Kereta Api Rapih Dhoho
Kereta Api Rapih Dhoho. Nama kereta api rapih dhoho berasal dari bekas kerajaan Dhoho (kediri) yang di abadikan sebagai nama kereta lokal Jawa Timur. Relasi kereta api Rapih dhoho melayani Surabaya-Blitar lewat Kertosono, Kediri, Tulung Agung. Kereta api rapih dhoho merupakan rangkaian kereta api ekonomi dengan 7 gerbong yang terdiri dari satu KMP (kereta makan dan kereta pembangkit) 5 gerbong penumpang dan satu gerbong aling-aling (gerbong setan).
Sejak perubahan jadwal kereta api pada bulan April 2013, jadwal rapih dhoho berubah dari semula 15.45 menjadi 16.45 WIB atau mundur satu (1) jam. Dulu saya tidak bisa naik Kereta Api rapih dhoho karena jam nya terlalu mepet dengan jam pulang kerja. Untuk sekarang jam berangkatnya sangat cocok dengan jam pulang kerja. Saya memilih KA Rapih Dhoho, karena tiba lebih awal di rumah dari pada naik KA KRD yang berangkatnya lebih lama satu jam dari Rapih Dhoho (17.40 wib).
Dhoho Sore Masuk Gubeng |
Penumpang Kereta Api Rapih Dhoho orang-orang itu saja 60 persennya (bukan 2000% lho ya) para pekerja sisanya orang bepergian. Untuk hari jum'at dan sabtu banyak penumpang dari kalangan mahasiswa pulang ke kampung halaman. Harga tiket kereta api rapih dhoho cukup murah, Rp 4000 (empat ribu rupiah) sampai dengan stasiun Purwosari (setelah kertosono) sedangkan seterusnya (kediri, tulung agung sampai blitar ) harga tiketnya Rp 5.500 (lima ribu lima ratus rupiah).
Bersih |
Perjalanan dengan kereta api rapih dhoho sangat nyaman. Ada fasilitas AC (air conditioner) walaupun kadang tidak terasa dingin bahkan cenderung panas seperti di oven. Ada pedagang asongan, tapi masih dalam batas sopan dan cukup kooperatif begitu juga dengan pengamennya tidak begitu memaksa. Jika dalam perjalanan membawa notebook atau gadget yang membutuhkan charger, tidak usah khawatir, disediakan colokan listrik untuk men chaarge baterai notebook dan gadget anda. Untuk kebersihan kereta dan toilet kereta relatif terjaga dan cukup bersih.
Berikut ini Jadwal Kereta Api Rapih Dhoho dari Stasiun Gubeng :
No. KA | SGU | WO | MR | KTS | KD | BL |
353 | 04.30 | 04.35 | 05.48 | 06.52 | 07.51 | 09.26 |
355 | 09.55 | - | - | - | - | - |
357 | 10.50 | 11.00 | 11.59 | 12.59 | 13.48 | 15.35 |
359 | 16.45 | 16.50 | 17.59 | 19.13 | 20.03 | 21.41 |
Jadwal KA Rapih Dhoho dari Blitar :
No. KA | BL | KD | KTS | MR | WO | SGU |
354 | 04.00 | 05.50 | 06.40 | 07.44 | 09.15 | 09.20 |
356 | 10.55 | 12.33 | 13.10 | 14.29 | 15.30 | 15.35 |
358 | 12.53 | 14.27 | 15.04 | 16.13 | 17.20 | 17.25 |
360 | 16.23 | 17.57 | 18.34 | 20.03 | 20.55 | 21.05 |
keterangan : SGU = gubeng, WO - wonokromo, MR = mojokerto, KTS = kertosono, KD = kediri, BL = blitar.
Apabila anda sedang apes dalam menggunakan transportasi kereta api rapih dhoho, anda akan mendapati lokomotif mogok yang harus menunggu lok-pen (lokomotif penolong, red). Menunggu waktu yang sangat lama jika di dapati kereta rapih dhoho mogok. Kata orang, sudah murah fasilitas bagus kok minta selamat.
Saya suka menggunakan fasilitas angkutan kereta api rapih dhoho untuk perjalanan pulang kerja saya menuju mojokerto. Selain murah, saya bisa tidur dengan angler di dalam kereta.
jadi yang suka tidur di kereta itu sampeyan to Mas?
ReplyDeletelha kalo saya gimana wong sambil ngadek.
yang pakai topi hitam kumal itu kan ? wah mas zach salah orang, itu kan kang lembu. hehehe.
Deletesambil ngadek sambil hormat seperti upacara bendera, katanya sih gitu.
terus yang baca Pancasila di depan siapa Kang ?
DeleteAhaaaaaaaaaaaaaa itu kan saya
DeleteMasa lupa sih
saya komandan kleponnya aja deh ya
Deletegratis pak ies niku, lha katut dateng kretone je...monggo nek ngeces sampek dlewer, hehe
ReplyDeletedan juga tidak di kasih makan suket, seperti sapi makan suket (SMS). hehehe
ReplyDeletewah harus bikin bajuuu kepompooong dong mas biar ga malu tidur di kereta hehe
ReplyDeletesekalian aja muka saya , tak bungkus kresek hitam mas, hehehe
Deletemake helm bisa juga mas hehe...
Deletehelm full face tentunya,
Deletecari helm yang pakai kipas angin Kang. he,,, he,, he,,,
Deleteseklian ac portable pak, hehehe
DeleteNaik kereta kalo ketiduran entar stasiunnya kelewatan gimana ya..
ReplyDeletehehehe..bisa jadi mas nandar, kalau kita bepergian sendirian, atau tidak ada teman yang mengingatkan, kalau saya, pasti ada yang mengingatkan, lah tiap gerbong ada yang kenal sih mas, hehehe.
Deletekalau kelewatan tidak apa-apa mas, cari stasiun yang dekat dengan nyegat bis, biar bisa pulang naik bis, untuk biaya ? tidak dikenakan biaya tambahan.
sampe dlewer berarti perlu ember mas haha..
ReplyDeletekadang ada yg suka bawa balik bantal yg disediakan KA loh
ReplyDeleteapa gak sekalian pintu keretanya aja mas? lumayan di jual di loakan, kalau bantal sih nanggung, rel sekalian bawa pulang.
Deletehehehehehe
Pantesan bantal kereta suka kurang. he,, he,, he,,,
Deletebukan saya loh pelakunya :D
Deletesaya juga bukan lho, coba cek deh tas saya...
Deletehehehe
tisu basah juga bisa mas, atau ambil gayung di toilet kereta. hehe
ReplyDeleterupanya seperti itu ya mas bentuk dalaman kereta api, baru tau ini saya mas Agus
ReplyDeletebetul sekali mas, bentuknya tidak sama dengan pisang goreng kan ?
DeleteApalagi dengan kue apem Kang, pasti beda. he,, he,, he,,,
Deletenah itu kesukaan saya pak, enak lho apalagi empuk
Deletelengkap sekali pak agus, mengupas habis tentang kereta di jawa, khusunya jawa timur hehe :)
ReplyDeleteya di tumpangi eh di naiki eh di gunakan (aduh apa ya namanya) pokoknya saya pulang kerja dengan kereta ini tiap hari, masak saya tidak mengupasnya sih mas, kan kasian. hehehehe
DeleteYaaaagh seperti di oven ya walaupun ada acnya? tapi keretanya bersih ya mas. ada stop kontaknya juga,jadi bisa ngecas hp ya,hehehe
ReplyDeletebisa ngecharge hape dan juga menyetelika didalam kereta, kalau bawa megikom juga bisa untuk menanak nasi. kalau haus bisa bikin jus kok di dalam kereta. betul mbak serius. hehehehehe
Deleteasal bawa peralatannya ya mas,,dijamin ga bakal kelaparan,kehausa dan mati gaya karena ada stop konta..hehehe
Deletehehehe....emang kalau tidak bawa peralatan bisa mati gaya ya mbak ?
Deletenaik kereta di jawa itu lebih seru dibandingin naik kereta jabodetabek... :)
ReplyDeletekalau di jabodetabek itu penuh sesak ya mbak ? adakah penumpang gelapnya ?
Deletekereta api tuut tut ttuuut...
ReplyDeletesy pernah naik kereta api cuman 1 kali jadi pengen lagiii :'((
Nanti di ajak sama Kang Agus kang, tenang saja...... he,, he,, he,,,
Deleteayo main ke surabaya atau mojokerto, nanti tak ajak naik kereta api. hehehehe
DeleteHarga tiketnya murah juga Kang, tapi lumayan juga ya kalau setiap hari naik kereta kang untuk kerja. Tidurnya duduk apa berdiri kang kalau di kereta ? he,, he,, he,,,,
ReplyDeleteSalam,
pernah saya mencoba tidur sambil berdiri, tapi kok tidak bisa ya, kayak ayam dong pak, hehehe.
Deletemungkin kalau tidak ada blogging saya sudah bosan naik kereta pak, inilah warna lain dari dunia. hehehe
Seumur umur belum pernah naik kereta di Indo..
ReplyDeletePengen nyobain he..
boleh juga , naik kereta api lokal aja mas, berhenti di stasiun yang dekat dengan jalan raya, agar bisa pulang naik angkot atau bis
DeleteMemang paling enak ya mas..pulang kerja naik kereta..pas dapet bangku..bisa molor :)
ReplyDeletemolor sampai stasiun tujuan mas, hehe. yang paling gak enak itu kalau di ganggu sama temen iseng, jadi tidak bisa tidur dengan nyenyak
Deletekalau keretanya mogok penumpangnya suruh ndorong aja mas, kalau nunggu lokpen kan lama :D
ReplyDeletewkwkwk, dorongnya juga ada yang diatas gerbong kereta
Deletehahaha..boleh juga tuh idenya kang, nanti dapat bonus teh anget dari petugas pjka, hehe
Deletekalau ada yang naik gerbong kan malah berat mas
bagus jg sambil blogwalking walaupun panas tp jarang2 blogwalking diatas kereta api *smile
ReplyDeleteawas lho kalau kena asap kereta , nanti gosong
Deletewah lengkap sekali penjelasannya mas
ReplyDeletealhamdulillah, ini sebenarnya kurang lengkap mas alex, hehehe
Deletejadi lebih mudah kalau mengetahui jadwal,,jadi klo mau berencana menggunakan tinggal buka mau berangkat jam berapa di posting ini
ReplyDeletecocok sekali pak wi, silakan di jadikan bahan atau sumber untuk menyambung tulisan wisata dari pak wi
Deletekapan2 pengen naik kereta jadinya :D
ReplyDeleteasal jangan di naikin kereta lho ya
Deletesudah ada GA-nya ya mas :)
ReplyDeletealhamdulillah sudah mas, hehehehe
Deleteselamat mas, saya lagi nunggu review yang kedua nih mas. dag dig dug der rasanya :)
Deletesemoga dapat GA nya kang ucup dan semoga menjadi publisher kaya raya, hehehe
Deletejangan lupa blogger ndeso seperti saya ya . hehehe
Jadwal kereta api ini bagus di update setiap hari supaya pengguna jasa kereta bisa tahu jadwal atau perubahan yang terhubung dengan angkutan publik yang satu ini.
ReplyDeleteSaya terakhir naik kereta tahun 2003, mungkin kereta sekarang sudah berbeda dengan kereta yang saya tumpangi waktu itu. Hem....,.sesuatu.
sesuatu dan sisuwantu itu beda ya mbak, saran yang bagus dari bu yani, sebagai masukan jika kehabisan ide dalam menulis
DeleteLoh, masih pakai gayung toh ?
ReplyDeletejebor itu lho pak, bahasa indonesianya apa, ciduk atau gayung? hehehe
ReplyDeleteStasiun balapan Didi Kempot. jan cocok tenan ki mas bekson-nya :D
ReplyDeletemaaf sal-post :hehe
Deletewoh ada bekson stasiun balapan ya mas? hehehe
Deletesantai aja mas, tidak saya suruh ngosek wese kok, tenang saja.
Nama kerajaannya bukannya daha
ReplyDeleteTrus rapihnya darimana, om..?
saya dapat penjelasan dari forum semboyan 35, rapih itu penyebutan singkatnya kereta api..ada kasus di stasiun kecil saat kerata api berangkat " PPKA bilang kereta api dhoho berangkat" kalau bilang kereta api kan kepanjangan, jadi disingkat rapih dhoho berangkat.
Deletesama halnya seperti terminal di singkat minal, atau suroboyo disingkat boyo, atau tasikmalaya disingkat tasik.
bukan raja kawin di singkat rawin lho ya..saya ndak bilang gitu lho.
wah mas agus saya mah kalo naik dhoho tujuannya ya mesti mojokerto soalnya saya ke rumah kakek saya jadi kok gg ketemu ya,terus ngomong-ngomong jadwalnya 1 november berubah lagi ya? mohon penjelasannya
ReplyDeletejadwal satu november berubah untuk jam 08.20 saja mas, selain itu normal saja, bahkan harga tiketnya pun tetap sama.
Deleteoh iya saya biasanya di gerbong satu lho mas..hehehe
Terimakasih Mas Agus infonya sangat bermanfaat.....klau dari Mojokerto mau ke malang naik Dhoho apa juga bisa ya? mohon infonya juga jam berangkat dan baliknya dari malang
ReplyDeleteBisa pak dengan skenario Mojoerkto blitar naik Dhoho (5.500) Blitar Malang naik pentaran (5.500) semua langsung bisa dipesan disatu loket dengan membayar 11.000
Delete