Home » » Musim Mangga

Musim Mangga

Musim Mangga

 

Musim mangga tahun jatuh pada Bulan Agustus-Nopember 2013. Menurut pengamatan pribadi di beberapa daerah di Mojokerto, produktivitas mangga tidak begitu banyak/melimpah. Menurut pendapat pribadi pula, penyebab rendahnya produktivitas mangga dikarenakan saat mangga berbunga bertepatan dengan musim kemarau.

Pohon mangga jenis gadung depan rumah berbuah cukup lebat, berbeda sama sekali dengan milik tetangga yang buahnya jarang-jarang. Saat ini buahnya belum layak untuk di petik, jika maksa untuk memetiknya di pastikan rasanya akan masam setelah mateng. Tunggu beberapa minggu lagi sampai buah siap di petik dan rasa mangga jenis gadung akan sangat manis seperti madu.

Musim Mangga


Bicara musim mangga, jadi teringat masa lalu saat sebelum menikah. Di halaman rumah ada dua pohon mangga besar dengan buah yang sangat menggiurkan. Banyak tetangga yang tertarik untuk memetiknya. Kata orang, buah mangga tetangga lebih menggiurkan dari pada buah mangga sendiri. Ada pemborong yang ingin membeli mangga satu pohon dengan taksiran harga dari pembeli. Beliau menanyakan pada saya, "mangganya sudah laku apa belum mas" ? saya jawab belum laku. Beliau serius sekali dan antusias ingin membelinya. Kemudian bertanya lagi "di jual apa tidak? oh...tidak dijual pak. Orangnya langsung uring-uringan, tidak ngomong dari tadi katanya. Lha salah sendiri tanyanya laku apa belum, hehehe.

Pertanyaan dan jawaban serupa sering saya dengarkan di dalam gerbong kereta api. Bapak atau Ibu turun mana? sudah paham kan maksudnya. Ternyata di jawab turun stasiun, dan jawaban itu memang benar, tapi menjengkelkan.

image : kaskus

Kalau lagi musim mangga melihat buah mangga saja rasanya enek, kalau tidak musim mangga pasti di cari sampai dapat. Hal ini sama halnya seperti ungkapan seorang sopir truck yang tertulis di bagian belakang bak truck Pulang di marahi, tidak pulang dicari. Begitulah.


124 komentar:

  1. betul mas, ditempat saya juga mangga lagi musim, bahkan di pinggir jalan banyak yang menjajakan buah mangga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah....mas zigzor layak dapat bintang nih..bintang tanda pertamax, hehe

      mangga kalau lagi musim memang bikin enek kok mas.

      Delete
    2. kalau di jawa, pas lagi musim mangga kayak gini sekilo paling 5rb atau 6rb...tapi di sini kisaran harga masih 22rb walau sedang musim mangga...huh

      Delete
    3. mahal amir cuma mangga segitu harga

      Delete
    4. Bedanya Mangga sama pelem apa ya..? :)

      Delete
    5. wauw..mahal juga ya mbak, apa karena mangganya ukurannya besar ya?

      amat tidak ikut ya? jadi amir yang ikut

      kalau mangga itu silakan kalau pelem itu mangga, bingung kan ?
      hhehehe

      Delete
    6. Biasanya yang ada di pantat Truk itu tulisan "KU TUNGGU JANDA MU"

      jadi bisalah diganti menjadi "KU TUNGGU MANGGA MU|

      Delete
    7. bisa juga " kutunggu Ubimu sekarang juga"

      Delete
    8. boleh juga diganti tulisannya "Lali rupane, eling rasane"
      lupa wajahnya ingat rasanya
      gluntang

      Delete
    9. waduh apa itu kira2 ya mas agus lupa wajahnya ingat rasanya?

      Delete
    10. bagusan tu yang ngingetin mobil do belakang ''jaga cagak tetap tegak''

      Delete
    11. semua memang sudah berpengalaman, saya yang kebagian mengelola pengalaman itu. asiik

      Delete
  2. baru kemarin saya beli mangga di musim mangga tahun ini mas,,karena ngilerr liat mangga betebaran disana sini,,sayang kalo ga dibeli,hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. mangga lagi menggoda atau mbak yuli lagi tergoda mangga? selamat menikmati mangganya, mangga di makan mangganya. hehehe

      Delete
    2. cuma bawa pepaya sama nangka dadi nyonge mong bawa gandul gandul nangkatok

      Delete
    3. tumbas gandol gandol nangka thok

      Delete
  3. hehe, mangga di bogor nggak laku Mas, soalnya artinya sama aja "monggo". hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggo di lewati mawon, nuwun sewu nggih mas..
      hehe

      Delete
    2. suit suit...

      # bersiul, ada yang lewat sih...

      Delete
    3. tuh kan, Pak Boku bikin bingung saya...huh

      Delete
    4. pelem golek atau golek pelem hayooo

      Delete
    5. nggolek pelem ... pelempuan

      Delete
    6. Hahaha saya lagi nggolek pelempuan muda nih buat di lutis wkwkwkwk..

      Delete
    7. saya dong golek rosokan, haha

      Delete
  4. bikin saya pengin mampir ke Kasiyan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dipersilakan pesta mangga, hehe

      Delete
    2. nanti kalau ke Kasiyan, mampir dulu di Kasihan nggak Pak?

      Delete
    3. ga mampir ke aku,
      Kasiyan de au

      Delete
    4. kasihan dan kasiyan itu tetanggaan ya mbak ?atau saudara jauh

      Delete
    5. Kasihan dan kasiyan itu saudara kembar mas.. mereka anaknya pak kasihin dan ibu kasihkhan.. ckckckckck

      Delete
    6. kenalkan...saya suami keduanya ibu kasihkan
      #nyodorin tangan

      Delete
    7. saya merem melek sambil manggut manggut...
      konslet...

      Delete
  5. Pakk Buah mangganya sama Kayak Yang ada Di Kebun saya Dan Pohon mangga yang ada Dihalaman saya Juga sama sangatt Lebatt hihi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini baru juragan mangga betulan, kalau buahnya lebat saya suka nonton saja mas, menarik sekali

      Delete
    2. aki aki ko' dipanggil mas seh?

      Delete
  6. wah lempar sini mas mangganya, di tempatku belum musim hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di lempar nanti benjut mas, hehehe

      Delete
    2. lempar mangga sekalian bumbu rujaknya...

      Delete
    3. sak layahe juga? nanti mrempul lho

      Delete
    4. mboten mas, tak adangi nganggo helm.....

      Delete
    5. hehehe...enak lagi di wadahi sarung mas, aman

      Delete
  7. "Nanti siang makan apa, mas?"

    "Makan nasi."

    #Lemparpiring

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah..baru tau saya, jebul Pak Pri suka makan nasi lauk mangga...

      Delete
    2. saya makan nasi sama tempe bukan makan mangga sama nasi..
      kalau lalapan kricak ada yang mau gak ya ?

      Delete
    3. enak itu mas, tapi saya bliduren habis mangan walang goreng

      Delete
  8. Mangga buah yg sangat enak,banyak idolanya termasuk saya,yuk kita berburu mangga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. berburu mangga tetangga gitu maksudnya mas ?

      Delete
  9. wah Pak Aguuussss...tiap hari saya duduk-duduk di bawah pohon mangga nungguin anak-anak main di halaman sambil ngeblog...
    nah, di sela-sela itu, juga sambil plirak-plirik ke atas, mana tau ada mangga yang sudah semburat kuning...kalau ada, langsung petik..jadi, selain ngawasi anak sambil ngeblog juga sambil ngremusi mangga mengkal...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. healaaaaaaaaaaaah...hehehehehe
      ternayata ada pengintainya tho...
      dobel dobel deh untungnya, sudah rindang, bisa menunggui anak, bisa ngeblog, kalau ada bonus track dapat mangga mateng uwit, hehehehe

      Delete
    2. jgn2 mbak khusna nyidam... bakal adik'e Zaki, wah wah wah...

      Delete
    3. alhamdulillah mas zaki dapat adik baru

      Delete
  10. kalau musim mangga, mestinya istri kita harus dibikin hamil kang, kan kalau ngidam pengen mangga muda, gampang nyari nya...;o)

    ReplyDelete
    Replies
    1. seharusnya itu program 3bulan lalu kang, nah kalau sekarang di program, kan lewaat masa musim mangganya.
      iya kan ...iya kan...

      Delete
    2. kalo sekarang diprogram, entar pas musim durian

      Delete
    3. kalau musim duren saya malah menjauh, ampek ambu duren

      Delete
  11. Perubahan musim rada ekstrim kayaknya, om
    Bulan bulan begini biasanya lagi musim buah di sini. Tapi sejak tahun kemarin tak ada yang berbuah lebat. Jadinya kegemaran nyolong buah di hutan tak bisa tersalurkan nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi nyolong air akua aja di villla bos, yah..yah..

      Delete
    2. wah.. jadi mas agus sama mas rawins tukang nyolong ya.. kenapa nggak ngajak ngajak mas.. kalau saya ikut kan biar lengkap hasilnya.. mas rawins nyolong mangga, mas agus nyolong aqua, saya nyolong nasinya.. pasngumpul jadi lengkap deh makanannya.. wkwkwkwkwk

      Delete
    3. emang kalau dihutan ada mangga gituh?

      Delete
    4. di hutan ada mangga super sekali.

      saya nyolong sandal aja deh kalau gitu

      Delete
  12. Jadi teringat kala isti hamil kedua ngidamnya mangga...apalagi susah kalu pas bukan musim buah mangga juga...pengalaman yang menarik dan berkesan waktu itu terkait dengan buah mangga ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..biasanya sih mangga . umumnya buah mangga yang jadi incaran ibu hamil, dan ngidam itu terkait dengan perasaan tidak bisa di paido..hehehe

      Delete
  13. setahu saya bunga mangga rusak dan sedikit yang jadi mangga bila pas berbunga turun ujan jadi rusakdeh pembuahannya.
    Jaman sekarang mangga kalau ga matang manis pada ga mau, padahal masa kecil dulu mangga mentah gurih gurih aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau hujan terlalu lebat memang gitu mas, kalau kemarau panjang seperti sekarang juga bunganya pada gogrok. yang enak yang sedang sedang saja. hehehe.
      dulu ambil mangga di makan sama kecap dan uyah saja sudah enak, itu sudah sama dengan jajan.

      Delete
  14. dirumah saya 2 pohon depan rumah baru berbunga..mudah2an bisa lebat seperti tahun kemaren jadi semua tetangga satu gang bisa ikut menikmati hasil panen mangga dirumah saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah , nikmatnya berbagi, amalan baik yang patut saya contoh.
      nah baiknya di bagi bagi ke kita kita jg..eh saya kan sudah punya mangga, hehehe

      Delete
  15. Saya suka makan mangga loh :D soalnya daging buahnya yang banyak dan juga manis-manis :D

    ReplyDelete
  16. wah berarti dikampung udah mulai musim mangga ni, dikampung banyak pohon mangga tinggal nunggu matang,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah mulai tapi buahnya ada yang lebat ada yang tidak lebat

      Delete
  17. itu photo mangganya ko persis seperti di tetangga rumah saya ya? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan jangan kita tetanggaan nih mas ?
      hehehe

      Delete
    2. wah jangan sampe deh pak, nanti besok2 saya udah di Tubang dong, gk di Subang lagi :D bahaya

      Delete
    3. kaga masalah yang peting kagak di tumbang bahkan jangan dah kentopb kubang

      Delete
    4. heheh..jadi kita tukeran tempat gitu mas?
      emang kumbang suka ngentop ya kang mus ?

      Delete
  18. nti klo sudah layak petik, buahnya lempar bbrp ke rumahku yah mas... hehehe..
    *asyikkk.. dapet mangga gratis.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheehehe,,,,dibilang nanti kalau di lempar pada benjut bu.

      Delete
  19. di tempat saya manga sudah bertebaran pak hehe

    ReplyDelete
  20. di daerah saya malah lagi musim rumah di palang mas sama bank ckakakakakakaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah wah..lagi gagal bayar ya mas? plus lagi musim kawin juga dong

      Delete
  21. Ini Mangga depan rumah Boku juga sudah pentil2 Mas, Asek2 nanti kalau dah agak besar tak brongsongi semua..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau manggalowman, dibrongsong juga nggak Pak?

      Delete
    2. di brongsong sama kurungan pitik mas biar codotnya tidak bisa masuk.

      itu sih mangga yang gede mbak, hehe

      Delete
  22. wah itu mangganya mas agus ya... hmmm jangan lupa di kirim ke tempat saya ya mas.. soalnya di tempat saya mangga lagi nggak mau buah.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena mas nadi sering pipis di bawah pohon mangga ya

      Delete
    2. Wah saya nggak pernah pipis di bawak pohon mangga mas.. saya biasanya pipisnya di bawah pohon kelapa di pinggir jalan.. biar saya pulngnya nggak nyasar.. wkwkwkwkwk

      Delete
    3. makanya duduh klopo rasane kecing kabeh, habis di pipisi mas nadi

      Delete
  23. Iya sekarang memang lagi musim buah mangga dimana mana adanya cuma mangga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau lagi buah serempak kalau tidak buah bingung mencari, hehe

      Delete
    2. ditempat saya sudah musim rambutan :)

      Delete
    3. wah asik tuh kang, di mojokerto baru berbunga je kang

      Delete
  24. Ngomongin soal Mangga, saya jadi ingat kebiasaan saya makan Mangga sejak SMP dulu. Beli manggah yang masak dan manis (Mangga Harum manis kah namanya ya). Lalu di potong sebelahnya, lalu di toreh pake sebilah pisau membentuk formasi kotak kotak. Lalu ditekuk mangganya lalu di krowes alias di makan, Iheihieiehie Mangga masuk ke mulut, dan bibir kotor berantakan celemotan hiehiehiehiehieee

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..itu namanya untune codot pak, nikmat banget deh

      Delete
  25. emangnya lg musim mangga ya? kok disini sepi2 aja sih.. Boleh donk dikirimin mangganya.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..nanti kalau di kirim bisa benjut mangga nya

      Delete
  26. iniii salah satu buah favorit saya, kirimin dong mas Agus ke rumah.... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe..saya tidak begitu favorit, buah favorit saya tetep jambu.
      hehehe

      Delete
  27. iya sama di tempat saya juga lagi musim mangga

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini baru tepat, masak sini musim sana ndak musim

      Delete
  28. hahahaha, memang mbingungke nggih mas,, lunggo digole i nak neng omah di seneni. senin niku saking kata isnaini yag artinya awal setelah istirahat kali, hahaha. mkanya orang kalo mulai kerja mesti uring uringan koyo filosofi mangga diatas. nak ono ra digagas nak langka diarep matenge. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..nggeh mekaten pak wi, ra nggadek belas je pak. hehe
      nek paido niku dari kata dasar mauidhoh nggeh pak? hehehe

      Delete
  29. Weew manteb gan daerah mana kok dah musim mangga....

    ReplyDelete
    Replies
    1. negara mana yang belum musim mangga ya..

      Delete
    2. negara tetangga kita tuh kayaknya

      Delete
  30. Biasanya yang ada di pantat Truk itu tulisan "KU TUNGGU JANDA MU"

    jadi bisalah diganti menjadi "JANGAN PULANG JIKA TIDAK MEMABWA MANGGAKU - See more at: http://iklans-ukses.blogspot.com/2013/10/bisnis-online-xezunet.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..kalau itu sih terlalu mellow mas, masak harus menunggu sampai janda , hehe

      Delete
  31. mangga di tempat saya masih mahal harganya, karena belum begitu banyak. kalau tempatnya pak agus sdh banyak boleh aku dikirimi...hehheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya tidak pernah hunting mangga sih mbak, jadi tidak tau harga mangga. Tadi malam nih, saya malah dapat mangga mateng dari pohon, alhamdulillah

      Delete
  32. Di daerah tegal dan sekitarnya juga lagi banyak mangga mas agus.,

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah panen raya dong mas kevin, kalau melimpah gini harganya murah ya mas

      Delete
  33. di daerh saya juga lagi musim mangga mas, termasuk sayah punya phon mangga di belakang rumah, berhubung pohonnya pendek ya terpaksa saya pagar hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe...agar tidak ada codot yang berambut hitam mengambilnya kan mang ? hehehehe

      Delete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh