Home » » Membuat Dudukan Aki Gl Pro

Membuat Dudukan Aki Gl Pro

Membuat dudukan aki gl pro atau Gl Max untuk Gl Pro dan Gl Max nya yang sudah mengadopsi dobel stater atau elektrik stater. Teknik dan logikanya sangat mudah, namun dalam pengaplikasian tidak bisa membuat sendiri, harus diserahkan kepada tukang las terdekat.


Sederhananya, dudukan aki Gl Pro berada di area filter udara. Aki Gl Pro dan Gl Max sendiri bentuknya kecil yang terletak melekat di dalam filter udara. Sedangkan Gl Pro dan Gl Max yang sudah dobel stater/elektrik stater lebih baik mengganti aki sebagai daya untuk memutar dinamo starter.

Aki Untuk gl pro dan gl max bisa menggunakan aki kering milik supra 125 atau aki basah 12 volt 5 ampere. Berikut ini saya sertakan gambar membuat dudukan aki gl pro dan gl max :


Membuat dudukan aki gl pro


dudukan aki gl pro


dudukan aki gl max


Untuk mempercantik tampilan dudukan aki gl pro bekas las-lasan, sebaiknya di cat dengan menggunakan cat semprotan protable (spray). Demikian cara membuat dudukan aki Gl Pro dan Gl Max, semoga bermanfaat.


97 komentar:

  1. Itu motornya, mas? Rajin banget, pagi-pagi udah bongkar-bongkar...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu baru bongkarannya Kang, belum lagi yang lainnya.

      Delete
    2. motornya orang mas, itu nyervis di bengkel adik saya. ada sesuatu yang menarik langsung jebret (foto) posting deh. hehehehe

      terima bongkar tidak terima pasang lho pak indra. hehehe

      Delete
    3. Yang jelas Bukan "Goyang Lutut Proyek" = GL Pro ya heihiehiee. Alias jalan kaki hiehehieiehiheiehiee

      Delete
    4. hehehe..emang kalau jalan kaki lutut nya goyang ya, berarti kurang oli tuh kang . hehehe

      Delete
    5. Kalau lutunya yang bekerak bagaimana Kang ? ha,,ha,,,ha,,,,

      Delete
    6. mas agus jorok nih... hayoo

      Delete
    7. kalau lututnya berkerak di ampelas dulu baru di kasih oli.

      oli memang jorok kok mas, kotor soalnya

      Delete
    8. harus banyak konsumsi sate kambing artinya

      Delete
    9. Asal jangan beli sama kandangnya saja Kang, sebab ini khusus motor dan dudukan akinya tidak bakal muat untuk kambing. he,, he,, he,,,

      Delete
    10. kalau konsumsi kambing sementara lawan lagi tidak ada gimana coba mas ?

      kalau gitu saya bawa rengkek aja sekalian kulakan kambing, bakulan wedhus, hehehe

      Delete
  2. Dulu saya punya motor GL pro seperti ini, untuk mesinnya oke, apalagi dengan kestabilan larinya yang standar. Tapi kalau sampai mebuat dudukan seperti ini belum pernah saya lakukan Kang. Apalagi sekarang motornya sudah tidak ada. Tapi bermanfaat sekali bagi para pecinta jenis motor ini, bila akan melakukan perawatan terutama dalam hal mebuat dudukan akinya agar menjadi pas dan suseai kebutuhan. he,, he,, he,,,


    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu dan sekarang saya masih punya gl pro, dan memang bandel baik di medan basah, kering , naik , turun asal jangan di banting aja motornya, hehehe.
      ini hanya untuk mengakali adanya dobel stater kok pak, kan aslinya gl pro pake selah manual atau engkol manual.

      Delete
    2. wah,,,,, bener juga sih Kang. Apalagi kalau mesinnya sudah panas. Tarikannya tidak pakai bunyi ngelitik pula. Tambah lamsam aja tuh mesin. Apalagi kalau di kasih oli yang bagus. Hm..... kalah motor yang berhenti larinya. he,, he,, he,,,

      Delete
    3. nah bunyi itulah yang membikin telingan gatel, itu gl pro saya dulu pak, suaranya kayak mesin jahit, hehehe

      Delete
    4. Kalau bisa bahan bakarnya di ganti yang harum Kang. jangan warna kuning. jadi hilang deh bunyinya.

      Delete
    5. oh di ganti sama jangan lodeh mungkin hilang bunyinya ya pak ? keren nih, motor gl pro saya bahan bakarnya jangan lodeh

      Delete
  3. saya klo punya alat las dan temen" nya saya mau juga tuh modiv mobil jadi jenis strada.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. celakanya nih mas...tetangga saya modif mobil camry nya eh malah jadi odong odong, gimana coba ?

      Delete
    2. podo aku, om...
      supra pit punya bapak tak acak-acak malah jadi pit jengki
      ibue ncip pernah punya yahama vega, tak modif malah bikin pega susah nafas

      Delete
    3. nafasnya tersendat-sendat ya mas, berkatanya terpatah patah kayak orang kepedesen juga kan ?

      Delete
  4. haduh,,ga mudeng saya kalo urusan kayak gini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gitu, nyimak aja mbak...nanti juga akan paham sendiri :)

      Delete
    2. yang penting dapat suguhan pentol dari mas agus

      Delete
    3. yang penting nyimak artikelnya mas agus

      Delete
    4. lho semua minyak ya ? saya solar aja deh....

      Delete
  5. pastinya tiap baterai itu 12 volt ya pak hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia yang saya bingung, amper nya yang beda ya mas ?

      Delete
  6. Sampeyan memang hebat koq Mas.
    ini cikal bakal pembuat robot.
    bikinin satu deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. robot dari kerdus saya bisa bikin mas, kan asal saya ngomong jadi robot apa kan ?

      Delete
  7. wah itu sebenernya tempat saringan hawa ya mas yang di kasih dudukan aki nya..

    wah mekanik mulai beraksi nih... bakat-bakat atau keahlian sang mekanik "agus setya" mulai di perlihatkan hehehehehehe....

    wah mas agus nih sebenernya punya peluang usaha sendiri nih mas.. yaitu buka bengkel.. hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas itu filter udara, atau saringan udara, bukan saringa air lho ya...
      saya tidak bisa jadi tukang bengkel mas, kemarin diajari tune up hasilnya meleset terus, hehehe.

      itu yang buka bengkel adik saya, di depan rumah . hehehe

      Delete
  8. Kreatif banget mas Agus...makasih ilmunya.
    Kalau sempat mampir balik :)

    ReplyDelete
  9. wah...potensi utk buka bengkel tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. lha memang sudah buka sejak tahun 2008 je mbak, hehehe
      tapi yang buka bengkel adik saya.
      hehehe

      Delete
  10. mas agus buka bengkel motor ya? :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan mbak, adik saya yang buka bengkel.
      sejak 2008 lalu

      Delete
    2. saya kan, terima bongkar tidak terima pasang , mas

      Delete
  11. kalau andai aku seperti Mas Agus bisa bongkar motor karena perbaikan
    waaaaah orang di sekitarku pasti heran

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti bengkel di sekitar rumah mbak anis tidak laku deh

      Delete
  12. wah pantesan motor mas agus awet terus.. lawong service nya gratis.. dan bisa service sendiri... hehehehe enak ya mas punya saudara yang punya bengkel.. jadi kalau ada apa apa dengan motornya mas agus langsung di benerin... si "IJO" pasti seger terus nih mas.. hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. si ijo seger si gl pro juga seger. maka dari itu saya sering merawat motor dengan hati nurani, hehehe

      Delete
  13. kalau cara ini dipakai untuk suprafit jadul bisa tidak ya mas hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. supra fit kan sudah ada tempat akinya mas. hehe

      Delete
  14. Kalo aki aki macam mang Lembu, dudukannya perlu dilas gak, om..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya aki-aki berjalan dengan egrang, baisanya lho ya.

      akinya di kasih air aki dulu baru di setrum, nanti buat nyetrum iwak.

      Delete
    2. tapikan...tetep tokcer loh....;o)

      Delete
    3. top cer kan sudah menghasilkan, ya tho

      Delete
  15. kretife juga kang agus yah, untung punya saya masih ada dudukan akinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dudukan itu tempat untuk duduk kan? kursi

      Delete
    2. dudukan itu berarti linggis, dudukan itu artinya alat buat nduduk. ya kan?

      ini memang modif mas zigzoor, kalau aslinya kurang memadai jadi di buatkan sendiri

      Delete
  16. Kayanya saya nyimak dulu deh mas...kalo motor biasanya ga oprek2 sendiri hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mas saya juga cuma bisa nyimak aje #sambil siap" Ngampar kardus buat Tengkurep hihi :D

      Delete
    2. biasanya langsung disuguhi sukun rebus sama Om Agus

      Delete
    3. saya malah gelar spanduk nih, sama bawa sukun rebus. betul kata mbak khusna, sukun rebus memang enak.
      hehehe

      Delete
  17. adik mas agus buka bengkel motor, nanti mas agus rencana mau buka bengkel sepur,
    nggak mau kalah ya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara buka tambal ban sepur dulu ya...
      heehhe

      Delete
    2. jahit bantalan sepur juga boleh mas hehe...

      Delete
    3. siapa yang kuat mas menjahit bantalan sepur, hehehe

      Delete
  18. wah, Pak Agus ni memang juwara kalau masalah bongkar-membongkar motor...saya yang nungguin aja deh Pak, ndak begitu paham soal sepeda motor je...

    ReplyDelete
    Replies
    1. juara makan makan deh pokoknya mbak, hehehe

      Delete
  19. gg ngerti beginiean , , ,
    mampir aja, , , ,

    Main ke blog ane ya http://nawayhac.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan di nikmati mas..
      semoga bermanfaat

      Delete
  20. mas serius ini tanya kalau doble stater mati apa mesti akinya ya? padahal indikator listrik nyala, bel nyaring sampai semua lampu-lampunya kinclong semua, apa harus ganti adiknya dobel stater ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. masak dipencet-pencet hanya bunyi cleklik-ceklik tok

      Delete
    2. hal gampang itu sih kang....kalau mau makjleb tanpa pusing, ganti BPKB nya kang...pasti ngga akan ada bunyi cklak-cklik lagi deh....percayalah padaku.

      Delete
    3. itu brostelnya mas arif, ganti brostel langsung greng...
      harganya murah kok, tidak sampai 50 ribu..

      saran dari kang lembu patut di pertimbangkan mas, hehehehehehe

      Delete
    4. ganti BPKB berarti ganti kendaraan betul juga ini kang Ci, tapi masalah ada dikantong hehe..
      oh gittu ya mas, brotel letaknya dimana ya hehe...maklum tahunya pastel tok

      Delete
    5. brostel letaknya di dalam dinamot starter mas. harus bongkar di namonya dulu

      Delete
    6. oke mas tak cari dinamo staternya

      Delete
    7. kenapa harus di cari?emang hilang ya mas ?

      Delete
  21. tega banget kang agus mah deh ih....AKI (bahasa sunda baca: Kakek/m'bah/eyang/ng'kong)masadiselikan ditempat yang sempit gituh....kenapa ngga dibuatin rumah yang layak seh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe...mestinya tulisannya accu ya kang..
      kalau aki nanti langsung menuju ke kang lembu deh..

      Delete
    2. jeli juga kang Ci ya mas, tapi jeli yang nggak pake k lho hehe...

      Delete
    3. apalagi jelita, kan enggak banget, masak kang lembu jelita sih

      Delete
  22. sungguh gk paham soal motor mas,,, gapsin (gagap mesin) :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. baiklah, kunjungan mas ikhwan sungguh berarti buat saya

      Delete
  23. Yang punya motor GL PRO dan juga GL MAX perlu juga mengetahui akan hal semacam ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah semoga menjadi manfaat bagi yang membutuhkan

      Delete
  24. wahhh saya Takluk ahhh mas agus kalo masalah ginian mah >,< kagak ngerti hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh kok gelar kardus sambil menyimak

      Delete
  25. kreatif banget...motor sendiri dibongkar-bongkar...asyik benar kelihatannya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau tidak begitu katanya, tidak kreatif. hehehe

      Delete
  26. Meski kurang ngerti dengan persoalan motor, Ikut nyimak aja mas, :D
    Hati2 jangan salah bongkar mas ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya sih terima bongkar tidak terima pasang.
      hehehe

      Delete
  27. ternyata admin blog ini pinter utak atik motor termasuk utak - atik membuat dudukan aki gl pro... sayang saya gak punya gl pro mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mang yono kan ahli mengelas atau mengeles ya? hehehe

      Delete
  28. wah, mrotol2i motor gitu ya mas, aku dulu jurusan teknik otomotif pas smk, kalo disuruh buat gituan mungkin bisa, make las listrik, tapi ya gitu, sejadinya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. lha itu juga sejadinya mas azim, hehe
      itu kan ada di dalam nanti di tutupi kempolan jadi yang penting efisien aja. tidak usah bagus bagus.
      mas zaim pinter ngelas sekarang kuliah di TPL, keren mas

      Delete
  29. Haloo mas agus saat buat dudukan aki berarti otomatis saringan karbu/udara ituga terpakai lagi donk ya?rencana ak mw make aki tiger sii buat gl pro ku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, saringan udara di buang dulu kemudian di bikinkan dudukan aki, kalau pakai aki tiger bawa saja akinya ke tukang las, nanti biar di paskan tempat akinya biar rapi dan presisi.
      bagus tuh mas pakai aki tiger atau binter mercy

      Delete
  30. Maksud saya apa setelah buat dudukan aki tiger gt..apa muat saringan udaranya dipasang mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saringan udara tidak saya pasang mas, enak tanpa saringan udara

      Delete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh