Home » » Mudahnya Membayar Pajak Kendaraan Bermotor

Mudahnya Membayar Pajak Kendaraan Bermotor

Mudahnya Membayar Pajak Kendaraan Bermotor setidaknya pernah saya rasakan di dua Kabupaten atau samsat yang berbeda. Pertama saya membayar pajak di samsat Kabupaten Tuban karena plat sepeda motor saya berpelat Tuban. Gl Pro Series kesayangan tidak terasa sudah waktunya membayar pajak.
Prosedur Pertama membayar pajak adalah membeli map berwarna biru kemudian saya isi berkas-berkas pajak seperti stnk dan pajak yang tersahulu. Tentunya stnk dan surat pajak tersebut di loloskan dahulu dari plastiknya agar proses menjadi lebih cepat. Jangan lupa di sisipkan juga KTP asli dari pemilik motor, kebetulan juga si Gl Pro Series sudah atas nama saya sendiri jadi tidak perlu meminjam si empunya motor.

Langkah berikutnya adalah menyerahkan berkas tersebut kepada petugas samsat. Saya menunggu di kursi yang telah di sediakan yang ada di dalam ruangan, jika menunggu di luar ruangan mengandung resiko jika di panggil tiga kali tidak ada jawaban maka akan du loncati ke wajib pajak berikutnya. Tidak ada 30 menit akirnya selesai juga, bayar langsung selesai. Lebih utama jika membayar dengan uang pas biar lebih cepat. Setalah itu minta setempel pengesahan di meja yang lainnya. Selesai deh..

Pengalaman yang kedua mudahnya membayar pajak kendaraan bermotor yaitu di Kabupaten Bojonegoro. Motor saya yang ini Honda C70 tahun 1975. Kali ini saya harus mencari KTP pemilik motor terlebih dahulu. Alhamdulillah orangnya juga enakan untuk diajak kerjasama. Sempat di kira saya ini dept kolektor karena saya memakai jaket yang bisa dikatakan mirip dept kolektor, tapi setelah saya mengutarakan maksud dengan baik, orangnya periang juga. "saya kira dept kolektor mas, lha wong saya nggak pernah utang kok di kejar-kejar" ujarnya. Bapak ini meminta jaminan KTP saya sebagai langkah untuk mengantisipasi mbreset nya saya. Tidak tanggung-tanggung STNK sepeda saya sebagai jaminan. Setelah urusan pinjam meminjam selesai kini melaju ke samsat Bojonegoro. Langkahnya sama seperti Membayar pajak kendaraan bermotor di Tuban. Kalau di Bojonegoro malah tidak ada 10 menit, kok lebih cepat pikir saya. Bedanya di Bojonegoro di kenakan biaya parkir berlangganan, jika di Tuban bebas biaya parkir berlangganan. Demikian tulisan mudahnya membayar pajak kendaraan bermotor semoga cukup membantu.

2 komentar:

  1. mas mau nanya kalo saya mau bayar pajak motor buat taun depan tapi bayarnya sekarang bisa ga ya? kalo bisa kira2 masa berlakunya berkurang apa ngga?

    contoh kasusnya: motor saya pajaknya bulan januari. nah bulan januari tahun 2012 saya udah bayar pajaknya yang berarti berlaku sampe januari 2013. nah kalo saya sekarang ini mau bayar lagi pajak yang buat tahun 2013 yang berarti berlaku sampe januari 2014 bisa ga ya?

    ReplyDelete
  2. maaf mas klo saya punya pengalaman itu pajak maksimal dibayarksn maksimal 1 bulan sebelumnya misal tgl 1 maret mk bs dibayarkan mulai 1 februari,dan di notis pajak itu tertulis tgl pembayaran akan tetapi asa berlaku berdasr masa jatuh tempo pajak tersebut.demikian mas mungkin bs menjadi pengalaman sy.

    ReplyDelete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh