Home » » Mengajari Anak Berenang

Mengajari Anak Berenang

Mengajari anak berenang di sungai pernah saya lakukan saat Hayyu main ke rumah embah nya di Kec. Rengel Kab Tuban. Kami merencanakan liburan di rumah Rengel dengan mengajak anak saya naik Bis via Jombang, Babat, Tuban. Dalam acara silaturohim tersebut saya agendakan juga mengajari anak saya berenang di sungai. Namanya Sungai Ngerong terletak di taman wisata Goa Ngerong yang banyak di huni oleh ikan jenis bader dan ribuan kelelawar didalam Goa. Sedikit gambaran tentang Goa Ngerong, Panjang Goa lebih dari 1 km dengan sungai yang mengalir bening dari mulut goa. Sungai ini merupakan sumber pengarian utama bagi warga Rengel dan sekitarnya. Baik untuk minum, mandi, mencuci dan irigasi sawah.

Diatasnya goa dan sungai ini terdapat pegunungan kapur dimana air yang terkandung juga mengandung batu kapur. Terlihat sekali saat ompreng/panci ibu saya yang digunakan masak bertahun-tahun terdapat endapan kapur. Namun jika dikonsumsi cukup aman, dan jarang ditemui orang tuban yang terkena penyakit kencing batu. Katanya sudah ada penawarnya yaitu toak tuban, entah bagaimana cara pengobatannya.

ngajari anak berenang

Saat itu sore hari, saya mengajak Hayyu menuju Goa Ngerong, setelah parkir sepeda, saya mengajak untuk memberi makan ikan-ikan yang jumlahnya ribuan dan melihat kelelawar yang berjubel didalam goa. Baunya memang menyengat, tetapi bau ini menimbulkan candu tersendiri buat saya. Beberapa tahun silam saya sangat familiar dengan bau kotoran kelelawar ini, dan saat berkunjung kangen saya terobati. Sambutan Hayyu anak saya langsung seneng saat saya terjun ke sungai, cepat-cepat minta copotin bajunya dan saya papah untuk berenang. Kedalaman sungainya hanya 1 meter sampai 1.5 meter dan anak saya seneng banget, tidak ada rasa takut sama sekali. Banyak ikan yang menyambut kami dengan gemruduk, ada yang menggigit kaki saya, terasa geli sekali.

Proses pengenalan untuk mengajari anak berenang berjalan cukup sukses, anak saya berani dengan air, berani dengan kedalaman air tanpa rasa takut. Harapan saya kelak Hayyu bisa berenang sebagai bekal kelak saat besar. Renang bagi saya merupakan olahraga yang paling melelahkan, didalam air antara nafas dan tenaga yang keluar harus sinkron kalau tidak begitu akan tenggelam atau kram. Acara mengajari anak berenang berjalan 30 menit karena takut Hayyu kedinginan dan kemudian kami lanjut pulang menuju rumah ibu saya.

25 komentar:

  1. ngerong, jadi ingat gangsir dan jangkrik. Nama goa yang unik, sudahlah gua ngerong lagi, jangan-jangan yang bikin guanya gangsir ngrikiti bukit kapur.

    Waktu kecil, saya belajar renang makai gedebok pisang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di krokoti pak, kayak ngrokoti krai.
      pakai gedebok apa ndak gatel pak?enak pakai ban dalam e sepur

      Delete
    2. makane kalo mandi ojo udho, ben ora gatel

      Delete
    3. sek sebentar, mas... aku ta' coba bayangin renang pake pelampung ban'e sepur........

      Delete
    4. saya mbayangin bapak2 di atas renang pakai swimsweet, seksih kali ya :)

      Delete
    5. saya malah ngebayangin para komentataor di atas saya pada pake suimsuit, suit hehe

      Delete
    6. NGrongoti itu apaan y???

      Salam kenal dari Pulau Dollar

      Delete
    7. ngrokoti itu kayak ngrikiti gitu mas, hehehe

      Delete
  2. hanyyu ketok katu'en lo mas,
    mengajari anak berenang memang dianjurkan ya mas, disamping membuat tubuh menjadi sehat

    ReplyDelete
  3. WAH ..... bagus tuh klo dah diajarkan berenang dri kecil ... malah klo org2 luar, bgtu lahir lngsung di celupkan ke air ,,,,, kya teh aja yah mas di celupkan ...hehehe

    Salam Sukses Mulia ... :)

    ReplyDelete
  4. kalau di perhatikan secara seksama kok si hayuu miripnya sama mbak nina ya... kalau sama mas agus yang mirip apanya ya...??? :D :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya jelas dong mas Nady, Hayyu kan cewek :)

      Delete
    2. berarti mas Nady anaknya mas Agus dong

      Delete
  5. yang saya takjub, bau kelelawar ternyata nyanduni sampeyan kuwi lho Mas, haha. manteeep. ngangeni ya? kalo saya bau kubangan kerbau deket sawah bapak, tenan ngangeni. makanya saya bisa merasakan kangennya njenengan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah dua minggu sekali saya masih bisa ke rumah ibu, jarak yang tidak begitu jauh masih bisa saya jangakau mas...

      Delete
  6. waw di bawah goa ya mas, mengajarkan berenang sejak dini memang bagus sekali mas, kalau saya belum pernah ngajak anak saya yang kecil, nanti deh saya coba hehehe..

    betul tuh mas, kalau kebanyakan minum air yang ada campuran kapurnya nanti kencingnya ada batu kapurnya hehehe

    ReplyDelete
  7. wah kalo saya tinggal dipigir laut mas agus heheh :D jadi anak anak sudah pandai sendiri berenang

    ReplyDelete
  8. wah kalo saya sampe gede tetep gabisa renang kwkw

    ReplyDelete
  9. sayang ya, foto-fotonya tidak diabadikan. jadi penasaran sama goanya.

    ReplyDelete
  10. semoga besar menjadi perenang yang hebat ya pak hehehe

    ReplyDelete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh