Home » , » Daftar UMK di Jawa Timur Terbaru

Daftar UMK di Jawa Timur Terbaru

Daftar UMK di Jawa Timur terbaru merupakan hasil keputusan dari Gubernur Jawa Timur pada tanggal 20 November 2013. Saat penetapan daftar UMK di Jawa Timur tersebut dibarengi dengan demonstrasi oleh kaum pekerja. Mereka terpusat di gedung negara Grahadi, Surabaya. Masa merupakan sekelompok pekerja dari berbagai daerah termasuk daerah gerbang kertasusila yaitu Mojokerto, Pasuruan, Sidoarjo, Gresik dan Surabaya. Mereka menghendaki kenaikan upah minimum kota yang telah ditetapkan beberapa bulan sebelumnya.

Penetapan UMK sebelumnya juga di barengi dengan demonstrasi besar-besaran sebelum kenaikan harga BBM dan kenaikan harga bahan pokok lainnya. Daftar UMK di Jawa Timur terbaru telah di tetapkan, masih ada dari kalangan pekerja yang tidak terima dengan besarnya UMK yang telah di tetapkan. Mereka tidak puas dengan penetapan UMK di berbagai wilayah di jawa timur.

Mengenai demonstrasi besar-besaran tanggal 20 November dan 21 November 2013, saya menyayangkan pemblokiran jalan basuki rahmat surabaya yang notabene jalan utama dalam kota. Efek dari pemblokiran tersebut, beberapa ruas jalan lain menjadi padat dan cenderung macet. Jika sudah macet, perekonomian seolah-olah tidak bergerak sama sekali. Mulai dari Pengiriman jasa angkut barang dalam kota dan luar kota, angkutan kota, bisnis antar jemput, pedagang pentol, pedagang ubi keliling dan lain-lain. Seharusnya aksi dilakukan dengan wajar, tertib tanpa mengganggu ketertiban lalu lintas dan hak orang lain. Kasihan Mas Priyono (ujungkelingking) yang pulang kerja harus terkena imbas macet terjebak di dalam kota surabaya. Entah sampai jam berapa lalu lintas mencair, sebab, saya bebas melenggang dengan kereta api rapih dhoho.

Berikut ini daftar umk di jawa timur terbaru yang telah di tetapkan oleh gubernur jawa timur :

No Kab/Kota Besar UMK
1 Kota Surabaya Rp 2.200.000
2 Kab Gresik Rp 2.195.000
3 Kabupeten Sidoarjo Rp2.190.000
4 Kabupaten Pasuruan Rp2.190.000
5 Kabupaten Mojokerto Rp2.050.000
6 Kab Malang Rp1.635.000
7 Kota Malang Rp1.587.000
8 Kota Batu Rp1.580.037
9 Kabupaten Jombang Rp1.500.000
10 Kabupaten Tuban Rp1.370.000
11 Kota Pasuruan Rp1.360.000
12 Kabupaten Probolinggo Rp1.353.750
13 Kabupaten Jember Rp1.270.000
14 Kota Probolinggo Rp1.250.000
15 Kota Mojokerto Rp1.250.000
16 Kabupaten Banyuwangi Rp1.240.000
17 Kabupaten Lamongan Rp1.220.000
18 Kota Kediri Rp1.165.000
19 Kabupaten Bojonegoro Rp1.140.000
20 Kabupaten Kediri Rp1.135.000
21 Kabupaten Nganjuk Rp1.131.000
22 Kabupaten Sampang Rp1.120.000
23 Kabupaten Lumajang Rp1.120.000
24 Kabupaten Tulungagung Rp1.107.000
25 Kabupaten Bondowoso Rp1.105.000
26 Kabupaten Bangkalan Rp1.102.000
27 Kabupaten Pamekasan Rp1.090.000
28 Kabupaten Sumenep Rp1.090.000
29 Kabupaten Situbondo Rp1.071.000
30 Kota Madiun Rp1.066.000
31 Kabupaten Madiun Rp1.045.000
32 Kabupaten Ngawi Rp1.040.000
33 Kabupaten Blitar Rp1.000.000
34 Kota Blitar Rp1.000.000
35 Kabupaten Ponorogo Rp1.000.000
36 Kabupaten Trenggalek Rp1.000.000
37 Kabupaten Pacitan Rp1.000.000
38 Kabupaten Magetan Rp1.000.000

Demikian daftar UMK di Jawa Timur terbaru yang dapat saya sajikan, mohon maaf jika beberapa hari ini saya tidak membalas kunjungan teman-teman, karena masalah sulitnya masuk url blog teman-teman. Bahkan saya tidak bisa melihat blog saya sendiri untuk membalas komentar. Terima kasih atas kunjungannnya.

89 komentar:

  1. Ketoke mas Agus bose serikat pekerja kereta api, apal masalah kereta api karo UMK sak Jatim

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya hanya pekerja biasa mas is..dan betul Hayyu dan Ibuke itu boss nya,,hehehehehe

      Delete
    2. kang agus Dewan Direksi nya kan?

      Delete
    3. saya hanya jongos kang...hehe
      subang kan ikut desanya mang yono

      Delete
    4. jongos harusnya pakek brengos seng ketel mas hehe..

      Delete
  2. jaman sy dlu msh 750.000

    tumben komen sy masuk urutan keduaxxx *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau keduax berarti dapat pertamax KW 2

      Delete
    2. biar saya sedot pertamax KW 2 nya deh...lumayanlah

      Delete
    3. buat ngisi tenaga ya kang? kayak hulek aja nih

      Delete
  3. Harga harga di luaran sudah naik. Kebutuhan sudah meningkat. Jadi wajar saja ada kenaikan malah harus segera dinaikkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. harga sudah naik duluan gaji belum tentu naik, nasib deh

      Delete
    2. yang sabar kang...toh ada tempat naik yang bisa bebas dinaikkin kapanpun akang mau naik kan?

      Delete
    3. Naik apaan tuh kang..? pasti naikin itu yaaa.. :)

      Delete
    4. naek jok C70, naek Kereta api dan....naek naek kepuncak gunung laah...

      Delete
    5. naik yang itu tuh , pasti deh pikirannya langsung ke jok c70..iya kan

      Delete
  4. Ngapain nama saya dibawa-bawa tuh, h-heee...

    tp benar, bhwa tujuan yg baik sdh selayaknya dilakukan dg cara2 yg baik. menuntut hak, boleh saja, tp jgn abai thd hak2 org lain...

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu saja simple ya mas. buat apa ribet ribet

      Delete
  5. besar jga d surabaya mas,,,,
    makasih infonya,,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. cukup besar mbak, karena besar itu relatif.
      buktinya para kaum pekerja tidak terima mbak, masih ingin lebih

      Delete
    2. siapa seh yang ngga pengen lebih..
      cuman ngga pingin kelebihan bisul...baru deh iyah

      Delete
    3. kelebihan bisul dan kelebihna ubi, siapa yang mau

      Delete
  6. saya sih mengidealkan semua karyawan bergaji di atas 5 juta. lha wong kebutuhan sekarang harganya melangit. nggak ada yang membumi, apalagi me-magma.

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi menggorong-gorong.enggak banget kan.
      hehe..semua tergantung dari kemampuang mengelola keinginan kok mas.
      yakin deh..

      Delete
    2. aneh dan tumben...saya ko' setuju dengan bapak-bapak diatas....aneh kan?

      Delete
    3. aneh juga, kenapa saya bisa berdamai dengan kang lembu

      Delete
  7. di Karawang dan Bekasi tu hebat Mas, lebih tinggi daripada Jakarta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin itu gerbang kertasusilanya ya mas.
      seperti gresik, pasuruan, mojokerto, sidoarjo

      Delete
    2. Bekasi itukan karena ada rumah ortu sayah....

      Delete
    3. halah........pasti deh kalau rumahnya langsung di belani

      Delete
  8. itu UMK kab malang sama kota malang kok malah tinggi kabupaten. logikanya barang kebutuhan hidup ditingkat kota dan kabupaten itu lebih tinggi di kota

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama halnya dengan kab mojokerto dan kota mojokerto, beda jauh ya pak. soalnya di kab mojokerto merupakan pusat industri, kebutuhan disekitar industri lebih mahal.

      Delete
  9. gaji naik sekian-sekian (menunjukkan tangan sejengkal)..
    harga-harga kebutuhan naik sekian-sekian.. (melempar batu pake' ketapel ke atas)

    ReplyDelete
  10. Mahal juga ya..emang nggak ada cara lain ya mas nego misalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nego kalau satu orang tidak akan di gubris mbak. hehehe

      Delete
  11. nice info sob,,,
    ternyata lumayan UMK nya dijember, hehe

    ReplyDelete
  12. sudah dapat diprekdiksi bahwa paling besar surabaya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. awalnya mojokerto minta 3 juta mas, tapi tidak di gubris.

      Delete
    2. itu namanya tuntutan ngawur mas

      Delete
  13. asik tuh yang kerjanya di surabaya UMK nya paling tinggi...lumayan sebagian bisa ditabung untuk bekal rehab motor C70 jadi trail.

    ReplyDelete
    Replies
    1. direhab jadi mobil off road bisa gak ya ...?

      Delete
    2. nanti salah salah jadi sepeda motor roda tiga..pakai gerobak pulak

      Delete
  14. Tentunya pemerintahan prov jatim punya hitungan sendiri tentang kebutuhan hidup layak makanya UMK di putuskan sekian sekian..
    Sayangnya dalam menghitung kebutuhan hidup tidak termasuk kebutuhan membeli rokok, sewa kontrakan, biaya sekolah anak, BBM de el el...
    Padahal semua itu melebihi apa yang di sebut dengan kebutuhan pokok,, bener gak yah.......

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum lagi yang punya istri lebih dari satu ya mas

      Delete
  15. kayaknya jaman skrg biaya hidup itu udh lebih dari 1 jt sob... kalo UMKnya pas di angka 1 jt, gimana itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 juta saya bisa hidup kok kang....tinggal atur aja. hehehe

      Delete
  16. Di Purwokerto malah masih dibawah 1jt Mas ... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. tuh kan,...dibawah 1 juta aja bisa hidup , iya kan

      Delete
  17. Jiahhhh
    Situbondo kok cuma segitu ya..
    kasian sekali kota ane

    ReplyDelete
    Replies
    1. pendapatan asli daerah mas...
      situbondo sebenarnya punya potensi besar, pasir putih dan tambang batu kapur

      Delete
  18. Replies
    1. saya tidak tau apakah kebutuhan disana mahal apa tidak, semoga saja cukup segitu ya mas

      Delete
  19. semuanya satu juta keatas ya mas, yang penting disyukuri, insaa Allah ga bakalan pada demo. Rizki Allah sebenarnya bukan dimana kita bekerja saat ini, tapi dari mana saja datangnya..betul ga mas.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mas, Ya Allah, jika rizkimu datangnya dari langit maka turunkanlah, jika datangnya dari bumi maka keluarkanlah, jika haram, maka halalkanlah, jika susah, maka mudahkanlah...
      betul begitu mas ?

      Delete
  20. rata - rata satujuta ke atas .... kalau sayah ikut daerah mana ya...Jakarta apa Subang ...

    blognya mas agus lagi ada pemadaman bergilir ya, sayah susah banget mas masuk ke sini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti mamang susah masuk karena mamang lupa pake sarung...hiyah kan?

      Delete
    2. saya kadang2 juga susah masuk blognya mas Agus, mungkin lupa digembok kali ya mang ..? apa mungkin lupa pake sarung kata kang Ci ?

      Delete
    3. nah itu dia yang saya keluhkan, tapi hari ini normal semua, berarti saya sudah tidak pakai sarung kan ya ?

      Delete
  21. wah lengkap nih mas, alhamdulilah dapat gaji segitu ya gan hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. dapat gaji berapapun tetap di syukuri mas, saya tipe orang pasrah aja deh...
      hehehe

      Delete
  22. kalau ini sih kurang tau mas, soalnya tgl di riau, tapi apa salahnya dibaca mana tahu suatu saat ada pergi ke jawa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar jadi pengetahuan aja deh mbak, hehehe

      Delete
  23. tetap, hanya kota besar yang pasti bayarannya lebih besar haha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. seharusnya surabaya kalah sama mojokerto, gresik, sidoarjo, pasuruan mas, karena itu kota penyangga.

      Delete
  24. wih enak banget ya jadi orang yang tinggal di jawa, sudah di siapain daftarnya sama mas agus hehehehe...

    saya tinggal di luar jawa mas, terus piye donk...? heehehehe oya kok ya maspriyono nya nggak di ajak naik kereta sama mas agus saja. biar sama sama melenggang kangkung nggak kena macet to mas....

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena tau saya cuma di jawa timur aja kok mas, kalau yang lain coba cari sendiri aja ya mas...hehehe

      Delete
  25. jadi pengen merantau ke surabaya
    UMK nya itu menggoda
    lebih tinggi dari daerah saya

    hmmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. mendingan merantau ke Cilembu..tinggal dirumah saya.
      bakal lebih tinggi daripada UMK di surabaya kale.....

      Delete
    2. percaya deh kalo mang Lembu yang ngemeng :p

      Delete
    3. kang lembu kok dilawan....banyak kerjaan disana

      Delete
  26. Wah Naik UMK naik Juga barang barang, Hampir Sama Aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. itulah efek dari kejar setoran mas, hehehe

      Delete
  27. yg diatas 2jt ternyata baru sedikit ya, malah ada yg cuma 1jt, mesti dicukup2pin

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus pintar memutar otak nih mas, hehehe

      Delete
  28. wah bakal yang banyak di phk dengan umk segitu :o

    ReplyDelete
  29. Siap siap mau kena PHK, karyawan kontrak, apes nih :)

    ReplyDelete
  30. Dafar UMK di Jawa Timur termasuk masih di bawah rata-arata dari kebutuhan Kang, Kalau mau dilihat dari letak geografis wilayah tersebut kan menjadi dalah satu pintu gerbang dari pelabuhan dan udara dan laut. Tapi sudah bagus lah pemerintah daerahnya berani menaikan dari nilai kemarin, walau pun masih kurang. Semoga tidak ada lagi perusahaan yang mengelak untuk memenuhi hak para pekerjaanya sesuai daftar kesepakatan yang telah di umumkan seperti hal ini.

    Salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin...semoga saja pak indra...namanya juga diatas kertas yang normatif banget. beda praktik dilapangan.

      Delete
  31. dapat dari mana data ini mas
    osi-osi ae mas Agus ini,
    jadi ngerti akhirnya UMK masing-masing daerah sayang di Malang kok rendah ya, salah paling mas hehe...

    ReplyDelete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh