Biasanya saat perjalanan pulang kerja, AC ka dhoho tidak pernah dinyalakan oleh petugas entah apa alasannya. Kemarin tiba-tiba ac dinyalakan semuanya sejumlah enam gerbong dengan genset tetap memakai genset K3 yang biasa dipakai menghidupi lampu saja. Genset ka rapih dhoho di paksa menghidupi AC split sejumlah 36 AC yang ada di seluruh rangkaian ka dhoho. Saya tidak begitu paham berapa watt listrik yang dihasilkan oleh genset K3 ini. Dari stasiun gubeng sampai stasiun Tarik semuanya normal saja, selepas stasiun tarik dan melewati jembatan kali Brantas listrik langsung padam total. Keadaan dalam kereta yang gelap gulita memang memungkinkan dari berbagai bentuk bahaya seperti pencopetan, perampokan dan juga pelecehan seksual. Ada juga yang berceloteh yang pacaran seneng bisa sepuasnya pacaran dalam kereta karena memang besoknya hari libur dan banyak mahasiswa yang pulang menuju kediaman masing-masing.
Sampai distasiun Mojokerto pukul 18.15 menit saya langsung sholat maghrib berjamaah di musholla stasiun. Selesai sholat dan berdoa, kereta dhoho belum juga berangkat. Ternyata oleh kepala stasiun Mojokerto kereta ditahan sampai genset berfungsi kembali. Sebagian penumpang menginginkan kereta melanjutkan perjalanan kembali, genset bisa di perbaiki di kertosono. Saya salut dengan kepala stasiun mojokerto yang tetap menahan perjalanan kereta dhoho. Bagaimanapun kenyamanan dan keamanan penumpang tetap diutamakan, itulah prinsip yang teguh dari jajaran staff stasiun Mojokerto. Keadaan di stasiun mojokerto semakin riuh karena sebagian penumpang yang berjumlah kisaran 300 orang turun dan mendesak kepala stasiun untuk melanjutkan perjalanan. Kisah ini mirip seperti penyerbuan stasiun tarik beberapa waktu lalu. Kepala stasiun tetep menahan kereta hingga genset berfungsi atau menunggu gantinya dari dipo sidotopo surabaya. Sampai pukul 20.00 kereta api KRD tiba di stasiun mojokerto genset belum teratasi. Sebagian penumpang beralih menggunakan kereta api KRD tujuan akhir kertosono. Permasalahan genset teratasi setalah didatangkan dari dipo sidotopo surabaya, langsung dipasang dan ka dhho berangkat kurang lebih pukul 21.00.
Maksud hati ingin memberikan pelayanan yang terbaik bagi penumpang tapi alat yang tersedia tidak mendukung untuk itu. Ada dua pilihan, Ac tidak usah dinyalakan karena malam hari sudah terasa dingin dan juga penumpang seperti saya tidak membutuhkan AC karena tidak tawar. Kedua, jika memang tetep menggunakan AC gensetnya harus menggunakan genset K1 yang memang didesain untuk kereta eksekutif ber AC.
iya Mas, yang penting komitmen mengutamakan kepuasan penumpang telah ditunjukkan jajaran stasiun Mojokerto. salut. soal fasilitas yang masih belum optimal, itu biasa dimana-mana. penumpang sudah cukup puas melihat komitmen SDM-nya. semoga kecemerlangan fasilitas kereta akan menyusul, Mas
ReplyDeletegatel rasanya kalau ngga jawabin komentar sohib terbaikku...
Deleteiya lah, semoga cling...cemerlang
gatel ya digaruk kang..
DeleteKang Zach : alhamdulillah perbaikan secara signifikan telah ditunjukkan terhadap komitmen melayani masyarakat meski fasilitas belum cukup memadai... kayaknya perlu petugas seperti Kang Zach nih yang jadi pimpinan KAnya hehehe
DeleteKang Cilembu : gatel pingin apaan nih kang.. pingin ngelus apa pingin...??? hehehehe
betul sekali mas zach ada aura komitmen yang besar dari jajaran pt kai, dan saya yakin semua itu untuk kebaikan penumpang, cuma ada yang tidak puas dengan gelombang perbaikan ini. Biasanya yang tidak puas ini orang yang sudah terlena dengan kenyamanan kereta seperti dulu.
Deletekang ubi komennya ganas.
mbak uswah : digaruk pake garu aja mbak.
mas budi : betul mas budi pt kai sudah menurut saya sudah maksimal lah pelayanannya,
saya manggut2 ajah...
Deletesaya malah geleng2
Deletesaya lho diam aja :-P
Deletetak itik2 kapok
Deletesaya ta meneng...
Deletejangan diem dan meneng, ketawalah...
Deletesaya sich sepakat saja dengan yang disampaikan oleh sobatku zachflass :-)
Deletekenapa saya bengong ya...
Deleteikut nimbrung ahh
Deletewes isuk ayo do makaryo,
Deletesudah pagi ayo kita kerja dan melakukan aktivitas, semoga lancar
Keselamatan penumpang yang paling utama, mungkin itu yang mereka tunjukan kepada para penumpang untuk tidak melanjutkan perjalan sampai genset benar-benar menyala dan melanjutkan perjalan sampai ketempat tujuan.
ReplyDeletebetul sekali mas fian, apalagi yang suka gerayangin dompet, hehehe
Deleteberarti hilang sudah copet dapet rezeki hee
Deletehehehehe, ada lagi lho mas yang suka gerayangin itu tuh yang orang pacaran, jadi lebih leluasa.
Deletewah jgn nunjuk mas agus bg dong...
Deleteemang apanya sih yang digerayangin...
Deletenunjuk mas pay aja..
saling tunjuk biasanya ya itu tersangkanya, hehehe
Deletepelayanan KA di Indonesia belum semantap di negara tetangga, pengen mantap tapi dengan peralatan seadanya, yang jelas-jelas tidak memungkinkan namun dipaksakan. akhirnya ya...gitu, semua jadi amburadul...
ReplyDeleteurut dada dan tepok jidat akhirnya
Deletept kai pengen ngejar pelayanan seperti negara tetangga tapi ada hambatan di peralatannya.
Deletesaya urut kaki aja kang
Salut buat PT KAI sampe ngejar pelayan tetangga... ckckck...
Deletepadahal pelayan sendiri lebih oke ...huft...
Deletesaya dong ngejar pembantu tetangga
Deleteserba salah juga negeri ini ya, mau melayani dengan baik, genset malah mati...sungguh negeri yang nelongso
ReplyDeletesudahlah kita terima saja, mau protes juga mau kesapa coba? wkwkwwk
Deletemending makan ubi bakar sambil nyantai ky di pantai
DeleteBukan negerinya yang nelongso kang.. tapi pejabatnya yang keparat...hehehe
Deleteuntung mamang belum pernah naik kereta hehehehe
Deletesemuanya okelah, ayo kita joget dulu biar fresh..hehe
Deletesaya rasa pejabatnya perlu di P4 kan nih mas bud.
untung juga ya mang biar tidak naik atap lagi
untung mas agus joget... aku jd fresh...
Deletesebagai penyanyi *nang ning nug ning nang ning nuuungg....
Deletejoget sambil goyang jempol nang neng nong ning gung
Deletekayaknya sudah kebiasaan,yah mudah-mudahan saja pemerintah bisa secepatnya menyelesaikan permasalahan ini.
ReplyDeletekebiasaan ini sudah diiminimalisasi kok mas, saya bukan pejabat kao lho ya..
Deletemakanya yg di minimalisir kebiasaannya agar jadi luar biasa...
Deletebahasa tinggi, nggak ikutan ah...
Deletesaya juga ngumpet dulu di gentong ah
Deletepengen naek kereta.. tapi yg ga bermasalah :p
ReplyDeletesama mbak :P
Deleteada mbak, kereta api arjuna ekspres berangkat dari mojokerto jam setengah 6 pagi, interior bagus kayak KRL dijakarta atau kayak kereta di jepang, harga tiketnya 10 ribu saja
Deletesaya pengen naik unta..kendaraan Nabi :D
Deleteboleh ikut ?
Deletebenar sekali teman, saya rasa itu adalah salah satu sikap yg bijak,
ReplyDeleteterima kasih sudah berbagi
betul sekali pak penyuluh
DeleteMudah2an Kang AGus dan para penumpang yang lain nggak ngambek dan menyadari keterbatasan fasilitas ... yang penting petugasnya baik dan klo ada yang cakep kan bisa bikin ati tentrem kang hehehe
ReplyDeletesaya sangat menyadari kok mas bud, yang penting saya terangkut PP kerja itu sudah Alhamdulillah banget, telatpun asal jangan sampek pulang jam 12 malam saya jg terima, tidak usah protes wong para pejabat dan para pekerja pt kai nanti juga akan menanggung sendiri entah didunia atau di akhirat atas perbuatan membuat tidak nyaman orang lain ya tho.
Deletesantai kok mas, hehehe
kalau ada yang cakep mending gensetnya mati terus..hahaha
Deletehusss..nanti ditabok pacarnya lho
DeleteTernyata miminnya orang PT KAI yah..?
ReplyDeleteUlasannya begitu sempurna dan detail, mulai dari rel,penumpang,mesin Genset sampai harga tiket di kupas tuntas. Sayang cuma 2 yg belum dibahas.....SOTO GUBENG CAK
kasihan tuh gensetnya, kemampuannya segitu malah dipake untu kemapuan yang segonoh .... biasanya kalau begitu para penumpang di kasih airminum aqua gelas mas eheheeh
ReplyDeleteseorang umur 3 tahun disuruh mengangkat karung 100 kg , hehehe
Deletesaya baru tau tentang genset k3 dan k1, ternyata yg sering digunakna ka. eksekutif itu k1 ya!! maklum mas, saya terbiasa yg ekonomi, wkk...bahkan sepulang kerja harus beli lilin dulu untuk bekal di kereta, wkk...
ReplyDeletehaha sampek segitunya mas...genset k3 dan genset k3 itu sama mas, untuk k1 beda,
Deletekalau dapet fotonya saya update tentang genset ini
mas agus nyumbangin genset gimana hehehe..master of kereta api nihhh hehehe
ReplyDeletenyumbang gencet.. mas
Deletegancet maksudnya mas pay?
Deletesaya master tidur mbak amri, ayo gita gencet2 an
Deletewaduh pasti gelap-gelapan tuh mas kalau genset keretanya mati..
ReplyDeleteenak mas gelap dan cihuy...
Deleteserem juga ya kalau naik kereta dng gelap2xan...
ReplyDeletekalau sama suami pasti lebih seru kan ?
Deleteyah itulah gara-gara jarang dinyalain, jadi ga tahu kelemahannya ya mas...
ReplyDeletebetul mas, dipasang ac tapi tidak pernah nyala. nyala sekali langsung tidak kuat
Deletesemoga cepet teratasi
ReplyDeleteamiin
Deletekokoh juga ya pendirian kepala stasiunnya..tapi kalau saya mendingan ka nya disuruh jalan saja..lagian penumpang kan kejar waktu bukannya kejar genset :-)
ReplyDeletebetul sekali kang hari, tapi menurut saya sih betul juga, soalnya kereta tujuan blitar ini harus menyelesaikan 4 jam perjalanan lagi, kalau gelap terus nanti ada kejahatan dalam kereta
Deletemelas tenan rek..xixixi
ReplyDeletemungkin gensetnya ngambek mintak libur tuh. nggak dikasih libur akhirnya mogok..:D
tapi KA daerah Jatim mulai bagus-bagus ya mas. nggak seperti Bali, yang nggak punya KA..hohoho adanya cuma kereta mini khusus mainan anak-anak..wkwkwkwk
enak mas kereta mini gak pernah mogok, haha
Deleteyo opo gak muleh nang njowo rek
haloo mas..
ReplyDeletetelat mampir kesini, lg susah ngeblog nih..hehe
ntar saya pinjemin genset dirumah saya aja deh ..wkkw
melihat kisah ini jadi teringat listrik riumah saya. kalau AC hidup, komputer hidup, listrik pun mati..hahaa
oh..disana masih mengandalkan genset sebagai sumber listrik ya mas, soalnya listrik pln kadang maati kadang hidup banyak matinya
Deletepeluang bisnis kui om
ReplyDeletembok jualan lilin...
hehe iya kadang penumpang ga peduli alasannya apa, yang penting perjalanan ga ketunda ..
ReplyDeletetapi salut untuk usahanya ;D