Home » » Lokomotif CC 300 Test Run 2014

Lokomotif CC 300 Test Run 2014

Lama tidak menyentuh blog karena bosan, hari ini saya punya greget menulis lagi tentang lokomotif CC 300 test run 2014. Tanggal 26 Februari 2014 ada kabar jika lokomotif CC 300 yang baru di buat tahun 2014 melakukan test run. Rute awalnya dari Madiun menuju Surabaya kemudian menginap di dipo sidotopo baru siang harinya melakukan test run lagi menuju Malang dengan medan menanjak. Muncul pertanyaan begini, ditahun 2013 PT KAI sudah mendatangkan Lokomotif Baru CC 206 dari General Elektrik Amerika, saat ini tiba-tiba muncul lokomotif baru lagi.

Lokomotif Baru CC 300 ini murni buatan INKA, buatan anak negeri dengan kreativitas dan pemikiran desain dari anak Indonesia. INKA mampu mewujudkannya. Sebuah kebanggan yang patut diapreasiasi tentunya. Lokomotif CC 300 ini diberi nomor serti CC 300 14 01 dan CC 300 14 01 angka 14 (empat belas) menandakan tahun.

Lokomotif CC 300 merupakan lokomotif Diesel Hidrolik dengan mesin Caterpilar bertransmisi dari Voith serta kompresor dari Woojin Korea Selatan. Lokomotif CC 300 terintegrasi dengan pembangkit dengan genset dari Caterpilar juga sehingga tidak membutuhkan Kereta Pembangkit listrik jika digunakan menarik gerbong penumpang. Untuk boogie atau trucks murni buatan anak Negeri, PT Barata Jaya Indonesia.
Rangkaian test run Lokomotif CC 300 berangkat stasiun Gubeng pada pukul 10.35 dengan menggunakan dua lokomotif CC 300 atau duos CC 300 14 01 dan CC 300 14 02. Test run ini membawa 5 rangkaian gerbong inspeksi untuk pejabat PT KAI, serta 5 gerbong K3 Ekonomi dengan satu MP2 (kereta pembangkit dan makan bisnis). Rencananya untuk mengetes medan menanjak di track Bangil Malang kemudian balik lagi menuju Surabaya Gubeng untuk stand by di Dipo Lokomotif Sidotopo. Rencananya hari ini akan balik kandang lagi ke Madiun untuk evaluasi test run yang telah dilakukan.

foto lokomotif CC 300 14 02

test run lokomotif CC 300

Lokomotif CC 300 14 01
Nyegat Sepur test run

gambar lokomotif CC 300
KP 359 Bersama Lokomotif CC 300 14 01
Sebelumnya tahun 2012 Pernah di jalankan juga KLB test run lokomotif CC 300 12 01 tapi tidak ada kabar lebih lanjut tentang penggunaan dari lokomotif CC 300. Setidaknya saya bangga dengan PT INKA yang sudah bisa membuat lokomotif sendiri baik ditahun 2012 dan 2014. Lokomotif CC 300 test run 2014 lokonya ganteng seperti transformer.

36 komentar:

  1. Replies
    1. nah lho si mamang komplen...
      soalnya beliau KP 69

      *kesukaannya pake 69

      Delete
    2. KP359 = Kondektur sepur rapih dhoho jam berangkat 16.45, hehe
      kalau KP 69 saya juga mau mas..hehehe

      Delete
  2. Nah ini ni yang sangat membangakan lokomotif Karya anak Negri. Kalau dengar berita Negara ini Impor alat Transportasi suka mirish sama petinggi negri ini kenapa impor impor melulu dan tidak mengoptimalkan Potensi dalam Negri. Trans jakarta kabarnya Impor juga, Palin tidak Banyakkan Perakit Hebat di negri ini, Kenapa pula Impor yang jadi pilihannya. Semoga Sukses C300 dan semakin maju Ptensi dalam negri hingga berjaya Negri ini.

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. wah selamat mas mus dapat borongan kereta api hhhh :D

      Delete
  4. Saya yang ke dua
    Kereta baru yah Mas Agus, keren yah
    Kapan-kapan pengen coba naik Mas. makasih

    ReplyDelete
  5. Lokomotifnya masih kinclong, mudah mudahan ngak berkarat kayak busway yang baru :)

    ReplyDelete
  6. Membanggakan ya mas kalau anak negri sendiri bisa buat lokomotif....mau ikutan test lah kalau gitu

    ReplyDelete
  7. Nah, ini nek wes dirasani baru mecungul....

    Sibuk hunting poto kah? ^_^

    ReplyDelete
  8. selalu eksis dan narsis dengan model terbaru kereta apinya ya om :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pantesan hapal banget dan selalu mampu jeprat jepretin kereta api...wong Kepala stasiunne' jeh....huuh telat tau saya.

      Delete
  9. tumpang bahagia....loh hehehe
    maksudnya ikut seneng lah,atas prestasi anak bangsa yg mampu menciptakan lokomotif sendiri.

    ReplyDelete
  10. UDAH LAMA BANGET NGGA PERNAH MERASA BANGGA, malah banyak menyesalnya...kali ini tak paksain hati ini untuk merasa bangga wabil khusus untu PT INKA, itu artinya Petingginya bener dan lurus-lurus(semoga)...soal kemampuan anak negeri...rakyatnya semua udah pada tau, yang ngga tau dan ngga mau tau atas kemampuan para anak negeri ini adalah para petingginya itu lah....soalnya kalau dikerjakan oleh anak negeri...vie-nya sedikit bro, tapi kalau dikasih ke luar negeri-kan..minimal petinggi itu bisa jalan-jalan ke luar negeri dengan berpura-pura memantau pembuatannya...gitu deh.
    #komen sadis

    ReplyDelete
  11. bosan dalam ngeblog itu lumrah, wah ko yang dibilang ganteng lokonya bukan orang yang difoto.. wkwkwk

    ReplyDelete
  12. mantap Lokomotif CC 300 dah test run, tinggal ditunggu mulai ber operasi kapan

    ReplyDelete
  13. bagus yah mas ,, jadi pengen naik kereta :D

    ReplyDelete
  14. Kalau dilihat bagus juga kereta apinya warna merah lagi :)

    ReplyDelete
  15. wah keren juga Cak lokomotip yang baru and buatan anak negeri kita,salut saya sama Indonesia ini,sudah bisa membuat lokomotip,,,warnanya juga sangat berani huebat pokoke,,,Lanjutkan Indonesia,,,,,,

    ReplyDelete
  16. Mantab untuk PT INKA. Model nya juga asik, agak ceper dikit
    Bisa buat balapan keknya

    WKWKWK

    ReplyDelete
  17. dari bentuknya sih keliatan gagah...

    ReplyDelete
  18. wah murni buatan Indonesia yah, udh test run, berarti tinggal tunggu beroperasinya kapan :D

    ReplyDelete
  19. Jujur Karena waktu lagi mepet saya ndak sempat baca semuanya mas (biasanya juga begitu)...cuma nangkep lagi bosan ngeblog, sama...heheh

    ReplyDelete
  20. Bagus banget nih kereta di cat ulang apa masih abru ya mas

    ReplyDelete
  21. Indonesia saja bisa kok bikin pesawat, apalagi sekedar lokomotif, muehehe

    ReplyDelete
  22. wah keren ya mas kereta barunya..? hmm ternyata besar juga ya mas.. hehehe baru nyadar saya kalau kereta api itu ternyata besar.. xixixixi..

    ReplyDelete
  23. Mantap nih sekarang Indonesia bisa buat lokmotif sendiri ya Mas. Jadi kepengin ngerasain naik produksi dalam negeri.

    Salam

    ReplyDelete
  24. Keren ini mas Lokonya. Dengan warna merah jadi terkesan gagah. Pas tgl 26 Feb saya juga liat di St. Malang.
    RF Malang pada stand by di +444

    ReplyDelete
  25. mas sumber dan info anda tentang loko ini dari mana ya ?? dari buku atau dari media masa? mohon dibalas secepatnya terimakasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk sumber data teknis seperti kompresor lokomotif, mesin lokomotif dan data teknis lainnya, saya dapat info dari mekanik lokomotif di dipo lokomotif sidotopo dan hal ini dibenarkan oleh para pemerhati kereta api lainnya. Untuk foto, itu murni foto saya sendiri pake kamera saya sendiri.

      Delete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh