Jadwal kereta api KRD dari Kertosono berangkat pada pukul 04.00 WIB sampai Stasiun Mojokerto pukul 04.52 WIB. Saya sendiri berangkat dari rumah pukul 04.15 WIB karena jarak rumah ke stasiun sekitar 15 km. Untuk bisa berangkat dari rumah agar tidak telat, saya bangun jam 03.30 WIB untuk siap-siap mencuci pakaian Hayyu kemudian mandi.
Berikut jadwal kereta api KRD Kertosono :
Dari Kertosono
No. KA | KTS | JG | MR | WO | SGU | SB Kota |
378 | 04.00 | 04.19 | 04.52 | 06.01 | 06.09 | 06.19 |
Dari Surabaya Kota
No. KA | SB Kota | SGU | WO | MR | JG | KTS |
379 | 17.30 | 17.40 | 17.46 | 19.26 | 20.22 | 20.45 |
Keterangan : KTS (kertosono), JG (jombang), MR (mojokerto), WO (Wonokromo), SGU (Gubeng) SB Kota (semut).
Walaupun KRD kereta api kelas paling ekonomi, tetapi ada fasilitas AC pada tiap gerbong. Kebersihan kereta juga diperhatikan, begitu juga kebersihan toilet, bahkan air nya pun mengalir dengan deras dan bersih. Sungguh pelayanan yang memuaskan buat saya tanpa harus bingung mencari tempat buang air kecil.
Pedagang asongan tetap ada, tapi cukup kooperatif dan tidak mengganggu para penumpang. Mau di ganggu bagaimana, banyak penumpang yang tidur pulas tidak terganggu sama sekali. Berangkat pagi-pagi sebelum sholat subuh tidak sempat sarapan atau bawa bontotan? tenang saja, di dalam sepur semua tersedia, mulai dari nasi tempe penyet, nasi wader, nasi kuning, penyetan lele dan juga nasi rames. Kalau masih pagi tidak mau sarapan dulu atau pengen jajan, bisa membeli klepon, ketan, glempo, lumpia dan tahu sumedang. Kalau haus bagaimana? tenang saja , banyak yang jualan air mineral atau yang lebih spesial lagi teh manis hangat dengan harga super terjangkau, Rp 500 (lima ratus rupiah ) per bungkusnya.
Kemudahan dan kelebihan dari kereta api KRD ini menjadikan uang saku menjadi membengkak walaupun tiket KRD hanya Rp 2000 (dua ribu rupiah). Bagaimana tidak membengkak jika tiap hari harus membeli klepon, ketan dan onde-onde plus teh manis hangat. Jika ditotal biaya membeli jajan di dalam kereta bisa mencapai Rp 10.000 (sepuluh ribu rupiah).
Keseringa naik kereta api KRD tiap hari membuat saya saling mengenal saudara satu kereta dari belahan bumi kertosono hingga belahan bumi krian. Persaudaraan yang akur membuat saya betah juga menggunakan kereta api KRD disamping menekan biaya transportasi.
Iyesssssss. Amankan dulu. Pertamax
ReplyDeletelega rasanya setelah mengintai lama dan waktu yang panjang, hehe
DeleteNgalah sama yang tua, jadi ikut gendol aja. he,, he,, he,,,
Deletehehehe...mempersilakan yang lebih tua dan menjadi sesepuh itu lebih baik
Deleteaku boro2 bisa pertamax....
Deleteupdate dah 3 kali aja aku kadang baru sempet mampir....hehehe
kehabisan kereta mas Reonya
Deletemas reo kan banyak kerjaan, banyak orderan ya mas ? hehehehe
Deleteatau lagi sibuk bedul budin ? hehehe
Saya pernah naik kereta waktu pulang camping jaman SMA dulu, sekitar taon 1988 kala nda salah. Dari Purwakarta ke Bekasi naek Kereta Api. Begitu memasuki terowongan yang gelap semua pedagang asongan pada menutup dagangannya,. Membekapnya. Yang gadis gadis menutup dan melindungi tas dan dadanya. Jaga jaga
ReplyDeletehehehe...memang jaman dulu banyak copet dan juga tangan jahil lainnya beraksi di kereta api. Kalau sudah mau terowongan memang mengkawatirkan, emangnya tidak ada lampu penenrangan kang?
DeleteKalau jaman sekolah saya sering naik dan duduk di atas tempat barang Mas. Maklum kelas ekonomi. Berangkat malam, besok sore baru sampai. He,, he,, he,,,,
Deletehehehe..mayan gratisan ya pak indra. dari mana ke mana pak kok sampai keesokan harinya sampainya?
Deleteatau memang lokomotif jaman dahulu belum banter
Iya mas, waktu tahun 90-an, dari Jakarta ke Yogya. Gerbongnya saja masih pakai rotan. He,, he,, he,,,, murah meriah. Lampunya pakai lilin. Tapi seru sih pada jaman itu.
Deletewah jaman sekarang jadi kereta antik ya pak.
Deletesaking lamanya apa bokong tidak panas pak? hehehe
Kok nutup dada sih..?
DeleteEmang pada gapake baju ya..?
biasalah mas, anak kecil kalau hujan-hujan kan gak pake baju
DeleteSudah lama tidak naik kereta saya, terakhir 3 tahun lalu, Sekalinya naik, jaraknya dari ujun ke ujung, ngak mau rugi Jkarta - Surabaya. he,, he,, he,,,, Seringnya naik bus. he,,, he,,, he,,,
ReplyDeleteSalam wisata
hehe..pak indra lebih nyaman naik bus ya pak.
Deletecukup lama juga pak indra tidak naik kereta lagi ada pengalaman memilukan pak ?
saya naik kereta api takut keretanya ngeban mas, angel golek fulkanisir hehe...
Delete@ Mas Agus >>> Sebenarnya bukan masalah nyaman atau tidak si Mas Agus, Karena hal tersebut sudah menjadi tuntutan pekerjaan. Kalau saya lebih enak naik kereta mas, walau naik yang pakai AC, nongkrongnya direstorsi terus. Biar gak Be Te aja. @Mas Arif >>>> wkwkwkw....... mas Arif bisa saja.
Deletemas arif : kalau ngeban pasti lama nambalnya, cukitnya bengkong terus mas, hehehe.
Deleteoh iya ding pak, kejaannya kan berdarma wisata lebih mobile dengan bus. Nongkrong di restorasi sambil mencicipi makanan dan berkenalan dengan pramugari dong.
Perjalanan jarak jauh memang mending pake kereta api atau sekalian pesawat. Jatuhnya bakal lebih murah ketimbang pake kendaraan pribadi. Apalagi kalo ngitung ongkos pijet juga...
Deletekatanya yang punya mobil, dan termasuk mas rawins sih gitu, kalau ongkos pijet itu masuk juga ya? padahal tiap hari selalu pijit lho..
Deletenaik keretanya sudah sampai mana mas Agus kok tidak sampai-sampai sih
ReplyDeleteoh iya ya...saya kok belum cerita sampai mana, hehehe
Deletenaik keretanya ya sampai situ situ terus mas, kan tiap hari, hehehehehe
sayang kereta sekarang belnya ndak menarik lagi, dulu kan bunyinya asyik bunyinya tuuuuuittttttt-tuuuuuiiit ya mas
Deletesekarang cempreng, preeeeeeeeeeeng..preeeeeeeeeet...
Deletepruuuuuuuuuut belum ada mas, hehehe
mas arif mau jadi sukarelawan bel kereta api dengan ngomong pruuuut, hehehe
Berangkat jam setengah empat, mas??? wahhhh saya bangun aja jam 5.... :LOL:
ReplyDeletehehehe, niat banget kan saya ?
Deletenyampek krian jam 05.30 kok mas, sudah pasti itu, bahkan kalau telat bisa jam 05.45, hehehehehe
Lah kerjanya masuk jam berapa, mas? Kl kepagian ngopi dulu mesti...
Deletemasuknya jam 7 mas, jadwal sepurnya yang kepagian mas, hehehe..
Deletelagian enak kok naik kereta, hehehe
ngopi di tasiun atau di tempat kerja juga oke mas pri.
saya malah jarang mas bagun jam 5, wkakakakakaka
Deleteweleh, molor terus ya mas bangunnya , habisnya begadang di malam hari, hehehe
DeleteBiar irit ya Pka Ies.....he,, he,, he,,, kalau saya seringnya nongkro di atas Pak, sambil ngitungin dagangan orang. Ups......
ReplyDeleteada tukang ngamennya gak kang?
ReplyDeletemaap soalnya gak baca abis nih,sambil rehat makan siang sambil bw....hehe
dulu ada mas, sekarang tidak ada. kalau KRD sore dan dhoho ada pengamennya banyak juga sih.
Deletebaca gambarnya aja mas , sudah wareg apa belum, kasian habis bedul budin seharian belum makan, hehehehe
wah sepertinya asyik ya mas naik kereta.. kapan ya saya mencobanya... kapan ya di jambi tempat tinggal saya ada transportasi kereta.. hehehehe
ReplyDeleteasik sekali mas, bisa jalan jalan mulai gerbong satu sampai gerbong 5 siapa tau dapat kenalan cewek, ya kan ? hehehehe
DeleteTernyata murah ya :D Rp.2000 an :D
ReplyDeletehehehe..murah mas, yang mahal itu kalau beli jajan, jajannya sih murah 1000 an tapi kalau belinya terus menerus kan jadinya mahal, hehehehe.
DeleteHehehe 1000 x 10 udah 10.000 hadeuh :D
Deletenah itu dia mas, murah menggoda kantong kan mas ? hehehe
Deletehehehe...loh iya jangan jangan itu pak ies lagi nyamar atau melakukan intelejen , saya sasarannya nih. hehehe
ReplyDeletekalau saya bawa bontotan sendiri pak, istri saya jagonya deh, bangun pagi buat mempersiapkan segalanya bagi sang suami, top kan ? hehehe.
Lho dagangan orang kok di hitung pak, apa di camili sendiri gitu pak ? lumayan tho ngisi perut di pagi hari, hehehe
oh jadi begitu kerjaannya mas agus kalau lagi naik kereta.. jalan-jalan mengitari semua gerbong sambil cuci mata sambil nyari kenalan ya... wah wah... harus di tiru nih... wkwkwkkwkwkw
ReplyDeletesaya kan menyarankan mas nady..kalau saya sih mending tidur kalau dapat kursi duduk, kalau tidak dapat ya mending bersandar di dinding sambil ngiler ah...
Deletesubuh disana jam berapa mas? waktu saya pulang kampung ke surabaya 8 tahun yang lalu,subuhnya jam 4an.. kalo di lhokseumawe jam stengah 6 mas,xixixi
ReplyDeletekalo mas agus sendiri jajan ga pas di kereta?hehehe
sekarang subuhnya jam 4 mbak, kalau di lhokseumawe semakin ke barat semakin semakin mundur jam nya. saya biasa sholat subuh di mushola atau masjid saat perjalanan ke stasiun.
Deletesaya tidak jarang beli jajanan atau makanan di kereta mbak, kan sudah bawa dari rumah, istri yang mempersiapkan semua, hehehehe
saya curiga, sebenarnya mas agus kerjanya apaan yah, ko selalu ada di kereta? masinis bukan, kondektur bukan atau hanya numpang lewat saja, he...he...
ReplyDeleteMas Agus tuh yang punya kereta Kang Azie..:)
Delete*manggut-manggut*
Deletesaya hanya pengguna jasa kereta api mas zigzoor, kerjaan saya ada di surabaya. tiap hari saya pergi pulang dengan kereta. hehehe
Deleteyang punya kereta api ya jelas bukan saya dong mas boku, hehehehehehehe
tuh mbak uswah minta disuguhi kopi.
dua ribu? muraaah!!
ReplyDeletekapan saya dapet murah begitu ya?
apalagi era ebelum commuter line, tiket Jakarta Bogor 11 ribu Mas!
Sekarang ja Kang buruan keburu tiketnya habis,
Deletelangsung hubungi Mas Agus..
mahal banget ya mas, 11 ribu. kalau disini 10 ribu aja sudah kemahalan mas, hehehe
Deleteemang saya calo ya mas boku, hehehehehe
Aneh...
DeletePejabat Depkeu malah komplen soal tarif kereta. Kucurin subsidi dong jangan omong doang...
ah saya duduk di pinggir , nonton aja deh....hehehe
Deletesesama pejabaat saling mengobrol nih ye
Sepertinya pelayanan dan fasilitas di keretapi api sdh membaik... Semoga semakin membaik pelayanan di semua angkutan Umum
ReplyDeletetapi fulllll gitu yak
Deleteamiiin....pelayanan mengalami peningkatan dari pada beberapa tahun yang telah lalu bu.
Deletebetul mbak, krd memang selalu ful, jarang sekali orang mojokerto dapat tempat duduk.
Sepertinya asih mas naik kereta api, sampai sekarang saya belum pernah merasakan sensasi naik kuda besi ini he........m
ReplyDeleteAsik lho mas naik kereta kuda.., hehehee:)
Deleteenakan naik kereta dorong aja deh, kan sambil disuapin, hehehehe
DeleteBoku paling miris nglihat perlintasan kereta api tanpa palang pintu Mas, kan bahaya itu ya Mas.., kan kalau nglintas asik ngomen disini tau-tau ada sepur liwat bisa gawat tuh..:)
ReplyDeletehehehe..gawat banget mas boku, apalagi kalau diperlintasan kerata api ditanami tomat yang lengket dengan kentang, kasihan kalau kelindes kereta kan?
Deletemurah bingiiit.. tapi iya juga nyemilnya yang bikin membengkak.. mbontot wae yen ngunu, praktis hemat
ReplyDeletecocok Mbak Uswah , mbontot ae seko ngomah
DeleteSalam
saya selalu mbontot mbak, istri saya jagonya, hehehehe
Deleteaku pengen naek keretaaaaaaaaa
ReplyDeletejam 6 pagi ada kereta arjuna, itu lebih tertib mbak, sesuai nomer tempat duduk
Deleteharganya kayak harga kopi segelas di warung mak yam surabaya
ReplyDeletedan juga gorengannya sudah dapat dua biji kan ? ote-ote sama tahu goreng
DeletePengen skali jln2 ke Surabaya mau coba naik kereta api tp blum punya uang
ReplyDeletekumpulkan uang dulu mas, ada kereta api ekonomi kertajaya dan gaya baru harganya 50-55 ribu mas...jakarta surabaya
Deleteharga tiket 2000 rupiah tapi ada fasilitas AC-nya ya mas, nggak ada penumpang yang berdiri lagi. nyaman sekali kelihatannya.
ReplyDeletenyaman dan aman mas, tidak ada yang bikin kisruh di dalam kereta. aman
DeleteKL aku pengen tau email kl tidak fb atau kl tidak nomor hp nya mas agus setya nih ada hal yg ingin saya tanyakan. kl boleh mintasih
ReplyDeleteemail saya kang : suga_76rgl@yahoo.com efbi saya jarang buka, dan email itu yang saya pakai buat efbi. nomer bisa inbox liwat email aja kang, hehehehe
Deleteemail sent...
Deletebaik kang ratno,
DeleteSaya belum pernah naik kereta...
ReplyDeletekapan-kapan bisa di coba mas, sensasinya bikin nagihi..hehehe
Deletemenurut saya krd kertosono lumayan nyaman,,,,:)
ReplyDeletenyaman kalau dari surabaya pak, kalau dari kertosono ya siap siap upacara, alias berdiri
DeleteMasa sih intelijen..?
ReplyDeleteDulu ngakunya intel pentium, om...
sekarang jamannya intel pentium 12 ya mas?
ReplyDeletemas agus , itu Jadwalnya Menjamin tepat waktu gak ya paling gg kalo telat gak parah parah amat gitu soalnya aku rencana nyambung gitu lho mas dari Mojokerto naik KRD sampe SGU terus nyambung Penataran yang jam setengah delapanan lah.
ReplyDeletekalau KRD dari mojokerto masuk gubeng sebelum jam setengah tujuh. nah saya kan kerjanya masuk jam 7 , tidak pernah telat masuk kerja kok mas.
Deletejadi selama saya naik krd banyak tepatnya
Itu pesen tiketnya H-7 juga kah, soalnya terakhir lihat di mojokerto penumpang masih ada yang naik di atap+ berdesakan di pintu, kan kalo lihat di tiketnya mas Agus di atas semua orang kayaknya dapet tempat duduk. mohon penjelasan
ReplyDeletebetul, bisa dipesan H-7. Dulu saat kereta KRD membawa 5 gerbong, banyak yang naik atap karena tidak muat. Sekarang sudah membawa 7 gerbong dan longgar. Khusus senin memang padat sekali.
DeleteUntuk KRD ini memang, masih banyak yang tidak bertiket yang duduk sambil tidur, karena KRD ini digeneralisasi tidak pakai nomer-nomeran, jadi siapa yang duluan ya itu dia yang duduk.
kereta penuh itu karena yang tidak bertiket bisa masuk. Dari mana ? dari semua stasiun untuk persentase lebih banyak di stasiun kecil yang tidak di pagar dan tidak ketat penjagaannya.