Lama tidak menyentuh blog karena bosan, hari ini saya punya greget menulis lagi tentang lokomotif CC 300 test run 2014. Tanggal 26 Februari 2014 ada kabar jika lokomotif CC 300 yang baru di buat tahun 2014 melakukan test run. Rute awalnya dari Madiun menuju Surabaya kemudian menginap di dipo sidotopo baru siang harinya melakukan test run lagi menuju Malang dengan medan menanjak. Muncul pertanyaan begini, ditahun 2013 PT KAI sudah mendatangkan Lokomotif Baru CC 206 dari General Elektrik Amerika, saat ini tiba-tiba muncul lokomotif baru lagi.
Lokomotif Baru CC 300 ini murni buatan INKA, buatan anak negeri dengan kreativitas dan pemikiran desain dari anak Indonesia. INKA mampu mewujudkannya. Sebuah kebanggan yang patut diapreasiasi tentunya. Lokomotif CC 300 ini diberi nomor serti CC 300 14 01 dan CC 300 14 01 angka 14 (empat belas) menandakan tahun.
Lokomotif CC 300 merupakan lokomotif Diesel Hidrolik dengan mesin Caterpilar bertransmisi dari Voith serta kompresor dari Woojin Korea Selatan. Lokomotif CC 300 terintegrasi dengan pembangkit dengan genset dari Caterpilar juga sehingga tidak membutuhkan Kereta Pembangkit listrik jika digunakan menarik gerbong penumpang. Untuk boogie atau trucks murni buatan anak Negeri, PT Barata Jaya Indonesia.
Rangkaian test run Lokomotif CC 300 berangkat stasiun Gubeng pada pukul 10.35 dengan menggunakan dua lokomotif CC 300 atau duos CC 300 14 01 dan CC 300 14 02. Test run ini membawa 5 rangkaian gerbong inspeksi untuk pejabat PT KAI, serta 5 gerbong K3 Ekonomi dengan satu MP2 (kereta pembangkit dan makan bisnis). Rencananya untuk mengetes medan menanjak di track Bangil Malang kemudian balik lagi menuju Surabaya Gubeng untuk stand by di Dipo Lokomotif Sidotopo. Rencananya hari ini akan balik kandang lagi ke Madiun untuk evaluasi test run yang telah dilakukan.
Sebelumnya tahun 2012 Pernah di jalankan juga KLB test run lokomotif CC 300 12 01 tapi tidak ada kabar lebih lanjut tentang penggunaan dari lokomotif CC 300. Setidaknya saya bangga dengan PT INKA yang sudah bisa membuat lokomotif sendiri baik ditahun 2012 dan 2014. Lokomotif CC 300 test run 2014 lokonya ganteng seperti transformer.
Lokomotif Baru CC 300 ini murni buatan INKA, buatan anak negeri dengan kreativitas dan pemikiran desain dari anak Indonesia. INKA mampu mewujudkannya. Sebuah kebanggan yang patut diapreasiasi tentunya. Lokomotif CC 300 ini diberi nomor serti CC 300 14 01 dan CC 300 14 01 angka 14 (empat belas) menandakan tahun.
Lokomotif CC 300 merupakan lokomotif Diesel Hidrolik dengan mesin Caterpilar bertransmisi dari Voith serta kompresor dari Woojin Korea Selatan. Lokomotif CC 300 terintegrasi dengan pembangkit dengan genset dari Caterpilar juga sehingga tidak membutuhkan Kereta Pembangkit listrik jika digunakan menarik gerbong penumpang. Untuk boogie atau trucks murni buatan anak Negeri, PT Barata Jaya Indonesia.
Rangkaian test run Lokomotif CC 300 berangkat stasiun Gubeng pada pukul 10.35 dengan menggunakan dua lokomotif CC 300 atau duos CC 300 14 01 dan CC 300 14 02. Test run ini membawa 5 rangkaian gerbong inspeksi untuk pejabat PT KAI, serta 5 gerbong K3 Ekonomi dengan satu MP2 (kereta pembangkit dan makan bisnis). Rencananya untuk mengetes medan menanjak di track Bangil Malang kemudian balik lagi menuju Surabaya Gubeng untuk stand by di Dipo Lokomotif Sidotopo. Rencananya hari ini akan balik kandang lagi ke Madiun untuk evaluasi test run yang telah dilakukan.
Nyegat Sepur test run |
KP 359 Bersama Lokomotif CC 300 14 01 |