Home » » Motor Gl Pro

Motor Gl Pro

Motor GL Pro
Motor pertama yang saya kendarai adalah motor gl pro. Dulu waktu kelas 2 SMP, saya belajar motor dengan honda gl pro tahun 1991 yang saya pake sekarang ini. Adalah bapak saya yang mengajari motor dengan memakai kopling dengan mengitari lapangan desa. Waktu itu, saya tidak punya keinginan yang kuat untuk bisa naik motor, kalau di ajari sih mau saja. Saya kesulitan nyelah motor gl pro begitu juga saat menyesuaikan gas dengan kopling, susah sekali menurut saya. Sedangkan di lain waktu, adik saya malah langsung bisa mengendarai gl pro. Mungkin sudah bakatnya kali ya.

Berbicara masalah motor gl pro, tidak terlepas dari pendahulunya motor gl series. Mulai dari Gl 100, Gl 125 dan honda XL 125 yang terbit sekitar tahun 1979-1982. Dan yang paling saya ingat, karena depan rumah saya disewa untuk bengkel. Motor penyanding Gl 100 seperti Yamaha RX100, RX Spesial, Suzuki GP, Kawasaki Binter KH banyak saya lihat di area bengkel depan rumah. Untuk itulah saya hafal beberapa nama dan jenis motor. Ada yang servis ada juga yang hanya berkunjung dan juga jual beli motor atau makelaran.

Honda Gl Pro dan Gl Max sendiri menurut sumber yang saya baca pertama kali keluar motor gl pro jenis platina dengan CC 105 tahun 1982/1983. Kemudian di lanjut dengan Gl Pro CDI dari tahun 1989-1991 yang bermesin silver. Sedangkan untuk motor gl pro series yang black engine keluaran tahun 1992-1994. Untuk CC Gl Pro CDI dan GL Pro series adalah 145 CC. Kemudian dilanjut dengan mengeluarkan honda Gl Pro Neotech yang ber CC 160 mulai tahun 1995-1999 awal. Setelah itu dilanjut dengan mengeluarkan mega pro yang keluaran awalnya tanpa elektrik stater. Bengkel depan rumah saya waktu itu kesulitan jika menerima servis dari Gl Pro Neotech, mungkin pengetahuan beliau sangat minim tentang teknologi baru terhadap perkembangan motor. Basic beliau adalah motor-motor lawas dan beliau sangat handal jika membenahi motor lawas. Melihat jenis dan banyaknya motor lawas tersebut saya menjadi hafal kemudian tertarik dengan motor jenis lawas. Beliau juga menjadi guru mekanik terbaik bagi adik saya yang sekarang meneruskan bengkel depan rumah.

Demikian cerita singkat mengenai motor gl pro sepengetahuan saya, mengingat dulu belum jaman internet dan tabloit jadi hafalnya cuma melihat dan mengingat. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Blog Archive