nisan cda 260 |
Pak lek saya hijrah ke surabaya untuk melamar pekerjaan menjadi sopir truck trailer di perusahaan jasa pengagnkutan milik pt fajar mulia surabaya yang sekarang beralamat di jalan kalianak. Pertama langsung pegang truck trailer yang panjang itu. Kemudian tahun 1990an ganti pegang truck gandeng dengan bermacam jenis truck mulai dari nissan UD dan mercedes nonong. Semua dijalaninya dengan ikhlas hingga beliau menikah dan mempunyai anak. Konsekuensinya anak dan istri di tinggal dirumah sedangkan pak lek saya harus kerja dengan 5 hari sekali pulang untuk sekedar mampir dirumah sebentar. Kadang dari jakarta menuju surabaya mampir dirumah dulu begitu juga sebaliknya baru melanjutkan perjalanan selepas subuh. Bisa dibayangkan sendiri kerja profesi sopir truck besar dengan resiko di jalan yang besar pula belum lagi tidak ketemu anak dan istri pasti banyak tidak enjoynya kan. Tapi keadaan ini dilalui dengan sukses karena pak lek saya cinta pada pekerjaannya. Beliau adalah pencetus atau pembabat alas pekerjaan sopir ini, sudah banyak sopir hasil didikan beliau. Berawal dari menjadi kernet pak lek saya kemudian bisa mengemudi kemudian pegang sendiri truk atas rekomendasi beliau. Termasuk mas saya yang juga menjadi sopir truk tronton surabaya jakarta. Karena beliau termasuk senior di dalam dunia persopiran.
Pada tahun 1998 beliau ganti atau pindah ke perusahaan lain yaitu milik jenar yang juga berada di jalan kalianak. Armadanya cukup banyak mulai dari trailer, tronton dan truck gandeng. Pada tahun 2007 ada perombakan besar2an pada armadanya, ada pergantian dan peremajaan truck yang didatangkan dari jakarta. Kemudian pak lek saya dipercaya pegang truck tronton berseri nissan cda 260 dengan fasilitas ac.
Pengalaman yang buruk bagi pak lek saya adalah ketika tahun 2002 dituduh menjadi penyebab meninggalnya nyawa orang lain atau menabrak pengendara sepeda motor di Kudus. Saya dan keluarga menjemput beliau di polres kudus untuk memberi support psikologis dan perbekalan. Selama dua hari berada ditahanan polres kudus akirnya dibebaskan dengan syarat membayar 2 juta rupiah dan menyantuni keluarga korban. Cerita dari pak lek saya waktu itu pengendara ini menyalip truk pak lek setelah sampai setengah badan truck ada mobil dari arah berlawanan tidak nutut entah karena gugup atau kena jalan berlubang pengendara ini jatuh sendiri dan meninggal. Karena kendaraan besar pasti bersalah polisi menahannya. Truk di teliti tidak ada satu pun tanda srempetan atau bekas gilasan ban truck yang menyebabkan pengendara meninggal.
nissan cda 260 |
Beliau sering membawakan oleh-oleh ban dalam truk kepada saya dan adik saya untuk digunakan renang saat banjir melanda rumah kami. Kami cukup senang dengan koleksi ban dalam yang besar karena dikampung belum ada yang punya ban sebesar ban dalam truk gandeng, paling besar cuma punya truck ban dobel yang 120ps. Waktu itu banjir besar dan saya bisa berenang di tengah lokasi banjir yang seperti laut itu. Koleksi ban dalam truk waktu itu sebanyak 7 buah dan biasa saya tumpuk seperti berbentuk sumur.
Kini mereka (pak lek dan kakak saya) sudah menemukan enjoynya menjadi profesi supir truck tronton surabaya jakarta untuk menafkahi keluarga masing-masing. Cerita ini saya dapatkan dari cerita beliau dan saya juga ikut merasakan suka dukanya menjalani profesi sopir truk gandeng surabaya jakarta. Pelajaran bagi saya : Apapun pekerjaannya asal untuk menghidupi keluarga pasti akan dilakukan dengan sepenuh hati. Ingat juga teknik nenek saya boleh bangkrut tapi tidak sampai punya utang, boleh tidak punya uang asal jangan menjual harta berupa tanah, karena tanah itu milik Gusti Allah jangan sampai diperjual belikan. Ini masalah prinsip saja, tidak setuju pun tidak menjadi masalah. Semoga lancar dan mudah jalannya , amiin.
seru mengharukan,suka dan senangnya menjadi seorang supir.memang segala hal yang menyangkut pekerjaan selalu ada resikonya,apalagi hidup di jalanan sebagai seorang supir.
ReplyDeletebetul sekali mas zigzoor, mintak doanya semoga lancar ya mas...
Deletepersis seperti saya ceritanya nih, suka duka dalam ngeblog. hiks
Deletealhamdulillah mbak, suka duka punya temen ngeblog seperti mas zigzoor dan mbak indah, mas arif, mas ndank. serta teman lain yang belum datang dan komen.
Deletesaya sudah datang nih..
Deletemamang ikut gabung heheheh
Deleteyang sudah datang saya ucapkan selamat datang, tak doakan semoga sehat selalu
Deleteamiin
Deletemaaf datang terakhir tapi kopinya masih ada kan..?? hehehe
Deleteaku bagian nutup warung aja deh...
Deletesaya bagian nutupi mas rawin kalo lagi malu
Deletewah ternyata masih ada kang security buat nutupin warungnya... maaf kang kopinya biar aq bawa pulang aja deh klo mau ditutup...
Deletemas budi : terima kasih sudah ditungguin warungnya, saya ketiduran ,hhehe
Deletemas raw : silakan mas, saya pegel jaga beli kopi satu gelas seharga seribu nunggunya 24 jam, hehhe
mas zach : pake kresek kan ?
mau pertamax jadi patromax nih, emang mas agus cocok jadi seorang penulis nih, jadi seorang supir penuh liku-liku harus tahan iman
ReplyDeletebetul mas dan insya Allah mas dan pak lek saya sudah tahan iman dan imronnya
Deleteiman sama si imin ya mas hehe...
Deletehehehe si imin memang lagi naik daun
Deletejangan tanya imron dulu deh masih sore nih hehehe
Deleteimron pernah mbajak garuda kan? kasus woyla jaman dulu
Deletewah klo yg ini imron yang ngebom ...hehehehe...jadi malu nerusinnya hehehe
Deletewah saya belum paham masalah bom ban bajak membajak, kalau bajak sawah saya paham
DeleteIni pelajaran juga bagi saya mas: Apapun pekerjaannya asal untuk menghidupi keluarga pasti akan dilakukan dengan sepenuh hati. Ingat juga teknik nenek saya boleh bangkrut tapi tidak sampai punya utang, boleh tidak punya uang asal jangan menjual harta berupa tanah, karena tanah itu milik Gusti Allah jangan sampai diperjual belikan, senang dengan prinsip ini
ReplyDeleteterima kasih
alhamdulillah semoga berfanmaat buat mas arif dan buat semuanya.
Delete:)
ga punya utang ga semangat dong...
Deleteutang ternyata bikin semangat?
Deletehah....? saya saja kalau punya utang 500 rupiah saja ga bisa tidur takut ajal menjemput sebelum utang dibayar...mending hidupnya irit2 dari pada hidup enak tapi banyak hutang...
Deletetiap orang memang beda prinsip dan pendirian silaka jalankan prinsip masing2, kalau saya seperti mbak ummu , mas zach dan mas raw : boleh lah dijadikan semangat tapi kalau gagal bayar bikin ngelu juga , hehehehe
Deletekasihan juga yah, padahal ndak nabrak kan?
ReplyDeleteBiasa mas...ada uang damai pasti beres. :D
pasti ada uang damainya sebesar 2 jtua rupiah dan pak lek saya langsung pulang, alhamdulillah
Deletedamai yang tidak baik nih...
DeleteTapi memang aturan di jalan yang besar di salahkan...
betul sekali mas pay, serba repot memang
Deletehehehe... klo aturan nggak tegas dan pembuat aturan bisa dibeli pake uang... ya akhirnya begini deh jadinya
Deletebegini memang kejadian yang lawannya begitu
Deletebegindang begindong dong jadidong... odong2...wekekeke
Deleteyuk kita main odong2 biar tidak ditangkap yang begituan, hehehe
DeleteAllah memberikan cobaan kepada hambanya sesuai dengan kemampuan hambanya itu sendiri dan dibalik semua itu ada hikmanya tersendiri, seperti pak lek nya bang Agus dulunya mendapat cobaan dan Alhamdulillah sekarang Allah membalasnya dengan yg lebih baik.
ReplyDeletealhamdulillah mas fian sekarang sudah jarang ada kejadian luar biasa
Deletenasib kan kaya roda truk tronton juga ya mas, kadang di atas dan kadang dibawah...
Deletejangan sampai nasibnya kotak ya mas
Deletekotak kan vokalisnya namanya tantri loh
Deletesuaranya agak serak ngerock gitu ya mas
Deletehehee inget cerita masa remaja bapak, dulu bapak sblom nikah beliau berprofesi jadi sopir angkot, ceritanya sama persis kayak pak leknya mas agus, dituduh nabrak orang sampai meninggal, dikejar2 polisi, ga sampe dipenjara dan nebus sih soalnya urusan polisi diberesi sama mbah hamid pasuruan, wkt itu posisi bapak masih mondok di mbah hamid, stelah itu bapak alih profesi jd tukang jahit dompet, baru stelah itu nikah sama ibuk mskpun penghasilan pas2an :))
ReplyDeletesalut juga buat bapak/abahnya mbak uswah :)
Deletepasti anak2nya tidak dididik untuk bermalas2an.
top tenan
Deleteanaknya diajakin cangkruk sama tukang2 ojek dan tukang becak di warung kopi.. jd saya ndak risih kalo nongkrong di warung kopi bareng bapak2 dan saya cewek sendiri..
Deletetambah top tenan
DeletePasti pak lek nya mampir langsung berposes ala model truck tronton.. ya kan..
ReplyDeleteTapi memang ngeri mas.. klo mengendarai mobil besar... klo ngerinya pas ada yang jatuh kepleset di depan kita.. klo pake motor masih bisa menghindar...
betul sekali mas pay sudah jadi resiko itu,
Deleteitu foto saya bukan foto pak lek saya, tapi masih saya buramkan belum waktunya tampil
tampilnya pasti pas nunggu ada yg minta tolong.. trus buka baju super Agus man... ehe
Deletewah jadi superagusmen lak man mas, keren dong nanti saya
DeleteFotonya kyak doraemon ya
Deleteatletis kan
Deletepasti dong... kan atlet bridge
Deleteatlet bridge kan gak perlu lari2 ya mas
Deletepolisi yang nangkep kernet yang lagi isi bahan bakar mungkin pak polisinya lagi laper pengen sarapan ndak punya duit, kalau ada uang sogokan biasanya langsung beres heheheheh
ReplyDeleteiya mang itu kejadiannya pagi2 banget, tau aja polisinya, hehehe
Deletepolisi beda sama tentara kan
Deletebedanya cuma pada sepatunya doang
Deletesalam kenal kang agus.maaf mampir tanpa di undang
ReplyDeletehaahh?? ntar pulang juga nggak dianter ya
Deletejailangkung
Deletetakuuut ah, gelaaap
Deleteblog mas agus kedatangan si ijai nih...
Deletesi ijai itu apa mas ?
Deletemet siang kang agus
ReplyDeleteselamat siang kang tirana, salam kenal juga jabat erat dari saya.
Deletemonggo yang mampir silakan ada tela rebus lho
met malam
DeleteAssalamu'alaikum...
Deletewah asyik nih ada tela rebus...
wa'alaikumsalaam warohmatullah, selamat malam juga..
Deletehari ini ada rengginang
biar gimanapun kendaraan besar tetap salahya mas, walau benar sekaliun..
ReplyDeletememang penuh suka duka pak lek nya . tapi salut beliau tetap sabar dan ikhlas menjalani pekerjaannya demi keluarga..
btw lebih keren lagi kalau foto lagi berenang dilautan banjir di upload..tapi mungkin ga ada ya, kok banjir malah narsis..wkwkwk
boleh lah fotonya nanti tak upload yang banjir sekalian narsis ya kan...hehe
Deletebanjir memang narsis koq
Deleteheheh oke ditunggo loh mas :D
Deletebanjir memang selalu unjuk gigi, boleh mas fian, asal jangan ditunggu diemperan toko lho ya
DeleteHati2 lho Mas Agus dalam memberi aba2 antara kernet dan sopirnya,..nanti malah prei..prei, harusnya nyalip, malah diantara keduannya ada yang libur hehehe:)
ReplyDeletenanti kasih tanda aba2 prei per prei per, eh malah tiduran ditengah jalan, hahaha
Deletehahaha... lucuuu
Deletehahaha...awas ada truk lewat
Deletehahaha.. pengalaman nih...
Deletewah perlu pisik yang kuat nih kalau nyopir gan.
ReplyDeleteiya cik soalnya jauh jarak tempuh e
Deletejarak itu nama tanduran
Deleteyang bisa dibuat bio solar
Deletewah perlu pisik yang kuat nih kalau nyopir gan.
ReplyDeleteiya cik soalnya jauh jarak tempuh e
Deletejarak itu nama tanduran
Deletejarak jitun tepatnya
Deletewah seru banget pengalamanny aya mas, ya itulah resiko di jalan ya seperti itu..
ReplyDeleteitulah resiko tipa pekerjaan, tidak ada yang mulus seperti rel kereta api tanpa halangan
Deleterel memang mulus
Deleteyg mulus itu JKT48 mas..wkwkwk
Deletechibi chibi chibi
Deleteya begitulah sob kehidupan supir truk, ata bisa juga di bilang supir lintas...
ReplyDeletetapi saya sukanya dengan supir lintas adalah "karena mereka banyak teman, dan paham banyak daerah" itu yang saya suka..
oya tadi kirain sobat yang jadi supirnya.. hehehehe
terutama tentang makanan yang enak dan banyak ya mas,
Deletehehhe saya ndak bisa nyupir
nyupir kalo sambil makan pisang goreng, nikmat loh Mas
Deletesama klepon juga menggigit rasanya
DeleteSopir adalah pekerjaan mulia dan memerlukan tanggungjawab yang besar... aku sangat salut dan menghargai atas jasa para sopir meski banyak selentingan negatif atas sopir tetapi itu tidak mengurangi hormat saya kepada sopir... Hendaklah senantiasa kita bisa menghargai pekerjaan orang lain dengan sepantas-pantasnya penghargaan terhadap diri kita sendiri... met sore sob...
ReplyDeletebener
Deletemet sore juga
met malem...
Deletemet malam mas zach dan mas budi ,super sekali.
Deletesejuuk,
kalau ke inget supir truck dan truck nyaa , keinget satu kata "pulang malu gak pulang rindu" hahaha :D
ReplyDeletepulang nggak pulang asal kumpul
Deleteyang penting bawa uang
DeleteSupir adalah:
ReplyDeleteSeorang yang tak kenal lelah,
Untuk menafkahi keluarganya,
Panjangnya jalan sebagai sahabatnya,
Injakan kaki adalah kekangnya,
Rasa kantuknya saat jedanya,
dan semoga barakah selalu
Deleteamiiin, super sejuk sekali
Deleteaku pernah hidup di jalanan sekitar tahun 95an
ReplyDeletejadi kernet bus bandung jakarta
kalo ngernetin truk bandung surabaya lebih nendang kali ya..?
saya sering ngerneti bapak saya kalo lagi bikin bener rumah
Delete95 an dibandung masih ada saritem..tendang kesitu azh kang.
Deletesalam hormat saya pada sesepuh yang sudah berpengalaman
Deletesaya ikut bisa merasakan saat pak lek didera banyak pengalaman pahit yang Mas Agus ceritain di atas. itu yang mendewasakan ternyata kan, Mas. Insya Allah berkah selalu untuk pak lek dan kakak. semoga Allah melindungi selalu beliau berdua dan keluarganya.
ReplyDeletebener pak dhe. terima kasih kunjungannya
Deleteaaaammiiiiin....terimakasih do'anya
Deletealhamdulillah makasih kunjungan dan do'anya ya...
Deleteamiiin, alhamdulillah
Deletesejuk super bisa ngiyup
sehari absen, udah banjir komentar...cape deh.
ReplyDeletesaat masuk tol sering nyalib truk guede guede, suka ngbayangin betapa harus ekstra sabar jadi supir truk, ngga bisa ngebut kaya mobil jazz putih milikku pemberian kang fathanah
jakarta surabaya 2 hari kang cilembu, lama banget ya..hehhe
Deleteitu honda jass nya bau daging
hai.. serius saya gak baca smpe kelar ..
ReplyDeletekendaraan yang gede emang gak jarang gak mau ngalah ya.
soalnya jalannya konstan dan pelan, pasti ditengah kalau di pinggir sering ngerem, kalau ngerem jarang pakem bs nubruk
Delete.. jika dibandingkan dengan supir bis gitu gimana?!? ..
ReplyDeletekalau sopir bus bisa responsif bisa banter mbak,
DeleteLah, sopir dan kernetnya kok belum ngasih setoran nih!:)
ReplyDeleteini mash dalam perjalanan masih diwarung kopi
DeleteMenjadi sopir mobil gede pastinya punya seabrek pengalaman di jalan. kena tilang hal yang biasa. Yang penting tidak punya hutang :)
ReplyDeletesipppp mas djangkaru.ngemel itu sudah makananny sopir ya mas
Deleteitu foto dibawah kenapa wajahnya di coret mas?
ReplyDeletebelum saatnya tampil mbak, itu foto ketika masih berwajah sangar,hehehe
DeleteYaaah telat ga yah .
ReplyDeleteHohoho semoga sajah tidak.
Arisanny blm d kocok kan mas?
Hihi ...
Maaf nih baru smpet mampir,
ngomongin soal supir truk.
Emng tanggung jwbny besar mas.
Apalagy klo tiap hariny nyebrang pulau.
Blm ntr ada yg isenk malakin d jalan..
Aq setuju bngt sama kalimat akhirnya.
Pkrjaan apapun d lakukan untuk klrga trsayang.
Yg pnting halal :)
hahha, masak arisan harus nunggu orangnya yang penting uangnya mbak, hehe
Deleteapalagi kalau ada yang numpang
hahaha iyah sih mas,, tapi klo gda orangnya kan uangnya gbsa jalan sendiri . hihi
Deletetapi kalo yang numpang cwe cantik gimana tuh mas ?
nah ini nih yang oke banget, kalau ada penumpang cantik ya konsentrasi jadi buyar lah, jadi rawan kecelakaan, hehehe
Deletesaya terlambat..hohohoh
ReplyDeletebiar telat asal tidak telat banget.
jadi supir truk itu enak gak enak ya. enaknya bisa keliling kota tiap hari. gak enaknya resikonya besar.
sama kayak saya dong ngelencer tiap hari surabaya mojokerto, hehehe
Deletesalam kenal mas agus, sy perlu jasa truck gandeng dari jakarta - surabaya, ada rekomendasi, sy dapat di hubungi di edproperty@yahoo.com
ReplyDeletesalam oesen
saya kurang paham dengan jasa truck yang bagus yang mana pak, tapi boleh di coba lookmandjaja(dot)com
Delete