Home » » Jadwal Kereta Api Penataran Ekspress

Jadwal Kereta Api Penataran Ekspress

Jadwal Kereta Api Penataran Ekspress

Peluncuran kereta api penataran ekspress tanggal 01 November 2013 menuai pro dan kontra. Yang kontra dengan peluncuran kereta api penataran ekspress karena jadwal kereta api penataran (tumapel) dari Malang yang mulanya 04.30 WIB harus di geser oleh kereta api penataran ekspress. Sebagai catatan, kereta api penataran (tumapel) merupakan tulang punggung atau transportasi andalan bagi para pekerja/pelaju dari Malang ke Surabaya atau sebaliknya. Dengan harga tiket yang terjangkau (Rp 4000) dan jam kedatangan di stasiun gubeng yang tidak terlalu pagi dan tidak terlalu siang. Sebagai gantinya, kereta api penataran (tumapel) berangkat 05.30 WIB sampai di stasiun gubeng jam 08.30 WIB itupun jika tepat waktu.

Jadwal Kereta api pentaran ekspress diberangkatkan tiga kali. Kereta Penataran ekspress merupakan rangkaian kereta api kelas bisnis/eksekutif dengan sasaran utama kelas menengah keatas. Harga tiket kereta api penataran ekspress saat ini seharga Rp 20.000 (dua puluh ribu rupiah) sedangkan untuk tanggal 01 Januari 2014 direncanakan naik menjadi Rp 25.000 (dua puluh lima ribu rupiah).

Para pekerja/pelaju mengeluhkan perubahan jadwal kereta api penataran (tumapel) karena terkait dengan jam masuk kerja. Kedatangan kereta api pentaran (tumapel) terlalu siang atau bisa dikatakan mepet dengan jam kerja. Jika naik pentaran ekspress pengeluaran untuk transportasi terlalu besar.

Berikut ini Jadwal Kereta Api Penataran Ekspress :



Dari Stasiun Malang : 04.30, 09.50, 15.10

Dari Surabaya Gubeng : 07.10, 12.25, 17.45

Demikian informasi jadwal kereta api penataran ekspress yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.


74 komentar:

  1. seandainya harga tiket bus seperti harga tiket kereta api :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bus surabaya malang harganya 11-13 ribu tergantung bisnya, untuk menuju tempat kerja harus naik bis kota lagi 5 ribu. sebenarnya masih untung naik kereta. tapi kalau ada yang 4 ribu kenapa milih yang 20 ribu.
      hehehe.

      Delete
    2. andai ada pilih yang kaga bayar pastinya

      Delete
    3. nyimak komentarnya kang ucup, wkwkwk

      Delete
    4. waduh, komen saya diketawain sama mas wahyu. jadi malu :hehe

      Delete
    5. Wah wah kalau sampai ada yang kagak bayar alias Gratis weee saya juga mau
      Memang ada yang gratis ya ?

      Delete
    6. seandainya tiket pesawat seperti harga tiket kereta api....

      Delete
    7. walah kok malah jadi berandai andai...

      Delete
  2. kalau udah gitu mesti bakal ada yang demonstrasi dong....janganlah, kesian masinisnya....kalau mau demo-nya ke menteri perhubungan azh di jakarta...gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh itu masuk akal sekali kang,...nanti kalau masuk sumedang tolong di kawal ya..soalnya takut dilempar ubi

      Delete
    2. Asal jangan para masinisnya aja yang pada demo mogok ya mas, bisa ga pada kerja nantinya

      Delete
    3. asal jangan keretanya di ajak demo juga. kasihan, jakarta tambah macet...

      Delete
    4. asalkan jangan pakai asal aja

      Delete
    5. yang penting jangan asal asalan

      Delete
    6. saya bisa menarik kesimpulan dari beberapa komen di kolom ini. Kalau demo jangan asal asalan lho ya.

      Delete
  3. kasihan bagi orang-orang yang kerjanya di Surabaya. jam 8.30 baru sampai stasiun thok..lha perjalanan dari stasiun ke tempat kerja masih membutuhkan waktu lagi. jadi jam berapa mereka musti masuk, jam 9?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jam 8-8.30 mbak, kasihan banget kan mereka tidak ada akomodasi lain selain naik yang ekspresss. Nah mungkin besok besoknya kebijakan serupa akan nular pada kereta Dhoho yang liwat mojokerto. siap siap nih mbak. hehehe

      Delete
    2. siap-siap apa Mas? siap-siap demo...hohoho

      Delete
    3. buruh sudah demo, jangan deh mas ikut-ikutan demo hehe...

      Delete
    4. siap siap kereta nya di bumi hangsukan mas, hiks...

      saya lihat demo masak aja ah, siapa tahu kebagian mencicipi

      Delete
  4. kalau ada armada baru pasti jadwal armada yang lama bakal berubah ya mas,,soalnya kereta api jalurnya pakai rel jadi musti gantian,hehehe.
    terus gimana ya nasib para pekerja yg jadwal keretanya berubah..? kasian...

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya juga kereta api ekonomi mbak, pengeluaran banyak pemasukan dikit di potong biaya pemeliharaan kereta.
      Tadi pagi saat saya melihat kereta ini liwat, okupansi nya penuh mbak, mungkin mereka masih naik ekspress, atau mengajukan perubahan jaadwal untuk yang pentaran ekonomi

      Delete
    2. Ya... kami (penumpang ka.penataran ekonomi 4rb) telah mengajukan proposal // Surat, ( perubahan jadwal kereta ) kepada Kadaops (kepala daerah operasi) 8 - Surabaya, dengan dibubuhkan juga tanda-tangan dari Seluruh penumpang harian Ka Penataran Ekonomi, mulai Sidoarjo - Tg.Angin - Porong - Bangil - Lawang - sampai Malang! Kami juga dapat info, bahwa Proposal // Surat, yg kami ajukan ke DAOP 8, Rupanya sudah terdengar hingga ke Telinga, Bapak Dahlan Iskan #menteri-BUMN (info dari salah satu penumpang Ka Penataran Ekonomi), singkatnya, Rencana Bulan depan, 01 december 2013, akan terjadi perubahan kembali untuk jadwal Ka.Penataran Ekonomi dan Penataran Ekspress.

      http://surabaya.tribunnews.com/2013/10/30/perubahan-jadwal-ka-tumampel-dikeluhkan

      Delete
    3. Senang mendengarkan pak andreas, anda dan saya adalah pengguna jasa kereta api untuk bekerja bukan untuk bepergian. Syukur kalau sudah ada kepastian keberangkatan kereta api penataran / tumapel. Saya dan teman-teman pengguna kereta api KRD dan Dhoho juga ikut senang. Kami heran sekelas penumpang penataran yang tertib saja di utik sama KAI daop 8, apalagi yang sekelas KRD dan DHoho yang penumpangnya ugal-ugalan. Dulu saat KRD dan Dhoho tidak berhenti di stasiun sembung dan Curahmalang, persatuan pengguna kereta KRD dan Dhoho turun ke jalan untuk mengklirkan masalah tersebut, kami masih menggunakan cara yang baik untuk menyuarakan aspirasi.

      semoga saja tanggal 01 Desember ada perubahan untuk pentaran / tumapel

      Delete
  5. mas Agus sampeyan kena imbasnya tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah belum mas pri, mungkin kereta KRD akan di bumi hanguskan juga?

      Delete
  6. wah pengelola PTKAI kok selalu gitu ya mas,, mereka ga mikir gemana memuaskan pelanggan, tapi yg dipikir gemana caranya cari alasan menaikkan tarif..

    itu kalau dikelola dengan benar dan tidak bocor, PTKAI mestinya sudah kaya raya,, mosok kalah sama singapore yang jumplah penumpangnya sedikit dan ongkos tarifnya lebih murah,, sangat tidak masuk akal ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini nih pengetahuan batu bagi kita semua, perlu di catat, singapura aja punya kereta api dan penumpangnya sedikit tarif lebih murah.
      pastinya lebih murah dari tarif kereta api di indonesia

      Delete
  7. memang Mas, kadang kebijakan di PT KAI suka aneh dan nggak sinkron sama kebutuhan kita ya.. yang penting SOP mereka jalan, kayaknya gitu aja ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah namanya masih ikut numpang mas, ya trima aja kali yah hehe.....

      Delete
    2. Mungkin juga karena pemerintah juga tidak mengontrol tarifnya. Tarif nya kadang tidak rasional di banding dengan kendaraan umum.

      Sop apa aja yang penting seger deh

      Delete
  8. kalo boleh tanya, pak Agus setuju apa nggak sama berita ini ? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya tidak setuju dong mas...kasihan para pelaju

      Delete
    2. ok pak, siapkan pasukan, kita demo aja :D (sekarang zaman demo :buruh )

      Delete
    3. healaaaaah,. malah ngajak demo..demo masak ya?

      Delete
  9. dari empat ribu ganti 20 bahkan 25ribu? Limayan berat banget pasti, sebanding kaga ea perubahan tarif sama perubahan kenyamanan mengunakannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kenyamanan dan kecepatan jarak tempuh pasti beda kang mus.
      lebih adem dan lebih cepat

      Delete
  10. Naik kereta api itu enak nya ga kena macet mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mas agus. dan juga tidak perlu ribet konsentrasi berkendara tinggal tidur sudah sampai

      Delete
  11. haha, setuju dgn mas Agus Kompac tuh, tp knp ya jadwal kereta api terkadang suka telat juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang sih telatnya tidak parah kok mas

      Delete
  12. wah mantab infonya, tapi sekarang ga pernah naik kereta api. terakhir waktu sd.. hehe

    ReplyDelete
  13. kalau urusan KA saya cuma bisa nyimak aja mas Agus

    ReplyDelete
  14. wah hayoo.. ini dapet dari buku yang di kasih mas zack kemarin apa bukan nih mas.... hehehehe kalau iya, bagus deh, jadi saya nggak perlu pinjam bukunya hahahhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha..bukan mas ini spanduk di stasiun gubeng, ekekekeke

      Delete
  15. kasihan ya Mas para penumpangnya. kalau naik yang ekspress, bisa habis tuh gaji buat bayar ongkos kereta..hohoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya demo minta dinaikin gajinya supaya tidak kehabisan ongkos wkwkwkw

      Delete
    2. yuk kita demo masak Mas. demonya di depan kantor kepala desa Cilembu..Okle

      Delete
    3. masak ubi tentunyah...
      itulah kenapa jadi pro dan kontra mas..
      lebih enak emang lihat parah kuin demo masak di depan kantor desa cilembu

      Delete
  16. Harus ada penambahan biaya untuk ongkos dong Kang......
    Jadi bingung pengelolaan untuk armada pelayanan masyarakat yang mengedepankan kelancaran pelayanan yang dapat membarikan kepuasan kepada masyarakat ya, apalagi mengenai hal ongkos.

    Salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. pelayanan baik ongkos yang dikeluarkan pun semakin tinggi, sama halnya dengan bis ekonomi dan patas

      Delete
  17. Wahh., penuh kebijakan yang sepertinya , sedikit merugikan pekerja yah mass., masalah waktu datang ke kantor.,
    menyimak saja mas.,

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, semoga ada solusi atas kebijakan ini, minimal KA penataran (tumapel) bisa di ganti jam nya lebih pagi

      Delete
  18. Andaikan dari sumatra kesurabaya ada kereta api
    Dg senang hati aku mau naik lagi dan lagi

    Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi pakai kereta eknomi
      tidak memberatkan hati
      ongkosnya pun bikin dompet jadi berisi

      Delete
  19. wah sekarang malang-surabaya ada kereta expressnya, sukses

    ReplyDelete
  20. di daerah ku masih terbatas kereta api hehe

    ReplyDelete
  21. wow murah banget harganya cuma 20 ribu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk bepergian sih murah mas, kalau untuk melaju terlalu mahal, dan lagi kalau untuk ukuran luar jawa termasuk murah banget.

      Delete
  22. Para pekerja banyak yang telat pastinya. harga tiket akan naik juga, mungkin mau mengikuti UMP yang baru kali ya ? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. UMP belum jalan ini sudah jalan duluan, hehe nyolong start namanya

      Delete
  23. Replies
    1. saat pertaman kali peluncuran, saya cuma bisa melihat di PJL Gubeng mas, dan okupansinya lumayan, mungkin bisa juga itu pegawai PJKA yang numpang saya juga tidak tau, karena kacanya riben aliaas peteng.

      Delete
    2. saya sudah naik... begini cerita dari saya:
      > tgl 11 kemarin, saya ke Malang ikut yg jam 07:10 dari Sb.Gubeng, satu gerbong tak lebih dari 20 penumpang, begitu juga sorenya dari Malang jam 15:10, bahkan satu gerbong hanya 08 penumpang.
      > tgl 12 ; 14, saya dari Sidoarjo pkl 06.05, menuju Sb.Gubeng, dari penglihatan saya, kereta pertama dari Malang pkl 04:30, lebih didominasi Pegawai Kereta Api. Sama seperti Zaman masih ada Malang Ekspress, kereta pertama lebih didominasi Pegawai KA!

      Delete
    3. nah itu kan pak andreas sudah jawab, ternyata banyak orang PJKA yang numpang liwat.
      dari stasiun mojokerto juga demikian pak, saat ka bima datang, masih ada orang pjka yang naik ka bima, dan polsuska diam saja.
      ah enaknya jadi orang pjka.

      Delete
  24. Info: setelah perwakilan penumpang Harian, KA.Penataran yang berunjuk rasa di Kantor Daops 8, Awal bulan lalu dengan membawa proposal yg juga dibubuhi oleh tanda tangan penumpang KA.Penataran 4rb Rutinitas Harian, mulai Sidoarjo - Tg.Angin - Porong - Bangil - Lawang - Singosari - Malang, direncanakan akan dirubah jadwal #PenataranEkspressAc, dan jadwal KA.Penataran 4rb, khusus yg pagi dari Malang, akan kembali seperti semula, pkl 04:20.

    per-01 december 2013.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah senang mendengarkannya pak...
      bolehkah saya tulis untuk dokumentasi blog pribadi saya ?

      Delete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh