Home » » Stasiun Gubeng Berbenah Kembali

Stasiun Gubeng Berbenah Kembali

Stasiun Gubeng Berbenah - PT Kereta Api Indonesia (KAI) sebagai perusahaan jasa pelayanan transportasi terus melakukan inovasi-inovasi untuk meningkatkan pelayanan pada pengguna jasa kereta api. Kebijakan berupa perubahan pada seluruh aspek penunjang perkeretaapian sudah dilakukan sebelumnya. Yang paling populer adalah tidak ada penumpang yang berdiri dalam kereta untuk kereta api ekonomi jarak jauh. Tiket kereta api sesuai dengan tempat duduk dan tiket harus sesuai dengan nama KTP. Hal ini merupakan kemajuan besar karena meminimalisasi dan mempersempit gerak calo tiket kereta api. Selain itu, interior kereta juga bersih dan nyaman, toilet pun sekarang sudah bersih dan airnya mengalir baik itu kereta ekonomi lokal dan kereta ekonomi jarak jauh. Didalam kereta ekonomi juga dijaga oleh satpam dan ada yang dijaga polsuska. Konsekuensi logis dari peningkatan pelayanan ini adalah naiknya harga tiket kereta jarak jauh.

Stasiun gubeng juga mendapat sentuhan. Para pedagang yang biasanya menyewa kios untuk berjualan pun kini sudah bersih dan terkesaan privat. Para pedagang asongan juga tidak ada didalam stasiun. Toilet didalam stasiun gubeng selalu bersih karena tiap 5 menit atau kelihatan kotor selalu dibersihkan oleh petugas dari reska, anak perusahaan PT KAI. Ruang tunggu Stasiun gubeng ditata rapi dengan kursi panjang berjajar.

PT KAI Daop 8 Surabaya  mulai 1 Maret 2013 memberlakukan pembenahan lagi dengan menyekat peron pemberangkatan penumpang menjadi dua bagian. Untuk keberangkatan kereta api ekonomi baik kereta lokal atau kereta jarak jauh para penumpang harus masuk melalui stasiun gubeng lama. Sedangkan untuk keberangkatan kereta bisnis dan eksekutif distasiun gubeng baru. Terdapat pagar pembatas antara jalur 4 dan jalur 5. Pembagian ini menurut saya sebagai pengguna kereta api enkonomi lokal dimaksudkan untuk memberi kenyamanan pada penumpang kereta api bisnis dan eksekutif seperti pada stasiun gambir. Saya kira sah-sah saja karena pelayanan yang pantas untuk sebuah harga yang mahal. Sebaliknya untuk penumpang kereta ekonomi akan terkonsentrasi pada satu titik sehingga akan berjubel seperti di pasar mengingat jumlah kursi kereta ekonomi lebih banyak dari pada penumpang kereta api bisnis dan eksekutif. PT KAI pasti juga sudah tau tindakan apa yang harus dilakukan untuk mengantisipasinya. Stasiun gubeng berbenah menjadi lebih baik dan harus ada yang dikorbankan atas perbaikan ini.



Stasiun gubeng, gubeng stasiun, stasiun gubeng baru, stasiun gubeng lama, gubeng surabaya, surabaya gubeng

2 komentar:

  1. mbaca ttg stasiun GUbeng, berasa sdh luamaan banget gak kesana. Saya sukak ada live musicnya tuh kalau minggu mlam..eee, tapi gak tau ding sekarang masih ada apa gak

    ReplyDelete
  2. mbak ririe kalau pulang jarang pake mutiara timur ya?live music masih ada dari pagi sampai jam 6 sore karena kereta eksekutif terakir -turangga- berangkat ke bandung.

    ReplyDelete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh

Blog Archive