Home » , » Tanda Rantai Sudah Aus

Tanda Rantai Sudah Aus

tanda rantai sudah ausTanda Rantai Sudah Aus. Setelah beberapa waktu lalu menulis cara menyetel rantai yang simple, sekarang waktunya mengenali apakah rantai motor sudah minta ganti alias aus. Bahaya jika tidak mengetahui tanda-tanda rantai sudah aus bisa mencelakakan pengendara karena rantai bisa putus kemudian nyankut di roda belakang kemudian pengendara jatuh. Kalau jatuhnya diatas jerami sih agak empuk, kalau di tengah aspal kan sakit belum lagi ada kendaraan lain yang melintas bisa ketabrak juga kan.


Kenali rantai anda dengan cek rantai apakah sudah bunyi kretek-kretak apa belum saat di kendarai. Bunyinya keras seperti mau putus dan tidak nyaman saat dikendarai.
Lihat lebih detail apakah rantai sudah kendur-kencang, artinya dalam sela-sela rantai jaraknya sudah renggang. Jika sudah renggang itu tandanya rantai sudah aus dan segera diganti.
Lihat gir belakang apakah sudah lancip, kalau sudah lancip berarti rantai juga sudah mulai aus karena pemasangan gir dan rantai adalah satu set.
Lihat setelan rantainya apakah sudah mentok apa belum, jika sudah mentok maka gantilah rantai anda itu tandanya sudah aus.

Ganti rantai motor anda dengan part original dari merk sepeda motor serta lebih baik beli yang satu set berupa gir depan belakang dan rantai. Harganya memang mahal dibandingkan dengan rantai non original, jika dirasa original kemahalan bisa pakai merk yang kw1 atau kw2.
Sebenarnya ada trik yang bisa mengirit pengeluaran untuk ganti rantai tapi jangan ditiru ya, ini hanya akal-akalan saya saja. Saya selalu membeli rantai original kawasaki kaze, ingat rantai nya aja. Kemudian gir belakang saya belikan yang imitasi gir depan tetep karena kemungkinan besar gir nya belum lancip. Jadi pengeluaran hanya untuk membeli rantai dan gir belakang imitasi. Hasilnya tidak kalah dengan gir set original atau merk indopart. Saat saya pakai di gl pro dan di c70  bertahan 3 tahun itupun sering saya pakai turing pulang mojokerto tuban. Dalam rentan waktu tiga tahun tersebut saya sudah mengganti gir belakang sebanyak 2 kali. Jika menggunakan gir set original nilai ekonomisnya masih murah dengan membeli eceran seperti yang saya lakukan tersebut. Saat ini rantai motor Gl Pro sudah aus dan saatnya mengganti beserta gir depan belakangnya. Demikian sedikit artikel tanda rantai sudah aus dan trik ganti rantai, semoga bermanfaat.


0 komentar:

Post a Comment

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh