Home » » Takut Pada Polisi

Takut Pada Polisi

Jaman sekarang orang sudah tidak begitu takut pada polisi. Hal ini disebabkan oleh semboyan polisi mengayomi dan melindungi masyarakat juga sebagai mitra masyarakat. Jarak antara polisi dan masyarakat kini di pangkas, yang dulunya polisi itu di takuti dan disegani kini mulai agak berkurang, entah apa penyebabnya. Anak-anak kecil dulu kalau menakut-nakuti agar tidak nakal, orang tua menakut-nakuti dengan kata selingan nanti di tangkap pak polisi.

Intinya pamor polisi kini sudah mulai pudar kewibawaannya menurut saya pribadi. Salah satu contoh adalah ketika ada razia, operasi kelengkapan surat dan kelengkapan motor kita sering menawar atau bahkan oknum polisi yang menawarkan jasa titip sidang (titip uang). Kita sebagai pemilik uang jelas lebih berkuasa dari pada pak polisinya, dengan bahasa sikap yang kurang sopanpun kepada polisi tidak ada tindakan atau reaksi apapun setelah mereke menerima uang titipan sidan tadi.

Hari Sabtu kemarin, saya benar-benar takut pada polisi yang melakukan operasi surat dan kelengkapan motor di daerah Kabupetan Sidoarjo tepatnya di wilayah kecamatan Krian. Di area lampu trafik (lampu merah) sebelum rel kereta api tepatnya. Saya berjalan stabil tidak lebih dari 60 kpj dari Mojokerto tujuan Surabaya. Karena konsentrasi penuh ada pengendara yang memotong jalan saya langsung putar balik begitu saja tanpa menghiraukan ada tidaknya kendaraan di belakangnya. Setelah saya melihat kedepan kurang lebih 400 meter, ternayta ada razia oleh polisi persis di lampu trafik. Otak saya langsung bergerak cepat dan saya ikut putar balik setelah memastikan keadaan aman untuk putar balik.

Takut Pada Polisi

Alasan saya putar balik, menurut kabar dari rekan-rekan bahwa polisi di wilayah Sidoarjo "galak" terhadap motor Gl Pro, Max dan CB yang memakai lampu bulat dan "pesek". Biasanya lampu bulat dan pesek tidak memakai spidometer. Memakai spido meter ukuran kecil pun tetap di permasalahkan. Belum lagi bentuk sein yang tidak sesuai dengan ukuran (kecil) juga di permasalahkan, masalah kapasitas mesin juga dipermasalahkan. Begitu juga motor GL dan CB yang memakai elektrik stater juga dipermasalahkan. Tanpa pikir panjang saya langsung putar balik dan mencari jalan lain karena motor saya masuk dalam kriteria "dipermasalahkan".

Begitu mendapat jalan lain ternyata banyak juga yang melintas di jalan tersebut bahkan motor mereka terhitung komplit kelengkapannya.

20 komentar:

  1. Wah polisinya berangas ya mas, belum ngopi kali mas hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. lha itu baru mau nyari uang dari ngopi...salam ngopi mas yon :D

      Delete
  2. jangan takut sama polisi, kalau polisi tersebut masih takut sama istrinya...*kabuuurrr

    ReplyDelete
  3. saya juga masih mengakui kalau mental saya takut polisi, ahhahahhaha

    ReplyDelete
  4. Makanya lebih baiknya segala yang terpasang pakai sukucadang pada kendaraan kita yang standar pabrik saja. Kan sudah dirancang keamanan dan kepantasan nya oleh tukang insinyur ahlinya.

    ReplyDelete
  5. modifan memang asyik..cuma ya itu..was2 juga kalo ada razia, apalagi pak pol suka permasalahin hal kecil

    amannya pake standar dah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi kalau standar ndak jozz...secara anak muda gitu... :D

      Delete
  6. sabar kang,,emang agak berat kalau sudah berurusan dengan pak polisi :)

    ReplyDelete
  7. asalkan kelengkapan motor spt surat2, spion, lampu dan lain-lain tidak perlu takut pada polisi.

    saya pernah diperingatkan pak polisi karena naik motor cuma pake sendal jepit. disuruh pake sepatu atau alas kaki lain agar lebih safety

    ReplyDelete
  8. saya tuh sering neg lihat polisi...orang2nya sering bermasalah tapi suka mempermasalahkan sesuatu, terutama soal motor...padahal di yogya banyak yang tak punya aturan motornya polisi, banyak yang tidak dinyalakan lampunya pd siang hari...salam hangat mas...hhhh :D

    ReplyDelete
  9. Slamat Malam Mas Agus, Apa kabar ?
    Saya pribadi juga salah satu dari sekian banyak masyarakat yang sangat membenci P**isi Mas, semboyannya aja mengayomi masyarakat, nyatanya justru malah sebaliknya, banyak oknum P**isi yang justru malah menindas Masyarakat, dengan dalih menegakkan peraturan lah, ini lah, itu lah, ujung-ujungnya DUIT juga yang di minta.

    ReplyDelete
  10. sekarang memang banyak yang ga takut sama polisi, ya seperti yang mas agus bilang, asal ada uang soal polisi mahh gampang,
    kadang yang membuat saya benci sma polisi tu kalau ada razia, semua yang ada dimotor dipermasalah kan, walaupun motor udah bener tetep aja ada yang salah,

    ReplyDelete
  11. Kalau bawa motor terus ketemu polisi di jalan suka takut, takut di tilang meskipun motornya komplit dan ada surat2annya juga tetep aja hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang jaman nya operasi zebra gan,. muga gak jadi korban amin

      Delete
  12. kemarin juga pas razia banyak juga yang takut pada polisi.hhe

    ReplyDelete
  13. wahhh... namanya juga berurusan ama polisi gan.. jadi yg sabar aja dah...
    blog nya bagus ni.. salam dari kami www.rumshmesin.com

    ReplyDelete
  14. memang terkadang polisi nyari kesalahan meskipun kita sudah mengikuti dan melengkapi semua aturan berkendara -_-

    ReplyDelete
  15. ketika anak-anak mendengar kata POLISI, mereka pasti cenderung takut

    ReplyDelete
  16. kalau di kota saya polisinya gk terlalu ketat dalam urusan motor, yang penting lengkap seperti spion,lampu menyala, helm dan sim sudah bisa lewat. kalau untuk seperti tidak ada spedometer dan lampu sein yang kekecelan tidak terlalu di permasalahkan. Namanya juga tinggal di kota kecil.

    ReplyDelete
  17. klo lengkap sengaja jln pelan2 polisi pst tau

    ReplyDelete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh