Home » » Kata-Kata Keren

Kata-Kata Keren

Kata-Kata Keren

Gelombang kata-kata keren ala vicky atau vickinisasi kata sudah lewat masa puncaknya. Booming (meledak) sesaat kemudian sekarang adem ayem lagi (cooling down ; "kata keren" nya). Sebenarnya kata-kata keren semacam itu sudah digunakan 10 tahun sebelum booming kata-kata serapan yang di munculkan oleh vicky. Biasanya orang akademis menggunakannya untuk kata yang susah menjelaskannya kedalam bahasa Indonesia.


Seingat saya, Presiden Indonesia (Yudhoyono) sering memakai kata-kata serapan asing berlebihan dalam berbagai pidatonya. Bahasa Indonesia yang campur aduk seperti itulah yang dianggap keren dengan kata-kata keren yang terselip di dalamnya. Kata-kata serapan tersebut bertujuan untuk lebih memberikan isi/bobot pada pidatonya, sehingga orang yang berkata/berpidato bisa dianggap orang intelek atau orang pinter yang bergelut dengan bidang akademik. Bisa juga menggunakan kata-kata keren seperti itu untuk merendahkan lawan bicara sebaliknya menaikkan kualitas omongan pembicara.

Seperti yang terjadi di dalam kereta api Rapih Dhoho  jam keberangkatan dari Surabaya Gubeng pukul 16.45 WIB. Dalam bangku kereta api ekonomi lokal (3-3 berhadapan) dengan komposisi 3 perempuan dan 3 laki-laki. Mereka semua sebaya dengan status pekerjaan Pegawai Negeri Sipil (dari seragamnya) dan Pegawai BUMD (dari logo seragamnya). Dalam pembicaraan itu salah satu perempuan mendapat telepon dari rekan kerja dengan terselip kata "Refund" didalam pembicaraan tersebut. Saya sendiri sempat bingung dengan arti kata refund tersebut, sepintas terdengar kata-kata keren. Setelah saya gatuk-gatukkan, karena saya tidak begitu paham dengan kata tersebut, Pembicaraan secara keselurahan adalah tentang pembatalan tiket pesawat, beliau meminta kembali uang tiket dari pihak maskapai.

Hari berikutnya pada kereta api KRD, muncul kata-kata keren lagi, dalam pembicaraan melalui telepon, terdengar kata follow up. Saya yang tidak ngeh dengan kata tersebut dan mengira-ngira sendiri kata follow up, hasilnya ketemu terjemahan ngawur, menindaklanjuti.

Kata-kata keren serapan asing memang perlu jika digunakan tepat dan konteks yang tepat pula. Jika mengunakannya secara asal dan serampangan maka hasilnya akan berantakan. Contoh : Jika hujan turun maka air mengalir sangat deras sehingga banyak di jumpai water bubble. Sebenarnya lebih gampang menggunakan kata blukutuk dari pada water bubble, bahasa Indonesianya Blutkutk saja saya tidak tahu. Maksud hati ingin tampil keren dengan kata-kata keren, tapi salah dalam penempatan, begitulah.

77 komentar:

  1. Sebenarnya sih kata-kata keren itu banyak ragam dan seninya Kang, kalau tergantung niatan kita saja. Jarang ada kata-kata yang keren menggunakan bahasa baku. Apalagi dalam pergaulan. Jadi apapun bahasa dan penepatannya tetap saja kata-kata tersebut terlihat keren. He,,, he,,, he,,,,


    Salam wisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe...keren bagi mereka yang diajak bicara tidak mengerti, sepertinya inggris banget, padahal salah, hehehe

      Delete
    2. yng penting keren ya mas, padahal artinya gak ngerti

      Delete
    3. keren di dahulukan tanpa ngerti substansinya, hehehe

      Delete
  2. Kan biar keren, om...
    Kalo keliatan gaul, siapa tau ada yang minta digaulin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tuh kan mas Rawins keren hehe...

      Delete
    2. Wah masrawins bahaya nih kalau sudah bicara bahasa "gaul-menggauli" wkwkwkwkwk

      Delete
    3. kalau gitu saya salah pergaulan dong, lah jelas saya masuk kandang sapi sih..

      Delete
    4. Kalau ada yang minta di GAULIN ya rujukannya ke Bang Zachflazz

      Delete
    5. kalau di plorotin jelas salah alamat dong,

      Delete
    6. kalau urusan plorot - memplorotin itu urusannya kang ubi ...

      Delete
    7. kok hura melu mbak ay, melu donk mbak biar ndak batangan semua di kolom ini wkwkwk...

      Delete
    8. ubinya kang lembu jadi kelihatan dong kalau di plorot sarungnya.
      hehehe...memang batangan itu lebih asik kok mas, buktinya emas batangan lebih mahal harganya , hehehe
      mbak ay masih malu2 untuk melu2..hehehe

      Delete
  3. biasanya alasan menggunakan istilah asing karena padanan dibahasa indonesianya belum ada atau terlalu panjang ya mas, padahal semakin panjang semakin mantap hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. katanya sih gitu mas, semakin panjang semakin dalam duduk ane..emange linggis apa

      Delete
  4. Kata kata keren sama kata kata lebay beda tipis lho mas... jadi hati hati salah menggunakannya hehehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk itulah saya jarang memakainya mas, mending pakai istilah ndeso saja lah

      Delete
    2. Setuju mas.. saya juga suka yang ndeso daripada yang lebay sok tauisasi.. heheheheh

      Delete
    3. wes wes adewe podo ndesone...

      Delete
    4. podo ndesone ayo podo golek iwak nang kali

      Delete
  5. kata follow up juga tgermasuk kata-kata keren ya Mas? seperti polbek, combek juga termasuk kata keren ya..xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu lho kondor juga termasuk, klilipen juga masuk..
      hehehe

      Delete
    2. Klilipen masuk apa mas... masuk mata ya heheh

      Delete
    3. matanya klilipen trek gandeng mas, hehe

      Delete
  6. susah mas ga pernah ngomong gituan.. pake bahasa keren segala, lebih enak pake bahasa ayam deh kayaknya :) hhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake bahasa sapi juga boleh..
      mooo..kok petok,,hehehe

      Delete
  7. paling sering menggunakan kata serapan itu Mang Yono, Mas. sampai kita nggak paham mau ngapain di kolom komennya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mang yono itu sudah ahlinya ngelas kata serapan, mau di las listrik apa las karbit sih mang ?

      Delete
    2. Yang paling keren ya rawraw...dia itu sok ga tau padahal canggih...

      Delete
    3. itulah hebatnya orang hebat yang asli, hehe
      katanya sih kayak ilmu padi

      Delete
  8. karena lidah orang kita sudah ketagihan dengan yang nama pretciken, (kuwi lho iwak pithik goreng sko impor). hehe.. jadi bahasane juga manut ngandul. mungkin karena itu kali ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..kalau timingnya tepat sih oke oke aja pak wi, kalau di buat - buat itu lho bikin gatelisasi kuping

      Delete
  9. ya mungkin maksude biar keren-keren dikit la mas hehe...tapi lucu juga kalo didengerin

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..saya jadi malu sendiri mas, soalnya saya kan ndeso

      Delete
    2. urusan arti belakangan, yang penting keren mas brow ckakakaka

      Delete
    3. Makanya jadi terkenal kan yang ngomongnya aneh-aneh hehe..

      Delete
    4. hehehe...biar berbobot dan mengandung luar negeri, inggris-inggrisan gitu

      Delete
  10. wah mas agus keren euy,,,
    kalau bicara bahasa kaya ginian ane angkat tangan mas hehhehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. angkat tangan mau bertanya yang tidak di mengerti kan, lha tulisane mbulet mas, hehehe

      Delete
  11. Hahaha Blukutuk Itu apa yaaa Mas Agus ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah tidak tahu bahasa indonesianya mas, aneh kan ?
      hehehe
      gelembung udara itu lho mas

      Delete
    2. Mblekutukk itu adalah mrumpusi... hehe

      Delete
    3. Mas nady@ haiyah, kui nak godok banyu

      Delete
    4. hehehe..lha nak ngentut nok njero banyu opo mas ?

      Delete
  12. hehehe...kalau presiden mah pas deh, disamping dia kan Presiden....terserah dia mo ngomong bergaya apapun...kan presiden mah = raja, luah kalau si piki ngomong keren...penipu kan ternyata.....jadi kalau di kereta ada yang ngomongnya keren...perhatiin wajahnya kang....dia itu pasti penipu juga....;o)

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha...penipu dengan mulut berbusa ya kang? wah kasian sekali, sudah berbusa tidak di gubris pula, habis deh modal buat nipu

      Delete
    2. yang lebih apesnya lagi...ngga bisa nikmatin goyang itik nyah...wkwkwk

      Delete
    3. hehehe..emang goyang ubi dan goyang itik itu yang seperti apa sih saya kok malah belum tau sih

      Delete
  13. Replies
    1. keren dan menaikkan kualitas obrolan dong mas, hehe

      Delete
  14. Replies
    1. ahihihiii....kang agus sadis ish...

      Delete
    2. hehehe...kalau ketemu kang lembu sudah di golok nih komen, hehehe

      Delete
  15. kata keren bahasa indonesia dan bahasa inggris memang dari dulu.. termasuk bahasa indonesia campur bahasa sunda itu kebiasaan saya, saking gak tau bahasa indonesianya... dibilang keren padahal tak tau alih bahasanya eheheh... tapi mantab lah biar ada kerjaan wartawan... besok kata palagi ya... bahasa alay udah.. kata keren udah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. besok bahasa mang yono yang suka kasih tips mencium celana abegeh

      Delete
  16. ya kalau nyambung setiap kalimatnya sih keren ya mas. tapi kalau ga nyambung itu yg bikin lucu,hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi malu sendiri kalau mendengarkannya mbak, tapi yang bicara tidak menyadarinya

      Delete
  17. katanya kan mulut manusia itu ibarat mulut teko ya mas, didalemnya kopi ya keluar kopi, didalemnya teh ya keluar teh...kalau manusia kata2nya kasar n kotor ya hampir dipastikan jiwa di dalamnya juga begitu katanya, dll contoh lainnya. Tapi untuk kata2 keren ini nampaknya itu ga berlaku ya mas hehe...banyak yang sok keren dengan kata2 keren padahal dalamnya mungkin dia sndiri ga ngerti kata2 itu, kan jadi lucu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa yang ada diotaknya spontan muncul di mulut keluar ucapan ya mas, tapi kalau pejabat kita kok pinter bikin kata-kata ya mas, padahal dalamnya beda, manajemen omongan mungkin itu ya

      Delete
  18. sayamah no coment, karena memang nggak ngerti kata-kata kerent itu kayak bagaimana tah kang? he..he...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe...sebenarnya penggunaan bahasa indonesia yang baik dan benar saja sudah cukup mas tidak perlu memakai serapan asing.
      itu saja, saya sendiri mumet mas, hehehe

      Delete
  19. Wah" sebenarnya saya juga tidak begitu paham dengan artikel ini..he he :D

    ReplyDelete
  20. mblekuthuk ,,,,,
    kalo d kampung saya,,,,, artinya umheb mas,,,,
    mendidih

    ReplyDelete
  21. kata2 keren atau gaul, terkadang memang terasa ngawur jika di artiken dengan bahasa baku mas, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk urusan akademik masih banyak yang menggunakan kata serapan mas, khususnya ilmu sosial dan ilmu politik. kalau tidak kata serapan tidak keren kayaknya mas

      Delete
  22. Exactly, mas agus... Sebenarnya kata-kata tersebut memang dipergunakan untuk menambah bobot dari pembicaraan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..mas uyo nih jagonya bermain kata , betul mas sebenarnya membantu memudahkan memahami kata-kata yang sulit di bahasa indonesiakan

      Delete
  23. Tapi mas agus pernah dengar nggak, ada yang bilang, sekeren kerennya bahasa adalah bahasa sunda. Wadduh! saya yang orang papua jadi kesepak nih!

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah belum pernah dengar je , bu.
      kerennya itu dimana ya ?

      Delete
  24. Mau komen agak banyakan, tapi "my body is not delicious", mas... :)

    ReplyDelete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh