Home » » Kereta Api Pasundan Tidak Ekonomis Lagi

Kereta Api Pasundan Tidak Ekonomis Lagi

KERETA API PASUNDAN
Ka Pasundan
Assalaamu'alaikum warohmatullah. Maaf saya nulis tentang kereta api lagi, jangan bosan lho. Kereta api pasundan sekarang tidak ekonomis lagi. Kereta api Pasundan jurusan Surabaya Kiaracondong Bandung berangkat dari stasiun gubeng pada pukul 06.00 WIB. Walaupun kadang juga bisa telat. Berhenti di stasiun Surabaya Gubeng, Wonokromo, Sepanjang, Krian, Mojokerto, Jombang, Kertosono, Nganjuk, Madiun, Paron, Solo Jebres, Lempuyangan, Kutoarjo, Kebumen, Karanganyar, Gombong, Kroya, Maos, Banjar, Tasikmalaya, Cipeundeuy, Cibatu dan terakhir Stasiun Kiaracondong Bandung. Untuk Jadwal baru per 1 april 2013 pasundan berangkat pukul 08.15 wib sampai di kiaracondong pukul 22.22 wib. Jadwal kereta api pasundan dari kiaracondong bandung berangkat pada pukul 05.30 wib sampai surabaya pukul 19.55 wib.

Total waktu perjalanan normalnya sekitar 15 jam. Awalnya Kereta Api Pasundan mengangkut rangkaian 7 gerbong non ac kemudian menjadi 5 gerbong no ac dan satu gerbong ac dengan tarif non subsidi. Harga tiket ka pasundan ekonomi  Rp 38.000 tarif flat jauh dekat sama. Sedangkan Untuk harga tiket ka ekonomi ac berkisar Rp 100.000. Entah naik berapa kali lipat dari sebelumnya.

Kebijakan baru dari PT KAI memasang semua kereta api dengna air conditioner (ac) awal bulan maret 2013 membuat tarif berubah. Kereta api sekelas KRD, Rapih dhoho dan Penataran tak luput dari pemasangan ac walaupun ac bekas. Konsekuensi dari peningkatan fasilitas ini adalah harga tiket naik. Mungkin saja pemasangan ac ini hanya sebagai alat untuk menaikkan harga tiket dan menghapus kereta ekonomi. Rangkaian kereta api pasundan sudah terpasang ac semua kecuali kereta luar dinas dengan menggunakan genset dengan daya yang lebih besar. Sempat kelihatan kemarin menggunakan genset milik K1 atau kereta eksekutif.

Kereta api pasundan sekarang menjadi tidak ekonomis lagi dengan harga tiket rata-rata 100 ribu selisih 70 ribu dengan batas bawah harga tiket Kereta api mutiara selatan dengan kelas bisnis. Jadwal dan namanya kereta ekonomi tapi harganya tidak ekonomis. Perbandingan jarak tempuh dengan KA bisnis Mutiara Selatan selisih 3 jam. Tinggal tentukan pilihan mau kereta api ac tapi tidak ekonomis atau pilih kelas bisnis tapi harganya lebih mahal sedikit dari kereta api pasundan. 

Untuk Pemesanan Tiket Kereta Api Pasundan per Tanggal 01 September 2013 harga tiket menjadi Rp 55.000,
Jadwal kereta api stasiun gubeng lengkap terbaru April 2013

Daftar Harga Tiket Kereta Ekonomi Jarak Jauh

Kereta Api Logawa Jurusan Jember Purwokerto

70 komentar:

  1. Saya sudah pernah naik kereta ini..dan kayanya dapet yang exekutif *ada nggak ya* apa salah inget haha..terpaksa hanya ada satu-satunya kereta kala itu..Ciamis-Yogyakarta

    ReplyDelete
    Replies
    1. kereta ini murni ekonomi mbak :D kalau eksekutif kereta api turangga sama argo wilis kalau bisnis mutiara selatan.
      enaknya naik kereta api eksekutif, :)

      Delete
    2. hahaha salah berarti..duhh dulu kereta apa apa ya jadinya....*puyeng dah* hahaha terpaksa...makanya dompetnya langsung jebol.enak naik kereta api exekutif daripada pesawat kikikik

      Delete
    3. Saya sukses jadi member blog yang ke 65 *kayanya hehe

      Delete
    4. hehehe,itu positif kereta eksekutif mbak, jelas menguras kantong.
      kayak nya kereta turangga atau argo wilis

      Delete
    5. Hehehehe positif kok mneguras kantong hiahahiia...hehhe lupa Mas Agus apa nama keretanya

      Delete
  2. lama-lama materialistik juga ya Mas, semua ditinjau dari sudut keuntungan bisnis semata. PSO-nya nggak diperhatikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang PT KAI profit oriented bukan public servis oriented ya public servis nya hanya bumbu saja kelihatan di permukaan tapi dalamnya kejar setoran.

      Delete
    2. ya itulah letak permasalahannya. saya yakin masyarakat makin susah karena kebijakan tarif itu

      Delete
    3. pembatasan tiket, pengurangan gerbong, apalagi ya berikutnya.
      apa karena dirutnya orang kapitalis murni

      Delete
  3. sebaiknya memang bisnis kereta api tidak lagi monopoli ya Mas. jadi pelayanan bisa bersaing dan seperti kita lihat di bisnis pesawat sekarang ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul mas zach, coba kalau seperti pesawat , bus atau kapal, pasti tidak seperti ini.

      Delete
    2. besar kepala jadinya PT KAI sekarang. merasa sebagai anak tunggal

      Delete
    3. ada informasi lain berkaitan dengan PT KAI, dana PSO dari pemerintah melalui dpr tidak cair 4 tahun belakangan ini, sehingga PT KAI haru survive berjuang sendiri membiayai operasional perusahaan, jadi kalau sekarang terlihat profit oriented karena masalah dana pso yang tidak caair, tapi yang mana yang benar hanya Allah yang benar, wallahu'alam.

      Delete
  4. kalau menurut Mamang mah mendingan kereta yang cepat karena mang butuh waktu untuk Uber storan

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mang yono, sekalian merasakan nyamannya berada di kereta bisnis atau eksekutif.

      Delete
  5. Dulu thn 2000an klo pulang dari Bandung ke Ciamis.sering menggunakan jasa angkutan kereta api.sampai sekarang belum pernah mencoba lagi mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sekarang jangan coba2 naik kereta api mas, mahal dan kalau mendadak beli tiketnya dijamin tidak kebagian tiket

      Delete
  6. link sobat sudah di pasang di blog saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. link nya sobat juga sudah nancap di blog saya,
      terima kasih :)

      Delete
    2. Linknya mas Agus juga udah nangkring di Blog saya..*wahh jangan2 nggak tau hihihi

      Delete
    3. wah ketinggalan info nih, maaf ya mbak amri tidak pernah ngecek sampai di link2 nya , oke segera di pasang di blog ini.
      terima kasih lho mbak, :)

      Delete
  7. ya termasuk murah toh, karena KA ndak pernah macet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya murah untuk satu orang, tapi kalau perginya satu keluaarga ya lumayan kerasa.
      kalau masalah macet sih enggak cuman kereta ekonomi ditarik dengan lokomotif cc201xxx yang biasanya sering mogok mbak, berbeda dengan cc203xx atau cc204xxx itu lokomotif kelas bisnis dan eksekutif yang relatif jarang mogok.
      kalau mogok waktu tempuh lama dan biaya segitu termasuk mahal.
      salam

      Delete
  8. boleh mas, silakan dan maari bertukar link

    ReplyDelete
  9. hhmmm saya kurang paham kalau bicara kereta api, se umur umur saya belum pernah naik kereta api...hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe...terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisannya.

      Delete
  10. Sudah 20 tahun lebih tidak naik kereta api. Harga naik walau tidak ekonomis lagi sebenarnya tidak masalah yang penting pelayanan dan kenyamanan dan keamanan pastinya harus lebih ditingkatkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul kang djangkaru ka pasundan sudah aman ada polsuska nya, nyaman sih tergantung soalnya jarak kereta ekonomi tempat duduknya berhadapan dan berdempet.
      terima kasih kunjungannya

      Delete
  11. Penasaran sy mau naik kereta api itu seperti apa? seumur hidupku nggk prnah naik kereta api tp stlh mmbaca artikel bang Agus udh nggk penasaran lagi, ternyata fasilitasnya nggk seperti dgn harga tiketnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu kalau mau backpaker ke bandung cuma butuh 38 ribu sekarang 120 ribu, xixixi

      Delete
  12. Kereta api saat ini masih menjadi angkutan publik yang banyak diminati, seharusnya PJKA lebih memperbaiki kinerjanya melayani konsumsen ya mas...salam sukses selalu mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mas, harga tiketnya itu lho tidak akomodatif..
      salam sukses juga buat mas muro

      Delete
    2. trimakasih sob udah follow blog saya,sekarang hadir lagi buat follback...

      Delete
    3. terima kaih juga atas foolbacknya sob

      Delete
  13. wah mas admin nya pemerhati soal kereta api ya....boleh nih ta share anak saya...kbetulan dia seneng dan hobi..berita atau info tentang kereta :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh mas,saya pengguna kereta api bukan pemerhati lho mas, hehehe
      nanti tulisan dan gambarnya aku update terus mas buat anaknya mas..

      Delete
  14. naik kreta paling enak denger suara,ya "gujes2 gujes2"

    ReplyDelete
  15. Kalo kearah barat di jogja dulu jam 12an (entah sekarang) beberapakali mau naik kereta ini tapi gak pernah jadi sebab overload penumpangnya, untungnya tiketnya bisa digunakan di kereta Logawa selang 5 jam kemudian..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sekarang sudah tidak oveload lagi mas, dan tiketnya harus sesuai jam keberangkatan dan naama kereta. sudah tertib

      Delete
  16. wah..suka naik kereta api ya sob? saya juga kalo ke purwokerto sering naik KA Logawa. Saya denger mulai bulan april semua kereta api ekonomi akan dipasangi AC semua. tentu saja mungkin diberlakukan tarif baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya saya suka naik kereta sob,kalau ka pasundan sudah ac semua dan harganya sudah naik. untuk logawa hanya 1 gerbong ac lainnya ekonomi biasa tarifnya tetep 40 ribu.

      Delete
  17. walah, kok beda jauh banget antara ekonomi biasa dengan ekonomi ac?

    saya juga dulu pernah naik pasundan, mau ke jogja. dulu masih 25 ribuan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas bayu, dulu memang 25 ribuan, terus ada kenaikan tarif tunggal flat, kemudian maret 2013 naik lagi karena kereta ber ac semua

      Delete
  18. Enak ya naik kereta... pada semangat membahas kereta.. jadi ngiri...

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak mas pay, apalagi satu gerbong cewek mahasiswa semua, hehehe

      Delete
  19. Saya sama temen2 mau jalan2 ke jogja naik kereta, liat2 harga tiket sempet shock, pada naik semua -,-

    mau naik pasundan harganya udah selangit
    jadinya terpaksa pilih logawa aja, berangkat pagi soalnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul sekarang ka pasundan harga tiketnya naik.
      untuk pas dikantong memang naik ka logawa atau sri tanjung.
      kalau mau ke bandung estafet pakai kereta apa ya dari jogjanya yang ekonomis lho.

      Delete
  20. wah kaget juga harga tiket pasundan jadi segitu ya mas...
    kalo boleh tau, kira2 dari kiara condong ke purwosari naik yang sekali jalan atau omprengan ya semisal ke kutoarjo dulu baru naik prameks ke solo balapan?
    oya mas punya daftar harga tiket kereta api terbaru 1 april 2013, biar saya bisa estimasi biayanya brapa, kreta apa aja, n waktunya? hatur nuhun

    ReplyDelete
    Replies
    1. harga pasundan memang melejit mas,
      maaf mas saya tidak bisa kasih data itu, karena saya tidak mengetahuinya, yang saya tahu cuma lingkup surabaya sama mojokerto.

      Delete
  21. Jadi Penasaran, apa pelayanan, waktu tempuh dan fasilitasnya sekelas Sancaka karena hargane beda sedikit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu tempuhnya jelas cepat sancaka, karena beda kelas, kelas bisnis jelas lebih diutamakan.
      untuk fasilitas tergantung penumpangnya. kalau pasundan AC tapi tempat duduknya terlalu bedempet ada yang 2 berhadapan dan 3 berhadapan khas kelas ekonomi, bisa dibayangkan betapa sesaknya, kalau bisnis sancaka tidak ac tapi seat menghadap ke depan dengan sejajar

      Delete
  22. apa kutojaya selatan maU di ganti ekonomi ac semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf saya kurang tau infonya mas, karena yang saya ketahui cuma lingkup daop 8 surabaya

      Delete
  23. apa kutojaya selatan maU di ganti ekonomi ac semua

    ReplyDelete
  24. Tentu kebijakan ini telah melalui kajian yang mendalam. Layanan kepada konsumen lebih baik, nyaman, bersih, tepat waktu, dan sebagainya. Namun disisi lain tentu masih ada 'kelemahan' dan 'kekurangan'. Pada saatnya akan dievaluasi dan dicarikan solusi yang terbaik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mas, akan di tinjau ulang nanti ada evaluasi tentunya apa kelebihan dan kekurangan yang perlu diperbaiki, yang sudah baik dipertaahankan.
      terima kasih kunjungannya

      Delete
  25. Sekarang Tiket Mutiara 300ribuan mas, udah pada naik semua. mendingan naik pesawat aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mahal ya mas, kalau tiket semahal itu mendingan naik pesawat, betul kata mas.

      Delete
  26. yoi ane aja gan sempet kaget ni PT KAI jurusan banjar bandung aje ekonomi 100.000 beda dikit ama bisnis kasian warga yang ga mampu yang mengandalkan sektor perhubungan ini di daerah kecil. .perbandingan mending beli bensin pake mobil sendiri ato pake motor bisa keliling keliling juga. hal inilah yang membuat transportasi pribadi bertambah. PT KAI jangan selalu memperhatikan unit cost yang harus tertutup tapi juga memikirkan keterjangkauan biaya dan kemudahan akses akan transportasi ini, baik bagi kalangan atas, menengah, ataupun bawah. bagi kalangan ekonomi atas mungkin itu tidak jadi soal, tapi kalangan menengah akan jatuh miskin atau menaikan juga sektor pendpatannya., kalangan bawah ????? . ko ga ada yang teriak ya anggota DPR?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tulisan mas dadang bisa semoga didengar oleh operator kereta api yakni pt kai yang seharusnya menampung segala segmen kelas. Untuk dishub sendiri sebagai pemilik kereta api seharusnya jg proaktif karena sebagai wakil dari pemerintah.
      soal ini memang kronis mas, tidak tau akar permasalahanya dimana soalnya selalu mbulet kalau dikonfirmasi.

      Delete
    2. ada hal juga yang bikin tabu dan ga efisien mas seperti tarif reduksi bagi yang jelas-jelas usia produktif dan sudah memiliki pendapatan. itu jelas menjadi tindakan diskriminatif. tolong mas aja yang jadi wakil rakyat sampaikan kepada para Pencitra diri Pembela warga ga mampu seperti mantan atasan PT KAI Dahlan Iskan, semua anggota DPR, dan kerabat-kerabat pemerintah nya. sampaikan juga pesan Pancasila sila-ke 5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia dari kami yang merindukan pemimpin yang adil dan bijaksana di jakarta sana.

      Delete
    3. baik mas, saya tidak punya kompetensi untuk menyampaikan ke pemerintah ataupun DPR, saya cuma bisa nulis unek2 saya di blog saja. Saya juga bukan pegawai pt kai ataupun pegawai pemerintah. Saya juga merindukan tarif pt kai yang dulu karena saya pengguna setia kereta api.
      semoga tulisan ini dibaca oleh petinggi pt kai itu saja yang dapat saya lakukan.

      Delete
  27. Mas Agus, mungkin tahu, posisi tempat duduk KA Pasundan apa tetap 3+2 ABC DE, atau sudah berubah jadi 2+3 AB CDE.
    Soalnya mau pesen tiket, takut salah posisi tempat duduk.
    Trim's sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih tetep ABC+DE betul formasi 3+2, gerbongnya sama kok dengan gerbong rapih dhoho, kemarin gerbong dhoho punya pasundan, :) karena ada tulisan rute perjalanan kereta api pasundan.
      semoga bermanfaat

      Delete
    2. Makasih infonya, mas Agus :)
      Soalnya mo beli tiket untuk berempat, klo salah posisi jadi nggak
      enak, dari Surabaya ke Bandung lama banget.

      Delete
    3. sama-sama..seneng bisa bantu informasinya,
      semoga perjalanan lancar dan menyenangkan

      Delete
  28. maksud dari formasi tempat duduk ABC+DE itu bagaimana ya mas? berhadapan kah atau sejajar seperti di pesawat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tempat duduknya KA Ekonomi itu berjajar 3-2 berhadapan mbak, nah penomoran tempat duduk itu 1A, 1B, 1C dan 1D 1E dan seterusnya. Kalau bisnis dan eksekutif seperti pesawat mbak.

      Delete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh

Blog Archive