Home » , » Mengajari Anak Berenang

Mengajari Anak Berenang

Mengajari Anak Berenang


Apa fungsinya mengajari anak berenang ? Pertanyaan mendasar seperti itulah yang saya alami sekarang ini. Saat ini Hayyu, anak saya sedang giat-giatnya belajar berjalan sambil terjatuh dan bangun lagi, terlihat semangatnya untuk bisa. Akan lebih asik lagi jika belajar jalan ini di kombinasikan dengan pengenalan terhadap renang. Pengetahuan baru bagi anak saya tentang hamparan air yang luas, dan bagaimana reaksi Hayyu saat saya cemplungkan kedalam kolam. Ternyata senang banget sambil ngomong yang tidak jelas mengekspresikan pengalaman baru yang dia dapat.

Kami mengajari anak berenang di wisata desa mojokerto sambil rekreasi keluarga. Pertama kali melihat hamparan air yang luas, Hayyu sudah histeris seperti ingin langsung nyebur. Dan ketika saya ajak berenang sambil saya menyangga badannya, ternyata refleknya kedua tangan langsung bergerak seperti ingin mengambil sesuatu. Saat saya coba posisi tegak, kakinya mengayun-ayunkan seperti mau berjalan. Semoga ini modal bagus untuk ke depannya agar anak saya bisa berenang di usia dini, itu harapan saya. Setidaknya dengan bisa berenang menjadi bekal bagi Hayyu kedepannya. Tidak takut menghadapi medan apapun dan timbul semangat pantang menyerah dalam menyelesaikan hal apapun.

mengajari anak berenang

Sesi kedua adalah bersenang-senang, bagaimana mensetting agar Hayyu nyaman di dalam kolam renang tidak ada kesan di dalam air itu menakutkan. Ban atau pelampung menjadi solusi. Dengan di taruh di dalam pelampung/ban yang ditengahnya ada penyangganya, Hayyu bebas bergerak baik kaki dan tangannya. Sebenarnya ada juga pelampung model yang di taruh di leher, tapi kasihan lehernya sakit.

bayi berenang

Renang diakhiri karena tidak baik membiarkan bayi berlama-lama di air yang suhunya normal, karena tiap hari Hayyu masih terbiasa mandi dengan air hangat. Cukup 30 menit mengenalkan dan mengajari anak berenang untuk pertama kali. Giliran bapak e yang berenang, eh ternyata boyok saya sakit karena lama sekali tidak berenang.


158 komentar:

  1. Belum baca, baru ngejar kursi empuk nih Pak Agus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak Agus, kenapa badannya dioret-oret pakai cat biru?

      Delete
    2. nanti dada saya kelihatan mbak, hehehe
      walaupun aurot laki-laki itu dari udel sampai dengkul, tapi tetep saya tidak pede karena badan saya kekar berotot membentuk kotak-kotak je mbak..
      ini khusus untuk ibuke saja....untuk konsumsi umum cukup yang oret-oretan biru saja...
      hehehehehehe....
      penonton kecewaaaaaa....

      Delete
    3. manfaat renang bagi batita banyak banget Pak, diantaranya melatih keberanian anak sejak diri, mengasah kepercayaan diri anak dan membantu pertumbuhan otot-otot motoriknya. Sayang Zaki belum pernah nyemplung di kolam betulan, cuma berenang di kolam renang karet di belakang rumah...

      Delete
    4. Wah keduluan kursi empuknya sudah diambil mba Khusna
      Biarlah ngampar tikar aja di bawah

      Delete
    5. bang AGus kan Batita juga (Alumni)
      Ya taa?

      *timpuk panci

      Delete
    6. pengennya sih gitu mbak, biar punya keberanian dan kepercayaan diri, berani ambil keputusan penting. hehehe. sebenarnya juga pengen buat kolam pakai terpal mbak, ah tapi nanti kotor di buat mandi ayam dan kucing, hehehehe....

      kang asep sih tadi masih bikin teh anget, jadi keduluan..saya masih layak menyandang imut dong ya ?

      Delete
    7. imut kan saya.
      hayo yang lain minggiir

      Delete
    8. saya mau ngumpet aja dari pada minggir nanti kesaingan mas zach, hehehe

      Delete
    9. Saya malah udah kepinggir dari tadi. Ini aja udah dikit lagi masuk Jurang
      Heleeeeeeeep.. Heleeeeeeeeeeeep

      Delete
    10. wonder woman siap datang..eh wonder women kok ada kumisnya ya

      Delete
    11. Itu wonder woman perlu dilakukan pemeriksaan fisik.
      Nah siapa yang mau meriksa fisik sang Wonder Woman?

      Delete
    12. saya tidak mau karena itu bukan keahlian saya...hehehehe

      Delete
    13. mas reo adam, kang lembu, mas djankru dan mas kstawan nih yg ahli menangani wonder women hahaha

      Delete
    14. saya hanya menjadi penonton sambil menikmati sukun rebus

      Delete
    15. Enak yah lihat bapak-bapak atau orang dewasa berkomentar :) baik dan sopan tidak seperti jaman sekarang :)

      Delete
    16. saya belum di ajarin berenang

      Delete
    17. pasukan konslet sudah pada kumpul..wkwkwk

      Delete
    18. hahahha tambah lagi nih sebutan baru : Pasukan Konslet.
      Komandannya siapa nih

      Delete
    19. komandannya jelas yang sudah berpengalaman dong ya

      Delete
    20. wah sayah gak kebagian kursi empu... ckckckc

      Delete
  2. badan berototnya kenapa ditutupin mas agus, cwek2 pada pnasaran tuh...hehe
    wah dek Hayyu unyu2 kaya bapaknya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi Pak Agus unyu-unyu ya Om? hehehe

      Delete
    2. lho kok sepertinya, emang kenyataan ini.....
      ngumpet di gentong dulu ah, takut ada yang nyampuk panci.

      Delete
    3. nggak hanya penasaran, tapi juga pengin tau.
      ehh, sama ya?

      Delete
    4. pengin tau nya biasa apa banget mas ?hehehehe

      Delete
    5. Pengen tau Wonder Woman suka KLEPON apa tidak

      Delete
    6. kalau suka klepon berarti sering-sering datang ke cilebut nih

      Delete
    7. boleh kita serbu secara berjamaah

      Delete
    8. nih dia ide yang mantap. yuk kita serbu...

      Delete
  3. Wah tentunya buat mas agus hal ini sangat menyenangkan ya, bisa berenang sambil bercanda ria dengan si buah hati mas agus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya senang liat bang Agus berenang sama anak anak

      *serenada Blogger yang blum bisa berenang

      Delete
    2. saya memang masih anak-anak, dan saya senang bermain dengan anak-anak.
      hehehehe

      Delete
    3. Wah kita ABG. WEah kompak donk ye

      Delete
    4. salim dulu sama sesepuhnya abegeh

      Delete
    5. terus yg jadi kakek siapa klo semuanya ngaku muda?

      Delete
    6. yang jadi kakek yang jelas yang sudah aki-aki, cak bud

      Delete
    7. dan siapakah aki-aki itu? ada nominasinya gak ya

      Delete
    8. Wah tadi saya ngeklik BANNER IKLAN di atas. Soalnya saya pikir tadi BANNER buatan Bang Agus. Girl game. Gambar kartun sih tapi semi dewasa. Ada two piecenya. Ada Kissingnya. Semua ANimasi atau kartun. Saya pikit itu BANNER buatan dan kreasi Adobe Bang Agus. Eala nda taunya Iklan (adsense). HHIheihiehiehehehiehiehiehiehiehe. Nambah EARNING ya hahahahahhahahaa

      Delete
    9. haduuuh.........jadi malu nih konangan kang asep...hehehe kang asep tau sendiri kan kalau sering-sering klik mah tidak baik, hehehehehehehehehehe

      Delete
  4. Imut-imut anaknya.....suatu kebahagiaan rasanya bermain bercanda bersama keluarga khususnya buah hati pada saat free

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berkat kerja sama yang baik ayah dan bundanya sehingga hadirlah buah hati yang imut imut dan lucu lucu. *parno nda ya

      Delete
    2. terima kasih jeng indah...emang kalau free itu paling enak, kalau tendagannya melengkung bahkan bisa jadi goaaaaal...

      kerjasama satu dua di muka gawang tentunyah...

      Delete
    3. wah wah kalau sudah ser ser serrr. Gini ... enaknya sama mas Rawins
      Pakar "seru" kita

      Delete
    4. pakar ganti olie dan pakaar espegeh

      Delete
  5. jarang banget renang pak, paling males kalo disuruh renang tuh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena tidak bisa renang atau memang kebiasaan males mandi ?
      heehe

      Delete
    2. Kalau saya rajin Mandi, tapi Belum Bisa Berenang

      Delete
    3. jadi renang sambil bawa batu ya

      Delete
    4. ini mau membangun kolam renang apa mau renang sih kang ?

      Delete
    5. yuk kita berpegangan biar tidak bingung

      Delete
  6. haha.. kenapa badannya disensor pak?

    saya sudah bertahun2 tidak renang, jadi lupa caranya berenang, mungkin pak agus bisa ngajarin saya? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena badan saya berotot mas, kotak kotak gitu lhooo..bukan buncit lho ya..
      saya bisa mengajari renang, cuma kalau tenggelam saya tidak mau tanggung jawab ya...
      hehehe

      Delete
    2. Saya ajari berenang juga ya. Tapi siapkan dulu Pelampung dan Baywatch girlnya yang sekseh sekseh. Pasti semangad dah

      Delete
    3. kalau itu saya juga mau.......

      Delete
    4. Jangan ah. Kalau saya berjemur cewek cewek pada histeris nanti
      Pada gemas nanti.

      *gemas mau nimpukin

      Delete
    5. tenang aja, saya berjemurnya pakai jas hujan yang two piece kok kang, aman deh

      Delete
  7. lucu banget badannya di sensor cat biru gitu... hhahahaaa...

    baguslah kalo hayyu nya senneg, kadang2 aku liat anak kecil pas di cemplungin emaknya di kolam renang, dia malah nangis kejer ketakutan liat air banyak gitu. berarti hayyu cukup berani yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah itu menjadi awal yang baik mbak..Hayyu seneng dengan air, asal jangan main air liur aja deh

      Delete
    2. Kalau main Kecup Basah nda apa.
      Beneran deh

      Delete
    3. nanti merah semua bibirnya, lha yang di kecup tembok

      Delete
  8. mungkin badannya disensor karena terlalu berotot ya pak, hehe

    berengnag juga termasuk sunnah rosul pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan itu, tapi jadi ketahuan pake pelampung bebek juga,
      hehe..

      Delete
    2. healaaah....lha wong kolan sak dengkul masak pakai pelampung gulu sih..
      hehehehehe

      Delete
    3. Biar nda cepat tenggelam biar nda bisa berenang, saya rekomendasikan diikat aja pake tambang di kedua kaki atau tangannya. Jadi kalau kelelep bisa MANDIRI menyelamat diri sendiri. Keren kan

      *pengalaman tenggelam 2 kali

      Delete
    4. kalau pakai tambang (tali) apa tidak repot renangnya

      Delete
    5. Ya gaya aja biar dibilang berenang

      Delete
    6. lebih enakan lagi kalau berenag di air yang butek kang, tidak kelihatan kalau dangkal..hehehe

      Delete
    7. tapi jangan ambil kesempatan untuk mencubit yang setipis silet

      Delete
    8. Yang ada renda rendanya itu khan

      Delete
  9. siip Mas. emang bener banget tuh, anak2 harus diajarin renang.
    biar nanti kalo dia mimpi tenggelam, bisa menyelamatkan diri. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar nanti kalau ketemu empang yang banyak ikannya, bisa ikut meramaikan cari ikan dan tidak klelep

      Delete
    2. @zachflazz : Kalau anak anak diajarin berenang. Kalau ABG Diajarin BBM an ya.
      Kalau para orang tua diajarin apa donk

      Delete
    3. diajarin ngeblog aja deh, biar ketemu dan komen-komenan sama kang asep

      Delete
    4. saya aja sampai kuwalahan menghadapi serangan kan asep, kapan saya mau nyerang lha saya diserang terus je

      Delete
    5. tunggu Kang Asep lengah Mas, baru serang balik.

      Delete
    6. serbuuu...eh komandannya siapa ya

      Delete
  10. Kemarin saya juga baru berenang nih, tapi masih belum bisa semuanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau gitu pasti bisa gaya dada kan, sambil dada dada

      Delete
    2. Kalau wanita berenang pake Gaya Dada
      Hmmm. ooops. Nanti bisa kena sensor komen sayah

      Delete
    3. gaya dada ya gak papa tho..sambil melambaikan tangan...dada semua nya

      Delete
    4. wuaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaahaahahahhahahaaa

      Delete
    5. bisanya cuma gaya punggung mas, hahaha

      Delete
    6. berarti memunggungi penonton kan ?

      Delete
  11. masih kecil sudah belajar berenang, udah gede tinggal pinternya...

    ReplyDelete
  12. kalo hulk badannya hijau, kalo mas agus badannya biru...berarti superman ya..? :D
    aku juga dah lama ga berenang, sekalinya berenang badan pada sakit semua...hehehe..tapi sekarang agak menghindari berenang aku....takut item...hahahaha :(

    berenang dalam mimpi aja dah.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo biru harusnya "Superblauw" Mbak.

      Delete
    2. kalau saya mampir ke kolam renang bukannya nda mau berenang. Mau sih tapi kedalaman 1 meter aja ya. Soalnya tinggi saya cuma 1.58 CM. Keren kan Tidak tinggi hiehiehiehiheieee

      Delete
    3. saya awalnya juga takut item kok mbak, tapi dasar saya sudah item kenapa harus takut, hehehehehe
      itu super bladus deh kayaknya. 158 berarti kolamnya 1 meter sedangkan airnya cukup ketinggian 50 cm saja kang , biar aman

      Delete
    4. kalau ketinggian 50 cm kelihatan ubinya dong?

      Delete
    5. Tinggian aku dari kang asep ya..? Hehehe..

      Delete
    6. saya 168 mau daftar tentara eh tidak keterima, hehehehehehe

      Delete
  13. mas Agus badannya dilumuri sabun wing ya? kok jadi berwarna biru kayak gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sabun gosok untuk korah korah, lha emange badan saya ini korahan to piye? hehehehe

      iklan dan ikan itu beda jenis ternyata

      Delete
    2. Cuma neneknya memang sama sama nenek

      Delete
  14. yang bawah hayyu sudah mulai katu'en ya mas,
    berhubung sudah ada Hayyu kalau ke kolam renang biasanya dulu tidak ketinggalan kekere yo mas hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..kelihatan ya mas..kasian kan...
      yang jelas tidak bias lirik sana sini secara terang-terangan..
      halah...

      Delete
  15. klo sy boro2 pak ngajar org berenang, sy aja gk bisa berenang.., serius lho..!

    itu dada bagus ko dicoret2?, takut di tegur KPI ya hehe.., *bercanda

    ReplyDelete
    Replies
    1. KPK dong. kan dikira korupsi dada.
      halahh

      Delete
    2. takut di obrak sama pentungan mas, hehehehehe
      kalau ketemu orang kpk pasti malah diajak berenang bersama

      Delete
  16. Replies
    1. Kalau nda disensor akan menimbulkan Gairah
      Beneran deh

      Delete
    2. badan saya kan kotak2..tapi krempeng, hehehehe

      Delete
    3. bukan sixpack tp onepack wuekekekekek

      Delete
    4. Padahal jangan di sensor pak agus :) biar keliatan lebih greget wkwkwk :D.

      Delete
    5. sevenpack aja deh biar banyak, kalau tidak disensor nanti bahaya

      Delete
  17. Jadi inget waktu ngajarin Zidan berenang, pas pertama kali nyemplung di kolam dia nangis ketakutan.. tapi lama kelamaan malah gak mau udahan... hehe

    Berenang memang bagus buat pertumbuhan anak mas Agus..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..ketagihan ya mas,...malah bapak e yang jadi kademen..hehehe

      Delete
  18. wah keren mas, masih nyempetin waktu untuk ngajari renang si buah hati,, keren mas perlu diteladani

    ReplyDelete
    Replies
    1. aslinya bapaknya yang pengen lihat orang renang pak, hehehehe

      Delete
  19. wah itu kenpa di sensor mas badannya.. padahl kan badan mas agus sudah mirip elemen hhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. takut menyaingi mas nady dong aah...hehehehhe

      Delete
  20. Jadi teringat waktu kecil :') saya selalu di ajar berenang sama bapak saya :'( tapi sekrang bapak pergii :'( pergi yang jauh sekali. Tapi bapak saya sudah kembali lagi dan habis futsal hehe :)

    Jujur pak. nama bapak saya Agus Setiawan beda dikit sama pak agus setya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah saya belajarnay otodidak mas, hehehe...beda dikit tapi beda makna ya mas, hehehe

      Delete
  21. tu badanya ketumpahan cat ya mas

    ReplyDelete
  22. anaknya renang naik bebek. trus, bapaknya renang naik apa tuh?
    mungkin naik katak kalee ya..xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. bapaknya numpaki katak menahan amarah..

      Delete
  23. anak di usia dini lebih cepat menangkap cara berenang..bila dibandingka usia dewasa... :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dewasa suka tidak konsen lihat yang setipis silet

      Delete
  24. Rosulullah juga menganjurkan untuk mengajari anak-anak kita untuk berlatih berenang, memanah dan naik kuda mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah ada benarnya ya mas, asli saya baru tahu lho mas

      Delete
  25. Rosulullah juga menganjurkan untuk mengajari anak-anak kita untuk berlatih berenang, memanah dan naik kuda mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah ada benarnya ya mas, asli saya baru tahu lho mas (v.2)

      Delete
  26. selamat malam Mas Agus, boleh tanya Mas, boyok itu Artinya Apa ? Apa itu bahasa Jawa yaa ? waah saya paling tidak tahu Mas kalau bahasa Jawa

    ReplyDelete
  27. Selamat yah mas setya dah berapa tahun Anaknya :D ,, emg harus di ajarin hal positif lainya baik untuk pertumbuhan

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah 17 bulan kok mas, kalau diajarin negatif gimana mas

      Delete
  28. wah lucunya >3<)
    kalau saya pasti udah ngacir duluan entah kemana hahaha

    ReplyDelete
  29. imut dan cantik sekali anaknya... itu mas agus pakai biru - biru kenapa coba... keren nih sambil belajar jalan di barengi juga belajar berenang, lebihkeren lagi tiap hari tuh mas ke kolam renang wisatanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau tiap hari, habis uang belanjanya mang, hehehe
      dikasih biru biru karena takut ketahuan kang lembu nanti di lempar ubi

      Delete
  30. Guru Renang Belajar Kursus Les Privat Semua Gaya Berenang Pelatih Renang Profesional Jakarta 081286606678, 081286608678 GURU RENANG JAKARTA

    Anda pengen mahir berenang? Siap melatih renang bagi siapapun untuk umur berapapun. Team Pelatih Renang Kami siap memberikan Les Privat Renang Di Kolam Renang Apartemen Jakarta Pusat, Apartemen Jakarta Barat, Apartemen Jakarta Timur, Apartemen Jakarta Utara, Apartemen Jakarta Selatan.

    Bagi Anda yang memiliki Anak, segera pastikan Anak Anda dapat berenang. Dengan renang akan membuat stamina Anak kuat dan pertumbuhan badan meningkat pesat. Serta tentu akan melatih kepercayaan tinggi. www.gururenang.com
    Untuk Anda yang sudah dewasa atau beranjak tua. Jangan takut, tidak ada kata terlambat. Dengan melatih olahraga renang, otot otot tidak akan kaku dan mencegah Syaraf kejepit. Saya siap melatih renang bagi siapapun Anda dengan ketentuan sbb:

    - Paket Renang 6x Pertemuan Untuk 1 Bulan Rp 1 Juta atau Rp 150rb Per Pertemuan Di Kolam Renang Jakarta.
    - Satu sesi belajar renang kurang lebih 1,5 Jam.
    - Pembayaran dibayar dimuka.
    - Biaya belum termasuk Tiket masuk ke kolam renang.
    - Terima Kursus Private Satu orang, atau Semi Privat lebih dari satu orang.
    - Siap untuk melatih renang dimanapun Anda berada di Jakarta.
    - Kolam Renang bisa Anda yang pilih, atau bisa juga tempat kolam renang berdasarkan masukan dari saya.
    - Jadwal belajar Renang bisa ditentukan berdasarkan kesepakatan dua belah pihak.
    - Siap melatih bagi Anda yang belum bisa renang sama sekali, atau bagi Anda yang bermaksud untuk memperlancar setiap gaya renang.
    - Siap melatih Renang Gaya Dada/Breaststroke Swim, Renang Gaya Bebas/Freestyle Swim, Renang Gaya Kupu Kupu/Butterfly Swim, Renang Gaya Punggung/Backstroke Swimming. Tergantung minat Anda.

    Ayo, segera hubungi HP/WA di 081286606678. Saya sebagai perenang yang telah menguasai renang dari umur 5 tahun sampai sekarang aktif di Kompetisi Renang umur Senior, siap melatih Anda untuk dapat percaya diri berlatih olahraga renang.

    WWW.GURURENANG.COM siap juga menerima Kursus Belajar Renang untuk Pelajar Sekolah SD, SMP, SMU secara kelompok yang dapat dikerjasamakan dengan seluruh Sekolah baik Negeri/Swasta di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Timur.
    Team Guru Renang di www.gururenang.com siap memberikan Les Privat Kursus Renang dengan Pelatih Renang/Swim Coach Pria Wanita berpengalaman untuk di Kolam Renang Umum Jakarta seperti di Kolam Renang Jakarta Pusat, Kolam Renang Jakarta Barat,Kolam Renang Jakarta Selatan, Kolam Renang Jakarta Timur,Kolam Renang Jakarta Utara. PELATIH RENANG JAKARTA

    ReplyDelete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh