Home » » Pertama Kali Shalat Gerhana

Pertama Kali Shalat Gerhana

Semoga tidak ada yang tertawa dengan judul diatas, karena saya baru pertama kali melaksanakan Shalat gerhana (bulan) kemarin selepas jamaah shalat maghrib. Gerhana bulan total terjadi hari Rabu Tanggal 07 Oktober 2014 saat itu bulan sudah hampir penuh (bulat). Gerhana terjadi kira-kira pada pukul 18.00 (jam 6 sore) saya melihatnya sudah seperti bulan sabit pada pukul 18.05 WIB.

Ceritanya tidak lepas dari perjalanan dengan kereta api. Kereta Api Rapih Dhoho dari Gubeng berangkat pada pukul 17.16 yang seharusnya berangkat pada 16.55 WIB lambat lagi. Tiba di Stasiun Mojokerto pada pukul 18.03 WIB sudah gelap dan biasanya saya dan rekan langsung melaksanakan sholat maghrib secara berjamaan di mushola stasiun Mojokerto. Jumlah jamaahnya kurang lebih 20 orang, selepas sholat maghrib sang imam menawarkan dan menganjurkan bagi yang tidak berhalangan atau tidak repot dipersilakan untuk shalat gerhana secara berjamaah di mushola stasiun Mojokerto.

Saya yang belum pernah melakukan seumur hidup saya jadi bingung antara ikut atau tidak. Padahal saya tidak repot atau berhalangan apapun, cuma tidak mengerti tata caranya. Setelah membulatkan tekad saya ingin melaksanakan shalat gerhana bulan dengan niat dalam hati niat shalat khusuf (gerhana bulan) nanti perkara tata caranya ikut sang imam saja.

Benar Tata cara shalat gerhana bulan ternyata sesuatu yang baru bagi saya, dimulai dari takbiratul ikhram, membaca alfatihah, surat panjang kalau bisa panjang sekali kemudian rukuk, setelah rukuk kembali lagi berdiri dan membaca alfatihah dilanjut surat panjang lagi. Kemudian rukuk lagi dan sujud kemudian berdiri lagi dan rukuk, berdiri lagi , rukuk lagi dan sujud serta diakhiri salam. Intinya, rukuk empat kali, qiyam (berdiri) empat kali, sujud dua kali. Setelah itu imam membaca kutbah walaupun singkat dan jelas.

Pertama Kali Shalat Gerhana

Dianjurkan pada saat terjadinya gerhana matahari atau bulan untuk sholat gerhana, beristighfar, dzikir, mengagungkan Allah, Bersodaqoh.

Sudah itu saja pengalaman pertama kali shalat gerhana bulan pada tanggal 7 oktober 2014, ternyata enak dan mengasikkan lho.

4 komentar:

  1. Kayaknya sama kang sama saya...malahan saya kayaknya blm pernah. he..he...kapan kapan saya coba ikut ah.

    ReplyDelete
  2. saya malahan belum pernah mas ... bahkan saya juga belum tau tata caranya ... nanti kalau ada gerhana bulan lagi, saya akan ikut deh mas ...

    ReplyDelete
  3. saya malah tidak tau mas, kurang informasi banget saya ya.....

    ReplyDelete
  4. Aku juga belom pernah sholat gernaha. Dan kebetulan selagi ada halangan mulu hehe

    ReplyDelete

Silakan Tinggalkan Komentar Sesuka Hati, Bebas
Link Hidup ? Jangan Deh