Home » , » Tips Mudik Menggunakan Kereta Api

Tips Mudik Menggunakan Kereta Api

Tips Mudik Menggunakan kereta api. Apa yang harus dipersiapkan ketika mudik menggunakan kereta api?Karena sekarang kereta api sudah tertib, pelayanan yang bagus kereta bisa ditoleransi keterlambatannya, maka menjadi primadona baru untuk angkutan mudik. Tiket sesuai nomor tempat duduk, tidak ada tiket berdiri serhingga kereta menjadi longgar. Masuk ke stasiun pun di jaga ketat dengan menunjukkan identitas dikroscek dengan nama yang tertera pada tiket.

Berikut Ini tips mudik menggunakan kereta api :

Persiapkan Tiket
Tiket kereta api yang sudah di beli, pastikan nama yang tercantum sesuai dengan Identitas dan juga sudah sesuai dengan jadwal keberangkatan. Siapkan fotokopi KTP atau pengenal lainnya, jika membawa anggota keluarga lebih simpel menggunakan fotokopi kartu keluarga. Pastikan berangkat sudah hadir tiga puluh menit sebelum kereta berangkat.

Bawa Barang Secukupnya
Barang bawaan  khas mudik pasti banyak, jika memang terpaksa membawa barang bawaan banyak, pihak stasiun khususnya stasiun besar menyediakan troli gratis untuk mengangkut barang penumpang. Jika distasiun sekelas kabupaten cukup menyewa jasa porter dengan upah relatif terjangkau. Didalam kereta tersedia bagasi atas yang panjang.

Hindari Calo
Calo tiket kereta api sudah berkurang karena pemberlakuan boarding pass. Hindari orang tidak dikenal yang menawarkan bantuan selain porter dari stasiun. Porter dari stasiun ada seragamnya dan ada identitas yang jelas nama dan nomor dada.

Sedia Makanan Ringan
Jika dirasa perlu, sediakan makanan ringan pengganjal perut untuk perjalanan jauh. Untuk kereta api bisnis dan eksekutif jarang ada pedagang asongan kecuali saat berhenti di stasiun besar. Kemungkinan lapar pasti ada mengingat dinginnya suhu kereta menggunakan AC.

Demikian sedikit tips mudik menggunakan kereta api, semoga bermanfaat. Jangan lupa berdoa sebelum berangkat dan bersyukur setelah sampai tujuan.

182 komentar:

  1. mksh pak infonya, kebetulan ini baru siap2x packing. bawa baju ganti seckupnya siapa tahu entar eyangnya beliin baju baru ya pak..heheeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah dpt pertamax nich, bisa buat sangu mudik..

      Delete
    2. biasanya sih yang dibelikan cucunya, hehe. apalagi nisa berprestasi malah demen kasih baju, sepatu, tas, dan tentunya sangunya juga dikasih, eh tapi paling sangunya tetep masuk kantong ibue dengan berbagai alasan, hehehe

      Delete
    3. hahhaaa...anak 2x sekarang mah udah pinter ama yg namanya duit pak, bilangnya nitip gak tahunya kalau di minta malah minta tambah dengan alasan bermacam2x....*malah tombok

      Delete
    4. lho malah kena serangan balik ya mbak, hehe
      istilahnya deposito ada bunganya, hehe
      jadi nombok deh

      Delete
    5. makanya itu, mending biar dibawa sendiri aja...hehee

      Delete
    6. nanti kalau sudah bosen bawa e , boleh saya yang bawa dong

      Delete
    7. tapi sebagai pembawa saja lho pak Agus...ingat...cuma sebagai pembawa...hahaha

      Delete
    8. masak tidak kantil di saku saya satupun sih, wah wah wah

      Delete
    9. Wow super sekali tipsnya.
      Saya pernah 2 kali naek kereta Agro Anggrek dari Semarang ke Gambir. dan memang tipsnya jitu sekali dari Bang Agus Setya yang ganteng ini. Wah pake dasi ya, saingan deh sama bang Zachlazz. Kalian berdua memang kerens kalau pake dasi. Eala malah komentar dasi?

      Delete
    10. hehehe..kang asep ini kok malah bicara dasi, emangnya siapa yang pakai dasi saat mudik kang?

      Delete
  2. Replies
    1. kata mas rawin gak jaman tip mas, sekarang usumnya CD mp3, flesdisk atau hp china yang banter spikernya

      Delete
    2. nambahin deh cdnya..
      pastikan naiknya dari stasiun kereta api
      kalo dari alun-alun, mungkin anda itu naik becak...

      Delete
    3. kalau dari pertelon kemungkinannya nyegat tukang ojek

      Delete
    4. tipnya masuk kantong ya...buat tambah-tambah beli kue lebaran...

      Delete
    5. emang muat tip dimasukin kantong ?

      Delete
    6. Uang tip buat sedekah!masukin ke kotak amal

      Delete
    7. tarahu tahu... aqua aqua... minyak angin, tarason, remason, ppo...

      Delete
    8. mas agus : nah ini baru oke ,sedekah ke kotak amal
      medang medan, tahu medang

      Delete
    9. tolong ulurkan tangan, saya juga mau naik loko

      Delete
  3. sip dech mas tips nya...? tapi saya nggak mudik mas.. saya main ke tempat mas agus saja ya..? bolah nggak mas..???

    nanti pas lebaran saya main ke tempat mas agus aja...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh dong mas, masak gak boleh...kabari kalau sudah sampai stasiun ya

      Delete
    2. nanti biar dijemput Pak Agus, tapi jangan lupa oleh-olehnya yang banyak, siapin angpao buat adik hayyu...

      Delete
    3. kebalik mbak, seharusnya tamu yang saya kasih angpao , hehehe

      Delete
    4. yuk bertamu yuk biar dikasih angpao

      Delete
    5. transportasi di tanggung sendiri lho ya

      Delete
  4. Saya liat orang pada mudik aja lah .. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudik juga boleh kog..hehee

      Delete
    2. lebih enak jadi tukang tambal ban portable

      Delete
    3. kalau mudik jangan lupa bawa sarung buat kemulan dalam perjalanan

      Delete
    4. musim bediding masalahnya..

      Delete
    5. musim wedding juga, malem 9 nih banyak yang nikah

      Delete
    6. adem adem gini jadi ingat wedang jahe nih

      Delete
    7. pakai madu juga kan ? nanti kalau tidak ada lawannya jadi pusing mang

      Delete
  5. makanan ringan itu makan angin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mayan bisa melegakan perut kembung

      Delete
    2. minum wedang jahe saja...biar balas angine...

      Delete
    3. kata mang yono bersiul saja biar keluar angine,
      nah ikan kembung itu enak jg di pepes

      Delete
    4. ikan kembung enaknya di cobek.. yang dimakan cobeknya..

      Delete
    5. cobeknya tebel kan, saya makan sambil cebok deh

      Delete
  6. seumur hidup belum pernah naik kereta api.... kalo orang baru, atau gak tau apa - apa pasti jadi korban calo... saya juga dulu adalah orang yang pernah jadi korban calo waktu beli tiket kapal pas mau nyebrang ke sampit kalimantan, harganya sangat jauh berbeda... jadi hati - hati sama calo dan juga sama orang yang belum kita kenal,,, waspada selalu karena kejahatan selalu ada ketika ada kesempatan.... waspadalh waspadalah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga bingung seandainya harus naik kapal, beli tiketnya di mana ya yang resmi,

      Delete
    2. saya juga belum pernah naik kereta api :(

      Delete
    3. saya belum pernah naik kapal, pernah naik sesek saja nyebrang kali bengawan solo...

      di sampit ada sayur batang rotan kan Bang Ahmad...

      Delete
    4. mas nandar : besok kalau libur hari raya boleh lah di coba
      mbak khusna : itu namanya pakat ya? naik perahu bengawan solo kan enak

      Delete
    5. @ mas khusna : saya belum pernah nyoba atau mendengar tentang sayur batang rotan.......... . wong kesana cuma main ke rumah kaka, :)

      Delete
    6. salaha persepsi nih, mbak khusna itu cewek mas, itu poto putra nya yang pinter banget

      Delete
    7. sudah 3 kali mbak khusna dipanggil mas... kalau saya naik kereta api belum pernah naik kapal api belum pernah, kalau naik getek sudah pernah

      Delete
    8. yang belum pernah itu naik pesawat api mang

      Delete
    9. beli di agen tiket resmi lah...
      atau beli lewat website maskapainya kan tertera disitu tarifnya berapa

      Delete
    10. itu lebih oke, tapi tetep aja antri untuk print tiket di loket

      Delete
    11. eh kalo kereta tetep kudu ngeprin ya
      ga bisa tunjukin kode bookingnya doang..?

      Delete
    12. benar sekali mas eko, tapi sudah pasti dapat tiket gitu aja enaknya

      Delete
  7. orang2 udah pada mudik ya.. saya dirumah saja. gimana mau mudik rumah nenek saya aja deket .. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. keluar rumah, bawa koper terus kerumah nenek, pasti dikirain mudik mas..

      Delete
    2. bawa oleh-oleh, biar dikira dari jauh...tapi oleh-olehnya jangan ubi rebus lho ya...

      Delete
    3. ubi nya kang lembu cocok tuh,
      saran mas boku dan mbak khusna cocok banget mas nandar, terus mukanya macak lusuh biar dikira perjalanan jauh

      Delete
    4. ya udah ke Jakarta saja nanti balik lagi, naik kereta api pasti banyak yang nanya di kereta api... mau mudik kemana mas?

      Delete
    5. sambil bawa kardus yang banyak mas

      Delete
  8. wah perasaan mas agus calo yak :p kok menghindari calo :D hehehe piss mas


    kalo saya sih mudik pake sepeda motor :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau tempat saya calo itu seperti parang buat mecah klapa Mas..

      Delete
    2. biar calo yang lain gak laku mas, terus saya calo tunggalnya, setelah verifikasi data saya lolos jadi calo bupati deh...
      mas boku ini mengingatkan saya pada bendo, wadung yang seperti tembak ak16

      Delete
    3. itu calon mas bukan calo -________-

      Delete
    4. oh iya sih mas, hehe suka lupa sih

      Delete
    5. calo itu manusiawi banget
      kepanjangan dari kata cape lo...

      Delete
  9. Terima kasih tipsnya Mas Agus, supaya tetap menjaga kebersihan, jangan lupa bawa kresek lho mas, o, iya kalau pipis jangan pas trowongan di pinggir pintu lo mas, entar kesrempet lho..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha...kesrempet...kayak naik becak saja Pak Boku...

      Delete
    2. kresek di sediakan oleh pihak kebersihan kereta mas, kan ada gantungan khusus krresek sampah, hehe
      oh iya mas boku, apa saya harus mengecek tekanan ban kereta dulu ya sebelum mudik, jadi kawatir kalau ban kereta nya gembos di jalan nih...tenang aaja mas saya irit kok kalau pakai air biar go green mudiknya.

      mbak khusna : ini ngomongin kereta apa becak sih, huh,....

      Delete
    3. di kereta ada yang jualan juga kan mas

      Delete
    4. ya ada lah mang, kalau di sepur bisnis tiap berhenti ada yang dagang, tapi gak boleh ikut kereta seterusnya, kalau di eksekutif dilarang,

      Delete
  10. mudik yuuukkk...saya mudik-mudik saja di sini...sekali lagi...di sini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mboten Pak, ayah e kejatah jaga pabrik pas lebaran nanti...insha Alloh lain kali mudiknya Pak.

      Delete
    2. tulisan ini termasuk mengen mengen i mbak khusna, hehehehe

      Delete
    3. kalau saya kebagian jaga malam nanti malam minggu.. tapi siskamling li kampung heheh

      Delete
    4. saya nanti malam jaga lilin mang

      Delete
    5. emang ada yang ngepet mbak, ini lho mau ke kamar mandi masih belum ada lampunya

      Delete
  11. sayangnya jurusan Bwi _ jogya, Keretanya start pagiiii. jd gak bisa deh nyobain mudik by KA ke jogya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kepagian ya mbak jeng srinya, dari jember jam setengah sembilan je mbak,

      Delete
  12. Trims tips nya mas!klo saya mudik nya pake jasa Bus aja.Untuk yang mudik menggunakan kereta silahkan Di baca lagi tips dari mas agus

    ReplyDelete
  13. Yang sedang dalam perjalanan semoga perjalanannya sampai pada tujuan dengan selamat dan sehat.Amin

    ReplyDelete
  14. asik besok mudik ahh... kereta api udah agak sepi calo ya .. oke deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah hebat dong mas ndak ada saingan

      Delete
    2. selain tukang parkir juga calo tunggal, huh.......

      Delete
  15. hahaha.. gampang dech mas.. tranportasi saya tanggung sendiri.. tapi tempat dan makanan mas agus yang siapin ya..? hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau naik elang atau ikan terbangnya indosiar??

      Delete
    2. boleh lah mas nady silakan, tempat banyak mas tenang aja...tapi cuma bisa menanggung beberapa hari lho , hehe
      gimana cara naiknya mas rizal ?

      Delete
  16. Kereta api sejak dulu menjadi salah satu primadona untuk mudik Lebaran. Manajemen yang diterapkan oleh PT KAI sudah bagus. Nyaman berada di dalam kereta api yang berAC, setiap orang mendapat tempat duduk, tidak berjubel lagi, layanan yang ramah dan profesional. Terima kasih PT KAI. Terus pertahankan dan tingkatkan layananmu di masa mendatang.

    Salam cemerlang Sobat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. keren sekali komentarnya mas herdoni, komentarnya mas rizal mah lewat..
      kalau tidak cemerlang gimana mas ?

      Delete
  17. nambahin boleh?...bawa kamera..buat jeprat jebret, persiapan bikin postingan blog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hadeh, blogger pasti mikirnya gitu hehe..

      Delete
    2. di atas saya dua orang kembar rupanya.
      kembar bertopi

      Delete
    3. kalo ga ada kamera, pake karet juga bisa kok

      Delete
    4. bolehlah pakai kamera, biar bisa foto diri sendiri kan?
      karet buat apa dong

      Delete
  18. Makanan ringan paling penting. Contohnya kerupuk.

    ReplyDelete
  19. Sangat bermanfaat ini mas Tips nya.
    khusunya bukan hanya buat yang mudik saja, bisa juga buat kita yg bepergian dengan kereta mas :)

    ReplyDelete
  20. Aku nggak mudik mas agus..lama tak nongol ke sini..sekali nongoll yuuk ikutan komentar di Giveawayku...kalau beruntung dapat pulsa lho hehehehe *oh iya udha nggak butuh pulsa hjehhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh tak kira bu guru sedang kuliah lagi, eh tibaknya mau menikah. boleh lah ikutan

      Delete
  21. Makanannya kok yag ringan sih mas? :)
    Saya sudah mudik, semoga tips ini bermanfaat.

    Salam..

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga bisa kumpul dengan keluarga dengan suasana indah

      Delete
  22. iya pak,, memang sebaiknya calo itu di hindari .. demi kenyamanan juga :D

    salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga ,
      calo sekarang sudah minim

      Delete
  23. buat yg mudik catet neh tipsnya...
    playanan KA sekarang lumayan ada kemajuan

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak mas kemajuannya,sudah tidak penuh sesak sekarang

      Delete
  24. Jangan lupa nanti senggol-senggolan yah. Lumayan buat hiburan capek di gerbong. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. jalan jalan di sambungan kereta mas, hehe

      Delete
  25. Jangan lupa bawa minyak gosok ntar mana tau digigit binatang seperti lebah, hehehe

    ReplyDelete
  26. wah..wah semua yang udh mau lbaran, pada asyik cerita mudik..
    yang g ikutan mudik (kaya saya)ikutan nyimak aja dah...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa ceritakan pengalaman drumah saja mas

      Delete
  27. Replies
    1. maaf...baru bisa mampir lagi kesinih...lagi sibuk ngejar setoran kang...lagian sayah mah mudiknya ngga pake kereta...jadinya gimanaaaa gituhhhh!

      Delete
    2. masih dalamperjalanan mudik ya kang?..hati hati yah

      Delete
    3. saya belum mudik kang, tenang saja...
      sabtu minggu memang untuk santai2 bersama keluarga, hehehe

      Delete
  28. kehabisan tiket, terpaksa harus naik kuda besi lagi. semoga selamat sampai tujuan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan ngebut mas, yang penting cepet sampai

      Delete
  29. hadeuh sayangnya aku mudikna pake bus

    ReplyDelete
    Replies
    1. malah lebih asik, bisa punya kenalan diperjalanan...lebih seru kale

      Delete
    2. kenalan sama kondektur ya kang lembu

      Delete
  30. saya sudah stanbye di rumah mas, untuk para pemudik..hati-hati dengan oknum copetnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. copet kok pake oknum sih mas, ya sudah tersangka, hehe

      Delete
  31. .. wachhhhh,, aq mudink ke Surabaya aja kok. jd gak perlu pake kereta. wha..ha..ha..ha..ha..ha..ha..ha.. ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. surabaya jadi sepi ditinggal mudik mbak

      Delete
  32. enak yang pada mudik banyak yang kasih tips.
    Yang udah udik udik gini nglongo aja dah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak naik astra honda s90 dong, saya naik honda c70 konvoi yuks

      Delete
  33. Mas Agus kemana ya?
    Kok komentarnya gag dibalas?
    Jangan-jangan kita ditinggal mudik sama dia.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin Mas Agus lagi dikereta api sekarang kali yah hehe...

      Delete
    2. lagi libur dong ah...masak suruh pantengin monitor terus, hehehe

      Delete
  34. Buat yang mudik hindari membawa atau memakai barang-barang berharga seperti kalum emas, cincin mas, jam tangan mahal dll, supaya menghindari hal-hal yang tidak diinginkan... selamat mudik mas hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat mudik juga buat yang lain, jangan lupa berdoa

      Delete
  35. Bermanfaat mas tipsnya... nanti kalo mau pulang tak inget2

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan diinget inget dong, nanti malah lupa

      Delete
  36. mas aguuuuuuuuuuuuuuuuuuuuussss apa kabarnya ?? mba nia dan si cantik apa kabarnya ?
    ish aku kangen . udh lama ga gentayangan di blog ..
    kangen sma yang lainnya juga,, yang lain masih pd inged sm aku ga ya > hehe..

    ngomongin mudik, dari dlu sampe sekarang ga pernah ngerasain mudik lebaran . hiks kasian .

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah sehat semua mbak, hayyu masih ancang ancang belajar jalan , saya juga kangen tips tentang curcolnya mbak iin nih, hehe
      ayo di lanjut dong

      Delete
  37. pake kolor sama kaos dalem aja biar gak mengundang perhatian copet

    ReplyDelete
  38. mas Agus Setya, kata sodara saya di Malang. Susah sekali dapat tiket kereta tuk pulang kampung. kalo gak ada tiket kereta, mana mungkin pulang kampung, sedih juga dengernya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau beli langsung saat itu juga memang sudah habis, karena kereta sudah di pesan jauh hari sebelumnya

      Delete
  39. tips mudik dengan naik kereta api ini sangat membantu sekali mas...thank dah dishare

    btw - selamat hari raya idul fitri. mhn maaf lahir dan matin....
    jika dalam komentar sebelumnya ada yang kurang berkenan dihati, kiranya dihari yang baik ini, saya mhn di maafkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih pak, semoga bermanfaat, saya jg mohon maaf atas kekhilafanku...

      Delete
  40. sipp mas... :) kadang klo kereta api sudah bagus kaya sekrang sering kangen juga suasana kereta api beberapa tahun lalu. ada yang jual petai, dll...ehe maju terus Sepoor kita :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..maju terus per sepuran indonesia

      Delete
  41. jangan sampe ticket ketinggalan di toilet :D
    http://fajrimansyahshare.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu ketelisutnya kenapa ya mas ? hehehe

      Delete
  42. Sampek sekarang saya belum pernah naek kereta api gan hehe
    cian deh llooo :D

    ReplyDelete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh