Home » » Kopling Gl Pro Jadi Enteng

Kopling Gl Pro Jadi Enteng

Kopling Gl Pro - Sepeda motor sport di Indonesia rata-rata masih mengaplikasikan kopling tangan non hidrolik atau masih kopling konvensional. Tuas kopling dihubungkan dengan kabel kopling atau kawat baja. Untuk motor standart keluaran dealer bisa dipastikan tarikan koplingnya terasa enteng dan terkesan lembut. Sepertinya tidak ada masalah jika tarikan kopling enteng digunakan berkendara pada jalanan yang macet seperti kota Surabaya. Tiap jam berangkat dan pulang kerja pasti macet atau setidaknya padat merayap. Kopling wajib di pencet agar laju motor terkendali, jika kecepatan pelan dan kopling tidak di pencet maka motor akan mati dalam keadaan jalan macet.

Tarikan kopling gl pro ku sendiri cukup berat seperti ada yang seret pada kabel koplingnya. Saking beratnya tiap 7 bulan sekali bisa dipastikan mengganti kawat kopling karena putus. Apa yang menyebabkan tarikan kopling gl pro berat?. Iya..karena gl pro ku memakai gigi primer sekunder atau draft gear yang sudah kelingan. Gigi primer sekunder gl pro saya sudah memakai 6 pir mengadopsi gigi primer skunder tiger. Apa keuntungan gigi primer skunder 6 pir?. Menurut saya sih tarikan jadi lebih ganas menghentak-hentak dan kampas kopling jadi lebih awet. Gigi primer sekunder atau draft gear mega pro atau gl pro berbeda dengan gigi primer sekunder gl max dan tiger. Urutan paling rendah adalah gigi primer sekunder gl max , gl por/mega pro kemudian tiger. Sudah 3 tahun ini gl pro memakai gigi primer skunder 6 pir dan sudah 3 tahun pula saya harus mengeluarkan tenanga ekstra untuk menarik handle kopling gl pro.

stut kopling akal2an
Saat yang paling tidak mengenakkan dimana saya terjebak macet berangkat dan pulang kerja di jalan ahmad yani surabaya. Saya harus menahan kopling gl pro terus menerus sampai di pertigaan kletek. Tangan rasanya sakit dan kejuh. Akirnya muncul ide dari adik saya yang seorang mekanik dengan memberi tambahan besi pada stutan kopling gl pro. Bentuk dan pemasangan di sesuaikan agar terpasang sempurna. Hasilnya sangat memuaskan, tarikan kopling gl pro jadi enteng bahkan tanpa mengeluarkan tenaga ekstra seperti sebelumnya. Kalau sekarang mau jalan macet mau jalan lancar alhamdulillah tidak ada yang mengganjal di hati, perjalanan jadi nyaman dan bisa konsentrasi di jalan.

29 komentar:

  1. Kenapa ndak beli baru? dari pada kesiksa tiap hari ?
    Mudah2an setelah di service, motornya lancar dan tidak mengeluh lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau beli baru alasannya uang belum mencukupi :D
      dan insya Allah tetep tak pertahankan pake motor tua ini mbak, karena warisan ortu. hehehe

      Delete
  2. Replies
    1. tak ape lah pakai bahase melayu e...
      hehehe

      Delete
    2. nanti kalau hentak hentak terus tak bawa ke rumah sakit korban lelaki lho

      Delete
  3. iya mas itu sama aja semacam jika kita mengungki suatu benda jika yang mau diungkit panjang terasa ringan, gigi primer ini jika aus yang berbunyi kayak di RX King gitu ya mas dengung?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul mas, itu memanfaatkan ilmu fisika, gigi primer skunder bunyi nguk itu tandanya sudah aus, mintak ganti baru tuh, :D

      Delete
  4. iya sob,,,kalau memang masih bisa diperbaiki yaa diperbaiki saja sob agar lebih menghemat pengeluaran,,,iya nggak sob ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali sobat, inilah suka duka pakai motor tua :)

      Delete
  5. motor dengan kopling untuk dalam kota memang kurang cucok ya sob

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang cucok sekali sob, tapi untuk luar kota dijamin nyaman

      Delete
  6. hehe kreatif juga... saya pernahnya cuma turunin mesin mobil, belum pernah nurunin mesin motor, apalagi jenis GL

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau nurunin mesin mobil aja bisa apalagi nurunin mesin gl yang lebih ringan dari mesin mobil, pasti bisa mas, hehehe

      Delete
  7. Infonya bermanfaat bgt..
    rumah kopling gl pro standar nya pake 4 per khn ya.. (bner gk ya)
    ..
    Pak,, mo nanya.. Boleh y.. Kalo spesifikasi rasio primer rumah kopling gl pro brapa mata y (ukurannya).. Bgtu juga dngan rasio primer rmah koplg tiger..
    Makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul per rumah kopling gl pro 4 cuman kampas koplingnya 5 lapis.
      kalau saya persisnya tidak hafal, cuma urutannya dari yang terkecil sampai terbesar : GL max, Gl pro dan Paling besar Tiger.
      Gl pro cdi maupun gl pro neo tech sampai mega pro 2009 sama plek.

      Delete
  8. Oh ya.. Lupa lagi.. Kalo harga rasio primer skitar brapa y..
    #rencana pngen nyoba nih.. :)

    Salam Gl lovers.. Gl ku tahun 1989/GL Pro cdi

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya gigi primer skunder ? kalau satu paket lengkap milik mega pro antara 2005-2009 sekitar 400-500 ribu sudah lengkap tinggal pasang, :)
      salam gl lover, gl pro ku tahun 1991 kok mas, hehehe

      Delete
  9. harga primer sekunder punya tiger 1 set berapa kang...??? Ane juga pake GL Pro Black Engine 1993... Rencana sih pengen pake kaya punya sampean kang... Primer sekunder tiger bisa bikin nafas tambah panjang ga sih kang...??

    ReplyDelete
    Replies
    1. harga primer skunder tiger lengkap second sekitar 500-600 ribu mas, punya saya primer skunder tetep gl pro/ mega pro cuman kampasnya yang mengadopsi punya tiger, yaitu 6 lapis, kalau pake primer skunder tiger merubah gir belakang jadi lebih besar. tarikan sepertinya cepet pake gl pro atau mega pro

      Delete
  10. mantep mas, itu platnya dari apa ya? sy pake old vixion juga suka pegel kalau macet. selama ini cuman sy kasih oli aja kabelnya, lumayan agak ngurangin tp masih berat kalau nahanya lama dan sering.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..itu resikonya sepeda sport ya mas, kesel nahan kopling.
      hehe

      Delete
    2. itu platnya minta di tukang las, tebalnya 5 mm mas. hehehe

      Delete
  11. Dari 4 per rubah 6 per yo pegel toh kang.kalo power mesin masih standaran (blm bore up, porting) ngapain ngubah ekstrim.gitu,nyiksa diri. Cukup pake 4 per kopling racing, kalo masih kurang gentak bisa tambah1 plat dan 1 kampas lagi (6 kampas) ebih galak tapi tetep enteng di tangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu kesalahan saat awal rombak mesin mas, asli puegel tanganku saat berjalan di keramaian jalan a yani surabaya, mau ganti uange digunakan hal lain, jadi terima apa adanya aja mas, hehe...
      awalnya sih hentakannya kejam mas, cuman lama-lama jadi biasa, apa karena sudah terbiasa ya . hehehe

      Delete
  12. saya jg punya GL Pro tahun 92 atau 91 lah kurang tau. Hehe. Kenapa ya kalau di gas jalan bentar, gas ditarik lagi malah bunyi nggereng "Rrrr". Kayak g ada tenaga untuk jalan. Itu apa kampas koplingnya apa sudah habis ya?? Trus solusinya biar di gas manteb gmana ya mas2 yang sudah berpengalaman?? Hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi kampas koplingnya mas, coba saja di cek di bengkel langganan. soalnya gak dengar langsung sih mas. diganti saja kampas koplingnya pakai yang original aja mas

      Delete
  13. Sama kaya GL ku mas, tapi Stutnya tak sambung pake las. Kampas kopling 6 lapis per 4 tapi ganti part racing (merk gak tau, soale ganti semenjak di pake bapak dlu). Kopling rasanya kaya kopling FU kenyal dan bertenaga
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe...kalau gak pake stut rasae berat ya mas, ini kampas saya mitasian mas, harganya 25 ribu. hehehe

      Delete

Blog Archive