Dari jalur rel Surabaya-Mojokerto terdapat setidaknya 15 rel kereta api tanpa palang pintu, karena bukan jalan utama yang menjadi prioritas. Dari 15 perlintasan rel kereta tersebut saya sempat berbincang-bincang dengan penjaga rel kereta api sukarelawan di daerah Krian. Awalnya perlintasan tersebut tidak di jaga sehingga sering terjadi kecelakaan baik roda dua dan roda empat di gulung Kereta Api. Kemudian bapak fulan mengawali menjadi sukarelawan. Beremaksud mencari teman yang se ide sejalan dengannya, tidak ada yang mau karena malu. Lagi pula tidak menghasilkan uang sama sekali. Ketika menjadi sukarelawan penjaga rel menjadi ramai dan menghasilkan uang, banyak yang berbondong-bondong mengajukan diri menjadi sukarelawan menjaga perlintasan rel kereta api.
Saat ini ada 8 team, dengan satu team dua orang waktu kerja di batasi 3 (tiga) jam berputar 24 jam. Jadi untuk tenaga penjaga rel kereta api sukarelawan ada 16 orang per satu lintasan kereta api yang tidak ada palang pintunya. Bapak fulan yang baik hati tersebut menceritakan, sudah sekitar 10 tahun ini beliau menjadi penjaga lintasa rel dan beliau memang menjadikannya sebagai pekerjaan. Setelah menjaga perlintasan rel kereta api, yang kebetulan selalu mendapat jatah jam pagi. Selepas itu beliau mbecak atau narik becak di pasar Krian. Yang saya salut dari beliau, selalu ramah dan menyapa setiap orang yang melintas, baik itu memberi uang atau tidak. Karena bagi beliau tidak harus mentarget penghasilan tertentu dalam satu hari, oleh karena itu beliau tidak memaksa harus pengendara harus memberi uang jika melintas. Beliau pun tidak ofensif ngatong kepada pengendara, akan tetapi beliau hanya di pinggir jalan sambil mengatur lalu lintas.
Saat saya datang, beliau bertanya kepada saya. Mas dapat tugas dari kantor ya? saya hanya senyum menjawab, saya hanya ingin memotret kereta api pak. Dan setelah LOGAWA datang dari arah timur (Surabaya) dan saya berhasil mengabadikannya. Menjadi penjaga rel kereta api terlihat sepele, akan tetapi manfaatnya sangat besar bagi khalayak umum.
Pak Agus jadi jurnalis dadakan nih wkwkwk :D
ReplyDeleteniatnya mau cari spot yang bagus buat motrek..eh ketahuan penjaga rel..hehe
Deleteya udah di wawancara sekalian, sekalian mengenal karakter orang mas..
Gagal PERTAMAX lagi. Hmmmmmmm
Deletekang asep tadi gak ngeronda sih ya ?
Deletetuh kan, betapa hebatnya guru saya yang satu ini...sekali mendayung, dua pulau terlewati
Deletekang asep memang guru terbaik bagi muridnya
DeleteAlhamdulillah. Segala Puji Hanya Milik ALLAH SWT
Deletealhamdulillah, alhamdu utawi sekabehane puji, lillahi iku kagungane Allah Ta'ala.
Deleteom agus emang jagonya soal cari spot
Delete*termasuk g spot...
mas Rawins malah lari ke g spot,,,,itukan khusus dewasa lho hahaha
Deletekomen kang raw cocok dijadikan artikel
Deleteooo saya suka itu....saya sudah dewasa tapi masih abegeh
Deletesaingan Bang Zachflazz donk ABG nya
Deletekalau saingan sih enggak cuma saya adik perguruannya, adik berarti masih muda kan?
Delete*menunggu artikelnya mas Budi ttg g-spot...
Deletekalau Cak Budy bikin G G an, G nya pasti Game...ya toh?
Deletegula gawa Mbak
Deletegaruk garuk geger ya ?
DeleteGG itu anaknya mang yono dong..?
Deletehadeuh...ketinggalan jauh sama keretanya euy.
Deletedari pada scroll kebawah, ngga kliatan sama yang laen, mendingan komentar disinih azh ah.
wooiii....saya ada disini nih.
kita memang harus berterimakasih kpd mereka2 ini. bisa dibilang saya berkali2 "selamat" di jalur ini krn diingatkan bapak2 penjaga rel kereta.
ReplyDeletebtw, angle nya kyk yg di fb, mas Agus?
aslinya sepele tapi nyawa yang di perjuangkan.
Deleteitu memang yang dari FB mas, masih di seputaran krian sana saat motrek sepur.
hehehe
sesekali mbok ya motret saya gitu
Deletenanti kalau kobong gimana mas ?
Deletesalah potret kali Pak, masa Cak Budy bisa bikin kobong, emang kompor gitu?
Deletedandang Mbak
Deletewajan juga bisa kan ?
Deletepagi ini saya dua kali memperoleh kisah yang membuat saya langsung acung jempol dan berucap salut...
ReplyDeleteSalut untuk bapak penjaga rel kereta api, semoga kepedulian beliau-beliau menjadi contoh kepada kita semua....ya itu tadi, menjadi contoh manusia peduli...baik peduli terhadap lingkungan, anak-anak, maupun alam
Jadi yang nungguin KEreta Api siapa ya?
DeletePEnunggu Kereta Api
cuma bisa menyajikan cerita dan kisah mbak, yang mau mengambil hikmah silakan asal jangan di caci maki ya...nanti saya klomoh idu , hehehe
Deletepenunggu keretanya jelas saya dong, kan pagi buta dan sore buta hadir di gerbong kereta api..hehehe
* sodorin handuk, biar nggak klomoh
Deletegimana kalo sapu tangan aja..
Deletekalo nggak ya sapu lidi
gimana kalau sapu jagat...
Deletememang klo sudah ada bau2 menghsilkan rupiah yang awalnya malu jadi malu-maluin , hehehe ..
ReplyDeletesaya juga mau kok mas , kalau itu berhubungan dengan uang halal. tentu cara mendekatinya harus dengan cara elegan dan etis..
Deleteya kan..hehehe
halal sh emg iya, tp sikap awal nya itu loh pa, ya emg mnusiawi sh, ... heee
Deleteiya betul mas, kalau gitu kita makan dulu
Deletemakan makan mana mana ? hehe
Delete* sodorin sukun rebus dan bakwan
Deletesya cobain bakwan nya aja ya mb ....
Deletebakiak lebih enak Mas
Deletesaya tawari bak mandi agak kriuk mau gak ?
DeleteHeran! ko palang pintu gk ada yg jaga.., untung ada yg sukarela membantu..,
ReplyDeletePemdanya super ngawur tuh! masa urusan besar kayak gini gk terurus!, tugas penjaga palang pintu itu jauhhh lbh penting drpd PNS yg tugasx hny MENGETIK! *smile
hehe...ini palang pintu bukan prioritas dari PT KAI mas, biasanya jalan alternatif gitu. masih banyak kok palang pintu yang tidak di jaga, dan ada sukarelawan yang membantu.
Deletedi pasuruan kemarin truck di hajar sama KA Logawa, di Sumobito Jombang, truck tetes tebu di hajar sama KA rapih Dhoho.
kok heran sih..?
Deletesecara undang undang tidak ada kewajiban pt kai menyiapkan penjaga perlintasan karena rel merupakan jalan khusus. yang ada adalah kewajiban pengguna jalan raya untuk berhenti dan tengok kanan kiri sebelum melintasi rel.
apabila ada kecelakaan di perlintasan kereta, pelintaslah yang salah. makanya heran ketika penjaga perlintasan yang disalahkan.
pemda atau pt kai sekalipun mau menjaga perlintasan itu karena unsur kemanusiaan. secara hukum, pelintas lah dan pengomen yang asal ngetik lah yang ngawur
*katanya sih... :D
ooooo jadi tau saya klo aturannya begitu.
Deleteoh iya betul itu....10 meter atau lebih radius dari rel sepur itu teritorialnya PJKA. lagian duluan mana jalan Rel sama jalan raya.
Deletejadi yang pasti dan harus salah itu pengendaranya.
siapa suruh tidak tengok kanan kiri.
betul itu mas rawinss, sampai lupa
lah kemarin di mana ya, lupa, ada minibus terseret KA 20 m trus masuk sawah...
DeleteDi deket desa saya tuh mbak ...
Deletena'udzubillaah
Deleteinnaalillahi wainna ilaihi roji'uun
Deleteamiiin...
Delete*adem
lagi tanggung bahas broker.. malah bahas lokomotif lagi mas....
ReplyDeletemau di bahas broker lagi ? hehehe
Deletetunggu dulu Pak, biar saya ambegan dulu...soalnya nggak paham blas soal broker je, bikin ngos-ngosan kepala saya
Deletedengkul saya malah mengernyit mbak susah buat mikir
Deletepenjaga perlintasan kali om bukan penjaga rel
ReplyDeletehehe piss ah...
aslinya sih gitu mas, tapi wis teerkadung nulis, ya udah deh...
Deletesaya tadi malah sempat heran pas baca judulnya..."PANJANG" REL LERETA API...jebul saya salah baca
Deletesaya nggak salah baca, cuma salah dengar
Deletesaya malah salah 3 eh dapat 80, berarti bu gurunya apikan
Deletewaduh jangan sampai ambil anglenya dari depan kereta api Cak,,bahaya itu hihi
ReplyDeletelebih bahaya klo dari bawah kereta, mang
Deletelebih enak diatas kereta ya ?
Deletesudah pernah ya Pak?
Deletesudah dua kali saja cukup , hehehe
Deleteikut dong kalo ngambil angel...
Deletesi angel anak tukang pecel kan..?
Banyak juga mas yang tanpa palang pintu harus hati2 saja kalau pas pada ngebut tanpa melihat kalau2 ada kereta lewat
ReplyDeleteya keretanya di tabrak saja mbak..hehe
Deleteitu sama saja dengan bunuh diri konyol
Deleteemang si konyol bisa bunuh diri ya Pak?
Deletebisa dong dengan bantuan pohon lombok
Deletetu gajinya berapa ya :)
ReplyDeletetergantung pemberian orang yang melintas
Deletetergantung ya mati donk mas,,,
Deletedari sukarela, betul cak madi
Deletememang bahaya perlintasan kereta yang tidak ada palangnya, sering terjadi kecelakaan.
ReplyDeletetapi saya lihat sekarang sudah dibangun pos-pos di perlintasan kereta yang tidak ada palangnya pintunya. mudah2an bisa mengurangi angka kecelakaan yang dulu sering terjadi :)
semoga aja pengendaranya yang menyadari, dan tengok kanan kiri
Deleteane pernah nih waktu ke surabaya di dekat st. gubeng baru ada perum kecil gitu.. jadi ada kakek2 yang jaga palang pintu dan ternyata slidik ketemu slidik nih orang ikhlas buat jaga perlintasan , sampai tidurpun beliau disana.. subhanallah
ReplyDeletedeket jalan nias itu ya?
Deletenah ini teman saya saat mangkal nyepot di situ mas
saya biasanya tanya, mbah mutiara selatan sampun liwat, oh durung nak, langsung saya tunggu untuk di foto
seperti perempatan/pertigaan yang tidak ada lampu merahnya,
ReplyDeleteharus hati-hati dan tengok kanan kiri dulu
Deletetapi biasanya ada polisi cepek
Deletewh diam2 mas agus pitar poto memoto deh... hehe oya yang perempuan juga ada aya kanmas...
ReplyDeletelagi belajar mas, seperti mas nadi gitu lhoooh
DeleteKan mas Agus ki jan jane paparazy lho Mas nady..
Deletepoporngosi itu ya mas...
Deleteklo saya belum pernah melihat langsung, klo di berita2 pernah sih, salam kenal ya mas agus
ReplyDeletesoalnya tidak ada rel keretanya ya? heheh
Deletedisidoarjo ada banyak loh mas palang kereta api yang nggak ada penjaganya :D tapi alhamdulillah ya mas masih ada orang yang rela buat jaga palang kereta api :)
ReplyDeletelha iki tonggone sampiyan mas, darjo juga
DeleteDarjo... darjo....
DeleteDarjo, mas?
Tejo--tejo..., dicari Surti...
Deleteboyo..boyo...boyo
Deletepekerjaan yang bener-bener mulia ya mas.
ReplyDeletesemoga dimudahkan urusannya mas
Deletewahhhh Kerenn Tuhhh bapak Fulan sungguh sangatt baik mau Menjaga Rel Kereta api agar Tidak ada yang Kecelakaan lagi tanpa pamrih Lagi sungguhhhh sangatt Langka Sekali Orang orang yang kaya gini dan makasii yah mas agus atas Infonyaaa
ReplyDeletePerlu penambahan personil seperti Pak Fulan, terutama palang2 yang tidak ada penjaganya..
Deletemas ainnul barang kali mau menyumbang , silakan liwat rel nya.
Deletehehehe
betul mas boku perlu ada bapak seperti itu di perlintasan jalan rel tanpa palang pintu lainnya
Tugas yang sangat mulia ya mas, menjaga rel kereta api.
ReplyDeletepaling sebel Boku kalau lihat ada perlintasan kereta api yang gak ada palangnya,
apalagi penjaganya...
harus hati hati mas, di semarang sana sepertinya masih banyak ya mas..
Deletelebih baik cermat tapi selamat mas, dari pada grusa gurus
sungguh amat sangat mulia pekerjaannya.
ReplyDeletedi daerah dekat tempat tinggal orangtua saya juga ada mas rel kereta api tanpa palang pintu. yg menjadi penjaganya ya masyarakat sekitar. uangnya diperoleh dari pemberian yang lewat disitu,,jadi seperti polisi cepek lah kira2..
betul mbak, semua itu tergantung niat, kalau meman niatnya mengharuskan pengendara lewat memberi uang, itu niat yang salah ya mbak
Deletewah" kalo kaga ada yg jagain gmna ye jadinya :v
ReplyDeletebisa" banyak yang kecelakaan gan
sudah banyak kejadian kok mas, maka dari itu muncul ide demikian
Deletekalau saya jadi pejabat pemda atau jawatan kereta api/ orang seperti pak fulan ini akan saya prioritaskan turut serta membangun wilayah yang sesuwai dengan keilmuan masing masing..
ReplyDeleteseharusnya seperti itu pak wi...lha ini dari pjka aja tidak ada sangkut pautnya. memang sih sebenarnya pengendara yang ngerepoti rel, kan sudah ada undang - undangnya
DeleteWah salut deh buat pak Fulan patut diberikan apresiasi tuh, secara dengan tanpa pamrih beliau mau menjaga rel kereta api...
ReplyDeletetanpa pamrih dan misi sosial tinggi.
DeleteSaya sudah melihat langsung mas bagaimana para petugas (saya tidak tahu apakah sukarelawan apa bukan karena yg saya tahu beliau2 pakai baju dinas) perlintasan rel tanpa palang pintu dengan cekatanya memberitahukan pengguna jalan saat ada kereta lewat.. bahkan ada yg menggunakan pembatas kayu atau bambu..
ReplyDeletebetul sekali mas adjie, sama sekali mereka swadaya dalam membantu pengendara lewat. salut buat pekerjaan mereka
Deletebeliaulah pahlawan sejatinya Mas.
ReplyDeletepahlawan tanpa embel embel
DeletePenjaga rel kerea api merupakan salah satu pahlawan tanpa tanda jasa, dari ketelitian dan kesigapan merekalah semua menjadi dapat diatur dengan selamat para pengguna pintu perlintasan kereta api yang ada.
ReplyDeleteSalam,
demi kenyamanan bersama. pengendara senang, kereta api lewat tanpa hambatan orang yang jaga dapat uang.
Deletetop sekali
Saya Suka Sekali Kereta api :)
ReplyDeletemenurutku pekerjaan mulia, menyelamatkan orang yg melintas
ReplyDeletebenar mas, dan tidak semua diberi kesadaran seperti beliu ini..posting yang snagat inspiratif mas, thx
ReplyDeletepejuang tanpa tanda jasa :D
ReplyDelete