Home » , , » Yamaha RX 100, Motor Sport Legendaris Yamaha

Yamaha RX 100, Motor Sport Legendaris Yamaha

Yamaha RX 100 merupakan motor sport yang di keluarkan oleh yamaha rentan tahun 1980an. Motor sport Yamaha RX 100 adalah motor 2 tak dengan kapasitas 98 CC bertransmisi 4 (empat) percepatan. Sebelumnya, yamaha mengeluarkan motor jenis L2 Super yang sekarang masih sering saya jumpai, bahkan ada yang masih original juga ada yang sudah menerima nasib menjadi pendorong becak motor (betor).

Mencari data tentang yamaha RX 100, dapat dari wikipedia bahwa motor ini juga booming di Negara India rentan tahun 1980-2000an. Mungkin saat ini masih booming dengan nama yang sama cuma beda kapasitas CC nya saja, seperti yamaha RX 135 atau di Indonesia terkenal dengan nama RX King, alias motor ganas. Motor RX King ini dikenal di kalangan tertentu sebagai motor jambret, karena para penjambret sering menggunakan Yamaha RX King. Tarikan bawahnya dapat dan langsung bisa top speed di track pendek, sangat cocok untuk melarikan diri sang jambret.

Saya mengenal motor ini tentu karena di depan rumah saya ada bengkel, walaupun bukan bengkel bapak saya pada tahun 1996-2000an. Pernah mencoba berakselerasi dengan Yamaha RX 100 dan hasilnya cukup memuaskan untuk track pendek. Kemudian muncul varian lainnya seperti yamaha RX-S, Yamaha RX Special yang berkapasitas cc 115. Muncul Juga motor sport yamaha 2 tak lainnya seperti RXZ dan RZR hampir bersamaan dengan munculnya RX King.

Motor Yamaha RX 100 ini sekarang ngendon di dapur rumah ibu saya. Adalah adik saya yang membelinya di tukang rosokan (jual beli barang bekas). Keadaan motornya mati dan tidak bisa dinyalakan serta bentuknya sudah sangat jelak sekali tidak layak untuk dilihat. Oleh adik saya di beli dengan harga rosokan juga, kemudian di betulkan sampai bisa menyala sekaligus di tata kembali yang mana yang belum pantas. Oh iya, calter mesin sebelah kanan pecah, sehingga olienya selalu bocor. Mungkin hal ini yang menyebabkan motor yamaha RX 100 ini di jual atau di tukar dengan bawang merah atau kerupuk (ini istilah menjual barang rosokan).

Yamaha RX 100
Yamaha RX 100 rosokan
Keadaan geografis di Desa asal saya sebelah utara berupa pegunungan sedangkan sebelah selatan berupa persawahan bersebelahan dengan bengawan solo. Yamaha RX 100 sangat handal di medan perbukitan maupun persawahan. Dulu banyak yang memilih motor yamaha jenis RX untuk mengangkut hasil panen (cabe, gabah, singkong dsb) menuju pasar Desa. Untuk sekarang ini, banyak yang memilih motor baru dengan alasan tidak ribet bergelut dengan mogok ataupun spare part yang sudah mulai langka. Demikian cerita singkat mengenai motor Yamaha RX 100 yang menjadi legenda jaman dulu kala.

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh