Home » » Sambutan Awal Perubahan Jadwal Kereta Api

Sambutan Awal Perubahan Jadwal Kereta Api

Perubahan Jadwal Kereta Api 2014 mulai 1 Juni 2014 kemarin membawa efek yang besar pada kereta api lokal seperti KRD Kertosono dan KA Dhoho yang menjadi andalan saya untuk berangkat dan pulang kerja. Perubahan jadwal KA dilaksanakan serentak hari Minggu 1 Juni 2014, untuk KA yang berangkat pada hari Sabtu 31 Mei 2014 yang nantinya tiba di stasiun tujuan pada tanggal 1 Juni 2014 di beri label Jadwal Peralihan. Efeknya Kereta tersebut mengganggu perjalanan kereta api lainnya baik lokal maupun jarak jauh. Pada tanggal 1 juni 2014 tersebut banyak kereta api yang datangnya terlambah sangat lama, bahkan 2-3 jam.


Saya baru bisa merasakan efek perubahan jadwal pada tanggal 2 Juni 2014 karena hari awal masuk kerja. Untuk Jadwal Kedatangan dan keberangkatan KRD Kertosono mengalami perubahan yang signifikan. Sebelumnya jadwal KRD Kertosono dari Stasiun Mojokerto pukul 04.52 WIB, saat ini menjadi Pukul 05.33 WIB. Perubahan jadwal yang cukup mengenakan saya, karena bisa berangkat lebih siang sedikit dan lebih untungnya lagi saya bisa shalat Subuh berjamaah di masjid dekat rumah, biasanya jamaah nya berpindah-pindah dari masjid satu ke masjid lainnya di sepanjang jalan menuju stasiun Mojokerto. Tidak enaknya, saya menjadi was-was karena jadwal kedarangan KRD di stasiun Gubeng pada pukul 06.30 WIB. Saya masuk kerja pada pukul 07.00 WIB dan lebih asiknya lagi KRD sering telambat masuk gubeng kurang lebih 10-20 menit. Saat pertama kali merasakan perubahan jadwal, KA KRD telat masuk stasiun mojokerto sehingga ber efek telat masuk stasiun gubeng masuk kerja menjadi telat pula.


Perubahan jadwal KA Dhoho juga menguntungkan para pelaju, berangkat dari Stasiun Gubeng pukul 16.55 WIB datang stasiun Mojokerto 17.48 WIB dari sebelumnya Gubeng 16.45 datang Mojokerto 17.58. Lumayan bisa Shalat Maghrib dengan tenang dan yang terpenting nantinya untuk menyambut bulan ramadhan saya bisa berbuka puasa dirumah dan ikut shalat tarawih berjamaah. Nah awal perubahan tanggal 2 Juni ini juga disambut dengan keterlambatan oleh KA Dhoho, Telat lebih dari 2 jam, berangkat dari stasiun Gubeng pada pukul 19.10 datang stasiun Mojokerto 20.15 ajiiib.

Perubahan jadwal kereta api ini juga berimbas pada penumpang KRD di stasiun mojokerto bertambah, hal ini disebabkan oleh penumpang Arjuno Ekspres yang beralih ke KRD karena jam nya terlalu mepet dengan jam kerja. Arjuno berangkat stasiun Mojokerto pukul 06.22 tiba di gubeng pada pukul 07.20 WIB. Terlalu mepet untuk jam berangkat kerja.

Untuk Jadwal di stasiun lain di lintas DAOP juga mengalami perubahan, ada yang diuntungkan dan ada yang dirugikan tergantung persepsi pribadi. Untuk jadwal KRL Jabodetabek saya sudah punya perubahan jadwalnya, namun karena ada 21 Halaman saya jadi agak mikir menuliskannya di dalam postingan. Demikian laporan singkat mengenai awal perubahan jadwal kereta api tahun 2014 yang di mulai tanggal 1 juni 2014.

28 komentar:

  1. Syukurlah kalo perubahan jadwal ini ada hikmahnya, bisa menjalankan ketaatan beribadah yang lebih baik.

    dikit nanya nih atas tulisan di atas "2 Juni ini juga disambut dengan keterlambatan oleh KA Dhoho, Telat lebih dari 2 jam, berangkat dari stasiun Gubeng pada pukul 19.10 datang stasiun Mojokerto 20.15 ajiiib." telat 2 jam apa 1 jam ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah pak ies...jadwal aslinya berangkat pukul 16.55 WIB nah itu berangkat pukul 19.10 WIB. Telat 2 Jam..kalau gubeng mojokerto emang waktu tempuhnya 1 Jam. 19.10-20.15 WIB

      Delete
    2. Cak Agus kalau sudah cerita tentang perkeretaapian pasti sampai detail deh hehehe

      Delete
    3. saya cuma bisa menyimak aja karena hingga sampai saat ini saya belum menggunakan jasa kereta api untuk urusan berangkat kerja....

      #sruput kopi

      Delete
  2. apa kabar mas agus .... wah makin eksis aja nih keretanya .... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah sehat, belum bisa intens main main ke blog teman mas..hehehe

      Delete
    2. hehehehe, nyante saja mas ..... jgan di paksakan ,,,, :)

      Delete
    3. betul. nyante ayam contohnya.

      Delete
    4. jangam nyante kambing, nanti hipertensi :)

      Delete
    5. bahahahaha, nyante kelinci aja yuk .... :P

      Delete
    6. nyante kambing nggak apa-apa, kang ucup. nanti kasihkan saya aja :)

      Delete
  3. Sebenarnya saya sampai nyidam
    Naik KA pagi hingga malam
    sayang cuti belum disulam

    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya malah pengen melancong ke Divisi Regionalnya PT KAI di Tarahan, Tanjung Karang, Kertapati dsb. hehehehe

      Delete
    2. gimana ya caranya nyulam cuti?

      Delete
  4. kalo disini, efeknya seminggu Mas. mulai tanggal 2 Juni itu, sampai Jumat, saya malah hampir telat terus. hebat kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. masnya berangkatnya siang kali..... :P

      Delete
  5. semoga perubahan jadwal bisa dilengkapi dengan perubahan kualitas pelayanan menjadi lebih baik lagi...aamiin aamiin

    ReplyDelete
  6. perubahan memang selalu membawa dampak ya mas, tapi jika di menej dengan baik sepertinya dampak negatif bisa diminimalisir...

    ReplyDelete
  7. waw mas agus masuk kerjanya jam 7 ya, kalau saya jam 8 mas, hebat khan saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya malah bebas mang :)

      Delete
    2. saya lebih hebat, jam setengah delapan dong

      Delete
    3. aku 07.30.... *setor jam masuk kerja

      Delete
  8. Telat dong cak jadinya yah hehe,,,,,tapi biasanya itu permulaan,setelah itu kembali lancar seperti semula ....BTW sekarang templatenya keren nih Cak hehehe

    ReplyDelete
  9. Biasanya bila ada perubahan pasti ada penyesuaiannya ya Kang, walau terlihat agak-agak telat tapi nantinya akan sesuai jadwal, semoga tidak berkepanjangan ya Kang ? he,, he,, he,,

    Salam

    ReplyDelete
  10. hmmm pokoknya mas agus kalau sudah ngomongin kereta api. bisa sampai detail banget deh.. hehehhe sayang di tempat saya belum ada kereta api mas.. jadi saya tidak banyak tau tentang kereta api hehehe :)

    ReplyDelete
  11. perubahan jadwal kadang meng-enak-kan seseorang tapi dipihak lain justru menyengsarakan orang

    ReplyDelete
  12. ternyata semua berubah yaaaa jadwal KA.... *manggut-manggut

    ReplyDelete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh