Home » , » Kereta Luar Biasa

Kereta Luar Biasa

Kereta Luar Biasa atau disingkat KLB adalah kereta yang perjalanannya diluar jadwal reguler yang telah di tentukan. KA Reguler itu sudah paten jadwalnya untuk melayani penumpang tiap hari, seperti contoh pada KA Bima Surabaya Jakarta, KA Dhoho Surabaya Blitar dan Kereta Lainnya yang terjadwal. Sedangkan KLB jadwalnya dadakan atau pada saat ada peristiwa tertentu, contoh yang paling gampang ketika letusan gunung kelud beberapa bulan silam, rombongan Presiden melakukan kunjungan ke lokasi korban Gunung Kelud menggunakan kereta api. Istilahnya RI 1 Trainset yang berlabel KLB RI 1 atau kereta luar biasa RI 1. Rangkaian KLB RI 1 ditarik dengan dua lokomotif CC206 sekaligus, yakni CC20687 dan CC20688 dengan gerbong VVIP tentunya.

Contoh KLB lainnya ada pada menggunakan nomor rum, misal KLB Rum V test run lokomotif CC20659 atau Test Run lokomotif CC3001401 dan CC3001402 dengan menggunakan rangkaian gerbong. Jadi KLB itu menunjuk pada jadwal yang tidak umum atau jadwal mendadak untuk tujuan tertentu. Itulah pengertian KLB atau kereta luar biasa dalam dunia pekeretaapian kurang lebihnya seperti itu.

Namun, saat saya naik Night Train kemarin yang notabene kereta Dhoho terlambat dengan jadwal Bebas, alias jadwalnya terserah mau jam berapa, ada seekor kucing masuk ke dalam stasiun gubeng lama. Hal ini menjadi perhatian buat saya karena takutnya kucing ini nanti ketabrak kereta api. Kucing ini entah mencari jalan atau memang mencari teman. Kebetulan sekali saya juga suka dengan kucing. Di rumah ada sekitar 8 ekor kucing peliharaan ibu saya, Dan mereke penurut semuanya. Sifat suka dengan kucing ini dimiliki juga oleh istri saya, dan sekarang menurun ke anak saya, Hayyu.

kereta luar biasa

Nyambung ke masalah KLB tadi, kok bisa-bisanya kucing masuk stasiun. Oleh karena itu topiknya saya alihkan dari KLB kereta luar biasa menjadi KLB Kucing Luar Biasa karena bisa menerobos stasiun gubeng tanpa tiket dan lolos dari penjagaan satpam yang sedang bertugas. Kucing Luar Biasa ini saya tinggal karena kereta api Dhoho berangkat pada pukul 18.40 WIB.

18 komentar:

  1. wkwkwkk , kereta kucing , saya komen yang pertama yaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kereta khusus kucing ada di Tom n Jerry Mbak, hehe

      Delete
    2. Kereta Luar biasa ini keberadaanya bisa membantu kala
      Penumpang yang sedang membludak, apa gimana ya Mas Agus.?

      Delete
  2. oh istilahnya KLB ya Mas. sering denger sih kalo pas acara mudik berlangsung. ternyata di luar jadwal reguler to.

    ReplyDelete
  3. wah, Kucing Luar Biasanya mendadak jadi artis di dunia blog mengalahkan Kereta Luar Biasa .... hehe

    ReplyDelete
  4. seenaknya saja mengalihkan topik, dari kereta ke kucing wkwkwk :))

    ReplyDelete
  5. ada hubungannya juga ternyata antara kucing luar biasa dan kereta luar biasa ya, tapi saya kok baru dengar ya KLB ini :D

    ReplyDelete
  6. wah kucing hebat itu mas, bisa jalan-jalan hehe...

    ReplyDelete
  7. Kereta luar biasa ini, sangat tepat waktu di, karena kereta ini
    kereta yang perjalanannya diluar jadwal reguler yah Mas Agus :)

    ReplyDelete
  8. saya kira kereta luar biasanya dikhususkan untuk para kucing mas hehe...

    ReplyDelete
  9. kan tidak ada larangan kucing masuk stasiun kereta....btw-banyak bener kucingnya di rumah..sampe 8 ekor...wow luarbiasa..
    keep happy blogging always...salam dari makassar :-)

    ReplyDelete
  10. lain kali berubah jadi kucing dulu mas, biar gratis :)

    ReplyDelete
  11. Dari dulu sampe sekarang baca blognya Mas Agus... sepertinya Mas Agus ini penggmar kereta ya???

    ReplyDelete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh