Home » » Kereta Api Logawa (Mantan Kereta Favoritku)

Kereta Api Logawa (Mantan Kereta Favoritku)

Kereta Api Logawa jurusan Jember Surabaya Purwokerto adalah rangkaian kereta api kelas ekonomi jarak jauh. Nama logawa sendiri berasal dari sungai yang ada diwilayah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Dulu ketika saya menjadi mahasiswa di Kabupaten Jember sering memakai jasa kereta api logawa ini. Kereta Api Logawa menjadi favorit saya karena harga tiket kereta api logawa cocok dikantong mahasiswa. Jarak tempuh yang relatif cepat dan tanpa hambatan juga menjadi petimbangan buat saya. Apalagi ketika tahun 2006 bulan Mei terjadi semburan lumpur lapindo di sidoarjo membuat tol surabaya gempol terputus. Jalan dialihkan ke raya Porong yang macet karena menjadi titik kumpul kendaraan dari arah tol dan dari arah kota Sidoarjo. Kejadian lumpur lapindo menjadikan kereta api Logawa menjadi favorit/primadona bagi para mahasiswa. Pebandingan jarak tempuh kereta api logawa dari Jember ke Surabaya 4,5 jam sedangkan Bus Umum 4 jam sebelum ada lumpur lapindo, setelah ada lumpur lapindo menjadi 5 jam.

Harga tiket kereta api logawa dari Jember ke Surabaya tahun 2004-2008 (selama menjadi mahasiswa) Rp 20.000 sedangkan harga karcis bis Jember Surabaya Rp 18.000. Jadwal kereta api Logawa dari jember berangkat pukul 05.00 WIB sampai Surabaya pukul 09.10 WIB kadang juga bisa lebih lama. Dulu tiketknya berupa kertas tebal bentuknya seperti kartu gaplek dengan di stempel tanggal keberangkatannya. Kereta api logawa berhenti di stasiun Rambipuji, Tanggul, Jatiroto, Klakah, Probolinggo, Pasuruan, Bangil, Sidoarjo, Wonokromo, Surabaya Gubeng (karena tujuan akir saya). Sistem tempat duduk penumpang adalah siapa cepat dia dapat, punya tiket tapi tidak dapat tempat duduk ya siap-siap upacara bendera alias berdiri, hehe.

Di Stasiun Klakah banyak penjual buah-buahan seperti salak, rambutan, alpukat, mangga sesuai musim buahnya bahkan jualan burung dan garangan. Para penjual buah kebanyakan ibu-ibu dengan memakai "sewek" menggul bakul berisi buah-buahan. Sampai stasiun Probolinggo kereta api Logawa berhenti sekitar 10 menit, banyak pedagang nasi dan yang menarik adalah pedagang nasi rawon bungkusan. Belanjut sampai Stasiun Bangil juga berhenti agak lama. Disini ada hiburan segerombolan pengamen dengan alat ketipung, bas besar, kencruk dan gitar. Lagunya juga enak mereka tidak asal ngamen. Ada pedagang penthol yang mempunyai ciri khas, "penthol bakso..penthol bakso..saos manis..saos pueedes" ucapannya yang khas tetap terngiang sampai sekarang.

Lima tahun yang lalu sudah terlewati, dan saya sudah tidak pernah menggunakan jasa kereta api logawa. Banyak perubahan yang dilakukan PT KAI terhadap kereta api logawa. Kebijakan yang paling populer adalah setiap penumpang wajib bertiket dan pasti mendapat tempat duduk sesuai nomor tiket. Tersedia juga gerbong kereta api AC tanpa subsidi (non PSO) dengan biaya lebih mahal. Tiket kereta api logawa harus tercantum nama sesuai dengan ktp pemilik tiket kereta. Harga tiket kereta api logawa Rp 100.000 diberlakukan satu tarif. Keberangkatan kereta api logawa dari Jember juga berubah yakni pukul 05.10 WIB per 01 april 2013. Interior kereta api logawa sangat bersih baik lantai maupun atapnya kelihatan asri, toilet juga selalu bersih dan tidak bau. Air dalam toilet juga selalu mengalir denga derasnya. Jadwal kereta api lengkap dari stasiun gubeng bisa lihat di lampiran bawah. Update Terakhir Harga tiket kereta api Logawa per Tanggal 01 September 2013 Menjadi Rp 50.000.

Kini aku masih bisa melihat kereta api logawa mantan kereta favoritku di stasiun gubeng saat saya pulang kerja menunggu kereta api rapih dhoho atau kereta api KRD. Kereta favoritku kini lebih baik dari lima tahun yang lalu.

Kereta Api Logawa Jember
Kereta Api Logawa

Kereta Api logawa Purwokerto
KA Logawa

 Jadwal Kereta Api Logawa dari stasiun Gubeng

Jadwal Kereta Api Logawa dari Stasiun Mojokerto


10 komentar:

  1. Gan, ada g ya kereta yang sampai malang kalau dari jogja atau solo. Ap ya keretanya? Pengen maen ke jatimpark, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada, kalau untuk bisnis dan eksekutif kereta api Malabar dan Gajayana.
      Untuk kelas ekonomo ada kereta api Matarmaja.
      terima kasih kunjungannya :)

      Delete
  2. kalau di daerah saya di sulawesi selatan belum ada Mas Kereta Api jadi belum pernah merasakan yang namanya naik kereta Api,,,hehehehe...saya minta izin sob follow blognya, kalau ada waktu kesebelah juga yaa jalan jalan dan follback....

    ReplyDelete
  3. jadi kangen baca tulisan di atas sob, dlu sampe remuk rebutan tempat di kereta ekonomi jkt-purwakarta...terima kasih telah berbagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sobat. kalau sekarang sudah tidak ada lagi rebutan tempat duduk, semua penumpang pasti duduk dan harus sesuai no tempat duduk

      Delete
  4. Aku mau ke Jember, kereta api logawa ada yang berangkat dari stasiun jebres solo ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kereta api Logawa Memang berhenti di stasiun solo jebres mas eko.
      silakan pesan tiket kereta api logawanya, keburu habis

      Delete
  5. klu dari madiun ke timur berhenti di sidoarjo nggak mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. berhenti mas...KA 130/131 Logawa berhenti di sidoarjo

      Delete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh

Blog Archive