Home » » Mengatasi Blog Yang Di Gembok

Mengatasi Blog Yang Di Gembok

Mengatasi blog yang di gembok. Hari Jum'at, 7 Februari 2014 merupakan hari yang mendebarkan bagi saya, karena blog yang biasa saya gunakan untuk menyalurkan unek-unek tidak bisa diakses. Hanya saya yang bisa melihat blog dengan login terlebih dahulu. Ternyata blog digembok dan hanya terbuka bagi pengarangnya saja. Ada tulisan "blog ini melanggar syarat dan layanan blogger dan hanya terbuka bagi pengarangnya saja" atau dalam bahasa inggrisnya "this blog is in violation of blogger's term of servis and is open to autors only".

Pertama kali mendapati blog di gembok atau di blokir saat saya posting tentang pemandangan kereta api pada pukul 14.30an. Ketika saya mau share melalui g+ langsung disuruh login kembali. Merasa aneh padahal saya sudah login, ternyata muncul peringatan this blog is in violation of blogger's TOS. Dan di dasboard tidak ada daftar nama blog saya, hanya ada pilihan buat blog baru. Di kolom bawahnya terdapat kolom blog yang digembok sejumlah 1 (satu) blog, ya blog tersebut serta ada pilihan minta tinjauan untuk membuka gembok dengan menyertakan nomor telephon untuk di kirim kode verifikasi.

megnatasi blog di gembok google
Ini Gambar Dari Kang Asep Haryono

Butuh waktu 24 jam untuk meminta tinjuan membuka gembok. Setelah 24 jam tersebut baru muncul alasan mengapa blog bisa di gembok atau di blokir. Pada kolom tinjaun yang ada didasbord tersebut, saya diberi tahu kalau blog ini terkena infeksi malware, kemudian disuruh membuka link yang ternyata tertaut ke webmaster yang ada peringatan malwarenya. Malware tersebut datang dari script pihak ketiga berupa script sitemap yang saya comot asal ternyata dianggap membahayakan. Peringatan adanya malware di webmaster  ini sudah datang beberapa kali, namun saya abaikan, ada 3 minggu lebih saya abaikan. Karena tidak bisa cara menghilangkannya.

Belum pernah mengalami kasus seperti ini membuat saya agak resah dan bingung harus berbuat apa dan bagaimana menyelesaikannya. Saya menyimpulkan blog ini kena masih bisa di tolong, dan langkah pertama saya adalah membak up semua database dengan eksport blog. Dengan eksport blog ini setidaknya databse sudah aman. Beruntung saya punya teman seperti teman-teman di KPK Troops, Pak IndraKang Hadi, Kang Asep, Mbak Ririn, Mbak Juragan Cipir, Cak Budi dan masih banyak lagi yang membantu urun rembuk.
Apa yang saya lakukan untuk mengatasi blog yang di gembok? Langkah yang saya lakukan pun ini murni ngawur atau eksperimen sendiri, dengan menghaspus url yang mengandung malware tersebut, awalnya tidak ada efek sama sekali. Muncul ide sekalian ganti template sambil menunggu rekues penghapusan url. Alhamdulillah blog bisa kebuka kembali dengan tampilan baru. Sebenarnya tidak mengganti template pun tidak menjadi masalah,  karena url yang saya submit untuk di hapus belum direspon.

Saran dari saya, back up database blog anda berkala, 2 minggu sekali atau 1 bulan sekali untuk menghindari blog yang di gembok, beralih tangan dan di hapus. Terima kasih kepada para sahabat blogger di manapun berada, saya berdoa untuk kelancaran urusan sahabat semua, serta limpahan kesehatan dan nikmat rejeki yang tak terhingga.

50 komentar:

  1. sORRY ye pak Bu Om Tante Semuanya
    Saya PERTAMAX Lagi

    Iyesssssss

    ReplyDelete
  2. Sejauh ini belum ada rencana dari blog saya sendiri untuk dibuatkan back up nya. Semunya masih tersimpan dengan aman dan sentosa di hostingnya Blogspot. Entah sampai kapan GRATISAN ini akan berkibar. Soale takut juga sih pengalaman sebelumnya terjadi lagi. Dulu saya ada blog gratisan di Geocities dan Angelfire, namun akhirnya kedua Hosting gratisan itu LENYAP tidak berbekas termasuk data data tulisan saya di kedua hostingan blog gratis tersebut. Apakah kelak BLOSPOT akan bangkrut?

    ReplyDelete
  3. pengalamannya jadi pelajaran berharga buat saya yang nubiktroktragis soal gembok menggembok, kalau gembok yang itu...itu tuh...saya ahlinya.

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah, minimal sudah bisa ngeblog lagi...

    ReplyDelete
  5. lain kali minta kunci gembok dong...

    ReplyDelete
  6. Enaknya punya banyak teman yang cerdas yah.. Keren! Dan alhamdulillah bisa kembali ngeblog lagi :)

    ReplyDelete
  7. pengalaman saya nggak bisa mbuka blog karena masalah hostingan Kang, dan sejak saat itu saya selalu membuat arsip off line atas tulisan yang saya publish, juga membuat blog backup pada format lain tapi dibuat private agar nggak terindeks dobel di mesin pencarian yang gampang dimarahi simbah

    ReplyDelete
  8. jadi plajaran berharga untuk backup
    pernah saya alami yg dihapus google, sptinya hmpir sama kasusnya

    ReplyDelete
  9. oke deh kalo sudah terbuka gemboknya :D

    salam kenal mas, saya imamboll, penghuni baru Rutan KPK alias Rumah Tante KPK, hehe

    ReplyDelete
  10. Syukur masih bisa terselamatkan begitu menurut saya..kalau cuma buat blog baru mudah tapi untuk seperti blog yang sekarang ada masih susah

    ReplyDelete
  11. syukurlah sekarang sudah teratasi sehingga bisa ngeblog lagi bro

    ReplyDelete
  12. selamat ya Pak Agus, bisa kembali ber haha-hihi lagi di blog...saya ikut lega loh, asli...

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah mas sekarang sudah kebuka gemboknya ya, mudah - mudahan jangan terjadi pada saya ya

    ReplyDelete
  14. Turut bahagia mas atas kembalinya blog mas Agus, pengalaman adalah sebuah pelajaran yang amat berharga ya mas,
    Selalu hati hati dan waspada adalah suatu cara untuk mencegah timbulnya masalah tersebut

    ReplyDelete
  15. Sekarang sudah bisa terbuka ya mas,mudahan jadi pelajaran penting ini untuk hati-hati dalam memasang script karena kalau mengandung malware bisa digembok,terima kasih mas atas informasinya

    ReplyDelete
  16. Ini pengalaman yang sangat menarik buat kita semua, yang penting sekarang udah bisa eksis lagi Mas :)

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah ya mas agus sekarang blognya sudah bisa diakses lagi...
    kalau cara membuka hati mantan yang sudah digembok kira2 caranya gimana ya mas ? *ngawur

    ReplyDelete
  18. Alhamdulillah,sudah kembali normal ya mas...
    tentunya ini jadi pelajaran yg bermakna untuk kita semua

    ReplyDelete
  19. amin.. alhamdulillah udah bisa akses lai yah mas agus :)

    ReplyDelete
  20. Alhamdulillah telah terbuka gemboknya plong.. Ikut lega pokoknya. Jadi takut juga jika terkena gembok ginian Pasti bingung cari cari Anak Kuncinya.

    ReplyDelete
  21. Oh jadi ganti template ini karena masalah itu to mas. Tapi jujur saya suka tampilan yang sekarang mas. Saya malah mau ganti template sepdrti punya mas agus ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ini sih cuman menghibur doang maksudnya om wkwkwk

      Delete
  22. bisa menjadi pelajaran bahwasannya kita gk boleh asal comot script orang hehe, harus diteliti dulu kode yang dilampirkan di blognya. Banyak blogger yang jail menyisipkan link aneh dengan div style display none haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. He,, he,, he,,, kalau sudah yang akhlinya bicara kayanya jadi enak nih suasanya. he,, he,, he,,

      Salam

      Delete
  23. Replies
    1. Untuk mudah mendetek, sering pakai Chrome, jadi cepat mudah teratasi. Bukan promo tapi untuk keselamatan blog kita juga sih. :D

      Delete
    2. baik pak indra, jadi ilmu baru buat saya

      Delete
  24. baru tahu kalo blog bisa di gembok oleh pihak google.
    alhamdulillah sudah bisa teratasi. Makasih ya mas sdh berbagi, btw gimana caranya back up blog tsb, mas......maklum masih awam

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara back up blog masuk setelan (bawahnya template) pilih Lainnya kemudian eksport blog dalam bentuk Xml. itulah database blog kita.
      kalau misal blog di hapus, kita bikin blog lagi dan import xml yang sudah di simpan .tulisan kita yang dulu tidak hilang. bisa muncul lagi di blog baru tersebut

      Delete
  25. Ikut senang bila bisa terselamatkan Kang. Semoga tetap semangat dan bisa menghasilkan sebuah kreatifitas yang bermanfaat bagi orang banyak. he,, he, he,,


    Salam

    ReplyDelete
  26. mas, nek caranya memback-up itu gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. buka setelan di dasboard, Lainnya, eksport blog (itu database kita dalam bentuk xml)
      kalau blog di hapus atau hilang, kita masih punya cadangan database yang bisa di import lagi jika kita bikin blog baru

      Delete
  27. Makasih infonya cak Agus, mudah-mudahan gak ngalami, tapi kalau nanti ngalami, bisa dipraktekkin caranya ..
    sama dengan kang Zach, saya masih bingung cara backup database blog ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. eksport blog mas,...tuh wes tak jelasken. sok ae di gawe postingan.
      hehehe

      Delete
  28. gan blog saya sekarang lagi di gembok . bantuin saya mbukaknya donk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langkahnya cuma minta tinjauan ke google dengan cara buka gembok, kemudian masukkan noor hape, terus di webmaster bersihkan segala yang berbau virus, jika memang blognya kena virus, kalau saya sih langsung saya ganti templatenya. semoga membantu

      Delete
  29. terima kasih infonya, blog saya hari ini juga kena gembok :D

    ReplyDelete
  30. minta tolong siapa yang bisa membuka blog saya yang tergembok

    ReplyDelete
  31. Kira kira brp hari bisa dibuka setelah ditinjau....soalnya ada konten penting yang saya simpan diblog saya...

    ReplyDelete
  32. Nasip blog gratisan, gak melanggarpun di kick sampai mental :D kasihan blogku :(

    ReplyDelete
  33. Nasip blog gratisan, gak melanggarpun di kick sampai mental :D kasihan blogku :(

    ReplyDelete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh