Lokomotif CC206
Lokomotif CC206 ini termasuk lokomotif baru yang di datangkan dari General Electrik (USA) oleh PT Kereta Api Indonesia. Lokomotif CC 206 ini memiliki dua kabin/double cabin depan dan belakang sama sebagai ruang kendali bagi masinis. Di Amerika sana disebut GE UM22-C
Lokomotif CC201, CC203, CC204 memiliki satu kabin dimana CC201 bentuknya seperti hidung bebek sedangkan CC203 dan CCC204 hidungnya miring. Gambarnya bisa dilihat di postingan terdahulu | klik.
Sumber Ada di Bawah Artikel |
Lokomotif CC206 yang sering saya lihat digunakan untuk mengangkut atau menarik rangkaian kereta barang seperti kereta antaboga/kereta barang dan kereta ketel BBM. Dan pernah pada musim lebarang 2013 digunakan untuk menarik kereta mutiara timur Surabaya Banyuwangi dan sebaliknya.
Berikut beberapa gambar lokomotif cc206 hasil jepretan kamera hp saya :
Data Lengkapnya : http://www.thedieselshop.us/Data%20UM22C.HTML
dulu jaman SD saya suka nengerin, kalo BB itu keretanya besar, kalo CC keretanya kecil. kalo SS singkatan Salam Sayang. Halahh, jan
ReplyDeletesehat selalu Mas? Amiin, saya mendoakan!
ya keto e mas agus saiki kurusan.. begadang terus ya mas
Deletehehehe SS itu kan StaatsSpoorwegen perusahaan persepuran jaman duluuuuuu kala...hehehe.
DeleteAlhamdulillah sehat semua mas, kami dan orang sekeliling kami sehat semua.
semoga mas zach , mas pay sekeluarga juga sehat, lancar aktivitas dan mengalir rejekinya.
bukan begadang mas , tapi bangun pagiiii banget, hehehe
Kalau RS apaan ya
Deletebetul pakies, kan di palang pintu rel sepor ada tulisan hanya satu sepoor.
Deletekalau RS itu Rasa sayang mungkin ya..
Wahhh Kereta Yang satu ini Unik Bangett Yah gan Mempunyai Dua Kabin Didepan dan Belakang hmmm Keren aBISS pokok namah :D
ReplyDeleteah yang bener mba...
Deleteunik dan menarik karena catnya masih baru mas ainnul, hehehe
Deletebel nya suaranya cempreng tapi enak, mendengung gitu.hehehe
mas pay lagi beraksi menggoda nih ye..
mas pay.. masa mas dibilang mba hehehe... ckckck...
Deletekabura, saya takut dibilang Tante ....xixixi
o iyalah tant...
Deleteendas sepur ya selalu di depan to yoo,..emang kalau di belakang masinisnya ketok kalau nyetir? hehehe... sebenarnya lokomotif kan bisa maju mundur pak ies, tergantung selera.
Deletetuh kan mang yono di bilang tante sama mas pay, kejaaaaaar...hehehe
Kapan ya Indonesia punya kereta apai super cpat seperti Jepang dan Perancis ? Biar bisa cepat kalau ke daerah. Jadi kan para pegawainya pun taraf pendapatannya meningkat ya Kang ?
ReplyDeleteDan para penumpangnya terlayani dengan cepat.
Salam wisata
kereta yang ada saja sudah memakan banyak korban.. apalagi kereta super cepat... bisa-bisa, blum sempat nyebrang rel eh sudah kelindes...
Deletesebenarnya lokomotif yang ada di Indonesia sudah mendukung kecepatan tinggi.
Deleteyang belum mendukung itu keadaan di sekitar rel sepurnya pak.
masih banyak pasar kaget di sekitar rel sepur, lha radius 2 meter saja dengan lokomotif cc201 kecepatan 80KPJ sudah montang manting kok pak, apalagi kecepatan 150KPJ. hehehe
nah mas pay betul tuh keadaan yang belum mendukung, tapi sekarang sudah ada kemajuan, dengan tidak berhenti di stasiun tertentu untuk mengurangi jarak tempuh.
karcis rongewu kok njaluk slamet, katae gitu pak, hehehe
Deletewah kreta api pesanan mas agus nih...
ReplyDeletekhusus buat saya gitu mas ? hehehe
Deletekalau di buat replika mungkin bagus ya mas...
ada yang berminat ?
saya pesen dua bungkus mas... yng satu gk pakai cabe, kasih tanda karet gelang
Deletehehehe..dikaret gelang biar cara menandainya mudah
DeleteSaya percayakan tentang perkeretan ilmunya ad di mas agus, saya jadi lebih mengenal tentang kereta dari sini mas, makasih infonya mas.
ReplyDeletesaya percayakan untuk android, mas zigzoor ahlinya, keren mas
Deletelalu kereta penarik yang lama dikemanakan mas ??
ReplyDeleteyang lama masih ada mas, buat narik kereta lokal macam rapih dhoho dan penataran, ada juga yang di pakai untuk kereta pengangkut kricak
Deletejadi masih bisa dimanfaatkan ya mas.
Deletekeadaannya masih bagus semua kok kang , jadi masih bisa di manfaatkan
Deletependek tp kekuatanx ruarrrr biasa...!
ReplyDeletependek tapi larinya kenceng juga ya mas, kayak Tugiyo pemain PSIS semarang, hehehe
DeleteDari Bandung ke Surabaya masih gratis gak mas? :D
ReplyDeletekan ada lagunya, "ke Bandung-Surabaya bolehlah naik dg percuma..."
itu dulu mas, sekarang bayi umur 1 hari aja kena tarif mas, hehehe
Deletebulan september kemarin ada tarif promo dalam rangka ulang tahun pt kai
ulang tahun? wah untung mereka gk minta kado ya? :)
Deletetiap hari sudah dapat surprise, kado pembelian tiket , hehehehe
Deletemantap nih um :p
ReplyDeleteBisa jadi bahan copyan nih untk blog sya
ReplyDeleteboleh saja asal memberi kredit link pada blog ini.
DeleteWahahahah setiap kali ada artikel atau tulisan tentang Kereta, wah jadi sembriwing di kepala saya hiheiheiehihee. Entah kenapa ya. Mungkin karena di Pontianak pada khususnya dan seluruh Kalimantan Barat pada umumnya belum memungkinkan Kereta ada. Mungkin karena kondisi geografisnya, tanahnya dan lain sebagainya
ReplyDeleteimpestasi yang di keluarken mungkin terlalu banyak kang. Sumatera ada kenapa kalimantan tidak ada ya, seharusnya di bangun di dalam kota untuk mobilisasi penumpang dari desa ke kota atau sebaliknya
Deletekalau di pekan baru ada kereta .. gak taunya kereta pekan baru adalah sepedah ontel hadoooh
Deleteseperti yang pak Asep sebutkan, saya beberapa bulan di Kalimantan, memang keadaan atau kerataan tanahnya memang kurang cocok untuk kereta. Tapi dengan uang segalanya bisa diatur sih ehehehe :D
Delete@mang Yono lebay :p
betul mang kereta atau sepeda ontel kalau di sini kereta itu motor drag...
Deletebetul mas jocker, semua sebenarnya bisa dengan uang, tapi menilik keuntungan apa yang didapat setelah impestasi di kalimantan? nah itu dia masalahnya, di sumatera karena ada tambang batu bara
Indonesia masih ketinggalan kalau soal transportasi kereta api ini dengan negara lain.
ReplyDeletedari negara mana mas nandar ?
Deletedari segi teknologi malaisyia belum bisa bikin gerbong dan lokomotif sendiri, indonesia sudah bisa dua-dua nya
Izin share buat anak sy mas Agus....
ReplyDeletePasti dia suka... :)
silakan mas bud, semoga putra nya menyukai gambarnya, hehehe
Deletewah mas agus ini benar benar maniak kereta ya, hingga bentuk loko dan serinya dihafal diluar kepala.. sangat menarik mas, karena dari hobi bisa memberi informasi tentang sejarah perkembangan perkereta apian kita
ReplyDeletesaya malah tidak hafal lengkapnya pak, cuma tau nomer seri depannya, cc201 doang kalau lengkapnya tidak tau dan makna di balik nomor seri saya belum tau
Deletesemoga bisa mengatasi membludak nya jumlah penumpang ya,, apalagi mau lebaran gini
ReplyDeleteini khusus untuk barang kok mas, lagian tidak ada penambahan kereta api, hehe
Deleteadanya kereta kuda yg ditambah ya bang....
Deletekereta dorong juga boleh khusus untuk mas fian
DeleteWah keren juga yach :D
ReplyDeletewah saya jadi sumpek
DeleteNaik kereta api..tut..tut...tut....mak nyes...tut tut...gojes..gojes
ReplyDeletepersiapan karcis..persiapan karcis..hehehe
DeleteKlo skg karcisnya gak di sobek apa di ceklek ya mas, di liat aja, sebelum masuk peron....
Deletemasuk stasiun tunjukan tiket beserta ID card, tanda pengenal. Di atas kereta di jepret sama pak kondektur
DeleteLama banget gak kemari nih, pie kabare mas Agus? weh-weh kereta apine tambah akeh wae yo....
ReplyDeletealhamdulillah sehat kang ratno, panjengan mugo2 yo sehat kang, lancar usaha serpisan hp ne, amiin.
Deletekereta ne tambah akeh mergane lokomotife anyar kang, hehehe
hmm.. impor lagi ke Amerika nie :D
ReplyDeletesemoga bermanfaat buat masyarakat yang membutuhkan :)
sebenarnya program kerjasama mas, sebagian didatangkan sebagian lagi dirakit di inka dengan kerjasama GE.
Deletesemoga saja tambah memudahkan mobilisasi barang dan orang
mana kepala, mana ekor itu mas, kok sekilas tidak ada perbedaan nya ya
ReplyDeletedua-duanya bisa di gunakan mas arie, tinggal pilih kereta menuju kemana
DeleteSampai saat ini saya belum pernah merasakan yang namanya naik kereta api sob, hehee
ReplyDeletemungkin jauh dari stasiun atau memang sudah nyaman dengan kendaraan pribadi ya mas ?
Deletebagus ya mas kepalanya ada dua.. terus kalau buat narik gerbong ndak tarik - tarikan seperti kartun Cat and dog hehehe... Indonesia belum bisa bikin ya mas
ReplyDeletehehehe..salah satu di fungsikan salah satu tidak dong mang,
DeleteIndonesia sudah bisa bikin mang, ini sebagian di kerjakan di Indonesia bekerja sama dengan GE
gg ngerti masalah itu boss, , , ,
ReplyDeletesekedar mampir aja , , ,
mampir di http://nawayhac.blogspot.com
ya..gak papa
DeleteArtinya lokomotif CC206 blum bisa nanjak gunung ya bang seperti gunung everst gtu..
ReplyDeletekalau nanjak gunung pakai jeep aja mas fian, 4x4 , hehehe
Deleteooh..lokomotif cc206 ya namanya. ini khusus cuma buat angkutan barang n bbm aja ya mas..
ReplyDeletelokomotif CC206 ini terbaru mbak, untuk saat ini khusus kereta barang, dan di perbantukan saat lebaran kemarin.
Deletedi perbantukan saat lebaran kemarin? berarti kmarin angkut orang ya mas,,atau buat barang paket gitu?
Deleteeh maaf mbak , lokomotifnya saja yang di perbantukan untuk menarik rangkaian kereta api untuk lebaran, hehe.
Deletekalau kereta barang sih libur semua mbak , sama seperti kendaraan berat di jalan raya, libur semua
bisa bergerak maju dan mundur ya...
ReplyDeletesemua lokomotif bisa
Delete