Home » » Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor Jatim 2016

Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor Jatim 2016

Kabar adanya pemutihan pajak kendaraan bermotor Jatim 2016 sebenarnya Mulai sejak tanggal 5 September 2016. Walaupun update info ini telat, masih ada sisa waktu untuk membereskan masalah pajak kendaraan bermotor anda. Pemutihan pajak kendaraan bermotor untuk wilayah jawa timur dimulai tanggal 1 Oktober sampai dengan tanggal 3 Desember 2016. Cukup lama bukan?waktu 3 (tiga) bulan saya rasa bisa anda manfaatkan agar tenang di jalan raya.

Oh iya, pemutihan pajak kendaraan bermotor ini dari Gubernur Jawa Timur, Soekarwo dimana kegiatana/agenda ini merupakan rutinan tahunan. Dulu tahun 2013, 2014, 2015 dan 2016 agenda pemutihan pajak kendaraan bermotor pada bulan juli sampai dengan september. Salut buat pak dhe karwo yang sudah mengambil kebijakan yang baik ini.

Pemutihan pajak kendaraan bermotor hanya menghapus denda dan bunga keterlambatan pembayaran pajak bermotor anda, bukan menghapus pajak kendaraan anda lho ya. Misalkan, pajak motor saya Gl Pro terlambat bayar pajak mulai tahun 2013. Bukan berarti pajak tahun 2013 dan 2014 di gratiskan, namun di bebaskan denda/bunga keterlambatannya. Biasanya pembayaran pajak yang terlambat itu kena denda, jika dibiarkan bertahun-tahun maka akan kena bunga yang besarnya akan sama dengan biaya pokok pajak kendaraan. Jika sudah melihat denda yang besar pasti akan malas membayar pajak, oleh sebab itu dilakukan pendekatan untuk membayar pajak dengan membebaskan dendanya.

Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor Jatim 2015

Begitu juga untuk bea balik nama dibebaskan, dan bebas biaya mutasi. Misalkan motor gl pro yang daerah asalnya di samsat surabaya saya mutasi ke wilayah samsat tuban, maka dibebaskan biaya mutasinya, sedangkan pajak tetap bayar. Untuk balik nama juga gratis bea balik nama, urusan lain seperti pajak tetap bayar.

Saya rasa itu saja info mengenari pemutihan pajak kendaraan bermotor jatim 2016 sampai dengan 3 Desember 2016. Silakan manfaatkan sisa waktu yang ada.

22 komentar:

  1. Walah jadi inget kalau saya belum bayar Pajak Motor MIO dan HONDA sejak setahun yang lalu hiehiehiheihee, Ih jadi malu deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah kan kang asep punya dua motor
      bisa kita pinjam seharian kalo pas ke pontianak

      Delete
    2. Wah Plat P saya juga harus diputihkan ni Mas Agus..

      Delete
  2. wah.. enak ya mas. dulu saya juga perna, pas perpanjang motor saya yang mati satu tahun, tapi nggak kena denda. ternyata ada pemutihan. terus, mau balik nama juga gampang kalau pas ada pemutihan...

    ReplyDelete
  3. Kalau bgratis mending nunggu pemutihan saja kang, enak kan bisa gratis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan cuma denda dan bunga Kang

      Delete
    2. Tapi kalau nunggunya lama dan pas ketilang polisi gimana?

      Delete
  4. wah enak ya, itu berlaku untuk kendaraan bermotor roda 2 saja apa roda 4 juga pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. roda 3 kan kendaraan kita saat kita kecil dahulu

      Delete
  5. iya Mas, secara temporer dan nggak terduga, di sini pun ada pemutihan pajak begitu. memang nggak ke pokok pajak sih, hanya denda, bunga dan biaya administrasi yang diputihin. tapi cukup membantu lah pokoknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah baru tahi istilah pemutihan ini. Biasanya saya cuma tahu istilah keputihan, hehe

      Delete
  6. pemutihan
    kenapa disebut pemutihan ya?
    kenapa nggak penghitaman?

    ReplyDelete
  7. tumpakan yang jantan Mas
    saya pengen motor lanang tapi kasihan istri saya nggak bisa pake

    ReplyDelete
  8. Insya Allah motor saya aman-aman saja, selalu taat pajak kok

    ReplyDelete
  9. balik lagi kemari, apa kabar mas Agus,
    saya kira pemutihan itu penghapusan pajak kendaraan, haha

    ReplyDelete
  10. makasih infonya gan, and salam kenal aja

    ReplyDelete
  11. Berarti saya harus pulang dulu ke Jatim Mas tuk mutihkan motor saya..
    Gimana kabarnya Mas Agus..?

    ReplyDelete
  12. gara-gara jarang ke sini, jadi telat mas baca info ini.

    ReplyDelete
  13. Maaf apa untuk tahun 2015-2016 ada rencana lgi untuk pemutihan.. terima kasih .

    ReplyDelete
  14. Maaf apa untuk tahun 2015-2016 ada rencana lgi untuk pemutihan.. terima kasih .

    ReplyDelete