Home » » Lokomotif CC206

Lokomotif CC206

Lokomotif CC206

Lokomotif CC206 ini termasuk lokomotif baru yang di datangkan dari General Electrik (USA) oleh PT Kereta Api Indonesia. Lokomotif CC 206 ini memiliki dua kabin/double cabin depan dan belakang sama sebagai ruang kendali bagi masinis. Di Amerika sana disebut GE UM22-C


Lokomotif CC201, CC203, CC204 memiliki satu kabin dimana CC201 bentuknya seperti hidung bebek sedangkan CC203 dan CCC204 hidungnya miring. Gambarnya bisa dilihat di postingan terdahulu | klik.

Sumber Ada di Bawah Artikel


Lokomotif CC206 yang sering saya lihat digunakan untuk mengangkut atau menarik rangkaian kereta barang seperti kereta antaboga/kereta barang dan kereta ketel BBM. Dan pernah pada musim lebarang 2013 digunakan untuk menarik kereta mutiara timur Surabaya Banyuwangi dan sebaliknya.

Berikut beberapa gambar lokomotif cc206 hasil jepretan kamera hp saya :






Dengan di datangkannya lokomotif CC206 ini otomatis akan memberhentikan beberapa lokomotif yang sudah tidak kuat lagi bekerja menarik rangkaian kereta. CC201 sudah banyak digunakan untuk menarik kereta api lokal maupun rangkaian kereta api dengan medan datar tidak menanjak.



Data Lengkapnya : http://www.thedieselshop.us/Data%20UM22C.HTML


79 komentar:

  1. dulu jaman SD saya suka nengerin, kalo BB itu keretanya besar, kalo CC keretanya kecil. kalo SS singkatan Salam Sayang. Halahh, jan
    sehat selalu Mas? Amiin, saya mendoakan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya keto e mas agus saiki kurusan.. begadang terus ya mas

      Delete
    2. hehehe SS itu kan StaatsSpoorwegen perusahaan persepuran jaman duluuuuuu kala...hehehe.
      Alhamdulillah sehat semua mas, kami dan orang sekeliling kami sehat semua.
      semoga mas zach , mas pay sekeluarga juga sehat, lancar aktivitas dan mengalir rejekinya.

      bukan begadang mas , tapi bangun pagiiii banget, hehehe

      Delete
    3. oalah jadi kata-kata sepur itu dari boso londo yo Kang, saya kira singkatan Asepe mabur

      Delete
    4. betul pakies, kan di palang pintu rel sepor ada tulisan hanya satu sepoor.
      kalau RS itu Rasa sayang mungkin ya..

      Delete
  2. Wahhh Kereta Yang satu ini Unik Bangett Yah gan Mempunyai Dua Kabin Didepan dan Belakang hmmm Keren aBISS pokok namah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. unik dan menarik karena catnya masih baru mas ainnul, hehehe
      bel nya suaranya cempreng tapi enak, mendengung gitu.hehehe

      mas pay lagi beraksi menggoda nih ye..

      Delete
    2. bukannya dari dulu yang namanya endas sepur itu ada dua, depan belakang yang mesinnya digunakan gantian ?

      Delete
    3. mas pay.. masa mas dibilang mba hehehe... ckckck...
      kabura, saya takut dibilang Tante ....xixixi

      Delete
    4. endas sepur ya selalu di depan to yoo,..emang kalau di belakang masinisnya ketok kalau nyetir? hehehe... sebenarnya lokomotif kan bisa maju mundur pak ies, tergantung selera.

      tuh kan mang yono di bilang tante sama mas pay, kejaaaaaar...hehehe

      Delete
  3. Kapan ya Indonesia punya kereta apai super cpat seperti Jepang dan Perancis ? Biar bisa cepat kalau ke daerah. Jadi kan para pegawainya pun taraf pendapatannya meningkat ya Kang ?
    Dan para penumpangnya terlayani dengan cepat.

    Salam wisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. kereta yang ada saja sudah memakan banyak korban.. apalagi kereta super cepat... bisa-bisa, blum sempat nyebrang rel eh sudah kelindes...

      Delete
    2. sebenarnya lokomotif yang ada di Indonesia sudah mendukung kecepatan tinggi.
      yang belum mendukung itu keadaan di sekitar rel sepurnya pak.
      masih banyak pasar kaget di sekitar rel sepur, lha radius 2 meter saja dengan lokomotif cc201 kecepatan 80KPJ sudah montang manting kok pak, apalagi kecepatan 150KPJ. hehehe

      nah mas pay betul tuh keadaan yang belum mendukung, tapi sekarang sudah ada kemajuan, dengan tidak berhenti di stasiun tertentu untuk mengurangi jarak tempuh.

      Delete
    3. karcis mahal, laju kenceng, karcis murah laju sak sire

      Delete
    4. karcis rongewu kok njaluk slamet, katae gitu pak, hehehe

      Delete
  4. wah kreta api pesanan mas agus nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. khusus buat saya gitu mas ? hehehe
      kalau di buat replika mungkin bagus ya mas...
      ada yang berminat ?

      Delete
    2. saya pesen dua bungkus mas... yng satu gk pakai cabe, kasih tanda karet gelang

      Delete
    3. hehehe..dikaret gelang biar cara menandainya mudah

      Delete
  5. Saya percayakan tentang perkeretan ilmunya ad di mas agus, saya jadi lebih mengenal tentang kereta dari sini mas, makasih infonya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya percayakan untuk android, mas zigzoor ahlinya, keren mas

      Delete
  6. lalu kereta penarik yang lama dikemanakan mas ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang lama masih ada mas, buat narik kereta lokal macam rapih dhoho dan penataran, ada juga yang di pakai untuk kereta pengangkut kricak

      Delete
    2. jadi masih bisa dimanfaatkan ya mas.

      Delete
    3. keadaannya masih bagus semua kok kang , jadi masih bisa di manfaatkan

      Delete
  7. pendek tp kekuatanx ruarrrr biasa...!

    ReplyDelete
    Replies
    1. pendek tapi larinya kenceng juga ya mas, kayak Tugiyo pemain PSIS semarang, hehehe

      Delete
  8. Dari Bandung ke Surabaya masih gratis gak mas? :D

    kan ada lagunya, "ke Bandung-Surabaya bolehlah naik dg percuma..."

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu dulu mas, sekarang bayi umur 1 hari aja kena tarif mas, hehehe
      bulan september kemarin ada tarif promo dalam rangka ulang tahun pt kai

      Delete
    2. ulang tahun? wah untung mereka gk minta kado ya? :)

      Delete
    3. tiap hari sudah dapat surprise, kado pembelian tiket , hehehehe

      Delete
  9. Bisa jadi bahan copyan nih untk blog sya

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh saja asal memberi kredit link pada blog ini.

      Delete
  10. Wahahahah setiap kali ada artikel atau tulisan tentang Kereta, wah jadi sembriwing di kepala saya hiheiheiehihee. Entah kenapa ya. Mungkin karena di Pontianak pada khususnya dan seluruh Kalimantan Barat pada umumnya belum memungkinkan Kereta ada. Mungkin karena kondisi geografisnya, tanahnya dan lain sebagainya

    ReplyDelete
    Replies
    1. impestasi yang di keluarken mungkin terlalu banyak kang. Sumatera ada kenapa kalimantan tidak ada ya, seharusnya di bangun di dalam kota untuk mobilisasi penumpang dari desa ke kota atau sebaliknya

      Delete
    2. kalau di pekan baru ada kereta .. gak taunya kereta pekan baru adalah sepedah ontel hadoooh

      Delete
    3. seperti yang pak Asep sebutkan, saya beberapa bulan di Kalimantan, memang keadaan atau kerataan tanahnya memang kurang cocok untuk kereta. Tapi dengan uang segalanya bisa diatur sih ehehehe :D

      @mang Yono lebay :p

      Delete
    4. betul mang kereta atau sepeda ontel kalau di sini kereta itu motor drag...

      betul mas jocker, semua sebenarnya bisa dengan uang, tapi menilik keuntungan apa yang didapat setelah impestasi di kalimantan? nah itu dia masalahnya, di sumatera karena ada tambang batu bara

      Delete
  11. Indonesia masih ketinggalan kalau soal transportasi kereta api ini dengan negara lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari negara mana mas nandar ?
      dari segi teknologi malaisyia belum bisa bikin gerbong dan lokomotif sendiri, indonesia sudah bisa dua-dua nya

      Delete
  12. Izin share buat anak sy mas Agus....
    Pasti dia suka... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan mas bud, semoga putra nya menyukai gambarnya, hehehe

      Delete
  13. wah mas agus ini benar benar maniak kereta ya, hingga bentuk loko dan serinya dihafal diluar kepala.. sangat menarik mas, karena dari hobi bisa memberi informasi tentang sejarah perkembangan perkereta apian kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah tidak hafal lengkapnya pak, cuma tau nomer seri depannya, cc201 doang kalau lengkapnya tidak tau dan makna di balik nomor seri saya belum tau

      Delete
  14. semoga bisa mengatasi membludak nya jumlah penumpang ya,, apalagi mau lebaran gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini khusus untuk barang kok mas, lagian tidak ada penambahan kereta api, hehe

      Delete
    2. adanya kereta kuda yg ditambah ya bang....

      Delete
    3. kereta dorong juga boleh khusus untuk mas fian

      Delete
  15. Naik kereta api..tut..tut...tut....mak nyes...tut tut...gojes..gojes

    ReplyDelete
    Replies
    1. persiapan karcis..persiapan karcis..hehehe

      Delete
    2. Klo skg karcisnya gak di sobek apa di ceklek ya mas, di liat aja, sebelum masuk peron....

      Delete
    3. masuk stasiun tunjukan tiket beserta ID card, tanda pengenal. Di atas kereta di jepret sama pak kondektur

      Delete
  16. Lama banget gak kemari nih, pie kabare mas Agus? weh-weh kereta apine tambah akeh wae yo....

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah sehat kang ratno, panjengan mugo2 yo sehat kang, lancar usaha serpisan hp ne, amiin.
      kereta ne tambah akeh mergane lokomotife anyar kang, hehehe

      Delete
  17. hmm.. impor lagi ke Amerika nie :D
    semoga bermanfaat buat masyarakat yang membutuhkan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya program kerjasama mas, sebagian didatangkan sebagian lagi dirakit di inka dengan kerjasama GE.

      semoga saja tambah memudahkan mobilisasi barang dan orang

      Delete
  18. mana kepala, mana ekor itu mas, kok sekilas tidak ada perbedaan nya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. dua-duanya bisa di gunakan mas arie, tinggal pilih kereta menuju kemana

      Delete
  19. Sampai saat ini saya belum pernah merasakan yang namanya naik kereta api sob, hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin jauh dari stasiun atau memang sudah nyaman dengan kendaraan pribadi ya mas ?

      Delete
  20. bagus ya mas kepalanya ada dua.. terus kalau buat narik gerbong ndak tarik - tarikan seperti kartun Cat and dog hehehe... Indonesia belum bisa bikin ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..salah satu di fungsikan salah satu tidak dong mang,
      Indonesia sudah bisa bikin mang, ini sebagian di kerjakan di Indonesia bekerja sama dengan GE

      Delete
  21. gg ngerti masalah itu boss, , , ,
    sekedar mampir aja , , ,

    mampir di http://nawayhac.blogspot.com

    ReplyDelete
  22. Artinya lokomotif CC206 blum bisa nanjak gunung ya bang seperti gunung everst gtu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau nanjak gunung pakai jeep aja mas fian, 4x4 , hehehe

      Delete
  23. ooh..lokomotif cc206 ya namanya. ini khusus cuma buat angkutan barang n bbm aja ya mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. lokomotif CC206 ini terbaru mbak, untuk saat ini khusus kereta barang, dan di perbantukan saat lebaran kemarin.

      Delete
    2. di perbantukan saat lebaran kemarin? berarti kmarin angkut orang ya mas,,atau buat barang paket gitu?

      Delete
    3. eh maaf mbak , lokomotifnya saja yang di perbantukan untuk menarik rangkaian kereta api untuk lebaran, hehe.
      kalau kereta barang sih libur semua mbak , sama seperti kendaraan berat di jalan raya, libur semua

      Delete
  24. bisa bergerak maju dan mundur ya...

    ReplyDelete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh