Home » » Resolusi Tahun Baru

Resolusi Tahun Baru

Bulan Desember 2013 sudah meninggalkan pertengahan bulan, tahun baru siap menjemput. Lalu apa resolusi tahun baru yang ingin di capai ditahun berikutnya ? Bagaimana dengan resolusi tahun sebelumnya, apakah sudah terealisasi atau malah lupa dengan apa yang ingin di capai saat menjelang tahun baru 2013. Saya pribadi punya keinginan yang harus saya capai di tahun 2013, tapi saya lupa apa saja daftar keinginan itu. Dan sejauh mana pencapaian itu sendiri saya juga tidak mengerti karena apa yang ingin saya capai saja sudah lupa.

Resolusi tahun baru memang identik dengan daftar keinginan apa yang ingin dicapai oleh pribadi. Keinginan itu bisa berupa karir, jodoh, keinginan punya materi yang lebih dari tahun kemarin dan keinginan untuk bermanfaat kepada orang lain. Sah-sah saja orang mempunyai daftar keinginan, hal ini merupakan salah satu strategi yang terencana dan terpola untuk mewujudkannya. Daftar sudah ada dan jelas, tinggal langkahnya bagaimana untuk mencapainya. Langkah untuk mencapainya pun saya rasa sudah dicatat pula dengan strategi yang jitu. Disertai pula dengan rencana lain, jika rencana satu gagal, begitu pula harus ada kerelaan jika rencana yang terdaftar tidak tercapai sama sekali.

Saya pribadi, baru mengetahui resolusi tahun baru itu ternyata berupa daftar yang ingin di capai sejak dua tahun kebelakang. Karena saya terbentuk dari karakter orang desa, saya jarang mengikuti kebiasaan yang tidak lazim dilakukan oleh orang desa. Iya, sebagian orang kota telah berpikir lebih modern dengan mengadopsi apa yang dilakukan oleh orang barat/eropa sana.

Daftar keinginan saya yang tiap hari saya idam-idamkan adalah menjadi Bapak yang baik bagi anak saya. Menjadi Bapak yang baik itu dengan perhatian pada istri dan anak. Bentuknya bisa memberi mencukupi apa yang diperlukan bagi mereka. Memberi teladan selalu dengan perkataan dan sikap yang sopan, selalu datang ke masjid jika adzan di kumandangkan dan memberi contoh bertetangga serta berinteraksi kepada orang lain dengan sopan.

Menurut saya, resolusi atau daftar keinginan lebih baik diutarakan tiap hari. Dengan bangun di sepertiga malam terakhir dan silakan anda munajatkan daftar keinginan anda setelah sholat tahajjud minimal dua rokaat. Hal ini sangat dianjurkan di ulang-ulang terus menerus tiap malam. Kalau lagi tidak repot dengan pekerjaan, sempatkanlah sholat dhuha pada waktu dhuha atau pagi hari setelah matahari terbit agak tinggi. Kalau bisa enam rokaat sampai delapan rokaat. Langkah lain untuk mempercepat resolusi anda dengan cara bersedekah dengan ikhlas.

Itu saja pandangan mengenai resolusi tahun baru yang biasanya di lakukan oleh sebagian orang tiap tahunnya. Semoga apa yang dicita-citakan akan segera terwujudkan, tentunya dengan melakukan usaha yang nyata, bukan di angan-angan seperti lagunya Gombloh.


130 komentar:

  1. Pertamax dulu nih yah baru baca...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mas Agus, saya sudah membuat List Resolusi untuk tahun depan... sudah juga merefleksi tahun sebelumnya, insya Allah selalu ada rahmat Tuhan dalam setiap langkah, tetap optimis adalah kuncinya karena sikap optimis membantu kita berada dalam komitmen mencapai cita :)

      salam silaturahmi :)

      Delete
    2. Ibu guru satu ini memang detail dan rinci, kalau saya tidak bisa begitu, sering lupa

      Delete
    3. Bang Agus Setya nan ganteng seperti diri ku. Uhukk uhukk.
      APa beda LUPA dengan Tidak Ingat? Saya aja bingung cara membedakannya. Apa karena banyak yang diingat jadinya Lupa? Atau karena LUPA jadi tidak ingat semuanya? Mohon pencerahannya. Laporan seleseii

      Delete
    4. Bolak balik baca komen yang diatas nih, lupa vs tidak ingat hihihhi lucu juga ya, #bingung :p

      Delete
    5. Mari kita bingung bersama sama
      Bingung, mulai...

      Delete
    6. Wah kalau saya sering Lupa-lupa ingat. wah kaya lagunya Kuburan Be,en dong hh

      Delete
    7. saya malah sering ingat-ingat lupa..

      Delete
    8. wah wah..jadi malah bingung sendiri , lupa lagi deh

      Delete
  2. saya punya banyak resolusi di tahun 2014 ini gan..sepertinya harus punya daftar catatn biar ga lupa

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan cuma di catat dan dikumpulkan pada gurunya, tapi harus di jalankan misi nya.
      semoga terkabul dan tercapai

      Delete
    2. saya tak catat di catatan bon hutang saja ya cak Agus

      Delete
    3. jangan mas, catat aja di buku nikah

      Delete
  3. aamiin. saya membayangkan jika semua orang mempunyai resolusi seperti Mas Agus, bakalan damai negara ini.

    Allah membarkahi Mas Agus dan keluarga selalu!

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin..sejuk sekali.
      semoga mas zach dan keluarga, keturunan dan nenek moyangnya diberkahi Allah dan sehat selalu

      Delete
    2. Dari Nenek moyang sampai cicit moyang...

      Aamiinn

      Delete
    3. Dengan membaca resolusi bang Agus Setya yang ingin menjadi AYAH dan BAPAK yang baik super sekali resolusinya. Gelar "Father of The YEar" Ayah Teladan Tahun ini bisa direbut bang Agus Setya kayaknya. HIehiehiehiehiehiehiee

      Delete
    4. Asli komentare rika super banget kang Zach ... nganti ndlongop aku

      Delete
    5. super mario dong ah...
      bapak oh de year nya tetep mas zach saya mau niru aja, adopsi gituh...

      Delete
  4. Semoga tahun berikutnya bsa lebh super lgi dari pada tahun ini ... aamiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. super seger habis gebyuran (menggabungkan 3 komentar)

      Delete
    2. Wah diborong3 komentarnta digabung sama Cak Budi.
      Saya gabungin apa donk?

      Delete
    3. resolusinya kalau digabung tahun 2014 harus lebih super gebyurane biar lebih sejuk dan seger

      Delete
    4. berarti hujan dong pas tahun baru itu.

      Delete
  5. Semoga di tahun baru nanti segala apa yang kita cita-citakan dan kita ingin gapai bisa tercapai ya Mas,..

    Amiin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin.. peluk dan cium untuk mas boku

      Delete
    2. Kecup Basah dari mang Lembu.

      Catatan :
      Setau saya. seingat saya dan sepanjang catatan saya : Istilah kecup Basah pertama kali dilontarkan oleh Mba Una (Owner blog Una Vida Descrita De La Una). Saya pernah membaca tulisan mba Una dan menemukan kosa kata "kecup basah" ini dalam tulisan di blog beliau. Kemudian akhirnya kosa kata "kecip basah" ini menjadi terkenal dan di "ledakkan" Mang Lembu dan kawan kawan KPK Troops. Mohon dikoreksi temuan ini. Uhuiiiiiii

      Delete
    3. oh jadi asal-usulnya bukan dari kang lembu,
      kang lembu cuman mempopulerkan ya ?

      Delete
  6. mulianya resolusi mas agus tiap hari. Caranya juga sangat menyejukan hati. Setuju mas dengan pemaparannya. Semogakita semua bisa menjadi orangtua yang super untuk anak kita.aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin..semoga saja tercapai mbak..dukungan doanya ya

      Delete
  7. letopku ga kuat kalo harus dibikin resolusinya 2013, om
    mentok di 1366x768
    yang pc lebih parah lagi cuman 1024x768 pixel...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha parah nihhh om komentarnya :D

      Delete
    2. parah gimana to mas ainnul..komen bagus gini kok parah..
      disini mah bebas mau komen apa...asal masih nyambung dengan kata resolusi.
      saya lebih menghargai komen seperti ini dari pada komen ijin follow gan, folbek cak, ijin nyimak ning. dsb.
      kalau kena mas rawins sudah di hajar dengan komen balik , siapa suruh datang kesini.

      Delete
    3. resolusi kamera juga boleh kok mas..hehehe

      Delete
    4. ijin follow, gan
      folbek, cak
      ijin rujakan disini, mang

      #blethak.. lempar klompen

      Delete
    5. ijin follow, gan
      folbek, cak
      ijin rujakan disini, mang

      #blethak.. sampluk panci

      Delete
  8. haha... ngakak baca komennya bro Rawins

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasa, mas rawins kan idola saya mas...
      komennya lain dari yang lain lah pokoknya

      Delete
    2. Iya bener. Buka Kartu deh. Blog Mas Rawins termasuk salah satu blog FAVE saya. Walau tidak setiap hari saya kasih komentari, namun diusahakan akan dikunjungi setiap hari, minimal 3 kali sehari satu sendok Makan

      Delete
    3. hehehe...berarti idola kita sama ya kang

      Delete
  9. mamtab tuh resolusinya... semakin hari dan mau berganti tahun harus menjadi umat taat yang lebih dan lebih baik lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin....resolusi hape saya masih 640x480 je mas

      Delete
  10. sebelum resolusi itung-itungan dulu ya mas mana yang belum tercapai mana yang sudah, termasuk mana utang yang sudah dibayar mana yang belum hehe
    kalau boleh tahu resolusinya mas agus apa? nambah istri, nambah anak atau kedua-duanya hehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti malah ada panci melayang mas..
      pengen tau resolusi saya...
      ya itu tadi gak ngerti...ealaaaaaaaaah..
      hehehe

      Delete
    2. Wahahahahahah ada ada aja mas Thanjawa Arif.
      Bang Agus Setya itu tipe SETYA (Baca : Setia). Setia Husband. Ayah dan Bapak yang setia. Jangan jangan coba coba menyuguhkan wanita cantik berjilbab, baik hati, kaya raya dan dari keluarga baik baik kepada bang Agus. Karena saya yakin 100 persen bang Agus tetap SETYA. Saya jamin nda akan nambah lagi

      Eh bener ya bang Agus nda nambah istri lahi?
      Ooopss. Menggoda

      Delete
    3. hah......satu aja nggak habis kok kang..
      mungkin kang asep berkeinginan untuk nambah lagi,
      hehehehehe

      Delete
  11. Mau lebih fokus mencari Ridho Nya Allah Mas. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin..iya mas, mau cari apalagi saya bingung

      Delete
    2. Kalau mau CARI Ubi CIlembu tinggal kontek Mang Lembu
      Kalau mau CARI Panci di KPK Troops banyak yang punya.
      Kalau mau CARI Celana yang mau di Plorotin bisa kontek ke sayah
      Kalau mau cari ESPEGEH bisa kontek mas Rawins

      Delete
    3. saya mbayangke ESPEGEH di tempat kang Rawins di hutan Kalimantan bentuknya kayak apa ya kang Asep Haryono ?

      Delete
    4. Edisi ESPEGEH atau gambar cewek cakep seksi bohay adanya edisi postingan hari Jumat; Saya sampai hafal. Biasanya ada di postingan edisi jumat.

      Bentuknya? Wow sudah pasti cantik cakep bibir gelas, bohay seksi, cakep.
      Bikin semangat buat mampir ke blognya Mas Rawins. Gambarnya dulu yag saya liat, baru postingannya, HIheiheiheiheiehiheiehiee

      Delete
    5. itulah hebatnya kang asep..gambar dulu baru baca..
      kalau espegeh obat oles ada gak kang ?

      Delete
  12. Waduh udah diambang pintu
    telah menunggu
    sang tahun baru
    tahun ini semoga beres tugas pribadiku
    bikin ucapan hari ibu
    juga tahun baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya hari ibu juga ya mbak..
      hari bapaknya kapan dong ?

      Delete
    2. Nanti KPK Troops buat Kongress ONLINE. Sekalian Tele COnference pake SKYPE kalau perlu. Kita tentukan tanggal dan bulannya

      Delete
    3. kalau pake skype berat kang, loadingnya lama banget

      Delete
  13. Buat saya pribadi banyak kesan dan kenangan di tahun 2013 banyak yang belum tercapai tapi harapannya tahun depan meski tidak semua tapi berusaha mewujutkannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus dengan giat lagi mbak jeng indah..
      belajar dari tahun sebelumnya..
      kalau saya sih dijalani mengalir aja deh mbak

      Delete
  14. Saya garis bawahi pak Agus keinginan yang diidam-idamkan sama mas agus, begitu juga dengan saya ingin lebih baik lagi dan ingin menjadi seorang bapak yang baik bagi anak saya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulilalh kita sejalan mas marnes..
      apakah kita harus tos ?
      hehehe

      Delete
    2. boleh ikut tos nggak? saya kan juga pengen jadi bapak yg baik.......

      Delete
    3. Kayaknya RESOLUSI jadi Ayah dan Bapak Yang baik sudah saya catat ada 2 orang penantang buat Bang Zachflazz. Gelar "Father of the year" (Ayah tahun ini) akan semakin sengit nantinya untuk diperebutkan. Hiehiehiheiehiheiee

      Delete
    4. lebih baik bapak of the yearnya mas zach terus, kita-ktia yang niru dan adopsi ilmunya.
      gitu lebih oke

      Delete
  15. saya sih ingin ...
    tapi sulit....
    tapi gejolak ni...
    aduh.. gimana ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga ingin..
      tapi takut..
      tapi ingin..
      tapi beneran takut...

      #kolom bingung

      Delete
    2. saya juga ingin..
      tapi wedi..
      tapi engen..
      tapi tenanan wedi..

      #ikutan konslet

      Delete
    3. Saya ingin juga
      Tapi takut kejadian
      Takut beneran
      Takut.. takut
      Taaaa Kuuut.... kuttttttttttttttttt..... kutttttttttttttttttttttttt. kutttttttttttttttttttttttttt (echo)

      Delete
    4. yang nulis aja bingung..yang komen malah bingung.
      wajar..
      hehehehe

      Delete
    5. saya ketularan eror kok mas, hehehe

      Delete
  16. wkwkwkwk.. sama mas, saya juga lupa apa keinginan yang akan saya capai.. yang ada di otak saya dan tidak pernah lupa adalah keinginan menikah mas.. ckckckckc tapi belum ketemu wanita yang pas, mungkin lebih tepatnya belum ada wanita yang mau.. xixixiixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Kantor saya banyak yang single loh mas Nady
      Cewek paras cakep, Kulit kuning langsat, berjilbab, keluarga baik baik dan tentu saja masih single. Rahasia : Mereka banyak yang jomblo. Kalau berminat saya bisa perkenalkan. Siapa tau jodoh. Kalau nda jodoh kan bisa berteman

      *veteran Mak Comblang

      Delete
    2. nah kang asep tuh menawarkan solusi yang patut di coba.
      nanti kalau jadi kita makan-makan bareng..hehehe
      semoga mendapat jodoh yang baik buat mas nady

      Delete
  17. mampir mas, saya baru buat blog
    http://mttm-fb.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ealaa bukannya kash Komentar atau bersilaturahmi dulu,datang datang sudah setor URL minta dikunjungi. Huh

      Delete
    2. hehehe..ini temen satu kereta dengan saya kang.

      Delete
  18. Salut sama cak Agus yang resolusinya ditumpahkan di sepertiga malam dalam sujud. Saya agak susah bangun pada masa-masa itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. halah..itu kan saran mas..saya sih banyak bolongnya..
      jangan salut ke sayah ya..

      Delete
  19. Semoga tahun depan akan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya aamiin

    ReplyDelete
  20. Agak ketinggalan saya nih tapi berusaha selalu datang dengan tampil
    Yang bisa diajak Kondangan deh ehheh Semoga di Tahun 2014 mendatang
    Mas Agus sekeluarga selalu di berkahi Nilai sehat Lahir bathin. dan kita
    Semua masih saling bisa terhubung dalam satu Wadah Persahabatan blogging :-d

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukannya agak mas Karrys, memang sudah ketinggalan :haha
      sama seperti saya :d

      Delete
    2. heeheh..tapi masih kumanan kok, santai saja..
      hehehe
      amiin..terima kasih doanya

      Delete
  21. kalau salat dhuha aku mencoba melaksanakan tiap hari, demi kelancaran dalam mencari rezeki. keberkahan dan kelapangan biar terbukakan. resolusi itu memang penting demi mengevaluasi keinginan dan pencapaian dalam hidup. bersyukur dan tetap terus berusaha walau inginan belum terwujud, inti dari semua adalah proses dalam meraih cita -cita bukan apa yang telah dicapai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul om...tapi sebagian orang lebih enak dengan hasilnya,
      kalau saya pribadi lebih enak proses dan ada hasilnya, kalau proses terus tapi tidak ada hasilnya kok rasanya ngoyo banget om.

      Delete
  22. resolusi aku tahun 2014 adalah menikah. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak Icha pesen undangan-nya di tempat saya ya :D

      Delete
    2. amiin..semoga saja mbak icha.
      eh itu ada yang nawarin undagan, bisa di nego murah

      Delete
  23. bener banget mas agus, itu cara merealisasikan resolusi dunia akhirat
    jelas dan realistis

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga saja bisa ya mas crew..lha wong kita disini cuma mampir sebentar je

      Delete
  24. keren deh resolusinya mas agus...ingin saya praktekkan juga
    kalau WS mah resolusi untuk tahun depan apa ya...belum terpikirkan sepertinya :O

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan sampai telat kang WS nanti nggak kebagian lho,,,

      Delete
    2. aslinya ya sama mas ws, bingung emang..
      tetep kebagian kok kang dede, kebagian sisanya..
      hehehehe

      Delete
  25. Saran yang bagus mas, terimakasih ya!

    ReplyDelete
  26. keinginan saya masih seperti yang lalu,di tahun baru nanti saya masih ingin lebih baik dari tahaun ini,,terus ingin lebih baik lagi ,lebih baik lagi dan ingin lebih baik lagi ,,,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini dia yang super dari pak dede...hehe
      semoga bisa terwujud pak, yang baik-baik deh pokoknya

      Delete
  27. sangat luar biasa keinginan mas agus demi meningkatkan resolusi yang lebih baik untuk tahun kedepan, saya sungguh sangat salut sekali dengan mas agus, dan saya pastinya harus belajar banyak dari mas agus terutama menjadi orang tua yang baik bagi anak dan suami yang baik bagi istri..

    ReplyDelete
    Replies
    1. berat mas andy. tapi harus bisa dan harus beraksi.
      aslinya ini bukan resolusi tapi misi hidup

      Delete
  28. sama mas, cita cita saya juga gak muluk muluk kok, saya cuma pingin jadi imam yang baik dan dapat menjaga amanah pada keluarga saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu yang agak susah-susah gampang melakukannya mas arie..
      tapi tetep harus bisa lah,

      Delete
  29. kalo resolusi sih sudah ada tapi yang sulit itu ntar pas hari hnya, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. nikah ya ? udah santai aja. nanti enak kok
      ada jalan saat kita menjalaninya

      Delete
  30. mampir malem mas agus...
    salam blogger

    ReplyDelete
  31. Replies
    1. silakan mbak..eh masak siang sih? gak malam tha

      Delete
  32. Tidak terasa tahun 2013 akan meninggalkan kita dengan segera berganti dengan tahun baru 2014. Walau ukuran detik, menit, jam, hari, minggu, dan bulan itu tetap sama sejak dahulu namun ketika menginjak dewasa dan telah bekerja sangat terasa perjalanan waktu terasa cepat. Rasanya berbeda sekali ketika kita masih kecil atau bocah belum memikirkan banyak hal. Tentu masing-masing pribadi mempunyai harapan, cita-cita, atau keinginan namun ada yang terkabul dan ada yang belum tercapai. Hal ini menjadi bahan evaluasi atau renungan di akhir tahun untuk menyongsong tahun depan yang lebih baik.

    Sukses selalu buat sobat Agus Setya. Salam cemerlang!

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah terima kasih mas doni...
      semoga tahun depan lebih baik dari sekarang,

      Delete
  33. Wah,,,,, sudah ada mulai postingan tentang sebuah resolusi tahun baru ya kang. Hm,,,,, kalau saya belum tahu nih kang. Berjalan mengikuti air saja lah.

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu sama dengan saya pak..
      heheh
      saya juga bingung

      Delete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh