Home » , » Anak Usia 15 Bulan Belum Bisa Jalan

Anak Usia 15 Bulan Belum Bisa Jalan

Anak Usia 15 Bulan Belum Bisa Jalan

Usia memang tidak menjamin perkembangan motorik anak. Buktinya anak saya usia 15 bulan belum bisa jalan, malah lancar berbicara terlebih dahulu. Saya sendiri sempat khawatir dengan keadaan ini apakah ada kelainan terhadap Hayyu anak saya. Maklum, baru pertama kali mempunyai seorang anak dan kami (saya dan istri) sangat menyayanginya. Atau istilahnya saya menjadi bapak anyaran (baru menjadi bapak) bukan gendeng anyaran (baru menjadi orang konslet).

Saking sayangnya kami, Hayyu selalu digendong terus, intensitas antara di taruh di lantai dengan digendong lebih banyak digendongnya. Mungkin ini juga menjadi salah satu penyebab anak usia 15 bulan belum bisa jalan. Saat umur 8 bulan seharusnya intensitas menaruh Hayyu di lantai dilakukan sesering mungkin, karena eman, hal ini tidak kami lakukan. Bisa juga yang menjadi penyebab anak usia 15 bulan belum bisa jalan karena faktor keturunan, ya dari pendahulunya ada yang mengalami keadaan seperti Hayyu.

Asumsi berikutnya, saat Hayyu umur 10 bulan, kami menggunakan alat bantu buat berjalan nama kerennya "apolo". Katanya, hal ini tidak di benarkan karena tidak merangsang anak untuk berjalan sendiri melainkan menggantungkan pada dudukan atau tahanan yang ada di apolo. Berbeda jika di tuntun untuk berjalan dengan tumpuan kaki sendiri. Itu semua hanya asumsi, karena kami tidak begitu paham dengan ilmu medis.

Saat hayyu umur 11 sampai 15 bulan, istri saya malah semangat menuntun Hayyu dengan harapan bisa berjalan sendiri.  Hasilnya alhamdulillah ada perkembangan motorik pada kaki Hayyu. Bisa berdiri sendiri, namun belum berani untuk berjalan. Bahkan jangkauan istri saya menuntun Hayyu pun lebih dari 200 meter.

Anak usia 15 bulan belum bisa jalan

Semakin hari saya semakin yakin jika Allah memberikan perkembangan yang berbeda pada tiap anak. Hayyu belum bisa jalan, tapi sudah bisa berbicara "ichi-ichu", "cicak", "apak" maem, mimik, mbah, dsb. Kami sebagai orang tua hanya berusaha untuk mengantarkan Hayyu agar perkembangannya normal sesuai tahapan perkembangan bayi, namun diatas sana, sudah ada yang Maha Segalanya, Allah Subhanahu wata'ala. Sempat sewot juga saat saya menuntun Hayyu di jalan depan rumah, ada sepasang keluarga nyeletuk dan saya dengar, anak ini usia sekian belum bisa jalan.

Kini Hayyu sudah berusia 16 bulan dan sudah mulai bisa berjalan 2-4 langkah. Alhamdulillah.

91 komentar:

  1. tos dulu Dik Hayyu....!!! Zaki juga baru bisa jalan usia 1 tahun 4 bulan, atau 16 bulan Pak Agus.

    # ngejar pertamax

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah pertamax ada di tangan, sekarang lanjut komen.

      # eh mau ngomong apa ya, malah lupa...

      Delete
    2. tos sama mas Zaki dulu..hehehe...saya sempat khawatir dengan perkambangan Hayyu lho mbak, ternyata itu normal normal saja. hehe

      silakan leyeh leyeh dulu, sembujung atau sendukul di bawah pohon mangga..hehehehe

      Delete
    3. TOS nya apa saja coba, kudu di patuhin tentunya

      Delete
    4. TOS nya bukan TOS peraturan mas.. tapi. Tos pake jidat hehehe

      Delete
    5. jalan dan bicara kenapa ya selalu berbanding terbalik..?
      anak-anak selalu cepet kalo urusan jalan. rata rata usia 10 bulan udah bisa lari. setaun dah pinter manjat pager. tapi soal ngomong umumnya baru berkembang di usia 2 taun.
      gara-gara waktu bikin lebih banyak pecicilan ketimbang bersuara kali ya..?

      Delete
    6. berarti saya kalau bikin lebih banyak ngomong dong mas..
      ah elaaaah....
      hehehehehehehe

      Delete
  2. perkembangan setiap anak tentu berbeda beda as, ada yang 12 bln sudah bisa jalan,namun ada pula yang 2 thn baru bisa jalan

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah info ono juga melegakan saya mas, berarti memang normal demikian adanya.

      Delete
    2. Alhamdulillah nambah pengetahuan untuk persiapan nanti :)

      intinya jangan dulu panik ya kalau perkembangan anak dirasa tak sesuai umur, karena semua pasti punya proses yang berbeda-beda

      Delete
    3. Nyimak saja deh. Kapan ya saya punya anak..?? Siapa ya calon ibu dari anak anak saya hehehe

      Delete
    4. sayakan cowo kang, ngga mungkin...saya kan ngga bisa hamil....cari yang laen azh ya

      Delete
    5. emang kita kita cowok apaan.....ih.

      Delete
  3. Bismillah, Hayyu..jadi anak baik ya Nduk, sehat-sehat dan jangan rewel ya... mamanya baru sibuk, semoga Adik pinter diajak kerja sama...

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah , puinter mbak, kalau Bapak e lagi kerja salim dulu dan tidak menangisi / klayu, begitu juga saat ibuke ngajar juga tidak klayu, tapi kalau sudah sampai rumah, bermain bersama dan ada sedikit ngalem.
      hehehehe

      Delete
    2. bapaknya suka nambahin kesibukan ibue sih...
      siang cape ngajar, eh malemnya cape dihajar
      hahah...

      Delete
    3. jangan bilang dihajar atuh...kesannya preman banget gituh...lebih halus kalo bilang DITAMPOL...lebih mesra kesannya teh...

      Delete
    4. hahahahaha........kalau bahasa saya..DISAMBLEKI..
      hahahaha

      Delete
  4. ternyata sama dengan anak saya sudah 15 bulan baru menyuk-menyuk, mungkin karena anaknya licik (kurang berani), tapi anak tetangga saya bahkan 18 bulan baru berjalan

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul cak madi, Hayyu ini mungkin trauma pernah belajar berjalan dan terjatuh jadi takut untuk berjalan lagi, tapi saya stimulus terus agar berani berjalan sendiri

      Delete
  5. saya belum punya anak mas , ,mungkin kalau nanti saya punyak anak (istri aja belum :D) ,ada yang perlu saya pahami dari postingan ini ,
    saya gg tau mo ngomong apa,salam kenal mass , ,

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga mas lupa nama, baiklah..memang tidak perlu memaksa harus komen apa, jurnalnya saja tidak jelas arah nya..
      hehehe

      Delete
    2. Salam kenal juga deh.. tapi gimana kenalannya lhawong mas nya saja lupa nama hehehe

      Delete
    3. kita-kita manggilnya apa dong? masa Mas Lupa?

      Delete
    4. yang penting jangan lupa bikin eh punya anak...

      Delete
    5. kalau keanak dan cara buatnya ngga akan lupa, yang suka lupa itu ke cetakannya kang

      Delete
    6. katanya ..lupa bentuknya ingat rasanya..
      healaaaaaaaaaah...
      hahaha

      Delete
  6. memang sangat menghawatirkan pak, saya pun punya keponakan ya baru kemarin ultah satu tahun, keliatan sekali si bocah malas untuk belajar mapah haha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas jocker, malas belajar berjalan tapi saya dan istri saya menstimulus agar berani berjalan dengan lancar.
      didoakan saja mas.

      Delete
    2. saya ajarin donok mas.. ajarin cari wanita hohohoho

      Delete
    3. gampang kok mas, kalau ada wanita ajak kenalan, yang lebih ekstrem lagi, ajakin nikah.
      nanti pasti dapat bonus gaplokan

      Delete
  7. kalo menurut saya dan denger denger dari medis itu apabila anak balita yang lebih dulu lancar berbicara itu anak yang pintar dan suka ngomong sob, tapi ngomongnya lebih terjaga

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga aja demikian mas wahyu...jika memang pintar bicara saya akan menjaganya supaya berbicara yang baik baik. bertutur kata yang lembut dan sopan santung terhadap orang yang lebih tuwaaaaaa...

      Delete
    2. hiyah...setujuh sama kang X, menurut penerawangan m'bah juga...biasanya gituh...kalau kata orang sunda mah "calakan"

      Delete
    3. iya Mbah Hadi...wah, kalau para sesepuh pasti sudah mahfum betul ya...nggak kaya kita-kita bapak atau ibu anyaran

      Delete
    4. anak mah liat liat bapaknya lah
      kalo hayu apa zaki kalem, sangat dimaklumin
      tapi kalo si ncit apa geo yang kalem, itu mah perlu dipertanyakan hahaha..

      Delete
    5. emang seh...bungsu biasanya plek-plek semua tumpahdari bapaknya.

      Delete
    6. hahahaha..berarti saya harus ngebut bikin adiknya hayyu lagi?
      hahahahaha

      Delete
  8. saya memaklumi rasa was-was orang baru...tapi tenang saja, emang gituh kale...anak cewe emang rada suka bikin was-was, sayah juga anak2 lagi masih seumuran hayu, sama begituh...tapi beranjak gede...semua berjalan normal...alhamdulillah...itu sebenrnya nyruh orang tua sianak untuk terus merhatiin dan berdo'a selalu setiap saat untuk anak2nya...gituh sebebrnya mah mang....mungkin....tapi hiyah seh kata pak ustad juga gituh....beneran mang gituh

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti yang didoain si teteh doang ya, mang..?
      geo sama troy engga makanya ga ikutan ke ibunya :D

      Delete
    2. baiklah kang..saya lakukan apa yang kang lembu bilang, soalnya kang lembu memang sudah berpengalaman.

      iya kan keuntungan buat kang lembu, kalau geo troy gak ikut ibunya, berarti kesempatan dong buat kang lembu..
      asik asik..hanimoon.....coyyyyyyyy

      Delete
  9. setiap anak berbeda-beda memang... jgnkan dg anak org lain, yg se-merk aja beda, contohnya kedua anak saya. Zaki 11 bulan sdh ngomong, Daffa, skg 1.5 th ngomongnya br cak (cicak, mksdnya), meong, bebek... (lah kok kewan2 tok?)

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti mas pri banyak ngingu kewan di rumahnya, kan menirukan apa yang ada disekitar. hehehehe

      Delete
  10. Pengalaman mas agus ini bisa saya jadikan pegangan kedepannya...terima kasih mas sudah share pengalamannya...jadi mungkin nanti tak akan terlalu kaget juga kalau misal terjadi seperti ini pada anak saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah kalau mas ws mengambil pelajarannya, semoga anaknya sehat dan tumbuh normal menjadi kebanggaan orang tua

      Delete
  11. gak usah khawatir pak, dulu nisa juga 14 bulan lebih kog, setiap anak mepunyai kemampuan motorik yang berlainan pak....
    selamat di hayu udah bisa jalan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah mbak is..saya seneng dan ternyata itu normal ya mbak..
      hehe..
      maklum bapak anyaran..

      Delete
  12. Memang gitu biasanya mas... kalau cepet jalan, bicara yang telat. Nah kalau cepet bicara, jalannya yang telat... alhamdulillah.. anak saya 9 bulan udah jalan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tuh kan hebat banget kan...
      semoga sehat untuk anak mas anto..

      Delete
  13. Kalo kata orang tua mah kalo seorang balita sudah cukup umur tapi blom bisa jalan berarti balita tersebut biasanya lebih dulu bisa belajar ngomong begitu juga sebaliknya,tapi gak tau juga deh termasuk mitos apa bukan tuh? Yang penting sebagai orang tua terus berdoa dan terus melatih si anak kalo dari perhitungan umur sudah seharusnya belajar jalan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. baik mas marnes saya pertimbangkan sarannya, masuk otak ..hehehe

      Delete
  14. pelajaran nih buat calon ibu, mendingan banyak ditaruh di lantai ketimbang beli alatnya.. lagian alatnya juga mahal toh, hihi emang bagusan yang alami :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak , sekarang malah tidak kepakai alatnya..hehehe
      kalau begitu cari calon bapaknya dulu

      Delete
  15. kalau kata orang tua dulu memang betul kok ,anak jika lincah bicara duluan jalannya akan lambat/telat dan berlaku sebaliknya. Itu pertanda bahwa ilmu tidak bisa dijalankan secara serentah. pasti ada tahapan antriannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. baiklah om Dj , hati jadi adem dan ayem mendengar pendapat dari rekan rekan

      Delete
  16. Sebagai orang tuwa normalnya memang khawatir was was jika begitu situasinya namun setiap anak sendiri sendiri perkembangannya. Asal jangan berlebihan saja kekhawatirannya tantunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau berlebihan nanti jadi stress ya kang ?

      Delete
  17. Emang usia normal anak berjalan berapa mas..?? Wah anaknya mas agus si hayu mungkin calon jubir mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. normalnya satu tahun sudah bisa jalan mas, mungkin juga mas..semoga aja yang baik baik deh mas

      Delete
  18. alhamdulilah ..
    wah hayuuu udh gede ya skrang :*

    oia ngomongin soal itu, aku juga dlu mah jalannya lama mas .
    hhaahha tapi ga ngaruh udh gedenya,,

    ReplyDelete
  19. Tuh Sii mas Alhamdullilah Sekarang Mah udah Mulai Bisa Jalan hehe saya Sempet Kaget Tadi Pas Baca Artikelnya mas yang Ternyata Yang Belum Bisa Jalan Itu buah hatinya Pak agus Toh :/ hmmm ... kasian dan Semoga Perkembangan Jalannya Buah Hati pak agus Terus Lancar sampai Bisa Jalan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, terima kasih doanya mas, suwun banget mas..

      buah hati cinta dong

      Delete
  20. mas, pengalaman banyak menunjukkan, bahwa anak-anak yang lambat jalannya, dia mengalami perkembangan pesat di pikirannya. berani taruhan, kelak Hayyu bakalan pinter. Insya Allah. Aamiin. Saya berdoa, semoga pinter tenan besok ya Nduk, Pakdhe sembur doa dari sini!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. umumnya emang gituh....saya setuju banget dengan kang zach....tumben ya, komentar kang zach berisi...?!

      Delete
    2. alhamdulillah ,terima kasih pak dhe...
      terima kasih untuk doanya pak dhe pak dhe diatas...
      sejuk sekali

      Delete
  21. Bersyukurlah selalu mas agus karena Allah akan menambah nikmat untuk mas agus dan keluarga, Insya Allah...
    Jangan hiraukan perkataan negatif orang karena hanya kita sendiri yang merasakanya, bersyukur dan sabar adalah obatnya...
    Saya sangat menyukai artikel ini karena telah mewakili perasaan saya...
    Saya sangat sependapat dengan sahabat zachflazz

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah , saya bingung awalnya dan ternyata banyak teman yang mensupport,
      indah banget kan ?
      hehehe

      Delete
  22. Alhamdulillah ya mas ssudah mulai jalan walo satu dua langkah, asumsi-asumsi yang disampaikan diats mungkin ada benarnya juga mas, sering di gendong kadang tidak merangsang motorik anak karena kurang gerak

    Dan kadang tiap anak itu berbeda beda kok mas, ada yang 1 tahun sudah bisa jalan, kadang juga lebih, kalo menurut saya jika belum 2 tahun kayanya masih normal mas, anak saya yang kedua sudah 16 bulan dan sudah bisa lari2 meskipun kadang jatuh...semoga selalu sehat keluarganya mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah terima kasih berbagi pengalamannya mas, dan terima kasih atas doanya.
      doa yang sama pula semoga keluarga mas muro'i sehat selalu

      Delete
  23. emang biasanya suka kebalik ya mas..
    yang bisa ngomong duluan biasanya jalannya telat, dan yang bisa jalan duluan ngomongnya telat.. lha ponakanku dulu 3 tahun lebih masih bahasa planet koq..aneh..
    tapi temenku malah anaknya belom jalan lempeng tapi ngomongnya udah jelas malah kayak orang dewasa..hihihi..jadi lucu dengernya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih lucu lagi yang nulis komentar nya....hiyaaaaaelaaa

      Delete
    2. heyalaahh...koperboi mulai melancarkan serangam maut...

      Delete
    3. Kemarin preman sekarang koperboi besok apa lagi ya?. He..

      Delete
    4. sekarang jadi ustadz dulu mang, libur jadi preman

      Delete
  24. Yang terpenting kita tetap semangat, bukan siapa yang duluan, namun bila semuanya akan merasakan hidup normal, maka bila sudah saatnya pun buah hati kita juga dapat melakukannya ko Kang, yang penting tetap semangat dan yakin. Tidak ada yang aneh ko.


    Salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali kang, jadi tetap semangat dan serahkan pada yang di atas.

      Delete
    2. saya jg sama dengan mang yono, anak kita seumuran tapi perkembangan belakangan..
      semoga normal semua.
      terima kasih pak indra.

      Delete
  25. Betul mas tiap anak berbeda, anak sayah juga si sulung bisa jalannya umur 2 tahun, dari lahir matanya merem terus sampai 2 minggu, tapi sekarang Alhamdulillah gak apa - apa, nah anak saya yang kecil umurnya sama dengan Hayyu 16 bulan, sekarang belum bisa jalan, dan dulu khawatir kata dokter kalau yang di rawat di ruang Iccu kemungkinan mengalami kebutaan tapi sekarang Alhamdulillah bisa melihat normal, tapi ada laginih anak sayah' gigin' berbicara juga belum , memang sih keluarga atau saudara sayah ada yang bisu, tapi saya berdoa deh moga gak seperti yang di khawatirkan, kalau terjadi ya terima aja dengan lapang dada.. Betul tidak?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga saja sehat normal semuanya mang, saya turut mendoakan semoga gigin sehat dan tumbuh dengan normal tanpa kurang satu apapun.

      Delete
  26. Balik lagi kesini di postingan baru sayah kok ndak bisa masuk komengnya mas, pasti di gembok ya? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak digembok mang, tapi memang aneh kok...sekarang sudah bisa mang, tenang aja tidak ada yang gembok. hehehe

      Delete
  27. Replies
    1. terima kasih sudah berempati, jadi pelajaran buat kami sekeluarga mas.

      Delete
  28. Anak sy pun usia setahun 3 bulan bru bole jalan

    ReplyDelete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh