Home » , » Skok Depan Honda C70

Skok Depan Honda C70

Skok Depan Honda C70


Skok depan honda C70 "si hijau" pasca kecelakaan saya bersama istri, hancur sampai motor tidak bisa di gunakan. Untuk cerita lengkap kecelakaannya jika berkenan silakan dibaca di sini | klik. Alhamdulillah kami selamat dari kecelakaan tersebut luka memar hanya sedikit di kaki saya dan leher saya.


Akibat hancurnya skok depan honda c70, motor menghuni gudang selama hampir satu bulan (tiga minggu lebih). Sempat menghitung biaya ganti skok antara membeli skok aslinya atau di ganti skok teleskopik layaknya skok depan sepeda jaman sekarang. Ternyata lebih besar biaya mengganti skok teleskopik untuk C70 dari pada skok aslinya. Masalahnya, stok skok asli honda C70 tidak di jual di pasaran, mengandalkan stok barang bekas yang ada di pasar loak ataupun dari portal online. Penyakitnya orang jualan online itu kalau menjual harganya selalu mahal. Logis sekali, karena permintaan lebih besar dari jumlah barang.

Skok Depan C70
Ini Dia saat setelah kecelakaan, alhamdulillah kami selamat

Saya tidak menyerah begitu saja untuk mencari skok depan honda C70. Ide muncul saat ada tukang becak bermotor lewat. Becak bermotor di mojokerto rata-rata masih menggunakan motor lama (klasik) layaknya honda prima, super cub dan c70. Berbeda dengan becak motor di Lamongan dan Tuban, rata-rata sudah memakai motor keluaran tahun 95-keatas. Sekilas muncul kemauan menanyakan tukang becak tetangga agak jauh, tapi saya tidak kenal. Saat sholat berjamaah di masjid, saya bertanya pada salah satu jamaah yang ternyata adalah tetangganya. Dan saya di beri alamat lengkapnya, menuju ke rumah beliau ternyata beliau menggunakan motor astrea 800 sebagai becak motornya. Saya bertamu di rumah beliau yang saya sendiri tidak tau namanya. Saya mengutarakan maksud saya ingin membeli skok depan milik beliau. Ternyata rejeki buat saya, skoknya masih ada dan diperbolehkan saya beli dengan harga yang sudah di sepakati. Bahkan saya bayar lebih pun (karena rasa syukur saya) beliau tidak mau, akhirnya saya niatkan untuk menyewa becak beliau untuk membawa motor saya ke bengkel, dan beliau menyetujuinya.

Saat berada di bengkel dekat rumah, saya bertanya kepada mekaniknya, apakah bisa skok depan astrea 800 di pasang di honda C70? katanya bisa cuma harus ada yang di rubah, entah apanya saya tidak tau. Mengerti kebingungan saya, mekanik ini menawari saya skok depan honda C70 asli, ada orang yang mengganti C70 nya dengan skok teleskopik, sementara belum dijual. Saya berminat membelinya dan di lepas juga oleh orangnya dengan harga yang telah di sepakati.

Akhirnya saya memasang skok depan honda c70 yang asli, sedangkan skok honda astrea 800 masih saya simpan, siapa tahu ada orang yang membutuhkannya. Sampai sekarang motor honda C70 "si Ijo" selalu menemani saya berangkat dan pulang kerja.


Skok Depan Honda C70
Warna Skoknya Blontang, karena sisi dalam sulit untuk ngecatnya

Walaupun peluang untuk mendapatkan skok depang honda C70 sangat tipis, kalau berusaha pasti ada jalan untuk mendapatkannya. Begitu juga dengan kehidupan, atau menghadapi masalah, kalau mau berusaha pasti bisa dan ada jalan. Begitulah.

115 komentar:

  1. wah mas setianya ya sama sepeda motor itu, saya kalo udah rusak seperti itu pasti udah mnta ganti motor tuh mas, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau diganti mas Agus merasa dosa mas

      Delete
    2. Diganti motor apa Sob cocoknya untuk mas Agus ?

      Delete
    3. hehehe....saya malah nyari honda C70 lagi nih, mau tak buat koleksi. heehehehe
      biar jelek asal tidak kridit..
      hehehehe

      Delete
    4. Kolektor dari barang antik itu nunggu luck nya loh kang. He,, he,, he,,,

      Delete
    5. lha kalau nggak setia, ya bukan Pak Agus Setya namanya...

      Delete
    6. lucknya lama gak pak?kalau lama saya tak tidur dulu, hehehe

      nah ini baru betul sekali. hehehe

      Delete
    7. selamet selamet....pengalaman yang berharga agar lebih waspada.

      Delete
    8. alhamdulillah mas Dj terima kasih mas

      Delete
    9. Pak Agus Setya Pada motor Antik sah Pokoknya..

      Delete
  2. jangan sampai patah lagi skoknya ya mas, hati-hati waktu melewati polisi tidur kalau polisi tidurnya bangun bagaimana hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Polisinya lai tidur aja bisa matahin Skok apalagi kalau bangun ?

      Delete
    2. polisi tidur aja nyusahkan orang banyak apalagi polisi berdiri

      Delete
    3. polisi berdiri suka bikin tipis dompet ya

      Delete
    4. emang dompetnya asli tipis, katanya suka yang slim slim..hehe

      Delete
    5. Yaa Klo polisi Tidurnya Bangun kasii Aja Obat Tidur haha Beres Kand ?? :D

      Delete
    6. Sekali kali cari polwan mlumah, om...

      Delete
    7. nanti polisi tidurnya tidak bangun-bangun dong ah..

      nah itu dia yang saya cari, tapi susah ketemunya

      Delete
  3. Itu skok depannya bisa hancur dejok kaya giu hantam apa Mas ? untungnya dapat ya skok depan yang cocok untuk motor Honda C70, padahal susah banget kali ya untuk mendapatkan skok tersebut. memang kalau sudah cinta apa mau di kata, penantian dan keuletan merupakan satu jalan yang harus di jalankan ya Mas. Sukses deh bisa di buat jalan-jalan lagi motornya.


    Salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. kata orang sih, punya motor tua itu memang harus sabar, hehehe.
      habis di tabrak motor pak, pas waktu mau nyeberang di tabrak frontal dari sampin jadi hancur deh sekoknya,
      alhamdulillah kami selamat.

      Delete
    2. Alhamdullah masih bagus kita selamat ya Kang.

      Delete
    3. hamdalah, Mbak Nia juga baik-baik saja

      Delete
    4. Aku kok malah katrok baru ngerti istilah skok di sini
      Selama ini taunya paling shock breaker dan fork

      Delete
    5. sama mas rawins, saya pikir mas agus salah ketik tapi kayaknya memang itu namanya skok..

      Delete
    6. dikampung saya namanya sekok

      Delete
    7. kalau saya sih malah katrok mas...aslinya sih shock breaker tapi ilat kadung biasa ngmong skok atau sekok sih...
      keren kan ..

      Delete
  4. pasti ada jalan ya mas..
    alhamdulillaah mas dan keluarga masih diberi keselamatan dan kesehatan oleh Alloh SWT.
    kadang sudah hati-hati,tapi musibah bisa datang kapan dan dimana saja.
    semoga Alloh selalu melindungi mad agus sekeluarga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah mbak, sejuk banget doanya,
      doa serupa juga saya tujukan untuk keluarga mbak yulita.
      itu karena saya kurang mengingat Allah saja mbak, jadi terlena

      Delete
    2. Jalan itu banyak kok
      Tinggal pilih mau jalan kereta, jalan raya apa dalan bocah...

      Delete
    3. hhh dalam bocah bisa bikin sekok malah jadi peer mlungker

      Delete
    4. kalau skoknya lagi berfungsi normal, gaya pegasnya bisa sampai lama dan awet

      Delete
  5. Dapat harga berapa, mas? Saya sih juga berminat ganti shock depan Grand '97 punya saya, tp masih mikir2 dulu... kl yg ori sampe berapaan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa di ganti mas pri ? kalau cuma atos dan bocor mending di ganti seal atau di tambahi oli skok aja. Kalau harga original baru sekitar 500 ribu mas, mayan mahal buat saya. heheehehehe

      Delete
    2. mayan mahal juga bt saya, mas. ganti seal mungkin ide yg menarik. tp tunggu gajian lah (klo masih nyisa) h-ha...

      Delete
    3. kalua buat saya ya mahal mas..hehe
      ganti seal murah mas, sealnya aja 7 ribu per biji kalau ganti 2 plus ongkos bengkel paling 30 ribu mas

      Delete
  6. Akhirnya c70 bisa berjalan dengan kaki aslinya yah kang, syukur kalau semuanya selamat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah mas zagzoor, kami semua selamat.

      Delete
  7. wah si ijo rupanya baru di perbarui nih mas semenjak kecelakaan itu.. hmmm ahirnya si ijo bisa beraksi lagi nih..

    saya minjem si ijonya mas.. buat cari cewek yang mirip sama fatin, kan kata mas agus suruh nyari cewek yang seperti fatin.. ckckckckck

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh kok mas...tapi masalahnya fatinnya pasti malah menjauh deh ah...
      hehehe
      minjem motornya rosi aja mas, biar banyak cewek yang tertarik

      Delete
    2. Kalo minjem musti siap siap matanya ikut ijo...

      Delete
    3. kalau sudah ijo pengennya yang ijo ijo terus

      Delete
  8. jadi endingnya ada falsafah yang diajarkan rupanya. mantap Mas. hidup Honda!

    ReplyDelete
    Replies
    1. falsafah itu adl: man jadda wajada.... :)

      Delete
    2. Man Jadda Wa Jada, sebuah ungkapan yang sering terdengar dalam kehidupan kita. Sepenggal mantra sakti yang memiliki makna yang kuat dan mampu memberikan semangat dalam kehidupan kita. “Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil”

      Delete
  9. beruntung sekali ya mas agus menemukan skok dari jenis motor yang sama. soalnya sekarang pasti sudah menjadi barang yang langka :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. barang langka dan harganya bikin stres. hehehe

      Delete
  10. Wah untung cuma motorrnya ya mas, jadi masih bisa diperbaiki..

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah mas, dan sekaran sudah normal semua

      Delete
  11. yah.. sudah menjadi tradisi, barang lama memang sangat sulit dalam suku cadangnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mas , jadi mengandalkan barang bekas milik orang lain deh

      Delete
    2. kalopun itu ada, pastinya harganya wah deh :D lebih mahal dari standarnya hehe

      Delete
    3. mahal sekali mas joker, harus berani dalam memelihara motor tua, hehehe

      Delete
  12. asyeeek, akhirnya ketemu juga sama skok asli ya Pak. memang, motor kelangenan adalah benda kesayangan yang selalu diperhatikan dan dielus-elus...hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe...kata orang sih, kalau punya motor klasik itu orangnya berani, berani dorong saat mogok. hehehe

      Delete
    2. Ibue hayu pasti seneng punya suami kolektor barang antik
      Makin tua umur koleksinya makin disayang...

      Delete
    3. orang nya di tendang dong kalau sudah tua. huh......

      Delete
  13. memang nggak disana nggak disini ya mas, kalo barang langka yang punya juga langka.. tapi kalo di cari pasti juga masih ada biar agak2 sulit

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi kalau ditulisi tidak dijual malah kita yang nawar, tingginya gak ketulungan. hehehe

      Delete
  14. ternyata mas agus pengoleksi honda pitung juga.. memang kalau barang langka mereka ngitungnya selalu tinggi mas... kalau di jogja seperti pasar klitikan, klo ga salah saya pernah nemuin, tapi memang susah, karna stock terbatas

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..belum pada tahap mengoleksi pak, tapi ini kedepan kalau ada yang jual harga cocok tak beli. hehehe
      memang jujugakanya selalu klitikan dan bergelut dengan barang rosokan.
      hehehe

      Delete
  15. Alhamdulillah, semuanya selamat dalam kecelakaan itu, cuman kesian banget tuh kaki c 70 nya, ampe mlitey gituh...untung begitu mudahnya dapet gantinya....makanya kalu naek motor matanya jangan suka plarak plirik atuh kang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba pakai kaca mata kuda, nggak bakalan bisa plarak plirik tuh..xixixi

      Delete
    2. gak plirak plirik gimana kang kan ada yang setipis silet, hehehe

      Delete
  16. kasihan tuh si ijo kakinya pincang..hehe

    yang penting orangnya selamat walaupun si ijo pincang. keren Mas motornya, jadi pingin beli tuh motor antik kayak gitu..hohoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah semua baik baik saja mas KS.
      kalau di bali biasanya mahal mas, hehehe

      Delete
  17. Replies
    1. iya mas di tabrak frontal dari arah belakang

      Delete
  18. Yang namanya skok motor aku baru tahu
    Setelah lihat bentuk motor mas agus yang ayu

    Hehe sip dan menarik hati

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah motor nya ayu karena itu motor cewek ya, atau motor bebek, hehehe

      Delete
  19. Hmmm .. Mas Agus Bener Bener Setia yah ama Motor klasiknya ^_^
    Saluttt dahhh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau gak setnya bukan saya dong ah namanya.

      Delete
  20. wah mantab motor honda c70 jadul masih awet,,

    dirawat baik2

    ReplyDelete
    Replies
    1. salah satu motor kesayangan saya nih mas, hhehe

      Delete
  21. nomer motornya kok di blur mas,knp coba?

    ReplyDelete
  22. saya pernah kasus yang sama, mau belok tuk beli bensin, eh malah di tabarak motor yang di naiki suami istri dengan 1 anak, tapi saya selamat loncat dari motor langsung repleks menggendong anaknya sebelum jatuh ke aspal... motor saya prima 90 saya biarkan mencium aspal... ya itu kesalahan saya karena mendadak belok.... yang selamat motor saya, saya , anak orang tsbt, tapi ibu dan bapaknya lecet di kaki... yap curhat dikit hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. curhat tidak apa mas pay, biar saya dan semua bisa mengambil pelajaran dari hal ini. Benar, memang kita sudah hati hati orang lain yang tidak hati-hati, caranya gimana biar selamat, berdoa dan mengingat Allah dalam perjalanan, insya Allah di jaga oleh Allah dalam perjalanan.

      Delete
  23. hebat nih mas agus di motor c70 sampai ada tulisan Blognya Agus Stya ... cuma plat motornya luntur kenapa coba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. takut ada yang menjual mang..

      Delete
    2. hehehe,...itu sticker atau memang di cat lho mang ? hehehe
      nanti takut ada yang pasang nomer togel dan tembus,

      Delete
  24. mantap euy motornya mas agus, saya juga sangat suka dengan yang kalsik....
    mantap pokonya ms

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga suka yang klasik klasik, masih dari besi sih mas, bukan dari plastik. hehehe

      Delete
  25. Scok beker kalau nama dikampung saya. Untung masih ada orang yang bermurah hati ya om ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya intinya sama beda penamaan , sekok atau skok populernya, kalau shock breaker di pasar loak mana tahu

      Delete
  26. walah, motor ngunu kui sing tak pingini... gae jjs ng pinggir pantai tuban pasti seru, (asal g ketilang pak pol) :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe enak mas, ini sudah sering tak bawa ke tuban kok mas, aman aman saja, lha wong surat-suratnya masih hidup semua. hehehe

      Delete
  27. orang yang sabar, rejekinya datang dari arah yang pernah kita duga sebelumnya. Coba seandainya Kang Agus nggak datang ke bengkel itu, pasti masih bingung nyari model skok yang dicari

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali pak ies, katanya punya motor klasik itu harus sabar dan berani, kalau mogok harus sabar dan berani mendorongnya, hehehe

      Delete
  28. saya suka motor klasik,,coba dimodif mas,di crom ,pelak crom,mesin crom,,,pasti keren,,,

    www.onspe.tk

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti keren mas, ini soalnya saya pakai harian mas, jadi nanti gampang buluk lagi deh

      Delete
  29. Wah bagaimana rasanya naik motor itu kang, saya pingin nyoba naik. kayaknya sama ya rasanya dengan motor-motor yang lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. rasanya sama aja kok kang. cuma sensasinya berbeda, hehe
      ada rasa nikmat nya gitu

      Delete
  30. Dikampungku juga namanya sock beker. saya heran kok bisa patah begitu ya? Yang penting istri selamat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ditabrak frontal dari belakang mas DJ.
      kira-kira kecepatannya 80kpj lebih lah, kencang sekali dan cepat sekali. bruaak...

      Delete
  31. wah kasihan sekali bos, pincang gitu, untung setelah diurut bisa sembuh seperti semula, bos.
    mantaap.

    ReplyDelete
  32. sungguh mulianya bapak becak ya mas,,,,
    sudah mw menjual skok miliknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah mulia sekali mbak, saya sampai terkesima (kata mas rawins)

      Delete
  33. allhamdulillah pada selamat semua pak, selalu ada hikmah dibalik musibah pak, "keep smile "

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah saya lega, ada yang membesarkan hati saya, seperti mbak is ini.
      hehe

      Delete
  34. motor kesayangan ya mas, antik..alhamdulillah selamat ya mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah kami selamat mas, terima kasih supportnya

      Delete
  35. Alhamdulillah Pak Agus Sekalian Diberi keselamatan dari mala petaka dengan sepeda Kesayangan. Kerusakan sepedapun dapat ganti
    Asli dan terjaga keantikan c70nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah ke originalitasnay masih terjaga dengan baik kang mus.
      hehehe

      Delete
  36. Replies
    1. belum ada niat saya jual mas, buat jaga-jaga aja kok

      Delete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh