Sebelum bercerita tentang fungsi gerbong aling-aling, saya ingin mengucapkan turut berduka atas meninggalnya crew dan penumpang commuter line dalam kecelakaan. Semoga amal dan ibadah mereka di terima sebagai catatan amal baik dan mendapatkan surga yang layak bagi korban yang meninggal dunia. Perlu di ketahui bahwasanya kecelakaan merupakan kecerobohan dan kelalaian manusia itu sendiri, semoga kita semua terhindar dari marabahaya yang mengintai dari sisi manapaun serta selalu diberi kesehatan.
Masih ingat dengan gerbong setan ? kalau sudah lupa atau masih ingin membaca lagi, silakan baca : gerbong setan.
Gerbong setan atau gerbong aling-aling merupakan gerbong khusus yang dipersiapkan dan di gunakan oleh PT KAI sebagai pengaman dari bahaya kecelakaan kereta api. Dikatakan pengaman karena gerbong aling-aling terletak di belakang lokomotif dan gerbong terakhir dalam rangkaian kereta api. Aling-aling ini bukan untuk penumpang, sehingga gerbongnya di las dengan plat setebal 5 mm, baik jendela maupun pintu gerbong, semua di las. Kami, para penumpang KA KRD dan Rapih Dhoho menyebutnya gerbong setan, karena gerbong ini sangat gelap dan kotor penuh dengan debu serta sampah.
Maksud PT KAI menjadikan gerbong pertama dan terakhir sebagai fungsi gerbong aling-aling agar jika lokomotif menabrak kendaraan, tabrakan dengan kereta api lainnya dan missing track, penumpang yang ada di gerbong 1 sampai gerbong 7 aman. Kemungkinan yang anjlok duluan adalah gerbong nomor satu dibelakang lokomotif. Untuk gerbong terakhir, maksudnya mengamankan penumpang dari bahaya tabrakan dari belakang. Sungguh perhitungan yang bagus dan sangat menghargai keamanan dan kenyamanan penumpang. Khusus untuk KA Sritanjung, KA Bisnis dan KA Eksekutif, gerbong pertama adalah gerbong bagasi atau kereta barang yang juga berfungsi sebagai aling-aling sedangkan gerbong terakhir biasanya kereta pembangkit listrik.
Masalah penggunaan gerbong aling-aling ini pernah di permasalahkan oleh pemerintah. Persoalan subsidi PSO (public servis obligator) dimana versi pemerintah terjadi pemotongan subsidi gerbong yang seharusnya 7 gerbong, tetapi oleh pt kai dua gerbong digunakan aling-aling.
Melihat berita kecelakaan commuter line, yang jatuh pertama kali adalah gerbong pertama sedangkan gerbong kedua cenderung tidak apa-apa. Akibat dari kecelakaan tersebut kereta api gaya baru malam selatan mengalami keterlambatan begitu juga KA Malam Bima mengalami keterlambatan 1 jam.
Demikian sedikit pengetahuan tentang fungsi gerbong aling-aling yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat.
gerbong aling-aling ka pentaran |
Gerbong setan atau gerbong aling-aling merupakan gerbong khusus yang dipersiapkan dan di gunakan oleh PT KAI sebagai pengaman dari bahaya kecelakaan kereta api. Dikatakan pengaman karena gerbong aling-aling terletak di belakang lokomotif dan gerbong terakhir dalam rangkaian kereta api. Aling-aling ini bukan untuk penumpang, sehingga gerbongnya di las dengan plat setebal 5 mm, baik jendela maupun pintu gerbong, semua di las. Kami, para penumpang KA KRD dan Rapih Dhoho menyebutnya gerbong setan, karena gerbong ini sangat gelap dan kotor penuh dengan debu serta sampah.
Maksud PT KAI menjadikan gerbong pertama dan terakhir sebagai fungsi gerbong aling-aling agar jika lokomotif menabrak kendaraan, tabrakan dengan kereta api lainnya dan missing track, penumpang yang ada di gerbong 1 sampai gerbong 7 aman. Kemungkinan yang anjlok duluan adalah gerbong nomor satu dibelakang lokomotif. Untuk gerbong terakhir, maksudnya mengamankan penumpang dari bahaya tabrakan dari belakang. Sungguh perhitungan yang bagus dan sangat menghargai keamanan dan kenyamanan penumpang. Khusus untuk KA Sritanjung, KA Bisnis dan KA Eksekutif, gerbong pertama adalah gerbong bagasi atau kereta barang yang juga berfungsi sebagai aling-aling sedangkan gerbong terakhir biasanya kereta pembangkit listrik.
Masalah penggunaan gerbong aling-aling ini pernah di permasalahkan oleh pemerintah. Persoalan subsidi PSO (public servis obligator) dimana versi pemerintah terjadi pemotongan subsidi gerbong yang seharusnya 7 gerbong, tetapi oleh pt kai dua gerbong digunakan aling-aling.
Melihat berita kecelakaan commuter line, yang jatuh pertama kali adalah gerbong pertama sedangkan gerbong kedua cenderung tidak apa-apa. Akibat dari kecelakaan tersebut kereta api gaya baru malam selatan mengalami keterlambatan begitu juga KA Malam Bima mengalami keterlambatan 1 jam.
Demikian sedikit pengetahuan tentang fungsi gerbong aling-aling yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat.
Innalillahi wainnallilahi rojiun Yah Mas Agus semoga yang Menninggal
ReplyDeleteArwah nya di terima Allah swt amien selamat beraktivitas Mas Agus
aamiin.
Deleteamiin, terima kasih selamatnya.
DeleteAmiin..
Deleteaamiiinnnn
Deletesejuk sekali kolomnya
Deletekayak kondangan saja ya aamiin terus
Deleteamiin terus jajane gak keluar
Deletekondangan tha.. Amin amin amin..
DeleteIngkungge ndhang dhi porak..
Amin ...
Deletesemoga amalnya di terima... amiin
DeleteTurut berduka cita sedalam dalamnya
DeleteSmoga mendapat tempat yang layak di sisi ALAH SWT
Aminnnnnnnnnn
amiiin..iwak ingkunge metu rek.
DeleteAmiin
Deleteamiin
Deleteistilah gerbong aling-aling koq bagus ya? coba kalo istilah ini bisa masuk Undang-Undang Perkeretaapian, pasti keren.
ReplyDeletebingung bahasanya mas, hehe.
Deletekalau di seputaran railfans , menyebutknya gerbong aling-aling, kalau orang KRD dan Dhoho menyebutnya gerbong setan.
lebih keren mana gerbong aling-aling apa gerbong setan ?hehehe
Aling-aling dong
Deletekesannya mirip kolang-kaling gitu di lidah.
pasti bisa menyelamatkan Aling dharma sakti mandraguna kan...
Deletegerbong aling-aling.. kurang huruf "M"
Deletealing-aling itu kan buat makanan sapi ya
Deletetak menyangka juga sampai terjadi masalah seperti ini, semoga keselamatan kereta dan pengendara mobil didisiplinkan lagi .
ReplyDeletekalau menurut saya, kendaraannya yang perlu didisiplinkan mas, lha wong kereta tidak bernagkat tiap detik dan menit kok, lagian sudah ada jalurnya sendiri.
Deleteyang nabrak krl kemarin itu ya truk tangkinya
iya ya mas. kereta kan jalannya menurut jadwal dan juga sudah punya jalur sendiri
Deletehehehe..jadi truck tangkinya nabrak kereta ya mas
DeleteSebaiknya pemggunaan dan pemanfaatan gerbong aling-aling pada gerbong pertama dan terakhir pada rangkaian kereta harus tetap di pergunakan untuk pencegahan dan penyelamatan penumpang bila terjadi kecelakaan, karena hal ini bila diukur dengan besaran biaya yang harus dikeluarkan tidak akan pernah sebanding dengan sebenar nilai biaya apapun dibandingkan keselamatan penumpang. Semoga hal ini dapat terus diterpakan dan menjadi pedoman dasar pengamanan keselamatan penumpang kereta api..
ReplyDeleteSalam,
betul sekali pak indra, tapi untuk krl atau komuter akan berkurang gerbong regulernya, jadi daya tampung penumpang semakin sedikit
DeleteSemoga kejadian seperti ini tidak terulang lagi ... saya yakin ini human error... Untuk keluarga yang ditinggalkan semoga tetap tabah dan tawakal.
ReplyDeleteamiin...
Deleteyang jelas salah tetap truk tangkinya mas..
Gerbong Aling Aling sudah direncanakan sebagai gerbong bumper demi safetynya para penumpang bila terjadi kecelakaan, tapi kalau anggaran perkeretaapian di potong terus, bisa2 gerbong aling-aling ini bakalan dihilangkan total dech :-)
ReplyDeletePerlu ada satu visi antara pemerintah dan PT. KAI sendiri.
Deletejangankan aling-aling kang, gerbongnya aja bisa di kurangi kok...gerbong reguler 3 gerbong aling-aling dua..bikin pusing penumpang. hehehe
Deletesemoga penumpang paham tentang fungsi gerbong aling-aling ini, tidak memanfaatkannya (iyalah wong udah dilas) apalagi naik di atasnya...
ReplyDeleteberarti saya tidak paham ya mbak...saya sering lho naik gerbong aling-aling..
Deletehabisnya bisa duduk sih, tapi kotor.
hehehe
mas agus termasuk orang yang pemberani karena mas agus sudah tahu fungsi dari gerbong aling-aling itu :)
Deletesudah tau fungsinya tapi masih aja naik gerbong aling-aling
Deletewew, gerbong setan, jadi serem nih pak, hehe
ReplyDeletekayak hantu ya mas
DeleteSaya belum baca beritanya, mas. Cuma dikasih tahu istri aja kemarin. Teman2 di kantor juga membicarakannya. Ikut berbelasungkawa, mas. Seharusnya in imenjadi catatan kita semua. KA itu punya eksekutif, punya jalur sendiri. Kita harusnya mengalah.
ReplyDeletetruk tangki tuh yang nabrak sepurnya, bukan sepur nabrak tengki.
Deletelha wong sepur punya jalur sendiri kok.
kunjungan perdana pak, nyimak dulu
ReplyDeleteuntuk mempererat silaturahmi saya ijin follow
kalau berkenan ditunggu follbacknya pak
silakan antri minyak dulu pak ngampus...
Deletesilakan di lihat lihat dulu
di kota saya mana ada gerbong begituan, hardcore banget sih kesannya, hehe..
ReplyDeletetapi saya yakin walaupun itu bukan untuk penumpang, kalo lebaran atau hari besar pasti penuh juga..
tidak lebaran aja pasti penuh mas...biasa digunakan untuk penumpang yang tidak kebagian tempat duduk
Deleteiya, salah satu itu yang membuat saya bangga jadi rakyat Indonesia,
Deletekami rela mati hanya untuk satu tujuan:
sampai di lokasi,
haha..
dan dengan biaya semurah mungkin tentunya.
Deleteitulah saya.
hehehehe
Berarti jika saat ini gerbong ini ditiadakan, bisa difungsikan lagi ya mas, untuk mengurangi resiko kecelakaan..
ReplyDeletesaat ini masih ada mas...untuk yang kereta api lokal, memang di masuki penumpang dengan cara merusak las-lasannya.
Deleteuntuk komuter tidak ada aling-alingnya mas
Owh pantesan kejadian di Bintaro menelan korban ya mas, la wong ga ada tamengnya..
Deletemungkin bs seperti itu mas, sebenarnya kecepatan komuter itu tdak banter kok mas, paling mentok 50 kpj.
Deletekarena beban remnya yang besar, maka trucknya keseret dan terjadi ledakan
gerbong terakhir biasanya kereta pembangkit listrik....
ReplyDeleteapa tidak berbahaya mas?
misalnya terjadi tabrakan dari belakang,kan bisa meletup gerbong listriknya
bahaya tidaknya saya rasa pt kai sudah memperhitungkan kok mas.
Deletekalau di tabrak dari belakang sangat kecil kemungkinanya Yah Mas,,,kecuali Mas Reo sering nabrak dari belakang tuh hahaha,,,,
Deletemas reo memang senang main belakang kok kang
DeleteBerarti tukang ngumpet yah..
Deletejiahhhh....
Deletemesti pengalaman semua maen belakang nih...:D
tukang ngumpetin lejingnya tetangga
DeleteUntuk gerbong setan/aling-aling ini kosong atau ada penumpangnya????karena memang harus mewaspadai bahaya kecelakaan karena pasti menyangkut nyawa orang
ReplyDeletekalau cuma nyawa ayam sih nggak apa ya mas..
jelas kosong mbak, tapi ada aja yang naik gerbong setan. kalau nyawa ayam juga perlu dipertimbangkan, eman kan kalau ayam mati sebelum di sembelih
Deletekalau urusan ayam serahkan kepada saya saja mbak jenx,,,,,,,hihi
Deletenanti di masak sama kang dede, mau di jadikan ayam abon atau ayam panggang
DeleteNgeri juga ya gan, Jadi gerbong setan tuh fungsinya itu toh, thanks mas,,, tambah ilmu nih
ReplyDeletesemoga bermanfaat
DeleteWah dikembangkan yang namanya gerbong aling-aling,untuk meminimalisir kecelakaan yang biasa merenggut banyak korban,,,,Lanjutkan Cak Agus,,,,,
ReplyDeletelanjut siap balikk kanan grak
Deletebalik kanan lariiiiiiiiiiiiiiiiii
Deletesaya kejar sampai kena
Deletebagaimana kalau gerbong aling aling diganti dengan semacam sokbeker :)
ReplyDeleteberrarti bisa mantul ya? cuman teknisnya yang agak sulit . baaimana jika gaya pegasnya mantul kebelakang juga, kan malah repot
Deletemakasih kang infonya ;) kunjungan pertama nih
ReplyDeletesemoga bermanfaat
DeleteTurut Berduka cita atas musibah cmuterline yang banyak memakan korban harta benda bahkan jiwa. Semoga korban mendapat tempat disana selayaknya dan yang di tinggalkan diberi keiklasan dan ketabahan.
ReplyDeleteKonsep gerbong aling aling memberi rasa aman bagi penguna kereta gitu ya sehingga merasa terlindungi dengan gerbong kosong sebagai perisai yang melindungi dari muka dan belakang gitu. Bagus banget juga konsepnya.
bagus sekali ya kang mus, apalagi kalau itu masalaha keamanan untuk penumpang.
Deletemungkin saat ini belum ada manfaatnya, saat terjadi kecelakaan kelak, pasti ketahuan manfaatnya
innalillahi ,,,,
ReplyDeletelom bca beritanya mas
turut berduka cita
ya, tidak apa-apa mbak
Deleteternyata ada fungsinya sebagai pengaman, itu yang dibintaro tidak ada ya, makanya sampe banyak korban..
ReplyDeletepantesan kalo naik penataran atau dhoho gerbong itu gak di isi
nah gambar itu gerbong aling-alingnya penataran no KA 371
Deleteoh jadi jika terjadi tabrakan gerbong aling-aling ini yang akan terkena ya mas.. dan bisa sedikit menahan agar kecelakaan tidak sampai ke gerbong penumpang,..
ReplyDeleteoya saya juga turut berduka cita untuk para korban kerat yang menabrak mobil tangki yang terbakar kemarin.. semoga para korban di beri kesehatan.. amin
betul sekali mas nady, hanya pengetahuan saja, boleh kan?
Deletelho kereta nya tidak menabrak tangki mas, tangkinya yang menabrak kereta
saya cuman baca judulnya doang....langsung menyimpulkan, gerbong aling-aling, sama dengan partisi ya kang....kebetulan saya sedang merancang model dan bentuk partisi yang unik untuk menyekat ruangan tamu dengan ruang keluarga....masa seh aling-alingnya pake gerbong.
ReplyDeletebetul kang lembu..semoga cepat kelar deh, sehingga bisa menyamankan keluarga dirumah.
Deletehehehe, gerbong aling-aling yah.... tapi jujur tranportasi yang belum pernah ku naiki cuma kereta api loh mas .....hahahahahaha jadi sy belum tw dalm gerbong tuh gmn, gerbong aling-aling seperti apa ......hhohoho
ReplyDeletenah itu gambarnya kan gerbong aling-aling
Deletentr ws kapn sy coba naek kereta api .... hehehe
Deleteya silakan mas, nikmati sensasinya
DeleteTernyata itu toh fungsinya gerbong aling-aling yaitu sebagai pengaman akan bahaya kecelakaan, wah bisa dibayangkan kalo gak ada gerbong aling-aling tentunya resikonya akan lebih tinggi lagi ya mas :)
ReplyDeletetentunya seperti itu mas marnes...
Deletediluar gerbong aling-aling, pt kai sudah menerapkan keamanan yang bagus sehingga terhindar dari tabrakan kereta
baru tahu nih,,
ReplyDeletenice info mas agus
semoga bermanfaat
DeleteBintaro. yang ane tau lagunya iwan fals gan -_-
ReplyDeleteturut berduka, semoga korban bisa tabah, yang sabarr, dan pelayanan di negri ini bisa lebih baik lagi kedepannya. amiin :)
amiin..semoga saja
Deletekecelakaan ini gara-gara kertas biru itu ya...
ReplyDeletegara=gara mengejar kertas biru mas...
Deletejadinya lupa daratan