Home » , » Review Blog Sendiri

Review Blog Sendiri

Tidak ada salahnya me review blog sendiri, hitung-hitung koreksi apa saja yang perlu di benahi dan apa saja yang perlu dipertahankan. Blog personal ini lahir pada tahun 2009 entah bulannya kapan saya sendiri lupa. Karena awal-awal tulisan saya sudah saya hapus akibat saya tidak terlalu percaya diri dengan tulisan saya sendiri. Awal ngeblog, saya malu membaca tulisan saya sendiri apalagi di baca orang lain. Dengan intensitas ngeblog yang sangat jarang sekali, sebulan belum tentu saya menerbitkan tulisan di blog. Tujuan saya ngeblog waktu itu ikut-ikutan teman. Terinspirasi temans yang tulisannya bagus sebagai diary dalam perjalanan hidupnya.

Menginjak tahun kedua saya negblog, yang tulisannya sudah mulai teratur (terartur menurut saya satu bulan sekali). Waktu itu saya terpusat pada tema kehidupan saya dan motor yang sampai saat ini tetap saya pertahankan. Membahas masalah review blog sendiri, jelas tolok ukurnya pada kaidah umum dunia blog. Parameter seperti ranking alexa dan pagerank menjadi acuan saya pada waktu itu dan saya bangga memamerkan nilai alexa dan pagerank blog dengan memajangnya. Tahun 2010 alexa kisaran 2-5 juta dengan nilai pagerank 2. Hingga pada tahun 2011 awal, nilai alexa berkisar antara 10-12 juta dengan kemelorotan nilai pagerank menjadi angka 1. Dikarenakan saya berhenti total dalam dunia blog sampai tahun 2013 awal. Keadaan ini tidak berubah sampai pada akhir 2013. Akan tetapi nilai puncak alexanya mengalami penyusutan tajam hingga pada nilai alexa 99.000. Akhir tahun 2013 ini nilai pagerank menjadi angka 2 kembali dengan nilai alexa 135.000 an (tanggal 10 januari 2014). Saat ini saya tidak bangga memamerkan alexa dan pagerank di blog, sudah saya copoti semua parameter atributnya.

gambar alexa rank

gambar page rank

Saya vakum ngeblog tahun 2012 dan kembali menyentuh blog lagi pada akhir februari 2013. Pertama menyentuh dasbord agak canggung ada yang baru di blogger. Begitu juga banyak teman-teman baru saya dapat dari ngeblog tahun 2013. Mulai  mbak Indah P, Intens dengan Kang Lembu, Mas Zach yang super wonder women, mas rawins, mas priyono dan masih banya lagi. Ngeblog menjadi semangat dengan update tulisan tiap hari kerja. Mencoba dengan iseng-iseng daftar GA, alhamdulillah diterima dan ini menjadi semangat tersendiri buat saya. Walaupun penghasilan bukan tujuan utama saya saat ini, mungkin beberapa tahun lagi saya akan menggarap penghasilan dari dunia blog. Langkah dan pondasinya baru saya bangun.

Untuk bahasa yang saya pergunakan cenderung tidak formal/baku atau semampu saya. Yang penting informasi tersampaikan dengan jelas. Materi dari blog yang awalnya menulis tentang kehidupan dan motor, kini ada tambahan kereta api yang menjadi bagian dari hidup saya. Pokonya nulis tidak jauh-jauh dari pengalaman dan pengetahuan tentang kereta dan motor, itu saja. Untuk tampilan blog, saya suka yang simple.

Sudah itu saja revie blog sendiri oleh saya sendiri dan untuk saya sendiri. Semoga tidak mumets membacanya.

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh

Blog Archive