Home » » Puasa Meningkatkan Kesalehan Sosial

Puasa Meningkatkan Kesalehan Sosial

Puasa dapat meningkatkan kesalehan sosial dengan ikut merasakan rasa lapar dan dahaga yang sama baik orang kaya maupun miskin, yang pejabat maupun orang biasa, yang guru maupun bakul rujak semua sama. Diharapkan akan timbul pribadi yang beriman dan bertakwa berkepribadian saleh khususnya saleh secara sosial. Orang yang menghayati makna puasa pasti akan merasa, begini rasanya makan cuma satu kali sehari sama seperti saudara yang mengalami makan sehari sekali. Muncul empati terhadap sesama insan manusia dengan memberi bantuan materi kepada yang tidak mampu. Apalagi di bulan ramadhan sudah di janjikan akan dilipat gandakan pahalanya, tidak ada alasan lagi untuk tidak membantu saudara yang kekurangan.

Orang yang menyadari (salah satu saja) hakikat puasa akan tergugah hatinya untuk peka terhadap lingkungan sosial sekitarnya. Yang semula acuh terhadap saudaranya yang belum kaya diharapkan akan membantu saudara dan tetangganya. Puasa akan menggerakkan hati seseorang untuk bersedekah dengan niat mendapat ridha Allah yang diharapkan membantu meringankan beban hidup khusunya materi bagi penerima nya. Dengan bersedekah secara rutin otomatis akan timbul juga pentingnya jalinan silaturohim bagi sesama muslim. Saling mendoakan yang baik-baik. Bertegur sapa di komunitas blogger juga merupakan silaturohim, jadi semoga blogging kita di tulis pahala oleh Allah.

Kurang apa lagi fungsi dari puasa ramadhan dan terakhir puasa sunnah tarwiyah dan arafah yang dijalani setiap tahun?ibadah yang mempunyai banyak manfaat. Selain hubungan dengan Allah yang baik, harus berhubungan baik dengan manusia, hablun minallah dan hablun minannas. Puasa ramadhan diawali dengan sholat tarawih pada malam harinya itu wujud dari hablun minallah, sedangkan puasa ramadhan di akhiri dengan pembagian zakat fitrah itu wujud dari hablun minannas. Al Qur'an diawali dengan surat Al fatihah itu wujud dari hablun minallah, di akhiri dengan surat an Nas wujud dari hablun minannas. Jangan sia-siakan ramadhan tahun ini untuk memperbaiki kesalehan sosial kita, jangan hanya kalungan tasbih sak kolang kaling, sholat sunnahnya melimpah tapi lupa dengan keadaan sekitar.

Puasa ramadhan dan puasa sunnah lainnya (tarwiyah dan arafah) menjadi awal untuk berempati terhadap sesama, 11 bulan di luar ramadhan merupakan lahan praktiknya. Sama halnya dengan haji, dikatakan haji mabrur apabila dalam kehidupan sehari-hari setelah pulang dari menjalankan ibadah haji, bertambah pula kesalehan sosialnya. Suka bersilaturohim membantu tetangga yang belum kaya.




71 komentar:

  1. sayang pak saya kemarin tak ikut puasa Arafah hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak apa-apa mas, kan puasa sunnah. kalau lagi banyak kerjaan kan hausnya jadi bertambah, hehehe

      Delete
    2. Betil eh betul Tahun ini menjadi tahun ERROR buat saya.
      Kemarin nda puasa Arafah, tapi ikut Sholt Ied sama nyantep Sate Qurban pemberian dari Masjid Komplek saya. *Mengharukan

      Delete
    3. wah, Pak Asep malah sudah nyate duluan nih...

      Delete
    4. saya mlah di buat pentol duluan.. tapi malah jadi agar2 hehehe

      Delete
    5. hehe..kang asep menobatkan diri tahun ini tahun eror, semoga rejekinya tidak eror.
      kang asep sudah beli sate kelinci ketoknya,

      lho bikin pentol kok pake rumput laut to mas pay iki,

      Delete
  2. hahaha....awas lho mas kalau ada yang tersinggung. terutama yang pake tasbih se-gede kolang-kaling :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bunyinya..klotak..klotak..klotak..
      hehehe...
      sebagai gambaran aja kang ucup.

      Delete
    2. kira-kira gambarnya seksi ngga kang?

      Delete
    3. gambarnya sih hewan qurban ? mau ?

      Delete
  3. ane setuju banget sama artikel di atas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh mas, ada yang perlu di tambahi atau ada saran gak mas ?

      Delete
    2. kalau perkalian bagaimana mas

      Delete
    3. perkalian akan mengakibatkan lebih banyak

      Delete
  4. Kemarin aku tak bisa puasa. Sedekahpun masih tertunda. Semoga Allah memberi kelapangan rezeki sehingga aku bisa membantu sesama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin...kata mas ippho santaosa sih sedekah dulu baru berbicara rejeki melimpah, boleh di coba tuh pak raja blangkon

      Delete
  5. saya cuman bisa niatnya doang puasa Arafah nya...lumayan kali ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya asal sudah niat tapi tiba2 pas mau puasa ada uzur syar'i insaa Allah dapat pahala kang

      Delete
    2. niat saja sudah di hitung pahala kok kang, silakan berniat aja dulu ya.

      tuh di tambahi mas muro'i, cocok banget tuh mas

      Delete
    3. niat saya ingin buat mas agus bahagia, tapi gak kesampaian.. tapi niatnya dah cukup ya

      Delete
    4. niat aja sudah cukup mas , sudah di hitung pahala

      Delete
  6. kalau niat puasa arafah d gabung dengan puasa sunnat senin seperti kmarin bisa g mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. puasa itu tergantung niatnya mas, jadi ga bisa dapat dua niat sekaligus, kalo pasa puasa arafah pas hari senin, mending niatnya puasa arafah mas..wallahu'alam

      Delete
    2. kalau saya biasa saya gabung mas muro'i, karena puasa sunnah, walllahu'alam.

      Delete
    3. Yang penting niat berpuasa,...entah diterima atau tidak hanya Tuhan lah yang mengetahui...salam!

      Delete
    4. niat dan berusaha dengan sungguh tentunya

      Delete
    5. karena puasa itu hanya Allah yang tahu

      Delete
  7. ini intinya ya mas, menjadi soleh secara sosial, lapar kita disaat puasa seharusnya bisa juga melatih simpati kepada saudara kita yang tiap hari mungkin kelaparan bukan karena puasa, tapi memang tidak ada makanan..

    nais sharing mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah mas, begitulah mas, karena puasa itu sama sama lapar baik yang biasa kenyang atau biasa lapar, jadi yang biasa kenyang bisa merasa seperti yang biasa lapar.

      Delete
  8. hhhh hari ini tulisan kita sama Kang, hubungan karo Pak Saleh.
    Bedanya, tempat sampean nulis kesalehan, ditempatku keshalihan.
    Kiro-kiro podo opo ora yo ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..tetangga saya ada yang namanya pak saleh je pak, maksude jelas sama pak, hehehe.
      aslinya sih sholih...pakai shot bukan pakai sya..hehehe

      Delete
    2. ye ye ye....dua sesepuh ini lagi sehati

      Delete
    3. kita sering mbak nulis yang hampir hampir sama, padahal tidak janjian

      Delete
  9. semoga puasa kita diterima-Nya.....diampuni-Nya dosa2 kita .....Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin...semoga yang melaksanakan haji maupun qurban juga mendapat ampunan.

      Delete
  10. ngomong-ngomong mas lagi apa nih, kok rajin banget balas komentar, lagi tiduran njeh mas :)
    emang nggak ikut motong2 sapi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. motong sapinya sambil balesi komen...

      # kebayang nggak Kang?

      Delete
    2. sambil cengengesan gitu ya ? enak dong ah

      Delete
  11. allhamdulillah saya bisa puasa arafah...semoga dterima dan diampuni dosa2x kita semua...aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, semoga Allah memuliakan mbak is dan keluarga

      Delete
  12. nice info sob

    selamat hari Raya Idul Adha 1434H, mohon aaf lahir batin

    ReplyDelete
  13. Info yang menarik mas.,
    SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA yah mas.,
    Kunjungan pertama nih mas.,

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat idul adha juga mas, siap-siap mbeleh wedhus

      Delete
  14. bener banget mas... puasa bisa membuat "kita lebih dekat dengan ALLAH. bisa membuat "kita lebih memperhatikan sosial" lebih membuat "kita sehat mas.... ...

    tapi kemarin saya nggak puasa mas... ssttttt jangan bilang bilang ya mas... ckckckkckkck

    ReplyDelete
    Replies
    1. healaaaaaaaaaah...mas nadi kemarin manjat mangga tetangga kan, makanya gak puasa

      Delete
  15. malah akhir2 ini si Dedy botak pesulap itu membuktikan kalo puasa adalah solusi diet terbaik, istilahnya dia sih OCD. Lepas dari itu semua, dari umat sebelum kita, mereka bahkan udah disuruh berpuasa agar kita sekalian bertaqwa. Semoga kita tidak hanya berpuasa secara fisik saja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. lho katanya OCD itu " ono cemilan di pangan/di makan" gimana nih

      Delete
    2. lah, yang saya tau sih cuma boleh air putih selama 9 jam.
      gak tau juga sih ya, gak ikutin tren soalnya..

      Delete
    3. saya malah gak tau apa itu ocd yang saya tau ocd itu ya " ono cemilang di pangan atau bahasa indonesianya, ada makanan ya di makan saja, hehehe

      Delete
    4. ah sial, lemot nya saya,
      baru nangkep setelah komen kedua,
      buakaka..

      Delete
  16. Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha, bila ada salah kata dan khilaf atas prilaku selama ini, serta bila ada salah baca atau salah dalam berkomentar, atau belum sempat membalas komentar, dari lubuk hati yang paling dalam saya mohon dimaafkan lahir dan batin...salam

    ReplyDelete
  17. Selamat menunaikan puasa arafah dan selamat Idul Adha 1434 H mas Agus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah terima kasih mas hari,

      Delete
  18. selamat Iedul Adha Pak Agus....maaf jarang sowan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga mbak khusna dan keluarga sehat senantiasa

      Delete
  19. Kemarin udah niat sebelum hari raya qurban mau puasa arofah, tapi ternyata Allah berkehandak lain, karena saya ternyata bangunnya kesiangan. Mungkin jika Tahun depan masih diberi kesempatan, saya akan mencobanya kembali. Selamat Hari Raya Idul Adha Mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga kesiangan, tapi tetap lanjut gak makan hehehe..

      Delete
    2. hehehe...saya bangun kesiangan dan tidak sahur tetep lanjut kayak mas pay.

      Delete
    3. loh..saya juga sama. bangun kesiangan dan saurnya alhamdulillaah masih sempet minum,,hihihi

      Delete
    4. alhamdulillah..minum di pagi hari baik untuk kesehatan..
      semoga semua kebaikan pahala kita diterima dan mendapat ampunan dari Allah

      Delete
  20. klo saya makan memang cuma 1 kali sehari... itupun siang hari... klo pas males makan sekalian di niatkan tuk puasa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak nih mas pay tidak makan nasi, cuma pentolnya habis satu rombong ya mas? hehehe

      Delete
  21. Mantep bener tuh, om
    Secara syariat sudah, tinggal beralih ke sisi hakikat. Ayo om, pasti bisa...!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. halah mas...praktike kadang yo jek morat marit je mas..aku jek nakiroh mas...sek suwe menuju makrifat

      Delete
  22. puasa banyak manfaatnya ya mas.. semoga kita selalu istiqomah menjalankan seluruh perintah dan menjauhi segala laranganNYA. Alhamdulillaah kmarin saya masih sempat menunaikan puasa sunnahnya,semoga masih diberi kesempatan untuk terus beribadah kepada Alloh SWT.

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin...sejuk sekali mbak Yulita..apalagi kalau dijalankan bersama keluarga tentunya dengan ijin suami.
      kebiasaan keren nih mbak.

      Delete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh