Home » » Puasa Tarwiyah dan Arafah

Puasa Tarwiyah dan Arafah

Puasa Tarwiyah dan Arafah

Puasa Tarwiyah dan Arafah dilaksanakan pada bulan Dzulhijjah saat saudara muslim melakukan ibadah haji. Cara puasa tarwiyah dan arafah sendiri sama dengan puasa wajib atau puasa sunnah lainnya begitu pula dengan aturannya juga sama. Walaupun puasa sunnah, di siang hari tidak boleh istrihat (jeda) untuk makan dan minum, hal tersebut jelas membatalkan puasa. Begitu pula hal yang membatalkan puasa lainnya juga berlaku saat melaksanakan puasa sunnah. Puasa tarwiyah di laksanakan pada tanggal 8 Dzulhijjah sedangkan puasa Arafah di laksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah.

Keutamaan Puasa Arafah seperti di riwayatkan oleh Abu Qatadah Rahimahullah, Rasulullah bersabda :
Puasa hari arofah dapat menghapuskan dosa dua (2) tahun yang telah lepas dan akan datang dan puasa asyura (10 muharram) menghapuskan dosa setahun yang lepas (HR Muslim). (sumber dasarnya : nu.or.id)

Keutamaan puasa tarwiyah di dasarkan pada Hadits yang artinya kurang lebih ;bahwa puasa pada hari tarwiyah menghapuskan dosa satu tahun sedangkan puasa arafah menghapuskan dosa dua tahun. Dikatakan hadits ini dhoif atau lemah (kurang kuat riwayatnya) namun para ulama memperbolehkan mengamalkan hadits yang dhoif sekalipun jika hadits itu dilaksanakan untuk memperoleh keutamaan dan tidak bertentangan dengan kaidah hukum dan aqidah. (sumber : nu.or.id). Karena saya tidak begitu hafal masalah dasar menjalankan puasa tarwiyah dan arafah, alangkah baiknya jika membuka situs nu.or.id kemudian search dengan key puasa tarwiyah dan arofah disitu ditulis lengkap dasar hadits yang dan artikelnya sangat kompeten.

Saya sendiri yang belum total dalam beragama, menjalankan syariat agama islam, ingin menjalankan amalan yang baik menurut syariat agama. Ingin memperbanyak amalan (puasa sunnah) untuk mendapatkan ridho dari Allah Subhanahu wata'ala. Dasar saya melaksanakan puasa tarwiyah dan arafah serta puasa sunnah lainnya adalah puasa itu diharamkan 2 hari raya dalam setahun yaitu  (idul fitri) dan dan idul adha ( 3 hari tasyrik) dalam bulan dzulhijjah. Tulisan puasa tarwiyah dan arafah saya maksudkan hanya sebagai pengingat pribadi saja, agar memudahkan mengingat jika saya lupa.

86 komentar:

  1. wah terimakasih sudah ngingetin tentang datangnya Puasa Tarwiyah dan Arofah mas,, tenan nak ga baca artikel ini aku keallen ,, maturtengkkyu

    ReplyDelete
    Replies
    1. njih sami-sami pak Wi,
      monggo ninda aken siyam sunnah

      Delete
    2. Puasa Arafah sering saya dengar. Bahkan untuk puasa senin kamis aja saya sdah mulai jarang jarang

      Delete
    3. betul kang asep, yang terkenal memang puasa arafah

      Delete
  2. terimakasih mas sudah ngingetin.. yang sebentar lagi Puasa Tarwiyah dan Arofah akan tiba waktunya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. persiapkan lahir batin, jangan nyolong2 makan, atau pura pura lupa lho mang

      Delete
    2. iya mas biasanya 1 atau 2 hari suka lupa hehehe... kalau yang ini 2 hari lupa ga ada hari ketiga. hehehe

      Delete
    3. puasa sunnah kalau di kerjakan di tempat kerja enak kok mang, tidak terasa, hehehe

      Delete
  3. semoga ibadah puasa kita selalu di terima Alloh dengan pahala yang di lipatgandakan ya mas..aamiin..

    ReplyDelete
  4. banyak kejadian yang saya lewatkan disini mas,maklumlah hehe...
    kadang sulit mas untuk melakukan puasa sunnah yang penuh keutamaan ini, banyak godannya
    semoga dan semoga kita bisa melakukannya, aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga saja mas arif berniat dan terlaksanaken.
      nanti buka nya sama susu sapi dari KUD DAU mas, hehehehe

      Delete
    2. sing jelas ora ono critane wong mati goro-goro poso, lak ngono tak Cak ?

      Delete
    3. Tapi ya pernah ono kisah orang mati pas poso yo..

      Delete
    4. bener mas tetangga saya kang syahid memang sregep puasa

      Delete
    5. juga rajin sholat ya kang sahid itu

      Delete
  5. Yap, mari memperbanyak amalan-amalan sunnah. Dan mudah2n semuanya diterima oleh Allah subhanahu wa ta'ala. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin..
      sudah tidak maho lagi mas ? hehehehe

      Delete
  6. Alhamdulillah sudah ngingetin, insaa Allah tidak ketinggalan puasanya

    ReplyDelete
  7. masih dua hari lagi, semoga tidak lupa ya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin...ingat ingat terus mas, biar tidak lupa

      Delete
    2. saya malah udah lupa...besok mulay ah,,,ngga apa2 kan?!

      Delete
    3. boleh lah kang, kan kang lembu lagi sakit

      Delete
  8. Makasih bnayak infonya sob , , ,
    bermanfaat . . .

    http://nawayhac.blogspot.com

    ReplyDelete
  9. OK Mas ini juga menjadi pengingat saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga berniat juga mengamalkannya mas

      Delete
  10. pertama-tama, saya puasa untuk puisi dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lalu bikin puisi lagi yang judulnya puasa

      Delete
    2. puasan itu semacam jajan ya mas ?

      Delete
  11. selain memantapkan iman berpuasa juga melestarikan organ pencernaan ya mas agus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau itu saya kurang tau malahan mbak, malah saya dapat info baru dari mbak elsa, hehehe

      Delete
  12. padahal sudah tahu manfaat atau keutamaan ibadah puasa sunat ini, tapi kemalasan dan alasan selalu menganggu untuk melakukannya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..apalagi labelnya puasa sunnah , yang wajib aja ada kok yang aras-arasen, hehehe

      Delete
  13. niat dan pengennya sama deh kang...mendalami ilmu agama dan perintahnya secara total(walaupun baru tahap pelan2 belajar)...soal puasa, selama kita udah ng'yakinin 5 hari yang haram itu, walaupun hadist nya kurang kuat, selama ngga melanggar mah...PASTI ALLAH mah maha baik dan tau niat yang terbersit dalam hati kita ko'.....yakini bahwa Allah emang beneran maha baik...udah gituh azh...
    puasa aah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tak tabrak di belakang deh biar biar lari kencang

      Delete
    2. kang lembu memang pinter deh ah...sudah ikhlas dan mempunyai kesadaran tinggi. salut deh buat kang lembu, top sekali.
      ditabrak dari belakang tak geret dari depan, biar tambah kenceng

      Delete
  14. Wah sangat bermanfaat mas artikelnya :)

    ReplyDelete
  15. kalau dua duanya kita laksanakan.. berarti 3tahun dosa terhapus ya mas... hmm kalau di fikir2 sudah berapa dosa yang kita lakukan selama kita hidup.. pasti sudah tak terkira ya mas.. nggak ada salahnya kita sedikit mengurangi dosa kita dengan melaksanakan puasa ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh juga mas, silakan di laksanakan jika tidak ada halangan berarti , mas

      Delete
  16. sing ndik tanah air oleh pahala ngalokoni puasa sunnah, sing ndik arofah ora poso tapi nglakoni wukuf. Alloh Ta'ala memang benar-benar adil memberikan pahala Umat Islam

    ReplyDelete
    Replies
    1. sik aku arep takon, kiro-kiro sing total beragama, sing iku yok opo yo Cak ?

      Delete
    2. promosi umahku anyar sing boso oleh gak ?

      http://likdamar.blogspot.com/

      Delete
    3. iya nih pak Ki, blognya udah expire yah :D hehe

      Delete
    4. beragama sing sae nika lak hablumminallah lan habluminnass se sae pak, singkat mawaon nggeh. hehe monggo nek badhe promosi.

      Delete
  17. selamat malam Sob...hm saya belum pernah Mas puasa tarwiyah maupun arafah...maa yaa sob baru sempat berkunjung soalnya sibuk desain website yang ke 5

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga lancar mas hayardin, dan sehat selalu dalam membuat websitenya

      Delete
  18. Mudah mudahan dapat menjalankan puasa tarwiyah dan arofah besok, AMI.............N

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin..silakan ajak si kecil juga mas,hehehe

      Delete
  19. saya belum pernah mas ikut puasa ini, makasih udah diingatkan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mas eka, semoga bermanfaat

      Delete
  20. Setahu saya Di Haram kan Lima Hari dalam Setahun Untukpuasa itu Pada Hariraya idul adha dan tiga hari setelahnya(hari tasrik) serta Pada saat Hariraya Idulfitri 1syawal. Sedang 2syawal sedah boleh untuk memulai puasa syawal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mas agus kayaknya salah tulis, 2 idul fitri seharusnya diganti 2 hari raya, karna yang dimaksudkan mas agus di atas adalah aidain, yakni hari raya idul fitri dan hari raya idul adha, bukan idul fitri tanggal 1 dan 2

      wallahu a'lam bissowab..

      makasih koreksinya om

      Delete
    2. koreksi yang sangat membangun, akan saya ganti karena beliau beliau Khususnya mbak uswah saya ngerti track record keilmuwan nya

      Delete
  21. Wahhh Makasii Yah Mas Agus Udah Ngingetin ^_^

    ReplyDelete
  22. iya ya waktunya ternyata sebentar lagi...terima kasih mas sudah mengingatkan. Tapi yg bingung itu kalau yg masih punya utang puasa Ramadhan kemarin, yg mana y yg harus didahulukan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada yang bilang hutangnya didahulukan (wajib lebih utama daripada sunnah)

      ada yang bilang demi menghormati waktu yang dikhususkan, boleh puasa tarwiyah arofah dulu, kemudian hutangnya bisa ditembel di lain waktu

      ada yang bilang bisa diniatkan dua2nya, yakni niat puasa qodo' romadlon dengan menghormati waktu tarwiyah arofah

      wallah a'lam bissowab..

      Delete
    2. kalau saya sih akan mengkodho puasa ramadhan saya secepatnya, kalau pas ada puasa sunnah gini saya puasa sunnah dulu baru melanjutkan qodho.

      Delete
  23. Terima kasih Mas Agus, telah berbagi dan mengingatkan akan puasa sunnah tarwiyah dan arafah.., sangat bermanfaat sekali mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah mas mbak, semoga bermanfaat bagi lainnya

      Delete
  24. Terimakasih Mas Agus sudah menginagtkan dan berbagi, semoga bermanfaat untuk kita semua.

    Salam wisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah,,,,,,, tuan rumahnya lagi puasa ya........

      Delete
    2. hehe..lagi libur ngeblog, kan sabtu minggu tidak dapat jatah internet, hehehe

      Delete
  25. makasih mas, postingan yang bermanfaat
    salam kenal an sekalian follow yaa mas, di tunggu follbacknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nanti di folbek, tenang aja..

      Delete
    2. salam kenal juga buat mas MJ senang berkenalan dengan mas MJ

      Delete
  26. dulu pas masih mondok semangat banget puasa2 sunnah, puasa rejeb 10mhari, ngirit juga sih..

    itu dulu!

    sekarang?

    berat di kopinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahhaahahaha,,,mosok berat sama ngopi mba e

      Delete
    2. kalau perempuan kan seijin suami dong ah..kalau di tengah hari suami pengen gimana hayo?

      Delete
  27. boro2 tarwiyah arofah

    hutang puasa karna haid kemaren juga belom ditembel wkw :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak susah ya mbak , apalagi menyusui, hehehe
      tapi ibuke hayyu ikut puasa juga saat menyusui

      Delete
  28. udah diingetin neh sama mas agus,,, puasa yukk

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk mas kita puasa biar makannya banyak saat buka, dan terasa nikmat

      Delete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh