banget

      Delete
  22. selalu berbuat baik menolong sesama merupakan salah satu pembuka pintu rejeki ....insya Allah... salam ;-)

    ReplyDelete
  23. rezeki gk kemana, sering nebeng ya harus mau kasih tebengan :)

    good trade

    ReplyDelete
  24. saya pernah di semarang, saat mau pulang naik angkot tapi uangnya gak ada, cuma ada recehan dan uang sobek, jadi uangnya gak cukup... pas lihat mobil pick up mogok, langsung terlintas di kepala saya seperti iklan "mentos" untuk mendorong mobil tersebut, dengan maksud nanti bisa numpang pulang ke kos jika mobilnya sudah jalan...hehehe..
    ternyata setelah di dorong... mobilnya gak hidup2,.. dan orangnya pun minta kami untuk tidak lagi mendorong mobilnya... haahhh dasar nasib, sudah jalan jauh, dapet capek dorong mobil, akhirnya tetap naik angkot dengan membyar menggunakan uang yang ada di gumpal, supaya gak ketahuan kalau sobek...

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengalaman berharga yang tidak pernah terlupakan mas..
      enak banget rasanya mengingat kembali kejadian konyol masa lalu.
      hehehe

      Delete
  25. Selamat Pagi jelang siang Mas Agus duh ckckckc saya ketnnggalan berita lagiDari Mas ku yang keren ini. mohon maaf aja deh Mas. saya jadinya ikutan Nebeng yah Mas
    Kebetulan saya ketinggalan jam kerja kalau gak keberatan sekalian nebeng motornya hhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh kok mas saud, kalau mau nebeng toda gerobak

      Delete
  26. saya juga sering nebeng mas, waktu sekolah smp dulu,,hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. keuntungan tersendiri ya mas...hehe
      uang saku jadi utuh

      Delete
  27. ane dulu pas msih smp sering banget kalo pulang jlan kaki.. tapi entah knapa ortu mlah marah ane oulang malah oesen sur nebeng aja biar kagak capek :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..tidak apa-apa yang pentign tidak ada yang dirugikan

      Delete
  28. tapi aku punya pengalaman yang menjengkelkan, saat mencari tebengan. kala itu masih SMP, susahnya kayak ampun, tidak ada yang sama sekali berhenti. mungkin karena wajahku wajah preman kali ya ? sehingga takut untuk berhenti. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. justru kalau wajah preman itu pada berhenti om..
      kalau gitu wajahnya melas aja supaya dapat tebengan

      Delete
  29. Wah keren, pas masih jalan kaki tidak mau nebeng kecuali ada yang menawarkan, pas udah naik motor, memudahkan orang lain menuntut ilmu, keren :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, mohon doanya supaya saya konsisten

      Delete
  30. Motor tahun berapa gan masih jreng gitu.... ? masih original juga tuh onderdilnya. :D

    ReplyDelete
  31. wkwkwkw numpang nebeng.. bukanya numpang itu memang nebeng ya mas.. hehehe saya jadi pusing.. itu juga julukan baru ya mas... "Boncenger" hahaha asem keren banget mas julukannya hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha..emang boncenger aneh ya mas ?
      nah kalau facebok kan faceboker, kalau blog kan blogger,
      kalau jomblo apa mas ?

      Delete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh