Home » , » Penyebab Bayi Tidak Tidur Nyenyak saat Malam Hari

Penyebab Bayi Tidak Tidur Nyenyak saat Malam Hari

Penyebab Bayi tidak tidur nyenyak saat malam hari memang beragam, mulai dari kurang nyaman posisi tidur sampai butuh belaian kasih sayang. Yang biasa bergelut dengan tangisan bayi pada malam hari memang ibunya dari pada bapaknya. Saya akui ibunya memang kuat dalam hal melek malam meladeni kemauan Hayyu anak saya. Laki-laki tidak ada apa-apanya walaupun katanya kuat angkat gedebok pisang sekalipun pasti kalau kena tangisan bayi malam hari memilih tidur. Itulah yang saya alami jika anak saya nangis dan tidak tidur nyenyak malam hari pasti ibunya yang ngurusi, sementara saya tidur.


Inilah penyebab bayi tidak tidur nyenyak saat malam hari menurut pengalaman saya, walaupun memilih tidur tapi saya kadang juga bangun melihat ibunya Hayyu memberi perhatian kemudian saya tidur lagi. Pada dasarnya bayi itu cara berkomunikasinya ya dengan nangis itu karena memang belum bisa berbicara dan cara mengatasinya di kasih minum asi atau susu botol.

Haus dan lapar, ibunya hayyu langsung tanggap ditawarkan Asi dan hayyu langsung diam klekep kemudian tertidur lagi.

Baju dan cara tidurnya tidak nyaman sepeti miringnya kebablasan sehinggaa posisi tidurnya tidak seperti biasanya, maka bayi akan nangis.

Pipis dan BAB, Kebiasaan tidak memakai popok instan saat tidur karena kawatir iritas membuat nyunyu saat pipis merasa tidak nyaman karena basah dengan pipisnya sendiri.

Siang kebanyakan tidur. Efek dari kebanyakan tidur ini membuat nyunyu betah melek malam harinya. Kalau tidak di temani bermain, maka akan menangis.

Begitulah suka duka seorang ibu yang tidak ingin anaknya menangis, padahal bapaknya lebih banyak tidurnya. Kira-kira seperti itulah penyebab bayi tidak tidur nyenyak saat malam hari, silakan ditambahi jika memiliki pengalaman yang berbeda.



125 komentar:

  1. Nyunyu...sama kayak buk'e Zaki, kalau siang ikut anaknya bobok siang, malamnya nggak bisa tiduuurr...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo buat sy sihh bukan nyunyu tapi yuyu tiduuuuuuurrrr (klo dh ngantuk) hehe

      Delete
    2. hehe..kalau bapak'e nyunyu sih tetep tidur aja deh...
      hehehe

      Delete
    3. aku kurang ngerti deh nyunyu itu apa. .:)
      maklum masih polos. .:)

      Delete
    4. nyunyu opo nyonyo seh cak Gus hihi

      Delete
    5. hehehehehehehehehe :D
      pada error
      Tika numpang ngakak aja ah :)

      Delete
    6. kalau ditiduri sepur malah gak enak mas Asep hehehe

      Delete
    7. Saya nyumbang Tertawa saja Deh biar pada kering tuh gigi hahahahah :D

      Delete
    8. apalagi kalo tidur bareng polisi tidur

      Delete
    9. apalagi tidur di bawah pohon nangka

      Delete
  2. hehehehe, knp yah rata-rata bpk seprti itu, dulu sy puny teman juga ya kyak gtu mas, kyaknya gak sepeka ibunya ,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena ibunya yang menyusui jadi punya ikatan batin yang kuat...
      hehehe

      Delete
    2. @mas Agus : alasan.. bilang aja yg sebenarnya, mas wuahahaha

      @mas Fiu : sebagian memang seperti itu, mas. Tapi nggak semuanya kok. Dulu waktu anak saya masih bayi ya saya yg sering ngganti popoknya dan mandiin anak saya. Klo malam juga terkadang saya ikut terbangun tp nggak selalu. Klo saya nggak terbangun, Istri saya bisa memaklumi karena mungkin dia menduga bahwa saya kelelahan kerja disiang hari. Katanya dia kasian sering liat saya masih ngantuk saat saya akan berangkat kerja besok paginya.

      Delete
    3. intinya tinggal kesanggupan dan pengertian aja kok.
      dan itulah enaknya berumah tangga...
      bahu membahu,,,eh tapi saya kok malah tidur ya

      Delete
    4. bahu membahu sama ibuke,anake dilalikno hoahaha

      Delete
    5. kang dede jangan bahu membahu tapi hadap hadapan ibuke dan bapake lebih siip

      Delete
    6. Hati-hati anak nya Anteng tar Bapak nya yang jahil hehheh =D

      Delete
    7. healaah....lali sekabehane sampek suwalan wae kuwalik

      Delete
  3. + satu lagi kang, orang sekitar yang ribut :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang ribut malam hari biasanya nyamuk

      Delete
    2. ah tidak juga ma arif..bapak ibunya juga ribut kok..
      ribut kenapa mbak, pasti bising ya ?
      hehehe

      Delete
    3. oh jadi mas agus sama mbak nia kalau malam ribut ya...? wah diem diem donk mas... ntr si hayyu tau loh wkwkwkwkwk

      Delete
    4. cieeeee,,,yang selalu ribut waktu malam,,wajar and manusiawi hahaha

      Delete
    5. kalaumau ribut mendingan gelar tiker deh dan jauh dari anak hehehe

      Delete
    6. Wah bakal ada Pertarungan Sengit nih, siap Panci sebagai Pelindung kepala hahahah

      Delete
    7. pantas gempa lokalnya terasa sampai di sini mas hehe...

      Delete
    8. hahahhaa...mas nady pengen tuh

      Delete
    9. wah..mang yono ide-nya manteb. sudah pengalaman sih ya :D

      Delete
  4. wah ternyata pengalamannya sama, dulu waktu anak2 saya masih bayi, kalau bangun malam, ibunya yang ngurus sendiri, saya milih tidur, diserahkan ahline .. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe...tos dulu..
      bukan tega kok mbak, dari pada ibuke bingung sendiri, lebih baik diam alias tidur.
      hehehe

      Delete
    2. idem disini.. saya ikut grup bapak2 yg ada disini :)

      Delete
    3. oh disini kumpulan bapak-bapak ya ?

      Delete
    4. udah pada ngumpul? Yo, tariikkk!!!

      Delete
    5. wah salah masuk donk saya, saya kan masih abegehh... wkwkwkwkwk

      Delete
    6. wAH YANG abegeh bukan bang Zach aja rupanya

      Delete
    7. apapun pekerjaannya serahkan pada ahline hehehe

      Delete
    8. mang yono pengalaman banget..
      eh ada abegeh ya..
      hehehe

      Delete
  5. saya juga kalo lapar gk bisa tidur pak
    apalagi kalo mau bab, jelas gk bisa tidur wkwkwk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi kalau mau pipis ya? masak di sediakan ember di pinggir kasur ?

      Delete
    2. kayak sepeda motor aja honda pispot tahun 1960

      Delete
    3. Jika perlu di blog nya pasang Widget Toilet hhh
      Agar bayi kalau pipis enakan gak repot keluar rumah hhhh

      Delete
    4. gak usah widget mas saud, muka saya kan mirip toilet

      Delete
  6. pantes nangis mas la bapake nggak mau kalah hehe...
    pakek pempres banyak membantu kok mas praktis dan najisnya nggak kemana-mana

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh royokan jadinya mas,...
      betul mas, saya selalu memperhatikan najisnya..
      kalau mau enak, saya pakai sandal aja kalau ke kamar.

      Delete
  7. biasanya...biasanya ini loch yah...kenapa bayi ngga bisa tidur nyenyak......menurut pengalaman pribadi...karena ketendang bapaknya atau ibunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bapa dan ibu lagi main kuda2an ya kang?ckck..

      Delete
    2. ya bukan biasanya lagi kang, kayak naik sepur gituh...goyang sana sinih..
      kuda beneran dong mas..kalau kuda-kudaan itu dari kayu, gak enak mas

      Delete
    3. berhubung saya masih polos jadi nyimak aja deh heheeh

      Delete
    4. Ternyata ini permasalahan yang sebenarnya.. :)

      Delete
    5. itu pertanda Ibu bapak sedang latihan pencak silat

      Delete
    6. hahaha..latihan golong komeng...

      Delete
  8. Saya tambahin 1 mas, Penyebab bayi g bsa tidur karena dd bayi nya lagi sakit.itu poto anak nya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mas agus, iya itu foto anak saya.
      hehehe

      Delete
    2. Udah gede ternyata.dulu baca postingan waktu msh dlm kandungan.mudah2an jadi anak yang berbakti kepada ortu ,berguna untuk agama&negara.Amin....
      Screen Capture/recorder http://up.ht/1b1BXCt

      Delete
    3. terima kasih mas agus..saya coba linknya

      Delete
  9. Itulah sebabnya gak ada yg bisa nenangkn hayyu kalo bangun nggak ada saya ... Karena hayyu anak ibu.. Bukan anak bapak e ... Wekkk

    ReplyDelete
  10. bener itu.. sebenarnya wanita itu lebih kuat daripada pria, mas. klo suami sedang lelah atau sakit pasti ngalemnya nggak ketulungan, tapi klo istri yg sedang lelah atau sakit pasti dia tetap akan berusaha menjalankan kewajibannya apalagi kalo masalah urusan anak. saya salut kepada wanita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul cak bud, wanita memang lebih perkasa . cuma laki-laki menang ototnya doang, katanya loh ya.

      Delete
    2. ndak bisa itu harus diralat, wanita itu lemah dan pria perkasa, hehehehe

      wanita itu memang juara bukan perkasa, karena kasih sayanglah yang menyebabkan dia tahan banting... makanya ada pepatah kash anak hanya sejalan sedang kasih sayang ibu sepanjang jalan

      Delete
    3. wah bener pak wi. bagaimanapun saya kalah dalam hal ginian sama ibuke..
      hehehe

      Delete
  11. Bila kita bisa mengetahui salah satu penyebab bayi tidak bisa tidur nyenyak seperti ini jadi mudah mengatasinya ya Mas,

    Salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak mudah mengatasinya pak, lha wong harus bangun malam-malam je pak

      Delete
  12. Pantesan aja adik saya kalo malam-malam suka nangis
    ini toh penyebab nya :D
    makasih ya info nya mas, bermanfaat banget.
    Boleh dicopas nggak nih , mau diprint trus kasih deh ke emak saya hehehe" bercanda doank kok
    kakakakakakakk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi nggak rebutan mainan sama kakaknya kan Mas?

      Delete
    2. jangan rebutan mandi di bak mandi ya,...gantian

      Delete
  13. Sebenarnya kalau Bapak Ibuke menyadari, kenapa ya anaknya nangis dimalam hari? tentu kalau keduanya bekerja sama, bisa langsung ketemu masalahnya, tapi kebanyakan bapake malah ngorok, dan kadang marah ( nggak kesemuanya sih, termasuk Boku..:)).

    Salut buat buk'e yang selalu sabar mbuatin susu bayinya, ngganti pempes, mbetulin bantal bayinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga salut, makanya di abadikan lewat postingan mas,..hehehe

      Delete
  14. mau nambahin satu mas.
    kegerahan atau kedinginan. Athar pasti gak pules deh kalo salah satu diantara itu jadi teman bobonya..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau nyunyu seneng udara dingin, kalau kegerahan baru bangun...
      hehehe.
      makasih mbak ditambahkan

      Delete
  15. Replies
    1. wek wek wek...bapaknya cuek ibunya sayang dan perhatian..imbang ya ?

      Delete
  16. Itu Hayyu ya, mas? Mirip sampeyan...

    *ya iyalah... masa' mirip tetangga!

    #Bletak! (elpiji terbang)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha...kalau mirip tetangga bisa jadi anak tetangga yang main kerumah saya..
      hahaha
      lempar bak mandi, entong, sutil, dandang, wajan

      Delete
  17. berarti jangan kebanyakan tidur siang dong? tapi kalo bayi gak bobo siangnya terus mesti ngapain.. :3

    ReplyDelete
  18. Di nina bobok gan biar bisa bu2g dengan tenang :D

    ReplyDelete
  19. wah benar mirip sama bapaknya ya,,, klo ibunya masih belum tahu, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bapaknya gak keren belas, anaknya keren gak ?

      Delete
  20. dibacain dongeng kancil nyolong timun...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah tadi malam, eh malah gak bisa tidur mintak gendong

      Delete
  21. Aduuuh...lucunya anak sapa sih? Ya anak bapak sama emknya lah hehehe...
    Artikelnya bermanfaat banget nie mas, cocok banget nie buat para pasangan suami-istri yang baru memiliki bayi supaya tahu penyebab disaat bayinya tidak tidur nyenyak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah mas marnes...katanya masih kecil gitu lucu kalau sudah besar semoga tetep lucu.
      hehehe

      Delete
  22. Ya, seperti itulah kira2 sob, terkadang hawa cuaca yg panas jg bisa bikin bayi gak bs tidur loh sob, kebanyakan bayi menginginkan hawa yg sejuk dan agak dingin.
    ini dari pengalaman anakku, saat musim panas kemarin tidurnya kurang nyenyak, tp di musim dingin skrg lumayan nyenyak tidurnya, jd bapaknya jg ikutan nyenyak tidurnya...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe...sama juga intinya pak..
      pokoknya bayi kalau sudah nyaman , tidurnya pulas

      Delete
  23. benar itu mas,sebagaian besar bayi menangis tengah malam karena sebab diatas karena itu fitrah mungkin ya.

    tapi kalau popok atau kebiasaan diatas sudah diganti tapi bayi tidak mau diam dari tangisnya,, katanya badannya kurang sehat. hal ti bisa terindakasi dari suhu badan yang panas atau seterusnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang di kuatirkan itu saat demam di malam hari pak, bingung harus apa.
      hehehe

      Delete
  24. wah mas,,,, si hayyu kok ganteng ya kayak cowok kalau rambutnya begitu.. hehehe wah ini ilmu baru nih buat saya kelak.. tapi naluri seorang ibu pasti lebih tau ya mas .. cara mengatasi sang anak yang rewel hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ibu nya jelas lebih jago dan insting keibuannya muncul

      Delete
  25. duhh kalau masalah bayi... ni coment mas,,, belum punya bayi soalnya heheh,,, tapi ini bisa saya jadikan wawasan jika suatu saat punya bayi, bukan saya tepatnya tapi sitri saya nanti... heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. baiklah mas, terima kasih atas membaca artikelnya.
      hehe

      Delete
  26. Saya juga pernah merasakan hal itu Cak Gus,tapi hanya sebatas bangun dan tidur lagi,hehe dengan alasan " besok mau kerja "

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu jg sama dengan saya kang dede..hahaha
      kelakuan emang sama..

      Delete
  27. kalo saya belum punya anak ,, jadi belum ngerti yang ginian,,, hihi... kal;i kali nanti dapet ginian

    ReplyDelete
  28. Apa gak mungkin, bayi akan mimpi buruk terus terbangun dan nangis?
    #Heh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin saja mbak, hayyu ini sering mimpi kok

      Delete
  29. nymak dulu gan... belum punya momongan hehehe

    ReplyDelete
  30. oooh begitu ya mas penyebab bayi tidak tidur nyenyak di malam hari, saya kira mau jagain bapaknya hehehe

    ReplyDelete
  31. wah ini bermanfaat sekali buat para ibu2 yang mempunyai balitaaa

    ReplyDelete
  32. Namanya juga anak anak,,
    Tp biasanya kalo anaknya tidur emak sama bapaknya malah pada bangun :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. katanya sih gitu mas heri..
      hehehe
      mumpung nih..

      Delete
  33. Selamat pagi Mas Agus wah saya semalam ketiduran pulas hingga
    Ketinggalan info menarik ini. maaf Mas Agus simak artikelnya
    Bisa saya belajar cara penyebab bayi tidur tidak nyenyak ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan disimak , nanti ada ulangannya

      Delete
  34. aku belum pernah ngalamin kek gini mas agus,,,,
    soalnya saya belum menikah,,hehe

    ReplyDelete
  35. Kasihannya kalau dia nggak bisa tidur. ..
    hmmm

    follow blog saya ya
    http://infoejaman.blogspot.com

    ReplyDelete
  36. beuh nduwi putro siji wae ilmune wis manteb, opo meneh lak anake pitu tips-tipsnya makin banyak hhh.

    satu tambahan lagi kenapa anak nggak bisa tidur kalo malem hari, sebab khawatir bapaknya kakean polah kalo anak tidur #ups

    ReplyDelete
    Replies
    1. walah pak ies ini ada -ada aja..
      kalau anaknya nyenyak gantian bapaknya yang goda ibuk e

      Delete
  37. Kadang penyebab anak tidur malam nya tidak nyenyak, lantaran tidak di gendong bapak nya, mas... Begitu gantian bapak nya yang menggendong, malah langsung tidur pulas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. anak saya malah tidak bisa tidur kalau saya gendong, soalnya pinggul saya atos, karena kurus, hehehe
      tapi kalau mau tidur mintak gendong dulu obat kangen katanya

      Delete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh